Wednesday, June 24, 2020

Jawaban Pembelajaran 5 Subtema 1 Tema 1 Kelas 5 Halaman 41,42,43, 46

Soal dan jawaban dalam buku Kelas 5 Sekolah Dasar Tema 1 Subtema 1 Pembelajaran 5 kurikulum 2013. Peserta didik diminta mengerjakan soal dengan benar.

Agar lebih jelas, sila perhatikan soal dan jawaban di bawah ini

Ayo Mengamati

Amati kedua hewan di atas.
Temukan perbedaannya


Karakteristik Kelinci
1. Vertebrata
2. Gerakannya cepat dan gesit
3. Organ geraknya kaki
4. Pola gerakan kelinci dengan melompat
5. Sekujur tubuh kelinci dipenuhi bulu halus

Karakteristik Siput
1. Avertebrata
2. Gerakannya lambat
3. Organ gerak siput adalah otot pada perutnya
4. Pola gerakan siput dengan merayap
5. Tubuh Siput dilindungi cangkang yang keras.


Ayo Mengamati (Halaman 43)

Di sekitarmu pastinya banyak sekali jenis hewan avertebrata. Bersama temanmu amati hewan-hewan tersebut dan identifikasikan organ geraknya. Tuliskan hasilnya pada tabel berikut.

1. Belalang
Nama organ gerak: Kaki depan, kaki belakang, dan sayap
Fungsinya: Fungsi kaki depan dan belakang, untuk melompat. Sayap berfungsi untuk terbang

2. Cacing
Nama organ gerak : Otot perut
Fungsinya: berpindah tempat

3. Ubur-ubur
Nama organ gerak: tentakel
fungsinya: pergerakan naik dan turun dalam air.


Ayo membaca (halaman 44,45,46)
Berdasarkan bacaan di atas, temukan ide pokok dan kalimat pengembang masing-masing paragraf.

Paragraf 1
Ide Pokok: Siput, menurut sebagian orang dianggap sebagai hewan yang lamban
dan menjijikkan
Kalimat Pengembang: 
- Bahkan karena gerakannya yang lamban, tidak jarang orang membanding-bandingkannya dengan kelinci. 
- Siput juga dianggap menjijikan karena tubuhnya yang penuh lendir.


Paragraf  2
Ide Pokok: Sebenarnya siput memiliki kelebihan dan keistimewaan
Kalimat Pengembang: 
- Kelebihan dan keistimewaan siput ini merupakan karunia Tuhan yang tidak dimiliki oleh
hewan-hewan lain.

Paragraf 3
Ide Pokok: Siput merupakan hewan yang berjasa dalam penguraian serpihan
daun-daunan
Kalimat Pengembang: 
  • Kenapa berjasa? Karena siput memakan daun-daunan dan menjadikannya bagian-bagian yang kecil (serpihan) sehingga mudah untuk diuraikan oleh bakteri pengurai. 
  • Jika benda-benda yang besar seperti daun berubah menjadi serpihan dan diuraikan akan bermanfaat bagi kelestarian lingkungan sekitar siput berada. 
  • Hasil penguraian yang diawali oleh siput itu akan berfungsi menjadi pupuk alami sehingga tanah pun menjadi subur.

Paragraf 4
Ide Pokok: Siput adalah sang pengembara yang mandiri
Kalimat Pengembang: 
  • Meskipun siput berjalan lamban, namun siput memiliki stamina yang sangat bagus. 
  • Daerah pengembaraan siput pun sangat luas. 
  • Pengembaraan siput dimulai sejak siput menetas. Setelah menetas, siput langsung mandiri.

Paragraf 5
Ide Pokok: Siput memiliki pertahanan diri yang baik dalam beradaptasi dengan lingkungan dan mempertahankan diri dari serangan predator.
Kalimat Pengembang: 
  • Meskipun tubuhnya lunak, namun tubuh siput memiliki lendir. 
  • Lendir ini berfungsi sebagai minyak pelumas dan pelindung bagi tubuhnya ketika berjalan di permukaan.
  • Jalan sekasar apa pun dan seterjal apa apun akan mudah dilalui tanpa tubuhnya terluka. 
  • Selain itu siput juga dikaruniai Tuhan dengan cangkang. 
  • Cangkang ini berfungsi sebagai rumah yang memberikan kenyamanan dan keamanan bagi tubuhnya. Cangkang juga berfungsi sebagai tempat persembunyian ketika ia terancam oleh lingkungan atau predator. 
  • Meski terik panas atau pun hujan, siput tetap bisa hidup nyaman dan aman dengan cangkangnya. Predator pun akan kebingungan untuk memangsa siput, karena tubuhnya terlindungi oleh cangkang yang keras.

Paragraf 6
Ide Pokok: Jadi, siput bukanlah hewan yang lemah.
Kalimat Pengembang: 
  •  Siput adalah hewan istimewa yang memiliki banyak kelebihan. 
  • Siput diciptakan Tuhan dengan kekurangan sekaligus dengan kelebihan. 
  • Begitu juga dengan manusia, diciptakan Tuhan dengan kelebihan dan kekurangan. 
  • Oleh karena itu kamu tidak boleh menyombongkan iri dengan kelebihan yang kamu
  • miliki. 
  • Kamu juga jangan minder jika kamu kekurangan.

Tuesday, June 23, 2020

Jawaban Pembelajaran 4 Subtema 1 Tema 1 Kelas 5 Halaman 32,38, 39

Soal dan jawaban dari pembelajaran 4 dalam buku Tematik kelas 5 Tema 1 subtema 1 halaman 32. Peserta didik diminta mengerjakan soal tentang Kondisi Geografis pulau-pulau besar di Indonesia.

Agar lebih jelas, sila perhatikan soal dan jawaban di bawah ini



Ayo Mengamati (Halaman 32)
Amatilah peta pada pembelajaran sebelumnya. Tuliskan kondisi geografis wilayah Indonesia, khususnya kondisi geografis pulau-pulau besar di Indonesia.


Pulau Jawa
Kondisi Geografis Pulau Jawa Berdasarkan Peta
1. Luas : ± 126.700 km² (48.919,1 mil²)
2. Batas
a. Laut :  
Sebelah utara : Laut Jawa
Sebelah selatan : Samudra Hindia
Sebelah barat    : Selat Sunda
Sebelah timur   : Selat Bali

b. Daratan: 
Sebelah utara     : Laut Jawa dan Pulau Kalimantan
Sebelah selatan : Samudera Hindia
Sebelah barat     : Selat Sunda dan Pulau Sumatera
Sebelah timur    : Selat Bali dan Pulau Bali

3. Keadaan Alam
a. Nama-nama pantai dan laut
  1. Pantai Pangandaran (Jawa Barat)
  2. Pantai Carita (Banten)
  3. Pantai Siung (Yogyakarta)
  4. Pantai Menganti (Jawa Tengah)
  5. Pantai Ombak Mati (Jawa Tengah)
  6. Pantai Karang Agung (Jawa Timur)
  7. Pantai Tanjung Lesung (Banten)
  8. Pantai Klayar (Jawa Timur)
  9. Pantai Anyer (Banten)
  10. Pantai Parangkritis
Laut Di Pulau Jawa :
  1. Laut Jawa
  2. Samudera Hidia
Dataran Rendah Di Pulau Jawa :

b. Nama-nama dataran rendah:
  1. Dataran Rendah Surakarta.. Dataran ini terletak di Provinsi Jawa Tengah dimana dengan ketinggian mencapai 95 meter sampai dengan 105 meter di atas permukaan laut.
  2. Dataran Rendah Semaran. Dataran rendah ini memiliki sebuah ketinggian berkisar antara 0 sampai dengan 3,5 meter dimana di atas permukaan laut serta berbatasan langsung dengan Laut Jawanya.
  3. Dataran Rendah Madiun. Terdapat di Kota Madiun, Provinsi Jawa Timur. Dataran rendah Madiun ini berada pada ketinggian berkisar antara 63 meter sampai dengan 67 meter dimana dari atas permukaan air laut. 
c. Nama-nama gunung:
  1. Gunung Lawu, Jawa Timur.
  2. Gunung Ijen, Jawa Timur.
  3. Gunung Argopuro, Jawa Timur.
  4. Gunung Semeru, Jawa Timur.
  5. Gunung Salak, Jawa Barat.
  6. Gunung Tangkupan Perahu, Jawa Barat.
  7. Gunung Sindoro, Jawa Tengah.
  8. Gunung Sumbing, Jawa Tengah.
  9. Gunung Merbabu, Jawa Tengah.
  10. Gunung Merapi, Jawa Tengah.
  11. Gunung Prau, Jawa Tengah.


Pulau Sumatera
Kondisi Geografis Sumatera berdasarkan peta.
1. Luas: 473.481 km²
2. Batas
a. Laut: Teluk Benggala, Laut Cina Selatan, Selat Sunda, Samudera Hindia, Selat Malaka.
b. Daratan: Malaysia, India, Kalimantan

3. Keadaan Alam
a. Nama-nama Pantai dan laut;
Pantai: Tanjung Tinggi, Carocok, Iboih, Pasir Putih, Pulau Jemur, Pasir Panjang, Trikora, Prai Tenggiri.
Laut: Laut Indonesia

b. Nama-nama dataran rendah
Meulaboh dan Singkil 

c. Nama-nama gunung
Gununt Singgalang, GUnung Kerinci, GUnung Talang, Gunung Marapi, Gunung Dempo, Gunung Talamau, Gunung Leuser, Gunung Perkison.

Pulau Kalimantan
Kondisi geografis Kalimatan berdasarkan peta.
1. Luas: 743.330 km2
2. Batas
a. Laut: Laut Cina Selatan, Laut Sulawesi, Laut Jawa
b. Daratan: Malaysia, Selat Karimata, Selat Makassar..

3. Keadaan Alam
a. Nama-nama pantai dan laut
Pantai maratua, Pantai kakaban, Sinka

b. Nama-nama dataran rendah
Pangkalanbun, Kuala Kapuas, Kuala pembuang, Teluk melano, Ketapang.

c. Nama-nama gunung:
Gunung bukit raya, Gunung Palung, Gunung Halau-halau, Gunung Liangpran

Pulau Sulawesi
Kondisi Geografis Pulau Sulawesi Berdasarkan Peta
1. Luas: 174.600 km2
2. Batas
a. Laut: Laut Banda, Laut FLores, Laut Sulawesi
b. Daratan: Kepulauan Maluku, Kalimantan, Filipina, NTT, NTB

3. Keadaan Alam
a. Nama-nama pantai dan laut
Pantai malalayang, Pantai Talise, Pantai Wakatobi, Pantai Likupang, Pantai Manakarra, Pantai Dato Majene.

b. Nama-nama dataran rendah:
Bukulumba, Bantaeng, Jeneponton, Takalar, Gowa, Majene, Selayar, Mamuju.

c. Nama-nama gunung:
Gunung Lokon, Gunung Bawakaraeng, Gunung Mahawu, GUnung Latimojong, Gunung Karangetang, Gunung Gondang Dewata.

Papua dan Maluku
Kondisi Geografis Pulau Papua dan Maluku
1. Luas: 1.133.019 km2
2. Batas: 
a. Laut: Laut sulawesi,Laut Halmahera, Laut Banda, Laut Arafuru, Laut Filipina, Samudera Pasifik
b. Daratan: Papua Nugini, Sulawesi, Timor Leste
3. Keadaan alam
a. Nama-nama pantai dan laut
Pantai: Raka Ampat, Pulau Venue, Tanjung kasuari, Pasir Panjang, Pintu Koto, Santai, Sopape.
Laut: Banda, Maluku

b. Nama-nama dataran rendah:
Pesisir Arafura, Pesisir Trans-Fly, Pesisir, Teluk Papua, Maluku Tenggara.

c. Nama-nama Gunung.
Gunung Gamsunoro, GUnung Kapalamadan, Gunung Waloolon, Gunung Jaya, Gunung Trikora
Pulau Bali dan Nusa Tenggara
Kondisi Geografis Pulau Bali dan Nusa Tenggara
1. Luas: 25.789,81 km
2. Batas 
a. laut: Selat Bali, Laut Bali, Laut Flores
b. Daratan: Pulau Jawa, Lombok

3. Keadaan Alam
a. Nama-nama Pantai dan Laut
Pantai: Nusa Dua, Kuta, Legian, Seger, Sanur
Laut: Laut Bali, Laut Timor, Laut Sawu

b. Nama-nama dataran rendah
Sungai Ayung, SUmbawa, LOmbok, FLores, Sungai Telaga Waja

c. Nama-nama gunung:
Gunung Agung, GUnung Batur, Gunung Tambora, GUnung Rinjani, Gunung Batur

Ayo Berlatih (Halaman 38)
Sebutkan ide pokok masing-masing paragraf pada teks “Gotong Royong Modal Dasar Pembangunan”.

Paragraf 1: Gotong royong merupakan modal dasar bagi terciptanya suasana kemasyarakatan yang harmonis

Paragraf 2: Tidak ada perbedaan dalam prinsip gotong royong.
Paragraf 3: Prinsip-prinsip gotong royong sangat bermanfaat bagi pelaksanaan pembangunan nasional

Ayo Menulis 

Berdasarkan ide pokok berikut, kembangkan menjadi sebuah paragraf.

Musyawarah mufakat adalah nilai luhur bangsa yang harus terus diterapkan dalam kehidupan
sehari-hari. Apabila ada perbedaan di kalangan masyarakat, mereka harus mengutamakan musyawarah.

Kebebasan memeluk agama atau kepercayaan adalah hak setiap warga negara. Tidak ada seorangpun yang boleh mengganggu atau memaksakan agama atau kepercayaannya kepada orang lain. Selain melanggar hukum, hal tersebut juga akan mengakibatkan terjadinya ketidakharmonisan di lmasyarakat.

Monday, June 22, 2020

Pembelajaran 3 Subtema 1 Tema 1 Kelas 5 Halaman 24,25,27, 29

Soal dan jawaban yang terdapat dalam buku Tematik Kelas 5 SD Tema 1 Subtema 1 Pembelajaran 3 halaman 24. Peserta didik diminta mengerjakan soal tentang Pancasila dan pengaamalannya.

Agar lebih jelas, sila perhatikan soal dan jawaban di bawah ini.



Ayo Berdiskusi
Diskusikan dengan teman sebangkumu mengenai sikap-sikap atau perilaku yang sesuai dengan nilai-nilai yang terkandung dalam sila-sila Pancasila.
Berilah tanda centang () pada kolom yang sesuai.

1. Gotong Royong (Sila ke-3)
2. Rajin beribadah (Sila ke-1)
3. Melaksanakan hasil keputusan musyawarah secara bertanggung jawab (Sila ke-4)
4. Tidak membeda-bedakan antara yang kaya dengan yang miskin (Sila ke-5)
5. Memberikan kesempatan kepada orang tua untuk duduk ketika berada di angkutan umum. (Sila ke-2)

Ayo Menulis
Tuliskan sikap-sikap dalam kehidupan sehari-hari yang sesuai dengan nilai-nilai yang terkandung dalam sila-sila Pancasila.

1. Sila Pertama
Sikap yang sesuai:
a. Rajin beribadah
b. Bertakwa kepada Tuhan
c. Rajin ke tempat ibadah
d. Saling menghormati agama lain

2. Sila Kedua
Sikap yang sesuai
a. Memberi sumbangan ke tempat ibadah/ lembaga sosial
b. Menolong tetangga yang kesusahan
c. Tenggang rasa
d. Membantu orang tua menyeberang di jalan raya

3. Sila Ketiga
Sikap yang sesuai
a. Gotong royong
b. Mengikuti upacara bendera
c. Mengikuti kerja bakti
d. Mengikuti kegiatan OSIS/ Pramuka dll

4. Sila Keempat
Sikap yang sesuai
a. Mengikuti Pemilu
b. Berdiskusi ketika ingin memecahkan masalah
c. Melaksanakan hasil musyawarah
d. Tidak memaksakan kehendak.

5. Sila Kelima
Sikap yang sesuai
a. Berusaha berlaku adil terhadap sesama manusa
b. Tidak bergaya hidup mewah
c. Patuh terhadap aturan hukum
d. Tidak memilih-milih dalam berteman

Amatilah perilaku dan sikap orang-orang di lingkungan sekitarmu, seperti di sekolah, rumah, atau masyarakat. Tuliskan perilaku atau sikap yang tidak sesuai dengan nilai-nilai yang terkandung dalam sila-sila Pancasila.
Berilah tanda centang () pada kolom yang sesuai.

1. Tidak memberikan kesempatan kepada salah satu penganut agama untuk melaksanakan ibadah (Tidak sesuai dengan Sila pertama)
2. Bersikap arogan terhadap anak kecil (Tidak sesuai dengan sila kedua)
3. Tidak mau melaksanakan kerja bakti (Tidak sesuai dengan sila ketiga)
4. Lebih mengutamakan arogansi ketika menyelesaikan masalah (tidak sesuai dengan sila keempat)
5. Bersikap semena-mena terhadap teman yang tidak disukai ( tidak sesuai dengan sila kelima)

Ayo Berdiskusi (Halaman 27)

Berdasarkan pada peta di atas, diskusikan dengan temanmu mengenai luas dan letak negara Indonesia. 
Tuliskan hasil diskusimu pada kolom berikut.

Memiliki luas 5.148.111 km2 dan di antara 2 benua, yaitu Benua Asia dan Benua Australia serta di antara 2 Samudra, yaitu Samudra Hindia dan Samudra Pasifik.

Ayo menulis (halaman 29)
Mengenali wilayah tempat tinggal kita akan menjadikan kita lebih mencintai lingkungan tempat tinggal kita. Bagaimana dengan kamu? Seberapa kenalkah kamu terhadap lingkungan tempat tinggalmu?
Agar semakin mengenal lingkunganmu, buatlah cerita singkat berdasarkan peta wilayah yang telah kamu buat.
Bacakan ceritamu di depan teman-temanmu. Pada saat salah seorang temanmu bercerita tentang wilayah tempat tinggalnya, dengarkan dengan
saksama dan temukan ide-ide pokok ceritanya. Tuliskan hasilnya pada kolom berikut.

Paragraf 1
Ide Pokok
Kalimat pengembang:

Paragraf 2
Ide Pokok
Kalimat pengembang:

Paragraf 3
Ide Pokok
Kalimat pengembang:

Paragraf 4 
Ide Pokok
Kalimat pengembang:

Ayo renungkan 
Tuliskan sikap dan perilakumu yang sudah sesuai dengan nilai-nilai yang terkandung dalam sila-sila Pancasila.

1. Rajin beribadah
2. Saling menyayangi orangtua, dan saudara
3. Selalu mengikuti upacara bendera
4. Saling berdiskusi untuk menyelesaikan masalah
5. Bersikap adil.
Mintalah evaluasi kepada orang tuamu.

Friday, June 19, 2020

Jawaban Pembelajaran 2 Subtema 1 Kelas 5 Halaman 12,13,14,17,18

Soal dan jawaban dari pembelajaran 2 subtema 1 kelas 5 SD halaman 8 kurikulum 2013 terbitan kemendikbud. Peserta didik diminta mengerjakan beberapa soal dengan benar.

Agar lebih jelas, sial perhatikan soal dan jawaban di bawah ini.

Ayo Mencoba (Halaman 12)
Untuk dapat menceritakan apa yang terkandung di dalam gambar diperlukan ketelitian dalam mengamati gambar. Selain itu juga diperlukan kemampuan dalam berbahasa, baik lisan maupun tulis. Coba ceritakan rangkaian gambar ilustrasi berikut sesuai pemahamanmu !


1. Seekor induk kelinci memiliki tiga ekor anak dengan warna bulu berwarna warni: biru muda, abu-abu dan kuning. Induk kelinci sangat menyayangi ketiga anaknya. Ia menyusui ketiganya dengan penuh kasih sayang.

2. Setelah puas berkumpul bersama induk dan saudara-saudaranya, salah satu kelinci yang berwarna abu-abu berburu wortel di kebun yang ada di sekitarnya.

3. Sementara kelinci yang berwarna biru tua memilih bermain-main di lapangan yang luas.


Ayo Mengamati (Halaman 13)
Tahukah kamu bahwa kelinci termasuk binatang mamalia? Binatang mamalia tergolong hewan vertebrata, yaitu hewan yang bertulang belakang. Nah, di sekitarmu pasti banyak sekali hewan vertebrata lain selain kelinci.
Bersama temanmu, amati dan identifikasi organ gerak hewan-hewan tersebut.

Tuliskan hasilnya pada tabel berikut.

1. Ikan
Nama organ gerak : Sirip, ekor, Otot dan tulang belakang yang fleksibel
Fungsinya: Membantu ikan untuk berenang. Sirip ikan terdiri dari sepasang sirip (kanan & kiri) serta sirip ekor. Sirip-sirip ini yang mendorong ikan untuk bergerak maju ke depan, berbelok dan memutar balik.

2. Katak 
Nama organ gerak: kaki dan tangan.
Fungsinya:  Sebagi alat bagi katak berpindah tempat, di-mana tiap-tiap kaki dilengkapi selaput di antara jari untuk membantu katak saat berenang.

3. Burung
Nama organ gerak:sayap
Fungsinya: Membantu burung terbang dan mengendalikan arah terbang


4. Ular
Nama organ gerak: Otot perut
Fungsinya:  Sebagai alat bagi ular untuk berpindah tempat dengan cara melata.


5. Kadal
Nama organ gerak: Kaki
Fungsinya: Membantu kadal berjalan di daratan dan berenang saat di permukaan air

6. Kambing
Nama organ gerak: Kaki
Fungsinya: Sebagai alat bagi kambing untuk berpindah tempat.

Ayo Membaca (Halaman 16,17)

Berdasarkan bacaan tentang “Gerak Ikan dalam Air”, temukan ide pokok dan kalimat pengembang setiap paragrafnya.

Paragraf 1
Ide Pokok: Ikan memiliki sistem gerak yang unik
Kalimat Pengembang: 
-Sistem gerak pada ikan berbeda dengan hewan vertebrata yang lain. 
- Hal tersebut dikarenakan habitat ikan adalah di air.

Paragraf 2
Ide Pokok: Salah satu bentuk tubuh yang paling banyak dimiliki oleh hewan air adalah bentuk rudal
Kalimat Pengembang:
  • Bentuk tubuh ini memungkinkan ikan meliuk ke kiri dan ke kanan. 
  • Bentuk tubuh yang seperti ini juga berfungsi untuk mengurangi hambatan pada saat bergerak di dalam air. 
  • Ekor dan sirip ekor yang lebar berfungsi untuk mendorong gerakan ikan dalam air.

Paragraf 3
Ide Pokok: Ikan dapat berenang karena memanfaatkan bentuk tubuhnya yang unik.
Kalimat Pengembang: 
  • Ikan memiliki gelembung renang dalam tubuhnya yang berguna untuk mengatur gerak naik dan turun. 
  • Ikan memiliki susunan otot dan tulang belakang yang fleksibel untuk mendorong gerakan ekornya di dalam air.
Ayo Renungkan (Halaman 18)
Buatlah sebuah karangan singkat dengan ide pokok berikut ini.
• Paragraf 1: Aku mempunyai hewan kesayangan.
• Paragraf 2: Aku bermain dengan hewan kesayanganku setiap hari.
• Paragraf 3: Aku rajin memberinya makan.
• Pargaraf 4: Aku rajin membersihkan tubuh dan kandangnya.


Kucingku

Aku memunyai hewan kesayangan yaitu seekor kucing. Ia kuberi nama Si Hitam karena sebagian besar bulunya berwarna hitam, kecuali sepsang daun telinganya, berwarna putih. Selain itu, Si Hitam juga memiliki sepasang mata yang sangat lucu.

Aku bermain dengan Hitam setiap hari. Setelah bangun tidur, si Hitam sudah berada di dekat tempat tidurku, membangunkanku dengan suaranya yang lucu. Setelah itu, ia berlari-lari kecil mengikutiku.

Setiap hari, aku memberinya makan. Aku menyisihkan uang sakuku untuk membelikan makanan khusus kucing.

AKu juga rajin membersihkan tubuh dan kandangnya. Aku membersihkan bulunya dengan sikat khusus. Terkadang juga kumandikan. Begitu juga kandangnya, selalu kubersihkan jika memang sudah terlihat agak kotor.

2. Perbedaan organ gerak pada hewan vertebrata merupakan karunia dan bentuk keadilan Tuhan.
Amatilah salah satu binatang yang ada di sekitarmu.
Catatlah gerakan-gerakan yang dilakukan hewan tersebut dan organ gerak yang digunakan.
Tuliskan hasilnya pada kolom berikut.

Sapi:
organ gerak: kaki
Gerakan yang dilakukannya:
1. Berdiri
2. Berjalan

Kupu-kupu
organ gerak: sayap
gerakan yang dilakukan: terbang

Wednesday, June 17, 2020

Jawaban Pembelajaran 1 Subtema 1 Tema 1 Kelas 5 Halaman 4,5,6

Kunci jawaban dari pembelajaran 1 Subtema 1 Tema 1 Kelas 5 dalam buku Kurikulum 2013 terbitan kemendikbud halaman 4.

Agar lebih jelas, sila perhatikan soal dan jawaban di bawah ini





Ayo Berlatih

Teks berjudul “Organ Gerak Manusia dan Hewan” terdiri atas lima paragraf. Masing-masing paragraf tersusun dari ide atau gagasan pokok ditambah dengan kalimat-kalimat pengembang.
Ide pokok adalah gagasan yang menjadi dasar sebuah paragraf. Ide pokok disajikan ke dalam bentuk kalimat utama. Kalimat utama yang memuat ide pokok ini bisa berada di awal paragraf, di tengah paragraf, atau di akhir paragraf.
Contoh:

PARAGRAF 1
Ide Pokok :
Salah satu ciri dari makhluk hidup adalah bergerak.
Kalimat Pengembang: 
Secara umum gerak dapat diartikan berpindah tempat atau perubahan posisi sebagian atau seluruh bagian dari tubuh makhluk hidup.
Berdasarkan informasi di atas, temukan ide pokok dan kalimat pengembang dari masing-masing paragraf.

PARAGRAF 2
Ide Pokok:
Gerak pada manusia dan hewan menggunakan organ gerak yang tersusun dalam sistem gerak
Kalimat Pengembang: 
Organ gerak berguna untuk berjalan, berlari, melompat, meloncat, memegang, menggali, memanjat, berenang, dan sebagainya.

PARAGRAF 3
Ide Pokok: Organ gerak pada hewan dan manusia memiliki kesamaan.
Kalimat Pengembang: 
Alat-alat gerak yang digunakan pada manusia dan hewan ada dua macam, yaitu alat gerak pasif berupa tulang dan alat gerak aktif berupa otot.

PARAGRAF 4
Ide Pokok :
Tulang disebut alat gerak pasif karena tulang tidak dapat bergerak dengan sendirinya.
Kalimat Pengembang:
Walaupun merupakan alat gerak pasif, akan tetapi tulang mempunyai peranan yang
besar dalam sistem gerak manusia dan hewan.

PARAGRAF 5
Ide Pokok:
Otot disebut alat gerak aktif karena otot memiliki suatu senyawa kimia yang membuatnhya dapat bergerak.

Kalimat Pengembang:
Pada saat otot yang menempel pada tulang bergerak, otot tersebut akan membuat tulang bergerak.

AYO MENULIS
Kembangkan Ide-Ide Pokok berikuti menjadi sebuah paragraf

Organ Gerak terdiri atas dua macam: 
Ada dua organ gerak manusia dan hewan yaitu organ gerak pasif dan organ gerak aktif. Tulang merupakan organ gerak pasif, sedangkan otot merupakan organ gerak aktif. Baik tulang mau[un otot memiliki fungsi masing-masing dalam sistem gerak manusia dan hewan.

Organ gerak banyak sekali fungsinya:
Organ memiliki banyak sekali fungsi. Kita bisa melakukan gerakan-gerakan dalam kegiatan sehari-hari. Misalnya berjalan, berlari, memanjat, berenang, menggenggam, menoleh, dan lain-lain.

Tanpa organ gerak, manusia tidak dapat bergerak:
Tanpa organ gerak, manusia tidak akan bisa melakukan gerakan apa-apa. Manusia tidak akan bisa melakukan aktivitas sehari-hari. Hal tersebut disebabkan organ gerak adalah sistem yang meneruskan perintah dari otak dalam mengendalikan gerakan-gerakan spontan karena adanya rangsangan dari luar maupun gerakan-gerakan terencana. 

Ayo Berdiskusi
Kamu sudah berhasil menentukan ide pokok dari masing-masing paragraf bacaan “Organ Gerak Manusia dan Hewan” di atas. Sekarang, coba diskusikan dengan temanmu tentang Ide Pokok suatu bacaan.
Diskusikan tentang hal-hal berikut:

1. Pengertian Ide Pokok Bacaan
Ide Pokok merupakan gagasan utama dari sebuah paragraf.

2. Fungsi Ide Pokok Bacaan:
Untuk memberikan informasi kepada pembaca perihal ide/tema/gagasan dari penulis.

3. Cara menentukan Ide Pokok Bacaan
Dengan membaca secara perlahan-lahan setiap kalimat dengan hati-hati.

Tuliskan Kesimpulan yang dapat kalian ambil dari diskusi ini
Ide Pokok merupakan gagasan utama dari sebuah paragraf. Ia harus memberikan informasi yang jelas kepada pembaca, agar mendapat gambaran awal perihal tema dari sebuah paragraf. Kita bisa menentukan ide pokok dengan membaca paragraf awal.

Sunday, June 14, 2020

Kunci Jawaban Pembelajaran 6 Subtema 2 Tema 1 Kelas 4 Halaman 123

Soal dan jawaban dalam buku Kelas 4 SD Tema 1 Subtema 2 pembelajaran 5 halaman 123. Kalian diminta mengerjakan soal dengan benar.


Agar lebih jelas, sila perhatikan soal dan jawaban di bawah ini.



Amati gambar dan baca teks dalam hati

Udin, Edo, dan Beni merupakan sahabat dekat. Mereka berasal dari latar belakang budaya yang berbeda-beda. Mereka juga memeluk keyakinan yang berbeda pula. Udin beragama Islam, Edo beragama Katolik, sedangkan Beni beragama Kristen.
Perbedaan budaya dan agama bukanlah merupakan penghalang bagi mereka untuk bekerja sama. Mereka saling bahu-membahu mengerjakan tugas atau pekerjaan yang harus dikerjakan bersamasama.

Pada peringatan hari ulang tahun kemerdekaan Indonesia yang lalu, Udin, Edo, dan Beni mewakili kelasnya dalam perlombaan Bakiak beregu. Sebelum berlomba mereka bersama-sama mendiskusikan dan merancang strategi agar mereka dapat meraih prestasi dalam lomba tersebut. Mereka pun secara bersama-sama menunjukkan usaha terbaik ketika lomba berlangsung. Alhasil, tim mereka meraih juara dalam lomba tersebut.

Jawab pertanyaan berikut.
1. Bagaimana pendapatmu tentang persahabatan Udin, Edo, dan Beni?
Menurut saya, persahabatan mereka sangat tulus karena tidak memandang perbedaan budaya, suku dan agama. Persahabatan seperti itu sangat penting bagi anak-anak Indonesia.

2. Apakah kamu pernah mempunyai pengalaman bekerja sama dengan teman-teman yang berbeda agama?
Jika pernah, ceritakan secara tertulis.
Pernah, teman saya beragama Katolik. Suatu hari, kami harus mengerjakan tugas dari guru yang mengharuskan kami saling bekerja sama.
Jika belum pernah, tuliskan sikapmu jika suatu hari mempunyai kesempatan bekerja sama dengan teman yang berbeda agama.

3. Apa yang dapat kamu pelajari dari cerita di atas?
Cerita di atas mengajarkan kepada kita akan pentingnya saling menghargai perbedaan di antara sesama manusia khususnya sahabat. Jika itu bisa dilakukan, tujuan kita akan tercapai.

Ayo menulis (Halaman 125)
Kamu masih ingat tentang cerita ‘Perbedaan Bukanlah Penghalang’?
Apa hal penting yang kamu ketahui dari cerita tersebut? Diskusikan dengan teman secara berpasangan.
Setelah itu, buatlah ringkasan tentang cerita tersebut

Paragraf 1
Gagasan pokok:Tidak seperti biasa, hari Minggu ini sekolah terlihat ramai.
Gagasan pendukung: 
  1. Hari itu, semua siswa diminta datang ke sekolah untuk menghias kelas masing-masing.
  2.  Hari Senin akan diadakan lomba menyambut hari kemerdekaan. 
  3. Bapak kepala sekolah berpesan, tiap kelas harus terlihat unik dengan kreasi anak-anak. 
  4. Udin dan teman-teman sekelasnya juga datang ke sekolah. 
  5. Pembagian tugas membuat hiasan telah dilakukan Udin dan teman-teman di hari Jumat yang lalu. Menghias kelas merupakan tanggung jawab bersama.

Paragraf 2
Gagasan pokok:Pagi-pagi hampir semua siswa di kelas Udin sudah hadir. 
Gagasan pendukung:
  1. Hanya Edo dan Martha yang belum terlihat. 
  2. Edo dan Martha sudah meminta izin pada teman-temannya untuk hadir terlambat. 
  3. Mereka harus pergi ke Sekolah Minggu di gereja untuk melakukan ibadah pagi. 
  4. Udin dan teman-teman lainnya tidak keberatan. 
  5. Sebelum ke sekolah, Udin dan Siti mampir ke rumah Edo, lalu ke rumah Martha untuk mengambil bahan dan hiasan kelas yang telah disiapkan. 
  6. Udin dan teman-teman memahami bahwa hari Minggu pagi merupakan waktu ibadah bagi Edo dan Martha yang beragama Katolik. 
  7. Perbedaan waktu dan cara beribadah tidak menghalangi niat kerja sama mereka. 
Paragraf 3
Gagasan pokok:Siang hari sekolah semakin ramai. 
Gagasan pendukung: 
  1. Kelas-kelas sudah terlihat indah dan semarak dengan hiasan merah putih buatan siswa sekelas. 
  2.  Edo dan Martha juga sudah terlihat di antara  mereka. 
  3. Selesai ibadah pagi di gereja Edo dan Martha menyusul datang ke sekolah. 
  4. Senang sekali Udin dan teman-teman berbagi tugas. Ada yang menggunting kertas, ada yang naik ke atas meja untuk menggantung lampion kertas, ada juga yang menghias pintu dengan pita kertas merah putih. Lelah tidak terasa. 
  5. Ketika tiba waktu sholat Zuhur, Udin, Siti, serta teman-teman lain yang beragama Islam menjalankan ibadahnya. 
  6. Edo, Martha, Dayu serta beberapa teman lain yang tidak menjalankan ibadah sholat melanjutkan pekerjaan menghias kelas. 
  7. Menjelang sore, pekerjaan sudah selesai. Kelas Udin sudah terlihat semarak.
  8.  Walaupun berbeda-beda, bekerja sama selalu menyenangkan.
  9.  Perbedaan tidak menjadi penghalang untuk bekerja sama.

Ringkasan

Berbeda dengan hari Minggu sebelumnya, hari ini suasana sekolah tampak riuh oleh suara para siswa. Mereka mempersiapkan lomba. Pada hari Senin, sekolah menggelar lomba kebersihan dalam rangka hari kemerdekaan. .

Anak-anak datang pagi-pagi sekali. Karena pergi ke gereja, Edo dan Martha belum nampak di sekolah. Teman-teman memberi izin. Udin  Siti datang ke sekolah dengan membawa hiasan yang telah disiapkan oleh Edo dan Martha. Meskipun Edo dan Martha belum hadir, mereka tetap melanjutkan kegiatan menghias dengan penuh semangat, yang penting kelas bersih dan indah.

Siang hari, Edo dan Martha sudah berada di tengah-tengah para siswa. Udin dan teman-teman semakin giat menghias sesuai tugas masing-masing. Saat azan Zuhur berkumandang, Udin, Siti dan teman-teman muslim bergegas menunaikan salat. Edo, Martha, Dayu dan teman yang tidak beragama Islam melanjutkan tugasnya. Suasana tetap seru dan menyenangkan. Walau berbeda agama, pekerjaan menghias akhirnya selesai. Kelas terlihat indah dan bersih.

Friday, June 12, 2020

Pembelajaran 4 Subtema 2 Tema 1 Kelas 4 Halaman 110,111, 113,114

Halo Assalamualaikum anak-anak, peserta didik kelas 4 SD, masih tetap semangat ? Pada kesempatan kali ini, kita akan belajar be3rsama tentang pembelajaran 4 subtema 2 tema 1 Kelas 4 Halaman 110, 111.

Agar lebih jelas, sila perhatikan soal dan jawabannya di bawah ini 



Dengan kerja sama maka kebersamaan dalam keberagaman akan semakin terjalin dengan baik.
Seperti apa, ya, bentuk kerja sama yang lain?
Bacalah teks berikut.

Perbedaan Bukanlah Penghalang
Tidak seperti biasa, hari Minggu ini sekolah terlihat ramai. Hari itu, semua siswa diminta datang ke sekolah untuk menghias kelas masing-masing. Hari Senin akan diadakan lomba menyambut hari
kemerdekaan. Bapak kepala sekolah berpesan, tiap kelas harus terlihat unik dengan kreasi anak-anak. Udin dan teman-teman sekelasnya juga datang ke sekolah. Pembagian tugas membuat hiasan telah dilakukan Udin dan teman-teman di hari Jumat yang lalu. Menghias kelas merupakan tanggung jawab bersama.

Pagi-pagi hampir semua siswa di kelas Udin sudah hadir. Hanya Edo dan Martha yang belum terlihat. Edo dan Martha sudah meminta izin pada teman-temannya untuk hadir terlambat. Mereka harus pergi
ke Sekolah Minggu di gereja untuk melakukan ibadah pagi. Udin dan teman-teman lainnya tidak keberatan. Sebelum ke sekolah, Udin dan Siti mampir ke rumah Edo, lalu ke rumah Martha untuk mengambil bahan dan hiasan kelas yang telah disiapkan. Udin dan teman-teman memahami bahwa hari Minggu pagi merupakan waktu ibadah bagi Edo dan Martha yang beragama Katolik. Perbedaan waktu dan cara beribadah tidak menghalangi niat kerja sama mereka. 

Siang hari sekolah semakin ramai. Kelas-kelas sudah terlihat indah dan semarak dengan hiasan merah putih buatan siswa sekelas. Begitupun kelas Udin. Edo dan Martha juga sudah terlihat di antara  mereka. Selesai ibadah pagi di gereja Edo dan Martha menyusul datang ke sekolah. Senang sekali Udin dan teman-teman berbagi tugas. Ada yang menggunting kertas, ada yang naik ke atas meja untuk menggantung lampion kertas, ada juga yang menghias pintu dengan pita kertas merah putih. Lelah tidak terasa. Ketika tiba waktu sholat Zuhur, Udin, Siti, serta teman-teman lain yang beragama Islam menjalankan ibadahnya. Edo, Martha, Dayu serta beberapa teman lain yang tidak menjalankan ibadah sholat melanjutkan pekerjaan menghias kelas. Menjelang sore, pekerjaan sudah selesai. Kelas Udin sudah terlihat semarak. Walaupun berbeda-beda, bekerja sama selalu menyenangkan. Perbedaan tidak menjadi penghalang untuk bekerja sama.

Dari teks di atas carilah gagasan pokok dan gagasan pendukungnya. Tulislah pada tabel berikut. 

Paragraf 1
Gagasan pokok: Tidak seperti biasa, hari Minggu ini sekolah terlihat ramai.
Gagasan pendukung:
  1. Hari itu, semua siswa diminta datang ke sekolah untuk menghias kelas masing-masing.
  2.  Hari Senin akan diadakan lomba menyambut hari kemerdekaan. 
  3. Bapak kepala sekolah berpesan, tiap kelas harus terlihat unik dengan kreasi anak-anak. 
  4. Udin dan teman-teman sekelasnya juga datang ke sekolah. 
  5. Pembagian tugas membuat hiasan telah dilakukan Udin dan teman-teman di hari Jumat yang lalu. Menghias kelas merupakan tanggung jawab bersama.

Paragraf 2
Gagasan pokok:Pagi-pagi hampir semua siswa di kelas Udin sudah hadir. 
Gagasan pendukung:
  1. Hanya Edo dan Martha yang belum terlihat. 
  2. Edo dan Martha sudah meminta izin pada teman-temannya untuk hadir terlambat. 
  3. Mereka harus pergi ke Sekolah Minggu di gereja untuk melakukan ibadah pagi. 
  4. Udin dan teman-teman lainnya tidak keberatan. 
  5. Sebelum ke sekolah, Udin dan Siti mampir ke rumah Edo, lalu ke rumah Martha untuk mengambil bahan dan hiasan kelas yang telah disiapkan. 
  6. Udin dan teman-teman memahami bahwa hari Minggu pagi merupakan waktu ibadah bagi Edo dan Martha yang beragama Katolik. 
  7. Perbedaan waktu dan cara beribadah tidak menghalangi niat kerja sama mereka. 

Paragraf 3
Gagasan pokok:Siang hari sekolah semakin ramai. 
Gagasan pendukung: 
  1. Kelas-kelas sudah terlihat indah dan semarak dengan hiasan merah putih buatan siswa sekelas. 
  2.  Edo dan Martha juga sudah terlihat di antara  mereka. 
  3. Selesai ibadah pagi di gereja Edo dan Martha menyusul datang ke sekolah. 
  4. Senang sekali Udin dan teman-teman berbagi tugas. Ada yang menggunting kertas, ada yang naik ke atas meja untuk menggantung lampion kertas, ada juga yang menghias pintu dengan pita kertas merah putih. Lelah tidak terasa. 
  5. Ketika tiba waktu sholat Zuhur, Udin, Siti, serta teman-teman lain yang beragama Islam menjalankan ibadahnya. 
  6. Edo, Martha, Dayu serta beberapa teman lain yang tidak menjalankan ibadah sholat melanjutkan pekerjaan menghias kelas. 
  7. Menjelang sore, pekerjaan sudah selesai. Kelas Udin sudah terlihat semarak.
  8.  Walaupun berbeda-beda, bekerja sama selalu menyenangkan.
  9.  Perbedaan tidak menjadi penghalang untuk bekerja sama.
Ayo Berdiskusi (Halaman 113)
Duduklah dalam kelompok. Satu kelompok terdiri dari 5 siswa. Carilah informasi tentang salah satu kerja sama di lingkunganmu. Presentasikan hasilnya di depan kelas. 

1. Kerja sama membangun masjid
2. Kerja sama membangun jembatan
3. Kerja sama membangun jalan
4. Kerja sama membangun poskamling
5. Kerja sama membersihkan lingkungan sekitar.

Tahukah kamu tentang Jam Gadang. Jam Gadang adalah menara jam yang terletak di pusat kota Bukittinggi, di Provinsi Sumatra Barat. Dinamai Jam Gadang karena menara ini
memiliki jam dengan ukuran besar pada empat sisinya. 
Temukan sudut-sudut yang ada di Jam Gadang tersebut!
Ukurlah besarnya sudut dengan menggunakan busur!
Mengukur Susut Pada Rumah Gadang
Bagian rumah GadangPrediksikuBesar Sudut Sebenarnya
Bagian atap50°40°
Bagian pondasi160°140°
Bagian pondasi sebelah kanan90°90°



Gambar pertama
sudut A : 60 derajat
sudut B : 60 derajat
sudut C : 60 derajat

Gambar kedua

Sudut A : 90 derajat
Sudut B : 90 derajat
Sudut C : 135 derajat
Sudut D : 140 derajat
Sudut E : 90 derajat

Thursday, June 11, 2020

Jawaban Pembelajaran 3 Subtema 2 Tema 1 Kelas 4 Halaman 101, 106

Halo anak-anak kelas 4 SD, kita berjumpa lagi di blog ini. Kali ini, bapak akan berbagi jawaban dari soal-soal dalam pembeljaran 3 Subtema 2 Tema 1 Kelas 4 SD kurikulum 2013 halaman 101, 106.

Kalian pasti bisa mengerjakan, namun jika masih belum bisa kalian bisa memperhatikan soal dan jawaban di bawah ini.

Setelah bermain Bakiak, diskusikanlah hal berikut dengan teman kelompokmu!
1. Apakah kelompokmu berhasil mencapai tujuan tepat waktu? Mengapa?
Tidak berhasil. Karena kami tidak kompak.
2. Bagaimana pengaruh gerak yang dilakukan setiap anggota kelompok terhadap pencapaian tujuan dalam permainan?
Pengaruh gerak sangat penting, agar serempak dan berhasil mencapai tujuan.
3. Apa kesulitan yang kamu hadapi saat bermain Bakiak?
Menyamakan gerak dengan teman-teman lain.
4. Bagaimana sikapmu terhadap teman satu kelompok saat bermain Bakiak?
Sikap saya, saling memberi semangat.

Ayo Membaca (Halaman 106)
Di pembelajaran sebelumnya, kamu sudah membaca cerita tentang Tong Sampah Gotong Royong.
Bacalah sekali lagi cerita tersebut dan tulislah gagasan pokok dan gagasan pendukungnya. Gunakan diagram-diagram berikut.

Paragraf 1
Gagasan Pokok : Ada yang berbeda setelah senam pagi pada hari Minggu ini
Gagasan Pendukung: 
  1. Warga berkumpul dengan berbagai peralatan dan perlengkapan di lapangan kampung. 
  2. Beberapa drum kosong, bilah-bilah bambu, karung plastik bekas, dan ember bekas, tersusun di pojok kiri lapangan. 
  3. Di pojok lain terlihat tumpukan kaleng cat, kuas, wadah cat, dan beberapa peralatan lain. 
  4. Apa yang akan dikerjakan oleh warga hari ini?
Paragraf 2
Gagasan Pokok:  Walaupun dini hari Pak Made dan keluarganya harus melakukan ibadah pagi di Pura, warga tetap bekerja sejak pagi bergotong royong menyiapkan tempat sampah baru
Gagasan Pendukung:
  1. Udin, Siti, dan Edo membantu Pak Ismail dan beberapa warga lain menganyam bilah-bilah bambu menjadi keranjang sampah. 
  2. Keranjang ini akan menjadi tempat sampah kebun, seperti daun-daun kering, batang, dan buah yang berjatuhan di bawah pohon. 
  3. Lani memilih untuk membantu warga yang memoleskan cat dasar putih pada ember dan drum bekas. 
  4. Ada juga warga yang menambal lubanglubang di karung-karung plastik bekas, agar nantinya bisa dipakai kembali menjadi tempat sampah kering.
Paragraf 3
Gagasan Pokok: Kira-kira pukul 10.00, Pak Made, Dayu dan keluarganya sudah kembali dari kegiatan ibadah. 
Gagasan pendukung: 
  1. Tong-tong sampah baru siap dihias! Pak Made, Ibu Made, dan Dayu berkeliling membuat pola hiasan di tempat-tempat sampah baru.
  2.  Lani turut membantu Dayu. Setelahnya, warga bergoton-groyong mengecat dan memperindah hiasan tempat sampah. Sebelum matahari meninggi, sudah ada 12 tempat sampah baru yang dihasilkan warga secara bergotong royong. 
  3. Drum bekas, ember bekas, karung plastik, keranjang anyam, sudah berubah menjadi tempat sampah kampung yang cantik.

Jawaban Pembelajaran 2 Subtema 2 Tema 1 Kelas 4 Halaman 88,93

Halo anak-anak kelas 4, pada kesempatan kali ini, Bapak akan berbagi jawaban dari soal-soal dalam buku kurikulum 2013 kelas 4 Tema 1 subtema 2 pembelajaran 2 halaman 88.

Kalian harus mengerjakan soal dengan benar ya. Agar lebih jelas, sila perhatikan soal dan jawaban di bawah ini.



Sebelumnya kita sudah banyak belajar tentang indahnya keberagaman budaya Indonesia. Bagaimana cara menjalin kebersamaan dalam keberagaman tersebut? Mari kita gali lebih jauh!

Tong Sampah Gotong Royong

Ada yang berbeda setelah senam pagi pada hari Minggu ini. Warga berkumpul dengan berbagai peralatan dan perlengkapan di lapangan kampung. Beberapa drum kosong, bilah-bilah bambu, karung plastik bekas, dan ember bekas, tersusun di pojok kiri lapangan. Di pojok lain terlihat tumpukan kaleng cat, kuas, wadah cat, dan beberapa peralatan lain. Apa yang akan dikerjakan oleh warga hari ini?

Walaupun dini hari Pak Made dan keluarganya harus melakukan ibadah pagi di Pura, warga tetap bekerja sejak pagi bergotong royong menyiapkan tempat sampah baru. Udin, Siti, dan Edo membantu Pak Ismail dan beberapa warga lain menganyam bilah-bilah bambu menjadi keranjang sampah. Keranjang ini akan menjadi tempat sampah kebun, seperti daun-daun kering, batang, dan buah yang berjatuhan di bawah pohon. Lani memilih untuk membantu warga yang memoleskan cat dasar putih pada ember dan drum bekas. Ada juga warga yang menambal lubanglubang di karung-karung plastik bekas, agar nantinya bisa dipakai kembali menjadi tempat sampah kering.

Kira-kira pukul 10.00, Pak Made, Dayu dan keluarganya sudah kembali dari kegiatan ibadah. Tong-tong sampah baru siap dihias! Pak Made, Ibu Made, dan Dayu berkeliling membuat pola hiasan di tempat-tempat sampah baru. Lani turut membantu Dayu. Setelahnya, warga bergoton-groyong mengecat dan memperindah hiasan tempat sampah. Sebelum matahari meninggi, sudah ada 12 tempat sampah baru yang dihasilkan warga secara bergotong royong. Drum bekas, ember bekas, karung plastik, keranjang anyam, sudah berubah menjadi tempat sampah kampung yang cantik.

Ayo Berdiskusi (Halaman 88)

Berdasarkan teks yang kamu baca, isilah grafik berikut

Keberagaman -> Agama - Budaya - Suku Bangsa

Kerjasama -> Saling membantu - saling membahu - Saling mendukung

Manfaat kerjasama -> Pekerjaan cepat selesai - kerukunan warga terjalin - memperkuat persatuan dan kesatuan
Setelah kamu mengisi grafik di atas, Diskusikan pertanyaan berikut dengan temanmu.
1. Apa itu kerjasama? 
Kerjasama merupakan usaha yang dilakukan oleh beberapa orang untuk mencapai tujuan bersama.

2. Apa manfaat kerjasama?
Pekerjaan menjadi lebih ringan
Pekerjaan cepat selesai
Kerukunan warga terjalin
Memperkuat persatuan dan kesatuan

3. Bagaimana cara kita supaya bisa bekerjasama dalam keberagaman?
Saling menolong seama warga masyarakat.
Bahau membahu membangun
Saling mendukung

Ceritakan satu bentuk kerjasama yang di lakukan di tempat tinggalmu.
Kerja bakti

Halaman 93



Besar sudut BOC adalah  45 derajat
Besar sudut COD adalah 45 derajat
Besar sudut DOE adalah 45 derajat

Lihatlah benda-benda di sekitarmu!
Temukan lima benda yang mempunyai sudut. Ukurlah besar sudutnya dengan menggunakan busur. Perkirakan dahulu sebelum kamu mengukurnya!

No.Nama BendaPerkiraan Besar SusutBesar Sudut Hasil PengukuranJenis Sudut
1.Ujung buku90º90ºSiku-siku
2.Ujung Penggaris Segitiga60º60ºTumpul
3.Bendera Semaphore90º90ºSiku-siku
4.Staples35º40ºLancip
5.Papan Tulis90º90ºSiku-siku

Thursday, June 4, 2020

Kunci Jawaban Pembelajaran 1 Subtema 2 Tema 1 Kelas 4 Halaman 77, 84

Soal dan jawaban dalam buku Tematik Kelas 4 SD Kurikulum 2013 terbitan kemendikbud tema 1 subtema 2 Kebersamaan dan Keragaman pembelajaran 1 halaman 76,77, 84. Peserta didik diminta menjawab soal dengan benar.

Agar lebih jelas, sila perhatikan soal dan jawaban di bawah ini


Ayo Membaca (Halaman 77)

Bacalah Paragraf pertama dan isi diagram berikutnya
Gagasan pokok: Edo dan kelima temannya mendapat tugas untuk melakukan percobaan tentang bunyi
Gagasan pendukung: 
  1. Sepulang sekolah, mereka berkumpul di rumahnya.  
  2. Setiap orang sudah menyiapkan peralatan yang dibutuhkan.
  3.  Lani dan Siti membawa beberapa kaleng yang sudah dilubangi.
  4.  Udin dan Beni membawa benang kasur. Mereka berkumpul di halaman depan rumah. 
  5. Keenam sekawan siap bekerja sama melakukan percobaan.


Bacalah Paragraf kedua dan isi diagram berikutnya
Gagasan pokok: Saat percobaan akan dimulai, tiba-tiba terdengar adzan. 
Gagasan pendukung:
  1. Siti dan Udin meminta izin teman-temannya untuk shalat. 
  2. Teman-temannya mengizinkan mereka untuk melakukan ibadah. 
  3. Edo meminjamkan ruang makannya untuk digunakan Siti dan Udin Shalat. 
  4. Meskipun Edo beragama Katolik, ia tidak keberatan rumahnya dipakai untuk shalat.
  5. Beni yang beragama Kristen, Dayu yang beragama Hindu, dan Lani yang beragama Buddha menunggu dengan sabar temannya beribadah.
  6. Keenam sahabat selalu menghargai satu dengan yang lain.

Bacalah Paragraf pertama dan isi diagram berikutnya
Gagasan pokok: Tiba saatnya keenam sekawan melakukan percobaan.
Gagasan pendukung: 
  1. Setiap orang menunjukkan tanggung jawabnya dalam bekerja. 
  2. Tidak ada satu pun di antara mereka yang duduk diam atau memberi perintah saja.
  3.  Semuanya ikut bagian dalam percobaan. 
  4. Saat Dayu membutuhkan pertolongan memotong benang, Udin datang membawakan gunting. 
  5. Saat Edo kesulitan menalikan benang di kaleng, Siti ikut membantu. 
  6. Keenam sahabat bekerja sama dengan semangat. 
  7. Mereka hidup rukun, saling membantu meskipun berbeda agama.
Halaman 84

Berdasarkan cerita di atas, jawablah pertanyaan berikut!
1. Apakah perbedaan yang dimiliki oleh enam sekawan menghalangi mereka untuk berteman dan bekerja sama? Jelaskan!
Tidak. Enam sekawan tersebut tetap berteman dan bekerja sama. Hal itu bisa terjadi karena setiap orang saling menghargai setiap berbedaan yang ada termasuk perbedaan dalam hal agama.

2. Bagaimana sikapmu jika kamu bermain dengan teman yang berbeda agama?
Biasa saja. Kita harus saling menjaga kerukunan antar umat beragama.

3. Ceritakan pengalamanmu memiliki teman yang berbeda agama. Perbedaan apa yang kamu ketahui? Bagaimana sikapmu terhadap perbedaan tersebut?
Teman saya beragama Katolik. Perbedaan di antara kita terletak pada cara beribadah, tanggal hari raya dan beberapa perbedaan lainnya. Terhadap perbedan tersebut, saya tetap saling menghargai dan berusaha tidak menyinggung perasaannya.