Sabtu, 01 Agustus 2020

Hari ini Pak Ardi Mengajak 45 Warganya Piknik, Termasuk di Dalamnya 3 Nenek dan 2 Kakek

Kunci jawaban pertanyaan dalam buku Kelas 6 Tema 1 Subtema 3 Pembelajaran 4 halaman 144. Peserta didik diminta menghitung jumlah warga di setiap mobil.

Agar lebih jelas, sila perhatikan soal dan jawaban di bawah ini !



Soal

Ayo Berlatih

Indonesia memiliki beragam sayuran yang sangat bermanfaat bagi tubuh. Banyak penduduk Indonesia yang membudidayakan sayuran dan menjualnya ke pasar. Pak Ardi adalah salah satu penjual sayur
yang sangat sukses. Ia sudah memulai usaha sayuran selama 15 tahun.

Hari ini Pak Ardi mengajak 45 warganya piknik, termasuk di dalamnya 3 nenek dan 2 kakek. Pak Ardi berencana menggunakan mobil miliknya. Pak Ardi ingin bagian depan diisi oleh seorang nenek atau seorang kakek. Bagian depan mobil hanya bisa diisi oleh 2 orang saja, 1 pengemudi dan 1
penumpang. 
Berapa jumlah warga yang duduk di setiap mobil termasuk penumpang di depan?

Bagaimana kamu menemukan jawabannya?
Jelaskanlah.

Jawab:

Jumlah warga yang duduk pada setiap mobil dapat ditemukan dengan menjumlahkan penumpang yang duduk di belakang dengan penumpang yang duduk di depan.

Jumlah warga yang duduk di setiap mobil adalah:
= ((45 - 5) : 5) + (5 : 5)
= (4o : 5) + (5 : 5)
= 8 + 1
= 9

Bacalah teks berikut dan buatlah kesimpulannya Bunga Melati Berasal dari Asia Selatan.

Kunci jawaban dari pertanyaan dalam buku Kelas 6 Tema 1 Subtema 3 Pembelajaran 4 halaman 143. Peserta didik diminta membuat kesimpulan dari bacaan Bunga Melati.

Agar lebih jelas, sila perhatikan soal dan jawaban di bawah ini !

Soal



Bacalah teks berikut dan buatlah kesimpulannya.

Bunga Melati putih berasal dari Asia Selatan. Tanaman perdu ini tumbuh di negara Asia Tenggara seperti Indonesia dan Malaysia. Bunga melati putih ditetapkan sebagai Bunga Nasional Indonesia.

Melati putih mempunyai bentuk mahkota yang sederhana dan berwarna putih. Aromanya yang lembut menenangkan. Pemeliharaan melati cukup mudah. Susunan bunga melati menyirip dan berhadapan. Bagian-bagian bunganya terdiri dari tangkai anak bunga yang di ujungnya terdapat daun pelindung
berbentuk benang berjumlah 7 helai, disambung dengan tangkai bunga.

Jawab:

Bunga Melati merupakan bunga yang tumbuh di negara Indonesia dan Malaysia. Melati putih memunyai bentuk mahkota yang sederhana, berwarna putih dan aromanya lembut dan menyenangkan. Bunga Melati merupakan bunga Nasional Indonesia.

Tuliskan Pendapatmu Mengenai Sikap yang Ditunjukkan oleh Edo Terkait Penerapan Sila Pancasila

Kunci jawaban dari pertanyaan dalam buku Kelas 6 Tema 1 Subtema 3 Pembelajaran 4 halaman 141. Peserta didik diminta menjawab beberapa pertanyaan tentang sikap Edo.

Agar lebih jelas, sila perhatikan soal dan jawaban di bawah ini !

Soal

Ayo Berdiskusi !
Bacalah cerita berikut 


Tuliskan pendapatmu mengenai sikap yang ditunjukkan oleh Edo terkait penerapan sila Pancasila.

Jawab:

Sikap yang ditunjukkan Edo bisa menjadi teladan kita semua. Sebagai seorang anak dan seorang pelajar ia benar-benar mengamalkan Pancasila terutama sila kedua. Sila kedua, Kemanusiaan yang Adil dan Beradab, mengajarkan kepada Edo, sebagai seorang manusia untuk menyayangi sesama makhluk ciptaan Tuhan. Berarti Edo juga mengamalkan sila pertama, Ketuhanan yang Maha Esa.

Berdasarkan Bacaan Tersebut, Isilah peta Pikiran Berikut Proklamasi Kemerdekaan Republik Indonesia

Kunci jawaban dari soal dalam buku Kelas 6 Tema 2 Subtema 1 Pembelajaran 3 halaman 24. Peserta didik diminta menjawab soal dengan mengisi peta pikiran tentang Proklamasi Kemerdekaan Republik Indonesia.

Agar lebih jelas, sila perhatikan soal dan kunci jawaban di bawah ini

Soal

Berdasarkan bacaan tersebut, isilah peta pikiran berikut !


Jawab

1. Apa 
Merupakan pengumuman, deklarasi dan pernyataan kepada rakyat dan seluruh dunia bahwa Republik Indonesia sudah merdeka.

2. Mengapa
Karena proklamasi kemerdekaan merupakan gerbang penting yang akan menjadi tonggak sejarah bangsa Indonesia untuk menjadi negara merdeka.

3. Siapa
Proklamsi diumumkan oleh Sukarno-Hatta

4. Bagaimana
Proklamasi diumumkan bung Karno dengan disaksikan tokoh-tokoh penting bangsa Indonesia dan rakyat Indonesia. Proklamasi juga diawasi oleh tentara Jepang.

5. Kapan
Pada 17 Agustus 1945 pukul 10.00

6. Di mana
Jalan Pegangsaan Timur no 56 Jakarta. (Rumah Faradj bin Said)

Pilihlah Satu jenis Tumbuhan Untuk Kamu Amati Terkait Habitat dan Cara Melindungi Diri?

Kunci jawaban dari pertanyaan dalam buku Kelas 6 Tema 2 Subtema 1 Pembelajaran 3 halaman 21 kurikulum 2013 terbitan kemendikbud. Peserta didik diminta mencair satu jenis tumbuhan untuk diamati.

Agar lebih jelas, sila perhatikan soal dan jawaban di bawah ini

Soal

Pilihlah satu jenis tumbuhan untuk kamu amati terkait habitat dan cara melindungi diri! Pergunakan informasi yang kamu peroleh untuk menambah pengetahuanmu.

Tulis hasil temuanmu pada diagram frayer berikut!



Jawab:

1. Pohon Jati
 untuk mengurangi penguapan pada musim kemarau, pohon jati menggugurkan daunnya.

2. Kaktus
Kaktus hidup di daerah kering. Untuk menyesuaikan diri ia memiliki batang yang tebal yang dilapisi lilin untuk menyimpan air yang turun saat hujan. Daun kaktus juga memiliki daun berbentuk duri yang berfungsi untuk mengurangi penguapan air.

3. Teratai
Teratai menyesuaikan diri dengan lingkungannya dengan cara memiliki daun yang lebar dan tipis untuk memudahkan penguapan dan menyerap sinar matahari. Sementara batang dan akar teratai memiliki rongga udara berfungsi membawa oksigen ke batang dan akar dari teratai sehingga teratai bisa bernafas.

4. Bakau
Bakau melakukan penyesuaian diri dengan cara melakukan penyaringan garam yang berada di air dan kemudian garam yang terserap akan dileuarkan melalui batang. Bakau biasanya berada di pesisir laut.

5. Bunga Raflesia
Mengeluarkan bau busuk untuk mengundang lalat agar bisa membantu penyerbukan

6. Pohon Cemara
Pohon cemara beradaptasi dengan memiliki daun yang runcing sehingga akan mengurangi penguapan yang terjadi.

7. Kantung Semar
Kantung semar tinggal di rawa yang kandungan nitrogennya sedikit. Agar bisa memenuhi kebutuhan nitrogen ia memakan serangga.

8. Enceng Gondok
Untuk bertahan hidup Enceng gondok memiliki batang yang dapt menggelembung untuk dapat mengapung diatas air.


Jawab:

1. Mawar
Melindungi diri dengan duri

2. Putri Malu
melindungi diri dengan menutupkan daun

3. Kantung semar
memiliki daun yang licin yang bisa membuat serangga terpeleset dan masuk ke kantong semar.

4. Bunga Raflesia
Mengeluarkan bau busuk

5. Kelapa
Memiliki kulit kelapa yang keras

6. Bambu
Memiliki bulu yang tajam dan bisa menyebabkan gatal.

Perhatikanlah lingkunganmu! Adakah sikap Baik yang Bisa Kamu Contoh Dari Penerapan Hidup Rukun dalam Perbedaan

Kunci jawaban dari pertanyaan "Kerja sama dengan orangtua dalam buku Kelas 6 Tema 2 Subtema 1 Pembelajaran 2 halaman 16. Peserta didik diminta mengerjakan soal dengan benar tentang sikap baik

Agar lebih jelas, sila perhatikan soal dan jawaban di bawah ini !



Soal

Kerja sama dengan orangtua

Perhatikanlah lingkunganmu! Adakah sikap baik yang bisa kamu contoh dari penerapan hidup rukun dalam perbedaan?
•• Sampaikan hasilnya kepada gurumu!

Jawab

Tetangga saya beragama Kristen, sementara saya dan sebagaian besar tetangga beragama Islam. Akaan tetapi, hubungan bertetangga sangat baik.  Kami tidak pernah membeda-bedakan orang. Sehingga suasana di lingkunga kami sangat rukun dan tenang.

Jumat, 31 Juli 2020

Ayo Mencoba 1. Didit Adalah Adik Siti. Ia Baru Saja Membeli Kue

Kunci jawaban dari pertanyaan dalam buku Kelas 6 Tema 2 Subtema 1 Pembelajaran 2 kurikulum 2013 terbitan kemendikbud halaman 15. Peserta didik diminta mengerjakan soal tentang Didit yang baru saja membeli kue.

Agar lebih jelas, sila perhatikan soal dan jawaban di bawah ini.

Soal

Ayo Mencoba
1. Didit adalah adik Siti. Ia baru saja membeli kue. Namun, ia sangat kecewa karena ukuran kue yang dibelinya tidak sesuai harapannya. Didit menunjukkan kuenya kepada kakaknya. Ukuran kue Didit yang dibelinya adalah 1/4  . Ia heran mengapa besaran kuenya lebih kecil dari ukuran kue yang 1/2
.
Siti dan teman-temannya membantu Didit menemukan jawabannya.
Tahukah kamu apa yang terjadi?
Kamu pun bisa membantu Didit. Kamu bisa menggunakan gambar untuk melengkapi jawabanmu.
Sampaikan jawabanmu kepada teman kelompokmu!
Apakah ada jawaban yang berbeda dengan jawabanmu?

Jawaban nomor 1:

Untuk menjawab keheranan Didit, kita perlu menggunakan urut-urutan gambar.
a. 

b. 

c. 

Jadi kita bisa melihat pada gambar di atas, bagian kue Siti lebih besar daripada kue Didit.



2. Didit ingin mengurutkan beberapa bilangan pecahan berikut ini.


Bantulah Didit untuk mengurutkan bilangan pecahan tersebut. Buktikanlah dengan menggunakan gambar. Diskusikanlah hasilnya dengan teman di sebelahmu!

urutan dari kecil ke besar :


Jika di jelaskan dengan gambar :



3. Siti, Udin, Dayu, Beni, Edo dan Lani memiliki latar belakang yang berbeda. Namun, mereka tidak mempermasalahkan latar belakang tersebut. Mereka dengan senang hati membantu Didit, adik Siti untuk belajar pecahan.

Ceritakan Pengalamanmu tentang Hidup Rukun di Sekolah atau Lingkungan Tempat Tinggalmu

Kunci jawaban dari pertanyaan dalam buku Kelas 6 Tema 2 Subtema 1 Pembelajaran 2 halaman 10. Peserta didik diminta mengerjakan soal dengan benar.

Agar lebih jelas, sila perhatikan soal dan jawaban di bawah ini



Soal

Ceritakan pengalamanmu tentang hidup rukun di sekolah atau lingkungan tempat tinggalmu sebagai penerapan persatuan!
Jelaskan tentang:
•• perbedaan yang ada,
•• kegiatan yang dilakukan teman/warga bersama-sama secara rukun,
•• sikapmu atau sikap keluargamu terhadap perbedaan yang ada, dan
•• manfaat yang kamu rasakan dari persatuan dalam perbedaan.

Jawab

Pengalaman saya hidup rukun di sekolah atau lingkungan tempat tinggal saya.

- Perbedaan yang Ada
Saya tinggal dilingkunnnan perdesaan yang tenang. Saya memiliki beberapa tetangga yang beragama berbeda dari yang saya anut.

- Kegiatan yang dilakukan teman/ warga bersama-sama secara rukun.

Kerja bakti membangun jalan dan selokan serta terlibat dalam panitia lomba 17 Agustusan.

- Sikapmu atau sikap keluarga terhadap perbedaan
Saya dan keluarga menganggap bahwa perbedaan itu merupakan hal yang lumrah dan harus diterima dengan lapang dada.

Manfaat yang kamu rasakan dari persatuan dalam perbedaan

1. Bisa bergaul dengan baik dengan siapa saja.
2. Bisa bertoleransi dengan sungguh-sungguh
3.Hidup rukun dengan tetangga / teman.

Tulis Kesimpulan Tentang Persatuan Melalui Hidup Rukun Dalam Perbedaan Pada Bagan Berikut!

Kunci jawaban dari pertanyaan dalam buku Kelas 6 Tema 2 Subtema 1 Pembelajaran 2 kurikulum 2013 terbitan kemendikbud halaman 10. Peserta didik diminta mengerjakan soal dengan benar.

Agar lebih jelas, sila perhatikan soal dan jawaban di bawah ini

Soal

Tulis Kesimpulan Tentang Persatuan Melalui Hidup Rukun Dalam Perbedaan Pada Bagan Berikut!


Jawab

Apa perbedaan yang ada?
Perbedaan yang ada adalah dalam hal suku dan agama.

Bagaimana menyikapinya
Dengan cara tidak mengedepankan ego kesukuan dan keagamaan melainkan berupaya bekerja sama dan saling tolong menolong dalam berbagai hal.

Apa Manfaat hidup rukun?
Manfaat hidup rukun antara lain:
1. Hidup akan tenang.
2. Kegiatan sehari-hari akan berjalan lancar.
3. Bisa menggapai cita-cita atau tujuan dengan baik.
4. Terjadi tolong menolong dengan tetangga atau teman
5. Tidak akan timbul sikap iri atau benci terhadap orang lain.

Setelah Mengamati Gambar dan Membaca Teks tentang Hidup Rukun Dalam Perbedaan

Kunci jawaban dari soal dalam buku Kelas 6 tema 2 subtema 1 pembelajaran 2 kurikulum 2013 terbitan kemendikbud halaman 9. Peserta didik diminta menjawab soal dengan benar.

Agar lebih jelas, sila perhatikan soal dan jawaban di bawah ini

Soal

Setelah Mengamati Gambar dan Membaca Teks tentang Hidup Rukun Dalam Perbedaan tulis hal yang kamu ingin ketahui lebih lanjut dalam bentuk pertanyaan!




Jawab:

Hal yang ingin saya ketahui dalam bentuk pertanyaan misalnya:

1. Apa yang dimaksud perbedaan yang menguatkan?
2. Siapa saja yang disebut saling berbeda?
3. Mengapa mereka bisa saling menguatkan?
4. Kapankah mereka menunjukkan perbedaan dan kekuatan mereka?
5. Di manakah peristiwa itu terjadi?
6. Bagaimana proses hingga mereka bisa saling menguatkan dalam perbedaan?