Rabu, 03 Juni 2020

Jawaban Pembelajaran 6 Subtema 1 Tema 1 Kelas 4 Halaman 66

Soal dan jawaban dari pembelajaran 6 subtema 1 tema 1 kelas 4 SD kurikulum 2013 halaman 66. Peserta didik diminta mengerjakan soal-soal dengan benar.

Agar lebih jelas, sila perhatikan soal dan jawaban di bawah ini



Baca kembali teks tentang Suku Minang, kemudian temukan dan tuliskan gagasan pokok dan gagasan pendukung untuk paragraf berikut.

Paragraf 1 
Gagasan Pokok: Suku Minang adalah kelompok etnis yang terdapat di Provinsi Sumatra Barat.
Gagasan Pendukung:
  1. Suku Minang sering disebut sebagai orang Padang atau Urang Awak. 
  2. Bahasa daerah suku Minang adalah bahasa Minang. 
  3. Orang Minang gemar berdagang dan merantau ke daerah lain. Legenda Suku
  4. Minang yang sangat terkenal adalah “Malin Kundang”.

Paragraf 2
Gagasan Pokok: Suku Minang mempunyai rumah adat yang sangat khas yang
disebut Rumah Gadang.
Gagasan Pendukung:
  1. Rumah Gadang ini terbuat dari kayu dan mempunyai bentuk dasar seperti balok. 
  2. Lengkung atap rumahnya sangat tajam seperti tanduk kerbau, sedangkan lengkung badan rumah landai seperti badan kapal. Atap rumah terbuat dari ijuk. 
  3. Bentuk atap rumah yang melengkung dan runcing ke atas itu disebut gonjong.
  4. Karena atapnya berbentuk gonjong, maka disebut rumah Bagonjong.


Paragraf 3 
Gagasan Pokok: Suku Minang mempunyai alat musik tradisional Minang yang
disebut talempong.
Gagasan Pendukung: 
  1. Talempong dimainkan dengan cara dipukul.
  2.  Alat musik khas Minang lainnya adalah saluang. Saluang ini dimainkan dengan cara ditiup.


Paragraf 4
Gagasan Pokok: Suku Minang juga memiliki banyak jenis tarian, di antaranya tari
Pasambahan dan tari Piring.
Gagasan Pendukung:  Tari Pasambahan biasanya ditampilkan dalam pesta adat.

Paragraf 5
Gagasan Pokok: Suku Minang sangat terkenal dengan berbagai makanan khasnya.
Gagasan Pendukung:
  1. Rendang merupakan salah satu makanan tradisional suku Minang yang sangat terkenal, bahkan sampai ke mancanegara. 
  2. Makanan khas suku Minang lainnya yang juga digemari adalah sate padang dan dendeng balado.

Tulis kesimpulanmu tentang perbedaan gagasan pokok dan gagasan pendukung!
Perbedaan gagasan pokok dan gagasan pendukung adalah, gagasan pokok memuat informasi terpenting dari sebuah paragraf. Sementara gagasan pendukung, bersifat menjelaskan informasi penting tersebut.

Ceritakan kembali kepada temanmu tentang Suku Minang!

Suku Minang terdapat di Sumatera Barat. Suku minang disebut juga orang Padang atau Urang Awak. Bahasa daerah mereka adalah bahasa Minang. Rumah adat suku Minang adalah rumah Gadang yang memiliki  atap melengkung seperti perahu yang disebut bagonjong.

Alat musik suku Minang adalah tampong dan saluang. Beberapa jenis tarian daerah merekan antara lain tari Piring dan tari Pasambahan. Suku Minang juga terkanal dengan makanannya misalnya rendang dan sate padang.

Jawaban Pembelajaran 5 Subtema 1 Tema 1 Kelas 4 Halaman 59,60, 63

Soal dan jawaban dalam buku tematik kelas 4 tema 1 subtema 1 pembelajaran 5 kurikulum 2013 terbitan kemendikbud halaman 59,60,63

Peserta didik diminta mengerjakan soal dengan benar. Agar lebih jelas, sila perhatikan soal dan jawaban di bawah ini.



Apa yang ingin kamu ketahui lagi tentang Suku Minang?
Tulislah pertanyaan sebanyak-banyaknya tentang suku tersebut dan diskusikan jawabannya dengan teman satu kelompokmu!

1. Apakah warung makan padang berasal dari suku Minang?
2. Siapa saja tokoh nasional terkenal dari Minang?
3. Apakah di Minang masih ada tradisi gotong royong?
4. Apakah anak-anak masih ada yang belajar tari-tarian Minang?
5. Apakah anak-anak masih memegang teguh tradisi minang?

Halaman 60

Keragaman yang terdapat di sekitar kita tidak hanya terbatas kepada suku, namun juga mencakup keragaman sosial, ekonomi, budaya, etnis, dan agama.
Cari informasi lebih lanjut tentang keragaman sosial dan budaya yang terdapat di lingkungan provinsimu. Tuliskan hasil temuanmu pada kolom berikut.

1. Di daerah kami ada kesenian tradisional Angguk, tari gambyong
2. Di daerah kami ada tradisi sedekah bumi
3. Di daerah kami ada tradisi boyong grobog
4. Di daerah kami ada tradisi sekaten
5. Masih ada gotong royon di daerah kami
6. Mayoritas adalah suku jawa
7. Ada suku lain yaitu Tionghoa
8. Terdapat tempat ibadah bernama kelenteng

Ayo Berdiskusi (Halaman 63) 
Amati kembali tangram yang telah kamu buat. Diskusikan secara berpasangan bangun yang digunakan untuk membentuk tangram tersebut. 

Apakah dalam tangram tersebut terdapat segi banyak tidak beraturan?
Jelaskan.

Senin, 01 Juni 2020

Jawaban Pembelajaran 4 Subtema 1 Tema 1 Kelas 4 Halaman 46,48,50, 51, 56

Soal dan jawaban dalam buku tematik kelas 4 SD tema 1 Subtema 1 pembelajaran 4 kurikulum 2013 terbitan kemendikbud halaman 46.

Peserta didik diminta mengerjakan soal dengan benar. Agar lebih jelas, sila perhatikan soal dan jawaban di bawah ini.


Ayo mengamati
Amatilah kain tradisional

Temukan segi banyak pada kain-kain di atas
1. Persegi
2. Jajar genjang
3. segitiga

Halaman 48
Berdasarkan segi banyak yang kamu temukan pada pola kain di atas.
Kelompokkan ke dalam tabel berikut.

 Segi banyak beraturan  Segi banyak tidak beraturan 
  
  

Sekarang, carilah 3 bentuk segi banyak beraturan dan 3 bentuk segi banyak
tidak beraturan di sekitarmu. Buktikan dengan mengukur sisi dan sudutnya.

Segi banyak beraturan  Segi banyak tidak beraturan 
  
  

Halaman 50
Kerjakan latihan berikut.

1. Manakah yang merupakan segi banyak beraturan? Jelaskan!

a. Segitiga
b. Persegi
c. segi lima
d. Segi 6
e. lingkaran
f. segi delapan

Ayo membaca (halaman 51)
Bacalah teks tersebut kemudian carilah gagasan pokok dan gagasan pendukungnya. Tuliskan pada diagram-diagram yang tersedia!

Tari Kipas Pakarena

Tari Kipas Pakarena merupakan kesenian tari yang berasal dari Gowa, Sulawesi Selatan. Tarian ini sudah menjadi tradisi di kalangan masyarakat Gowa yang merupakan bekas Kerajaan Gowa.

Kisahnya berawal dari perpisahan antara penghuni Boting Langi (negeri khayangan) dan penghuni Lino (bumi) pada zaman dahulu. Konon, sebelum berpisah, penghuni Boting Langi sempat mengajarkan kepada penghuni Lino cara menjalani hidup, seperti bercocok tanam, beternak, dan berburu.

Cerita itu diabadikan dalam gerakan tarian. Makna gerakan tari Kipas Pakarena, seperti gerakan berputar searah jarum jam, melambangkan siklus hidup manusia. Gerakan naik turun mencerminkan roda kehidupan yang kadang berada di bawah dan kadang di atas. Cara menari yang lembut mencerminkan karakter perempuan Gowa yang sopan, setia, patuh, dan hormat. Secara keseluruhan gerakan tari ini mengungkapkan rasa syukur. 

Paragraf 1
Gagasan Pokok: Tari Kipas Pakarena merupakan kesenian tari yang berasal dari Gowa, Sulawesi Selatan
Gagasan Pendukung:Tarian ini sudah menjadi tradisi di kalangan masyarakat Gowa yang merupakan bekas Kerajaan Gowa.

Paragraf 2
Gagasan Pokok: Kisahnya berawal dari perpisahan antara penghuni Boting Langi (negeri khayangan) dan penghuni Lino (bumi) pada zaman dahulu
Gagasan Pendukung:Konon, sebelum berpisah, penghuni Boting Langi sempat mengajarkan kepada penghuni Lino cara menjalani hidup, seperti bercocok tanam, beternak, dan berburu.



Paragraf 3
Gagasan Pokok: Cerita itu diabadikan dalam gerakan tarian
Gagasan Pendukung:

Makna gerakan tari Kipas Pakarena, seperti gerakan berputar searah jarum jam, melambangkan siklus hidup manusia. 
Gerakan naik turun mencerminkan roda kehidupan yang kadang berada di bawah dan kadang di atas. Cara menari yang lembut mencerminkan karakter perempuan Gowa yang sopan, setia, patuh, dan hormat. 
Secara keseluruhan gerakan tari ini mengungkapkan rasa syukur. 

Ayo Mengamati (Halaman 55)

Apa sebenarnya makna persatuan dan kesatuan?
Untuk menjawabnya, mari kita lakukan kegiatan
berikut.
•• Ambil sebuah sapu lidi, cabut sebatang lidi dari sapu tersebut.
•• Gunakan sapu dan sebatang lidi tersebut untuk menyapu.
•• Bandingkan hasilnya.
Tulislah kesimpulanmu pada kolom di bawah ini dan diskusikan jawabanmu secara berpasangan!
Sebatang lidi tidak bisa digunakan untuk menyapu.

Halaman 56
Ayo kita temukan contoh-contoh lain sikap persatuan dan kesatuan dalam keberagaman. 

 Sikap menunjukkan persatuan dan kesatuan  Sikap tidak menunjukkan persatuan dan kesatuan
 kerja bakti mementingkan kepentingan sendiri

Menurutmu, apa yang akan terjadi jika kita memiliki sikap persatuan dan kesatuan?
akan mampu meraih tujuan bersama
Apa yang akan terjadi jika kita tidak memiliki sikap persatuan dan kesatuan?
Akan terjadi banyak masalah

Jawaban Tema 1 Subtema 1 Pembelajaran 3 Kelas 4 Halaman 35,36,40,42

Soal dan jawaban dalam buku Tematik Kelas 4 tema 1 subtema 1 pembelajaran 3 kurikulum 2013 terbitan kemendikbud mulai halaman 35, 36,40, 42. Peserta didik diminta mengerjakan soal-soal dengan benar.

Agar lebih jelas, sila perhatikan soal dan jawaban di bawah ini !





Ayo Berdiskusi (Halaman 35)

Tuliskan pengalamanmu saat mencoba salah satu permainan tradisional. Diskusikan jawabanmu dengan jawaban teman sekelompokmu!
1. Apa yang membuat kamu tertarik dengan kedua permainan tradisional tersebut? Jelaskan!
Saya tertarik karena permainan tersebut membuat saya bisa berolahraga sehingga membuat tubuh saya sehat.
2. Bagaimana aturan permainan tradisional tersebut?
Aturan Benteng-bentengan: peserta permainan dibagi menjadi dua kelompok. Setiap kelompok memiliki 1 beteng. Keduanya harus berjuang untuk merebut benteng musuh. Siapa yang berhasil merebut benteng musuh, berarti dia pemenangnya
Aturan Gobak sodor: Hampir sama dengan aturan benteng-bentengan, cuma pemenannya adalah kelompok yang berhasil melewati garis finish.
3. Bagaimana strategi kelompokmu untuk dapat memenangkan permainan itu?
Dengan berolahraga dan berlari sekencang mungkin
4. Sikap apa yang sebaiknya kamu tunjukkan saat kelompokmu menang atau kalah dalam permainan?
Jika menang, bergembira dan bersorak sorai sewajarnya saja. Jika kalah, mengakui kemenangan lawan dan tidak bersedih hati.
5. Hal baik apa saja yang dapat kamu pelajari dari permainan itu?
Kita bisa berolahraga, belajar bekerja sama, berlatih strategi dan bersabar.

Halaman 36
Selain memiliki permainan tradisional yang beragam, Indonesia memilik musik tradisional yang beragam pula. Bunyi yang dihasilkan suatu benda berbeda-beda. Demikian pula dengan bunyi yang dihasilkan oleh alat musik tradisional.

Bagaimana bunyi tersebut bisa sampai ke telinga kita?

Bunyi masuk ke liang telinga dan menyebabkan gendang telinga bergetar.
  1. Gendang telinga bergetar oleh bunyi.
  2. Getaran bunyi bergerak melalui osikula ke rumah siput.
  3. Getaran bunyi menyebabkan cairan di dalam rumah siput bergetar.
  4. Getaran cairan menyebabkan sel rambut melengkung. Sel rambut menciptakan sinyal saraf yang kemudian ditangkap oleh saraf auditori. Sel rambut pada salah satu ujung rumah siput mengirim informasi bunyi nada rendah dan sel rambut pada ujung lain mengirim informasi bunyi nada tinggi.
  5. Saraf auditori mengirim sinyal ke otak di mana sinyal ditafsirkan sebagai bunyi
Buatlah pertanyaan tentang perambatan bunyi. Diskusikan pertanyaan yang kamu buat dengan kelompokmu, kemudian sampaikan hasilnya di depan kelas!

1. Mengapa telinga bisa mendengar suara?
2. Apakah telinga manusia bisa mendengar suara yang sangat keras dan sangat pelan ?

Halaman 40

Melalui media apa saja bunyi dapat merambat dan sampai ke telinga kita?
Udara, zat cair, zat padat
Media atau benda apakah yang digunakan untuk merambatkan bunyi?
Media paling umum untuk merambatkan bunyi adalah gas/udara. bunyi dapat merambat pada benda cair maupun padat juga
Apakah bunyi yang dihasilkan dari setiap media sama? Mengapa?
Bunyi yang dihasilkan setiap media tidak sama. ... Perbedaan ini disebabkan oleh jenis bahan sumber suara dan variasi getaran yang menyebabkan timbulnya gelombang suara
Apa yang dapat kamu simpulkan tentang perambatan bunyi?
 Bunyi merambat sebagai sebuah gelombang, bunyi memerlukan medium untuk merambat

Halaman 42

Ayo Membaca
Pada pembelajaran sebelumnya, kamu sudah membaca cerita tentang Siap Menghadapi Musim Hujan.
Bacalah sekali lagi cerita tersebut dan tulislah gagasan pokok dan gagasan pendukungnya. Gunakan diagram-diagram berikut.

Paragraf 1
Gagasan Pokok : Musim hujan hampir tiba
Gagasan pendukung: 
  1. Warga desa Kampung Babakan berdiskusi
  2. untuk melakukan kerja bakti. 
  3. Mereka berencana membersihkan selokan.
  4. Mereka sepakat ketika selokan bersih, warga tidak akan kebanjiran.
Paragraf 2
Gagasan pokok : Pagi itu, semua warga terlihat sangat bersemangat membersihkan selokan
Gagasan pendukung:
Pak Sammy dan Pak Udin sibuk mengambil sampah yang ada di dalam selokan. 
Pak Made dan Pak Udin memastikan saluran selokan lancar. 
Pak Nur mengambil sampah-sampah dan meletakkannya di gerobak sampah.

Paragraf 3
Gagasan pokok : Setelah acara kerja bakti selesai, warga berkumpul untukmenikmati teh hangat
dan pisang goreng
Gagasan pendukung:
Makanan tersebut dimasak oleh warga ibu-ibu. Mereka senang karena selokan desa sudah bersih. 
Kini, mereka siap menghadapi musim hujan.

Kamis, 28 Mei 2020

Jawaban Tema 1 Subtema 1 Pembelajaran 1 Halaman 29, 30,31, 32

Halo anak-anak kelas 3 SD, selamat datang kembali di blog ini. Pada kesempatan kali ini, bapak akan berbagi jawaban dari berbagai soal dalam pembelajaran 1 subtema 1 Tema 1 buku Kelas 3 SD Kurikulum 2013 mulai halaman 28, 29.30,31, 32

Agar lebih jelas, sila perhatikan soal dan jawaban di bawah ini !

Ayo Berdiskusi

Pak Sammy, Pak Encep, Pak Made, Pak Udin, dan Pak Nur tinggal di Kampung Babakan. Mereka berasal dari suku yang berbeda-beda. Mereka juga mempunyai kesukaan makanan yang berbeda-beda. Makanan kesukaan mereka adalah makanan khas daerahnya. Mereka juga sangat ahli dalam memainkan alat musik daerah masing-masing. Mereka menggunakan bahasa Indonesia sebagai bahasa sehari-hari
meskipun masih sangat terpengaruh dengan logat bahasa daerah mereka.



Identifikasi Keragaman Berikut


IdentifikasiPak SammyPak EncepPak MadePak UdinPak Nur
AsalMalukuSundaBaliBetawiJawa
BahasaMalukuSundaBaliBetawiJawa
MakananGohu IkanPeuyeumAyam BetutuKerak TelorNasi Pecel
Alat MusikArababuAngklungRindik  
Pakaian Daerah     
Tarian    Gambyong
Kebiasaan    


Bacalah teks berikut ini!
Siap Menghadapi Musim Hujan
Musim hujan hampir tiba. Warga desa Kampung Babakan berdiskusi untuk melakukan kerja bakti. Mereka berencana membersihkan selokan. Mereka sepakat ketika selokan bersih, warga tidak akan kebanjiran. 
Pagi itu, semua warga terlihat sangat bersemangat membersihkan selokan. Pak Sammy dan Pak Udin sibuk mengambil sampah yang ada di dalam selokan. Pak Made dan Pak Udin memastikan saluran selokan lancar. Pak Nur mengambil sampah-sampah dan meletakkannya di gerobak sampah.
Setelah acara kerja bakti selesai, warga berkumpul untuk menikmati teh hangat dan pisang goreng.
Makanan tersebut dimasak oleh warga ibu-ibu. Mereka senang karena selokan desa sudah bersih. Kini,
mereka siap menghadapi musim hujan.


Diskusikan pertanyaan berikut! (Halaman 30)

1. Apa yang dilakukan warga desa Kampung Babakan?
Kerja bakti membersihkan selokan

2. Mengapa mereka melakukan kerja bakti?
Karena mereka tidak ingin terkena banjir

3. Apakah warga desa mempunyai sikap mengutamakan persatuan dan kesatuan? Jelaskan!
Iya. Hal tersebut terlihat dari kekompakan mereka dalam melakukan kerja bakti demi kepentingan bersama

4. Apa manfaat sikap mengutamakan persatuan dan kesatuan bagi warga Kampung Babakan?
Mereka bisa terhindar dari hal-hal yang merugikan mereka misalnya bencana banjir.

5. Apa yang akan terjadi jika warga tidak mempunyai sikap mengutamakan persatuan dan kesatuan?
Masyarakat akan mengalami kerugian dalam hal berinteraksi misalnya adanya sikap saling mencurigai yang mengakibatkan pertengkaran.


Sekarang amatilah dirimu dan temanmu. Pada saat kamu melakukan diskusi tadi, apakah ada keberagaman yang terlihat antara kamu dan temanmu?
1. Apakah keberagaman yang kelompok kamu miliki? Jelaskan!
Keragaman dalam ciri-ciri fisik misalnya warna rambut, jenis rambut, warnat kulit dan lain-lain.
2. Apakah ciri-ciri fisik (warna kulit, rambut, tinggi, dan lain-lain) anggota kelompokmu sama atau berbeda? Jelaskan!
Ada yang sama, ada pula yang berbeda. Hal tersebut dipengaruhi karena perbedaan asal-usul kedua orangtua.

3. Mengapa meskipun kalian memiliki ciri-ciri fisik yang berbeda, tetapi tetap harus bekerja sama?
Karena untuk mencapai tujuan bersama kita harus bekerjasama agar tujuan tersebut tercapai.

4. Apakah kalian memiliki pendapat yang sama? Jelaskan!
Ya, tapi terkadang ada juga yang berbeda
5. Samakah cara kalian menyampaikan pendapat? Jelaskan!
Sama
6. Apakah keberagaman tersebut membawa manfaat bagi kelompok?  Jelaskan!
Iya, kita bisa melihat begitu banyak keragaman dalam kehidupan di dunia ini. Untuk itu kita harus menghargainya.

Sabtu, 23 Mei 2020

Jawaban Tema 1 Subtema 1 Kelas 4 Pembelajaran 2 Halaman 17,18,19,20,21

Kunci jawaban dari soal dalam buku tematik kurikulum 2013 terbitan kemendikbud Kelas 4 Tema 1 Subtema 1 Keberagaman Budaya Indonesia halaman 17.

Peserta didik diminta mengerjakan soal dengan benar. Agar lebih jelas, sila perhatikan soal dan jawaban di bawah ini !

Ayo Mengamati

Pada saat menyaksikan Pawai Budaya, Udin sangat kagum dengan keindahan keberagaman budaya.



Temukan sebanyak-banyaknya bangun datar yang ada pada gambar di atas.

Gambar Segitiga : 
Gambar persegi:
gambar persegi panjang:
Gambar Jajar Genjang



Apakah segi banyak itu?

Berdasarkan bentuk di atas, diskusikan dengan kelompokmu
1. Apakah segi banyak adalah kurva tertutup? Jelaskan!
Iya sebab segi banyak merupakan kurva tertutup yang seluruh sisinya dibatasi oleh garis.

2. Apakah sisi segi banyak adalah garis lurus?
iya

3. Apa itu segi banyak?
Segi banyak adalah bangun tertutup yang seluruh sisinya dibatasi oleh garis yang memiliki banyak segi dan sudut yang paling sedikit mempunyai tiga sisi


Berdasarkan bangun datar yang kamu temukan pada gambar pawai budaya, kelompokkan mana yang termasuk segi banyak dan bukan segi banyak. Jelaskan alasanmu!

 Segi banyak  Bukan Segi Banyak
 Persegi panjang  Lingkaran
 Segitiga 
 Persegi 
 Jajar Genjang 

Diskusikan hasil jawabanmu dengan temanmu! Apakah hasil pengelompokanmu sama dengan temanmu? Jelaskan!
Ada hasil yang hampir sama dengan teman-teman


Jawaban Tema 1 Subtema 1  Kelas 4 Pembelajaran 2 halaman 20

Nah, sekarang coba amati lingkungan di sekitarmu. Bentuk segi banyak apa saja yang kamu temukan?
Bentuk bukan segi banyak apa saja yang kamu temukan?
Tulis hasil pengamatanmu di bawah ini! (masing-masing minimal 3)

Segi banyak  Bukan Segi Banyak
 Persegi panjang  Lingkaran
 Segitiga 
 Segilima 
 Jajar genjang 

Tulislah contoh penggunaan segi banyak yang ada di sekitarmu!
Daun pintu, sepeda motor, telepn pintar, sepeda, mobil, setrika.

Apa manfaat segi banyak dalam kehidupan sehari-hari?
Segi banyak dalam kehidupan sehari-hari sangat bermanfaat untuk melakukan aktivitas sehari-hari

Apa yang akan terjadi jika segi banyak tidak ada dalam kehidupan sehari-hari?
jika ada sedikit segi banyak dalam kehidupan sehari-hari, manusia tidak memiliki banyak alat bantu dalam kehidupannya.

Jawaban Tema 2 Subtema 1 Kelas 4 Pembelajaran 2 Halaman 21

Tahukah kamu bahwa sarang lebah juga terdiri atas segi banyak?

Sungguh menakjubkan bahwa Tuhan menciptakan sarang lebah yang tersusun dari sekumpulan bentuk
segi enam. Ahli matematika meneliti bahwa bentuk segi enam adalah bentuk geometris yang paling sesuai untuk memanfaatkan setiap bagian secara maksimum. Seandainya sarang lebah dibangun dengan bentuk lain, akan banyak bagian yang tidak terpakai. Madu yang dapat disimpan akan lebih sedikit dan lebih sedikit pula lebah yang mendapat manfaatnya.

Setelah kamu belajar tentang segi banyak, kini saatnya kamu mengisi diagram berikut.

Bukan Gambar Segi Banyak :


Gambar Segi Banyak



Definisi: Segi banyak adalah bentuk tertutup dengan sisi yang terdiri atas garis lurus
Ciri-Ciri: 

  1. Sisinya berbentuk garis lurus
  2. bentuknya tertutup
  3. paling sedikit memiliki 3 sisi


Kunci Jawaban Tematik Kelas 3 Tema 1 Pertumbuhan dan Perkembangan Makhluk Hidup

Halo anak-anak kelas 3 SD, hari ini Bapak berharap semoga kalian selalu sehat sehingga bisa belajar dengan baik. Pada kesempatan kali ini, Bapak akan berbagi informasi atau jawaban dari soal-soal dalam buku Tematik Kelas 3 SD Tema 1 Kurikulum 2013 tentang Pertumbuhan dan Perkembangan Makhluk Hidup.



Bapak sudah membuat link-link ke soal dan jawaban subtema-subtema yang ada dalam buku Tema 1. Ada empat subtema dalam buku tema 1. 


Tentu saja, ada banyak soal dalam buku tematik tersebut. Saran dari Bapak, kalian harus selalu memperhatikan pelajaran setiap harinya, patuh kepada bapak/ ibu guru dan selalu bersikap sopan kepada mereka.

Selain itu, ketika kalian sudah pulang sekolah, aturlah waktu sebaik mungkin. Tanyalah kepada ayah dan ibu kalian bagaimana cara mengatur waktu yang tepat. Kapan harus belajar dan kapan harus bermain. Kalian juga perlu menjaga kesehatan dan makanlah tepat waktu agar kalian bisa tumbuh dengan baik.

Jika kalian melakukan itu semua, secara tidak langsung kalian sudah mempraktikkan pelajaran Tema 1 tentang pertumbuhan dan perkembangan makhluk hidup.

Kamis, 21 Mei 2020

Kunci Jawaban Tematik Kelas 4 Subtema 1 Halaman 3,8, 9,11,12, 14

Kunci jawaban dari soal-soal dalam buku tematik kelas 4 kurikulum 2013 Tema 1 Subtema 1 Pembelajaran 1 Keberagaman Budaya Bangsaku halaman 3. Peserta didik diminta menjawab beberapa soal yang berkaitan dengan bacaan sebelumnya.

Agar lebih jelas, sila perhatikan soal dan jawaban di bawah ini.  






(1)Pawai Budaya sangat menarik bagi warga Kampung Babakan. Pawai ini selalu menampilkan
keragaman budaya Indonesia. Udin dan teman-teman tidak pernah bosan menanti rombongan
pawai lewat. Tahun ini mereka datang ke alun-alun untuk melihat pawai tersebut. Kakek Udin pun
terlihat sabar menanti. Terdengar suara gendang yang menandakan rombongan pawai semakin dekat.

(2) Di barisan pawai terdepan terlihat rombongan dari Maluku. Rombongan laki-laki mengenakan kemeja putih, jas merah, dan topi tinggi dengan hiasan keemasan. Rombongan perempuan mengenakan baju Cele. Baju ini terdiri dari atasan putih berlengan panjang serta rok lebar merah. Langkah mereka diiringi oleh suara Tifa, alat musik dari Maluku. Bunyinya seperti gendang, namun bentuknya lebih ramping dan panjang. Budaya Maluku sangat unik dan menarik. 

(3) Budaya Bali terkenal karena bunyi musiknya yang berbeda. Rombongan dari Bali membunyikan alat musik daerahnya, Ceng-Ceng namanya. Alat ini berbentuk seperti dua keping simbal yang terbuat dari logam. Nyaring bunyinya ketika kedua keping ini dipadukan.

(4) Rombongan dari Bali diikuti oleh rombongan dari Toraja. Wanita Toraja memakai pakaian adat yang disebut baju Pokko. Rombongan laki-laki menggunakan pakaian adat yang disebut Seppa Tallung Buku. Rombongan Toraja membunyikan alat musik khas mereka, Pa’pompang namanya. Alat musik ini berupa suling bambu besar yang bentuknya seperti angklung. Unik bentuknya, unik pula bunyinya. Budaya Toraja sangat menarik untuk dipelajari.

(5) Udin dan teman-teman senang melihat pawai budaya. Selalu ada hal baru yang mereka perhatikan setiap tahun. Pakaian adat dari berbagai suku di Indonesia selalu menyenangkan untuk
diamati. Benar kata Ibu Udin, kebudayaan Indonesia memang sangat beragam. Kaya dan  mengagumkan.

Tulislah nomor urut di sebelah kiri pada setiap paragraf dengan nomor 1 sampai 5. Bersama teman kelompokmu, jawablah pertanyaan berikut untuk paragraf pertama!

Apa yang dibicarakan pada paragraf ke-1? 
Paragraf ke-1 membicarakan tentang betapa senangnya / antusiasnya warga Kampung Babakan terhadap pawai tiap tahun yang selalu menampilkan keragaman budaya Indonesia. Hampir semua warga Babakan akan menonton acara tersebut.

Bacalah paragraf kedua dan temukan gagasan pokok dan gagasan pendukungnya. Kamu bisa berdiskusi dengan teman kelompokmu.
Sampaikan hasilnya di depan kelas.

Gagasan pokok:  Di barisan pawai terdepan terlihat rombongan dari Maluku
gagasan pendukung: 
  1. Rombongan laki-laki mengenakan kemeja putih, jas merah, dan topi tinggi dengan hiasan keemasan. 
  2. Rombongan perempuan mengenakan baju Cele. 
  3. Baju ini terdiri dari atasan putih berlengan panjang serta rok lebar merah. 
  4. Langkah mereka diiringi oleh suara Tifa, alat musik dari Maluku. 
  5. Bunyinya seperti gendang, namun bentuknya lebih ramping dan panjang. 
  6. Budaya Maluku sangat unik dan menarik. 
Perhatikan diagram berikut ini!
Temukan gagasan pokok dan gagasan pendukung untuk paragraf 3, 4, dan 5.

Paragraf 3
Gagasan Pokok : Budaya Bali terkenal karena bunyi musiknya yang berbeda
Gagasan pendukung: 
  1. Rombongan dari Bali membunyikan alat musik daerahnya, Ceng-Ceng namanya
  2. Alat ini berbentuk seperti dua keping simbal yang terbuat dari logam. 
  3. Nyaring bunyinya ketika kedua keping ini dipadukan.
Paragraf 4
Gagasan Pokok: Budaya Toraja sangat menarik untuk dipelajari.
Gagasan pendukung: 
  1. Wanita Toraja memakai pakaian adat yang disebut baju Pokko. 
  2. Rombongan laki-laki menggunakan pakaian adat yang disebut Seppa Tallung Buku. 
  3. Rombongan Toraja membunyikan alat musik khas mereka, Pa’pompang namanya. 
  4. Alat musik ini berupa suling bambu besar yang bentuknya seperti angklung. 
  5. Unik bentuknya, unik pula bunyinya
Paragraf 5
Gagasan Pokok: Udin dan teman-teman senang melihat pawai budaya
Gagasan Pendukung: 
  1. Selalu ada hal baru yang mereka perhatikan setiap tahun. 
  2. Pakaian adat dari berbagai suku di Indonesia selalu menyenangkan untuk diamati.
  3. Benar kata Ibu Udin, kebudayaan Indonesia memang sangat beragam. Kaya dan  mengagumkan.

Tuliskan kembali gagasan-gagasan pendukung dari paragraf 3, 4, dan 5 di dalam kolom yang tersedia. Sampaikan hasilnya kepada gurumu.

Gagasan Pendukung: 
Paragraf 3: 
  1. Rombongan dari Bali membunyikan alat musik daerahnya, Ceng-Ceng namanya
  2. Alat ini berbentuk seperti dua keping simbal yang terbuat dari logam. 
  3. Nyaring bunyinya ketika kedua keping ini dipadukan.
Paragraf 4:
  1. Wanita Toraja memakai pakaian adat yang disebut baju Pokko. 
  2. Rombongan laki-laki menggunakan pakaian adat yang disebut Seppa Tallung Buku. 
  3. Rombongan Toraja membunyikan alat musik khas mereka, Pa’pompang namanya. 
  4. Alat musik ini berupa suling bambu besar yang bentuknya seperti angklung. 
  5. Unik bentuknya, unik pula bunyinya
Paragraf 5: 
  1. Selalu ada hal baru yang mereka perhatikan setiap tahun. 
  2. Pakaian adat dari berbagai suku di Indonesia selalu menyenangkan untuk diamati.
  3. Benar kata Ibu Udin, kebudayaan Indonesia memang sangat beragam. Kaya dan  mengagumkan.
Ayo Berlatih (halaman 8)
Bertanyalah kepada temanmu untuk mencari informasi tentang keberagaman suku bangsa di kelasmu!

 NO     Nama siswa  Daerah Asal  Ciri Khas Daerah 
 1 Siti     Padang Rendang    
 2     Azis Madura Sate ayam, karapan sapi
 3 Joko Semarang Lumpia, bahasa jawa
 4 Endang     Bandung Peuyeum, bahasa sunda
 5 Umar Lampung Gajah, krupik kemplang
 6 Irma Surakarta Tari gambyong, Serabi

Setelah mendapatkan informasi di atas, jawablah pertanyaan berikut.

1. Apakah kalian semua berasal dari daerah asal yang sama? Jelaskan!
Ya..sebagian besar dari kami merupakan suku Jawa. Kami berbicara dengan bahasa jawa dan menggunakan adat istiadat jawa. 
2. Apakah kalian mempunyai ciri khas daerah yang sama? Jelaskan!
Iya ciri khas suku jawa antara lain:
a. Memiliki bahasa yang khas yaitu bahasa jawa
b. Menggunakan adat istiadat jawa
c. terkenal dengan masakannya yang enak misalnya sate, lumpia, getuk, dan lain-lain.

Bagaimana sikap yang seharusnya kalian tunjukkan terhadap perbedaan yang ada?
saling menghargai.

Perbedaan yang ada pada setiap daerah di Indonesia merupakan suatu anugerah dari Tuhan yang patut kita syukuri. (Halaman 9)

Nah, sekarang tuliskan pada kolom berikut apa yang telah kamu lakukan untuk menghargai perbedaan yang ada!

 No Sikap Menghargai Keragaman
 1 Bermain bersama teman yang berlainan agama
 2 Saling tolong menolong teman yang berlainan suku
 3 Saling mencicipi masakan-masakan daerah lain
 4 Saling mencoba permainan daerah lain
 5 belajar kelompok dengan teman yang bersuku lain.


 No Sikap Tidak Menghargai Keragaman
 1 Bermain hanya dengan teman yang satu suku bangsa
 2 Mengejek tradisi suku lain
 3 Menggangu teman ketika berdoa sesuai agamanya
 4 Menghina teman dari suku bangsa lain yang kulit/ rambutnya berbeda
 5 Membuang masakan khas teman yang bersuku bangsa lain.

Ayo Mengamati 

Halaman 11

Tulislah nama alat musik tradisional lain yang kamu ketahui. Jelaskan asal
alat musik itu, cara memainkannya, serta cara terjadinya bunyi pada alat
musik tersebut!

 No Alat musik  Daerah Asal  Cara memainkan dan Cara Menghasilkan Bunyi
 1 Suling Jawa Barat Alat tersebut dimainkan dengan cara ditiup sehingga menimbulkan getaran udara dalam suling, getaran tersebut menghasilkan bunyi.
 2KolintangSulawesi UtaraCara memainkan alat musik ini adalah dengan cara dipukul. Itulah yang menghasilkan bunyi
 3 Gong Jawa Tengah Dipukul sehingga bergetar lalu menghasilkan bunyi
 4 Sasando Kalimantan Utara Dipetik dan menghasilkan suara
 5. Rebab Jawa Barat Dipetik dan menghasilkan suara

Ayo, kita pelajari lebih lanjut tentang bunyi! (Halaman 12)
Amati benda-benda yang ada di sekitarmu. Ambillah lima benda yang kamu anggap sebagai sumber bunyi. Pastikan bahwa benda yang kamu temukan berbeda cara membunyikannya (ditiup, digesek, dipetik, dipukul, atau ditekan).

 Nama Benda Cara Menghasilkan Bunyi 
 Peluit Peluit ditiup sehingga terjadi getaran udara dalam peluit, getaran tersebut menghasilkan bunyi.
 Kaleng Dipukul, sehingga terjadi getaran pada kaleng tersebut, lalu menghasilkan bunyi
 Terompet Terompet ditekan..sehingga menimbulkan suara
BiolaBiola digesek sehingga terjadi getaran lalu menimbulkan bunyi
Gitar Senar GItar dipetik, sehingga gelombang yang dihasilkan oleh getaran senar gitar akan masuk ke dalam lubang pada gitar dan akan menghasilkan bunyi
 Terompet Terompet ditiup sehingga terjadi getaran udara dalam peluit, getaran tersebut
menghasilkan bunyi.


Menurutmu, bagaimana bunyi dapat dihasilkan oleh benda-benda tadi? 

Sebagian besar berasal dari getaran yang ditimbulkan akibat gesekan, tiupan, petikan, pukulan atau tekanan.

Secara berkelompok, bunyikanlah berbagai jenis barang seperti botol, sendok, ember, dan tutup panci. Usahakanlah agar bunyi yang dihasilkan enak didengar. 
Apakah bunyi yang dihasilkan dari benda-benda itu sudah enak didengar?
Belum

Mengapa?
Karena tidak ada pengaturan bunyi/ nada dalam benda-benda tersebut

Apa yang dapat kalian lakukan dalam sebuah kelompok sehingga alat-alat
yang kalian mainkan menghasilkan bunyi?
Memilih benda-benda yang bisa menghasilkan bunyi yang enak didengar.

Bagaimana caramu dan anggota kelompokmu bekerja sama agar alat yang
beragam itu menghasilkan bunyi yang enak didengar?
Mengatur waktu dan kecepatan ketika memukul benda-benda tersebut.

Selasa, 19 Mei 2020

Kunci Jawaban Tematik Kelas 3 Tema 1 Subtema 4 Halaman 174, 176,178, 181, 183 185

Soal dan jawaban dalam buku Kurikulum 2013 Tema 1 Subtema 4 pembelajaran 5 dan 6 kelas 3 tentang Pertumbuhan dan Perkembangan Tumbuhan. Peserta didik diminta mengerjakan soal dengan benar.

Agar lebih jelas, sila perhatikan soal dan jawaban di bawah ini !



Ayo Menulis (Halaman 174)
Tuliskan kata-kata yang baru kamu ketahui dari teks dialog. Temukan arti kata-kata tersebut
dalam kamus!
1. paku-pakuan : sekelompok tumbuhan yang memiliki sistem pembuluh sejati 
2.biji : isi buah (yang apabila ditanam dapat tumbuh)
3. spora:  satu atau beberapa sel (bisa haploid ataupun diploid) yang terbungkus oleh lapisan pelindung.

Buat kalimat dari kata-kata tersebut!
1. Tanaman paku-pakuan tumbuh di halaman rumah
2. Aku menanam biji semangka di halaman belakang rumah.
3. Tanaman paku-pakuan itu berkembang biak dengan spora.

Halaman 176
Perhatikan kembali teks dialog tentang cara perkembangbiakan tumbuhan dengan spora!
Tuliskan kembali cara perkembangbiakan dengan spora menggunakan bahasamu sendiri. Tuliskan
dalam bentuk paragraf. Gunakan huruf kapital dan tanda baca dengan benar! 
Lani sedang membantu Ayah menyiram tanamam di depan rumah. Salah satu tanaman yang disiram adalah paku-pakuan. Tumbuhan ini berkembang biak dengan spora. Pada bagian belakang daun paku-pakuan terdapat bintik-bintik hitam yang sangat mudah diterbangkan oleh angin ke berbagai tempat. Di sanalah Paku-pakuan akan tumbuh dan berkembang.

Ayo Berlatih (Halaman 178)

Selesaikan latihan soal pembagian berikut ini!
a. 364 : 4 =  91
b. 444 : 4 = 111
c. 225 : 5 = 45
d. 335 : 5 = 67

Pembelajaran 6
Ayo menulis (Halaman 181)
1. Sebutkan contoh perkembangbiakan buatan.
mencangkok, okulasi, stek, menyambung.
2. Sebutkan salah satu kelebihan mencangkok tanaman
Tumbuhan hasil cangkokan lebih cepat berbuah ketimbang tumbuhan dari biji
3. Tanaman manakah yang lebih kuat jika ditanam dengan biji atau dicangkok?
Pohon mangga
4. Apa langkah selanjutnya setelah dahan yang
akan dicangkok dikupas bersih?
Tutup luka pada dahan dengan tanah subur yang sudah dicampur dengan pupuk kandang.
Kemudian, bungkus tanah dengan sabut kelapa/ plastik lalu diikat dengan tali.
5. Berapa lama waktu dibutuhkan sebelum tanaman cangkok dipisahkan dari induknya?
Setelah tumbuh banyak akar kira-kira 1-2 bulan.


Halaman 183
Beri tanda kata-kata baru yang kamu temukan dari teks bacaan.
Carilah arti kata tersebut di Kamus Besar Bahasa Indonesia. Kemudian, tuliskan pada tempat yang
sudah tersedia.
Buatlah kalimat dari kata-kata tersebut!
1. Dahan; Cabang batang pohon; bagian batang pohon yang tumbuh mencuat ke samping (beranting dan berdaun)
2. Sabut: kulit yang berserat pada buah kelapa, pinang, dan sebagainya
3. Akar: bagian tumbuhan yang biasanya tertanam di dalam tanah sebagai penguat dan pengisap air serta zat makanan

1. Ayah memotong dahan pohon mangga karena sudah rapuh
2. Hari ini, kami membuat sapu dari sabut kelapa.
3. Meskipun asalnya dari akar, saya suka makan singkong.

Halaman 185
Pekerjaan apa saja yang biasa kamu lakukan untuk membantu orang tua?
1. .Menyiram bunga
2. .Menanam bunga
Siti melihat ibunya sedang menyiram tanaman. Menurutmu, yang harus dilakukan Siti adalah membantu menyiram bunga.

Ayah Edo sedang menebang pohon yang sudah tua. Menurutmu, yang harus dilakukan Edo adalah
Setelah selesai menebang, Edo sebaiknya membantu membuang pohon hasil tebangan tersebut

Lani sedang menangis kesakitan. Tangan Lani tertusuk duri bunga mawar. Menurutmu yang harus
dilakukan teman-teman Lani adalah.mengobati Lani dan memberitahu agar lebih berhati-hati ketika memegang bunga mawar.

Edo memiliki tanaman jambu yang ditanam dengan cara mencangkok. Pohon jambu Edo berbuah sebanyak 180 buah. Edo ingin menyimpan jambu tersebut di tiga tempat. Isi setiap tempat sama banyak. Berapa jambu yang ada pada setiap
tempat?
Selesaikan pertanyaan tersebut!
180 : 3 = 60
Selesaikan soal pembagian berikutnya!
224 : 4 = 56
315 : 5 = 63

Ayo Berlatih
Cobalah buat satu soal pembagian!
Mintalah temanmu untuk menjawabnya

Lani memiliki 200 bibit bunga mawar. Ia ingin memberikannya kepada Edo, Giri, Eka, Rina., masing-masing dengan jumlah yang sama. Berapakah jumlah yang diterima oleh masing-masing teman Lani tersebut?

Kunci Jawaban Tematik Kelas 3 Tema 1 Subtema 4 Halaman 168, 169, 172

Soal dan jawaban dalam buku Kurikulum 2013 Tema 1 Subtema 4 pembelajaran 4 kelas 3 tentang Pertumbuhan dan Perkembangan Tumbuhan. Peserta didik diminta mengerjakan soal-soal dengan benar.

Agar lebih jelas, sila perhatikan soal dan jawaban di bawah ini !



 Amatilah umbi dari tanaman-tanaman tersebut.
Tuliskan persamaan dan perbedaan yang terlihat.



NoPersamaanPerbedaan  
  Umbi BatangUmbi AkarUmbi Lapis
1.Terdapat di dalam tanahBerasal dari batang yang mengembangBerasal dari akar yang mengembangBerasal dari lapisan daun yang tersusun bertumpuk
2.Tempat menyimpan cadangan makananTumbuh tunas pada bagian umbi batangTumbuh tunas pada bagian umbi akarTumbuh tunas pada bagian pangkal daun
3.Dapat digunakan sebagai alat perkembangbiakanMemiliki akar tunggangMemiliki akar serabutMemiliki akan serabut

Menurutmu mengapa bawang merah disebut umbi lapis?
Bawang merah disebut umbi lapis sebab memiliki tumpukan pangkal daun yang berlapis-lapis.

Pernahkah kamu melihat tahapan perkembangbiakan bawang merah? (Halaman 169)
Carilah informasi tentang tahapan perkembangbiakan bawang merah. Tuliskan informasi yang kamu peroleh pada tempat yang tersedia.
Tahapan perkembangan bawang merah 
1. Batang akan tumbuh dibawah tanah dan lapisan daun berdaging mempunyai cadangan makanan yang akan tumbuh berlapis lapis serta akan menumbuhkan serabut akar kebawah.
2. Diantara lapisan tersebut akan tumbuh mata tunas atau siung dan dapat membentuk individu baru, serta lapisan terluar akan kering atau disebut sisik untuk melindungi umbi didalamnya.



Halaman 172
Hari ini Siti dan teman-teman belajar memasak. Mereka membuat makanan dari bahan singkong
yaitu getuk. Mereka bekerja bersama-sama. Mereka membagi tugas dengan merata sehingga semua
pekerjaan dapat diselesaikan dengan baik. Bekerja sama juga membuat pekerjaan terasa lebih ringan.
Pernahkah kamu bekerja sama dengan teman-temanmu?
Tulislah pengalamanmu pada tempat di bawah
ini!
Ceritakan di depan teman-temanmu!
Saya pernah bekerja sama dengan teman-teman ketika mencoba membuat mainan rumah-rumahan dari stik es krim. Kami bertiga. Ada yang membuat pagar. Ada juga yang membuat atap rumah. Ada juga yang membuat dinding rumah.