Jumat, 08 Mei 2020

Urutkan Peternakan Berdasarkan Banyaknya Telur yang Dihasilkan per Bulan.

Kunci jawaban dari soal dalam buku Kurikulum 2013 kelas 3 Tema 1 Subtema 1 Pembelajaran 3 halaman 28. Kalian harus menjawab pertanyaan tentang Peternakan siapa yang paling banyak menghasilkan telur per bulan?

Agar lebih jelas, sila perhatikan soal dan jawaban di bawah ini

Soal

Berikut ini adalah contoh daftar jumlah telur yang dihasilkan beberapa peternakan setiap bulan.


Peternakan siapa yang paling banyak menghasilkan telur per bulan? (halaman 28)
Peternakan siapa yang paling sedikit menghasilkan telur per bulan?

Urutkan peternakan berdasarkan banyaknya telur yang dihasilkan per bulan. Mulailah dari peternakan dengan hasil telur per bulan paling sedikit.
1. Peternakan ...
2. Peternakan ...
3. Peternakan ...
4. Peternakan ...
5. Peternakan ...\

Jawab: 

- Peternakan A
- Peternakan B

Urutan:
1. Peternakan B
2. Peternakan D
3. Peternakan E
4. Peternakan A
5. Peternakan C

Soal
Pasangkan nama dan lambang bilangan dengan cara menghubungkan titik dengan garis! (halaman 29)

Jawab


Soal

Cobalah menuliskan bilangan pada tabel nilai tempat. (halaman 30)
1. 4.750 dibaca ...
2. .....................dibaca delapan ribu empat ratus tujuh belas
3. ....... dibaca ......

Jawab
1. 
 Ribuan Ratusan Puluhan Satuan
 4 7 5 0

2. 8417

Ribuan Ratusan Puluhan Satuan
8417

3. 1000 dibaca Seribu

Kamis, 07 Mei 2020

Tuliskan Ciri-ciri Tersebut pada Tempat yang Tersedia!

Hallo Assalamualaikum anak-anak kelas 3, bagaimana kabar kalian? Semoga baik-baik saja. Seperti biasa, Bapak akan membagikan jawaban dari soal-soal dalam buku Kurikulum 2013. Kali ini soal yang akan kita bahas adalah soal dalam buku Kelas 3 Tema 1 Subtema 1 Pembelajaran 3 Kurikulum 2013 halaman 23, 24 dan 27. 

Agar lebih jelas, sila perhatikan soal dan jawaban di bawah ini !




Soal

Tuliskan ciri-ciri tersebut pada tempat yang tersedia! (halaman 23)

 No     Ciri-Ciri Makhluk Hidup               Kegiatan Pada Gambar
 1     Tumbuhan Memerlukan  air     Ibu menyiram tanaman
 2     Hewan memerlukan makanan  Siti memberi makan ayam
 3 Hewan berkembang biak Ayam sedang bersama anak-anaknya
 4 Makhluk hidup bergerak Baik ayah, ibu dan Siti maupun ayam semua bergerak
 5     Makhluk hidup tumbuh baik ayah, ibu, dan SIti maupun ayam dan tanaman semua tumbuh
 6    Tumbuhan menerima rangsangTanaman meneriam rangsang dari air yang disiramkan Ibu
 7 Ayam memerlukan air terdapat tempat minum di kandang ayam.





Apakah persamaan dari kedua gambar tersebut? (halaman 24)
Tuliskan hasil pengamatanmu pada tempat yang tersedia!
Dalam gambar tersebut kita melihat ada keluara yang terdiri dari empat ayah, ibu dan dua anak. Gambar lain menunjukkan Seekor ayam dengan dua anaknya. Persamaan dari kedua gambar tersebut adalah baik manusia maupun hewan, mereka adalah makhluk hidup yang sedang makan bersama anak-anaknya.

Ceritakan juga gambar tersebut berdasarkan ciri-ciri makhluk hidup yang telah kamu ketahui. (Halaman 24)
Pada gambar tersebut kita bisa menyaksikan Ayah ibu, dan kedua anaknya sedang makan. Begitu juga dengan ayam yang sedang makan bersama anaknya. Hal tersebut menunjukkan kepada kita bahwa makhluk hidup harus makan, selalu bergerak, berkembang biak dan tumbuh.

Apa simpulanmu tentang panjang pendek bunyi pada lagu “Anak Ayam”? (Halaman 27)
Lagu Anak Ayam memang menggunakan pola panjang pendek, namun pola pendek terdengar lebih banyak dibandingkan dengan pola panjang.

Bagaimana Cara Agar Kamu Dapat Menyelesaikan Kegiatan Berjalan dan Berlari dengan Cepat?

Halo anak-anak kelas 3, pada kesempatan kali ini saya masih akan berbagi jawaban dari Buku kurikulum 2013 edisi revisi 2018 Siswa Kelas 3 Tema 1 Subtema 1 Pembelajaran 2 halaman 18. Ada beberapa soal yang harus kita kerjakan.

Agar lebih jelas, sila perhatikan soal dan jawaban di bawah ini !



Soal
Bagaimana cara agar kamu dapat menyelesaikan kegiatan berjalan dan berlari dengan cepat? (Halaman 18)

1. Badan harus sehat
2. Persiapan awal dengan baik
3. Ambil nafas
4. Berlari sekencang-kencangnya

Apa saja hal yang dapat kamu lakukan untuk mensyukuri keragaman makhluk hidup?
1. Merawat tanaman dengan baik
2. Memelihara ayam
3. Bersikap sopan terhadap orang lain

Sikap manakah dari sikap bersyukur tersebut yang pernah kamu lakukan?
Tuliskan waktu, cara, serta alasan kamu melakukannya!
Lalu, ceritakan di depan teman-temanmu!

Saya membantu ibu menanam bunga di pot dan menanam pohon kelengkeng di belakang rumah. Selain itu, saya juga membantu ibu memelihara ayam. Setiap hari, saya juga selalu berusaha berbuat sopan kepada setiap orang.

Isilah Tabel Berikut ini dengan Nama Hewan, Isilah Sesuai Kelompok yang Tepat!

Halo..Assalamualaikum anak-anak kelas 3, semoga hari kalian selalu menyenangkan. Pada kesempatan ini, Bapak akan berbagi jawaban dari pertanyaan-pertanyaan dalam buku Kurikulum 2013  Edisi Revisi 2018 Kelas 3 Tema 1 Subtema 1 Pembelajaran 1 halaman 13, 14 dan 15. 

Agar lebih jelas, sila perhatikan soal dan jawaban di bawah ini

Soal

Ayo Berdiskusi
Isilah Tabel Berikut ini dengan nama hewan
Isilah sesuai kelompok yang tepat



Halaman 13

 Nama Makhluk Hidup Melahirkan         Bertelur
 Ayam                            V          
 Kucing     V 
 Tikus V 
 Ikan  V
 Sapi V 


Halaman 14

Apakah tumbuhan memerlukan makanan?
Ya

Apa makanan untuk tumbuhan?
Air dan Karbondioksida

Halaman 15

Setelah mengamati teks tersebut, coba kamu sebutkan kembali ciri-ciri makhluk hidup!
Ciri-Ciri Makhluk Hidup adalah: Peka terhadap rangsang, bergerak, butuh makanan, butuh minuman


Buatlah kalimat berdasarkan kata-kata berikut!
Berkembang biak
makanan
tumbuh 
bernafas
bergerak

1. Tikus berkembang biak dengan melahirkan
2. Setiap makhluk hidup butuh makanan
3. Pohon cemara membutuhkan sinar matahari untuk tumbuh
4. Ikan paus bernafas dengan paru-paru
5. Ikan bergerak dengan cara berenang

Rabu, 06 Mei 2020

Apakah tumbuhan juga bergerak? Diskusikan dengan Teman-Temanmu!

Halo anak-anak SD Kelas 3, pada kesempatan kali ini, Bapak akan berbagi jawaban tentang soal-soal Kelas 3 Tema 1 Subtema 1 Pembelajaran 2 halaman 10, 11 dan 12. Kalian diminta menjawab beberapa soal tentang makhluk hidup.

Agar lebih jelas, sila perhatikan soal dan jawaban di bawah ini !



Soal

Apakah tumbuhan juga bergerak?
Diskusikan dengan teman-temanmu!

Tumbuhan juga bergerak, namun tidak bisa berpindah tempat. Tumbuhan bergerak karena menerima rangsang dari luar. Contoh tumbuhan yang bergerak dan bisa dilihat secara langsung adalah daun putri malu ketika disentuh. Selain itu pergerakan tumbuhan terjadi ketika tumbuh, akarnya akan semakin menghunjam ke tanah, sementara pucuk-pucuk daunnya akan bergerak karena sinar matahari.


Carilah informasi pada buku atau diskusikan dengan gurumu!
Apakah nama alat pernapasan pada tumbuhan?

Alat pernafasan pada tumbuhan adalah stomata


Apa lagi nama alat pernapasan pada hewan selain insang pada ikan? Sebutkan!

Alat pernafasan pada hewan selain insang pada ikan antara lain: 
a. Trakea pada lebah, semut, belalang
b. Kulit pada cacing tanah
c. Paru-paru pada kelelawar, ular, paus
d. Paru-paru dan kulit pada katak


Apakah tinggi badanmu bertambah dibandingkan saat kamu masih di kelas 1?
Tinggi badan saya memang bertambah

Pernahkah kamu mengamati pertumbuhan hewan yang ada di sekitarmu? Ceritakan hasil pengamatanmu!
Di rumah, Ibu memelihara ayam, setiap hari saya membantu memberi makan. Awalnya ukuran ayam sangat kecil, mungkin sekepalan tangan saya, semakin lama semakin besar.

Ayo Berlatih Isilah titik-titik di Bawah ini Dengan Bilangan yang Benar

Halo..Asalamualaikum anak-anak kelas 3, sedang apakah kalian sekarang? semoga saat ini kalian sedang dalam kondisi senang dan riang. Kali ini, Bapak akan berbagi informasi tentang jawaban dari tugas dalam buku Siswa Kelas 3 Tema 1 Subtema 1 Pembelajaran 1 kurikulum 2023 terbitan kemendikbud halaman 6.

Agar lebih jelas, sila perhatikan soal dan jawaban di bawah ini !



Soal

Ayo Berlatih

 Isilah titik-titik di Bawah ini Dengan Bilangan yang Benar

1) 1.000, 2.000, 3.000, ... , 5.000
2) 1.500, 2.500, ... , 4.500, ...
3) 2.000, 4.000, ... , ... , 10.000

Perhatikan bilangan-bilangan berikut. Susunlah bilangan berikut dari bilangan terkecil sampai
terbesar.

5250, 3250, 1250, 2250, 4250 
Urutan bilangan adalah ....... , ....... , ....... , ....... , ........


4300, 1300, 2300, 3300, 5300
Urutan bilangan adalah ....... , ....... , ....... , ....... , ........


1100, 2250, 5400, 4200, 3050
Urutan bilangan adalah ....... , ....... , ....... , ....... , ........

Tulislah nama dan lambang bilangan sesuai contoh!
Contoh:
1.100 dibaca seribu seratus
2.200 dibaca dua ribu dua ratus

a. 2.250 dibaca ...
b. 3.300 dibaca ...
c. 4.700 dibaca ...
d. 5.650 dibaca ...
e. ... dibaca sembilan ribu
f. ... dibaca seribu tujuh ratus
g. ... dibaca dua ribu lima ratus lima puluh
h. ... dibaca sepuluh ribu


Jawab

1. 4000
2. 3500 dan 5500
3. 6000, 8000
Urutan bilangan adalah 1250, 2250, 3250, 4250, 5250
Urutan bilangan adalah 1300, 2300, 3300, 4300, 5300
Urutan bilangan adalah 1100, 2250, 3050, 4200, 5400 


a. 2250 dibaca du ribu dua ratus lima puluh
b. 3300 dibaca tiga ribu tiga ratus
c. 4700 dibaca empat ribu tujuh ratus
d. 5650 dibaca lima ribu enam ratus lima puluh
e. 9000
f. 1700
f. 2550
h. 10000
g.

Selasa, 05 Mei 2020

Tuliskan Ciri-Ciri Ikan Sebagai Makhluk Hidup yang Kamu Ketahui

Halo anak-anak kelas 3, pada kesempatan kali ini kita akan belajar tentang makhluk hidup. Pelajaran ini terdapat dalam buku Siswa Kelas 3  Tema 1 subtema 1 Pembelajaran 1 Kurikulum 2013 halaman 4. Kalian diminta untuk menjawab soal yang ada

Agar lebih jelas, sila perhatikan soal dan jawaban di bawah ini!




Soal

Ayo Mengamati

Ikan juga makhluk hidup. Ikan memiliki beberapa ciri yang sama dengan cicak.
Tuliskan ciri-ciri ikan sebagai makhluk hidup yang kamu ketahui.

Cicak dapat bergerak.
Cicak bergerak
dengan cara merayap.
Cicak membutuhkan
makanan.
Salah satu jenis
makanannya adalah
nyamuk.

.................................

Jawab

Ciri-ciri Ikan 
1. Ikan dapat bergerak
2. Ikan bergerak dengan cara berenang di dalam air
3. Ikan membutuhkan makanan
4. Salah satu jenis makanannya adalah cacing
5. Ikan bisa bernafas
6. Ikan bernafas dengan insang
7. Ikan bisa berkembang biak
8. Ikan berkembang biak dengan bertelur.


Dari kedua penjelasan tersebut, maka dapat kamu simpulkan ciri-ciri makhluk hidup adalah:
  • Membutuhkan makanan dan air
  • Bernafas
  • Berkembang biak
  • Bergerak
  • Peka terhadap rangsang

Buatlah 4 buah Pola yang Berbeda dengan Menggunakan Simbol Bunyi Panjang ( ) dan Pendek

Halo anak-anak kelas 3, kali ini Bapak akan memberikan contoh jawaban dari tugas Ayo Berlatih dalam buku Siswa Kelas 3  Tema 1 subtema 1 Pembelajaran 1 halaman 2. Kalian dimnta untuk berlatih membuat 4 buah pola yang berbeda.

Agar lebih jelas, sila perhatikan soal dan jawaban di bawah ini.

Soal

Ayo Berlatih
Buatlah 4 buah pola yang berbeda dengan menggunakan simbol bunyi panjang ( ) dan pendek ( ).

Nyanyikan pola tersebut dengan suara Ta untuk simbol .
Nyanyikan dengan suara Taaa untuk simbol . Bagaimana perasaanmu setelah mencoba
menyanyikan pola dengan simbol bunyi panjang dan bunyi pendek?
Bagaimana rasanya sebuah lagu jika hanya memiliki pola bunyi panjang atau bunyi pendek saja?
Ceritakan di depan teman-teman!


Baris Ke Pola
1...
2....
3...
4.....


Jawab



Setelah saya mencoba untuk menyanyikan  pola dengan simbol bunyi panjang dan bunyi pendek saya merasa senang karena ada variasi yang menarik. Jika sebuah lagu hanya memikili pola panjang dan pendek saja..lagunya jadi kurang menyenangkan dan membosankan.

Minggu, 03 Mei 2020

Latih Uji Kompetensi Sejarah Indonesia Kelas 12 Halaman 46

Soal dan jawaban dari latih uji kompetensi dalam buku sejarah Indonesia Kelas 12 SMA/ SMK/ MA/ MAK Kurikulum 2013 terbitan kemendikbud bab 1 halaman 46. Peserta didik diminta mengerjakan soal-soal yang merupakan ringkasan dari Bab 1.

Agar lebih jelas, sila perhatikan soal dan jawaban di bawah ini !




Soal

LATIH UJI KOMPETENSI
1. Tuliskan beberapa akibat negatif konflik dalam kaitannya dengan proses integrasi bangsa. Jelaskan!
2. Jelaskan posisi perjuangan yang dilakukan oleh rakyat Papua dalam menghadapi kolonial Belanda, yang membedakan mereka dengan
daerah-daerah lain di Indonesia!
3. Tuliskan persamaan dan perbedaan perjuangan yang dilakukan oleh Sultan Hamengku Buwono IX dengan Sultan Syarif Kasim II.

Jawab

1. Akibat negatif konflik dalam kaitannya dengan proses integrasi bangsa antara lain:
a. Terjadi tindak kekerasan yang antara sesama anak bangsa yang mengakibatkan trauma
b. Rasa tidak aman yang dialami oleh rakyat.
c. Kerusakan infrastruktur
d. Jatuhnya korban jiwa.
e. Luka sejarah yang sulit disembuhkan
f. Rasa saling curiga di antara sesama rakyat.

2. Posisi perjuangan yang dialami rakyat Papua dalam menghadapi kolonial Belanda memang berbeda. Perbedaan itu terletak pada posisi Papua saat itu. Papua masih dikuasai Belanda bahkan sampai Indonesia menjadi negara kesatuan. Meskipun demkiaan, banyak tokoh-tokoh Papua seperti Frans Kasiepo, Silas Papare, dan Marthen Indey yang berjuang membebaskan diri dari penjajahan Belanda. Sudah sepatutnya hari ini kita menghargai jasa-jasa para pahlawan nasional Indonesia yang berasal dari bumi Papua.

3. I. Persamaan
   Keduanya sama-sama merupakan pejuang yang mengakui kedaulatan Indonesia dan sama-sama membela Indonesia

II. Perbedaan
   Sultan Hamengkubuwono IX membantu RI dengan memberi perlindungan bagi TNI dan bantuan logistik; sedangkan Sultan Syarif Kasim II membantu dengan bantuan harta bendanya bagi keperluan perjuangan.

Latih Uji Kompetensi Sejarah Indonesia Kelas 12 Halaman 29

Kunci jawaban latih uji kompetensi dalam buku Sejarah Indonesia Kelas 12 SMA/ SMK/ MA/ MAK Kurikulum 2013 terbitan kemendikbud. Peserta didik diminta mengerjakan soal tentang tema yang berkaitan dengan pemberontakan pada awal kemerdekaan Republik Indonesia.

Agar lebih jelas, sila perhatikan soal dan jawaban di bawah ini!



Soal

LATIH UJI KOMPETENSI

1. Tuliskan contoh konflik di Indonesia yang berkait dengan vested interest, yang terjadi antara tahun 1948-1965. Jelaskan!
2. Jelaskan perbedaan latar belakang terjadinya pemberontakan DI/TII di Jawa Barat dengan DI/TII Aceh!
3. Jelaskan, mengapa sebagian pasukan KNIL tidak mau bergabung ke dalam APRIS sesuai dengan keputusan yang diambil dalam
perundingan KMB!
4. Tuliskan pendapat kamu mengenai persamaan atau perbedaan antara latar belakang terjadinya aneka pemberontakan pada periode 1948-1965, dengan beberapa konflik pusat – daerah pada masa sekarang!
5. Tuliskan 5 (lima) hikmah yang bisa diambil dari pergolakan yang pernah terjadi di Indonesia pada periode 1948-1965!

Jawab

Silakan tonton video di bawah ini



atau perhatikan tulisan di bawah ini 

1. Konflik di Indonesia yang berkaitan dengan vested interest antara lain:
a. Pemberontakan APRA (1949)
Pemberontakan Angkatan Perang Ratu Adil (APRA) dipimpin oleh Raymond Westerling. Pemicu dari pemberotakan ini adalah ketidakpuasan dari APRA yang terdiri dari bekas KNIL atas pembentukan APRIS. APRA menghendaki hanya merekalah yang dijadikan tentara negara federal. Akibat pemberontakan ini banyak tentara Indonesia yang gugur karena dibunuh dengan brutal oleh Westerling dan anak buahnya. Sayangnya, Westerling berhasil kabur ke negara Belanda.

b. Peristiwa Andi Azis.(1950)
Konflik yang terjadi di Sulawesi selatan ini hampir sama dengan pemberontakan APRA di Jawa Barat. Bekas KNIL menolak kehadiran tentara APRIS. Andi Azis sebagai pemimpin KNIL segera menduduki tempat-tempat di beberapa tempat bahkan menawan Panglima Teritorium (wilayah) Indonesia Timur. 

c.Pemberontakan Republik Maluku Selatan (RMS) (1950)
Pemimpin pemberontakan ini adalah Soumokil dengan didukung oleh mantan pasukan KNIL. Mereka berupaya memisahkan diri dari Republik Indonesia Serikat. Pemberontakan ini berhasil ditumpas meskipun KNIL merupakan pasukan komando yang memiliki kualitas tempur lebih baik dibanding tentara Indonesia. Pada saat inilah, Letkol Slamet Riyadi Gugur. Soumokil berhasil ditangkap dan akhirnya dijatuhi hukuman mati .

2. Perbedaan latar belakang pemberontakan DI/ TII di Jawa Barat dengan DI/ TII di Aceh :

Di Jawa Barat. Kartosuwiryo memanfaatkan isi perjanjian Renville yang menyebutkan bahwa Pasukan RI  yang berada di garis Van Mook harus pindah ke daerah yang dikuasai RI. Hal ini menyebabkan Divisi Siliwangi berpindah ke Jawa Tengah, namun laskar Hizbullah dan Sabilillah di bawah pengaruh Kartosuwiryo justru tetap berada di Jawa barat dan mendirikan DI/ TII yang tujuannya membentuk negara yang berdasarkan syariat Islam versi kartosuwiryo.

Di Aceh, DI/ TII berdiri karena Persatuan Ulama Seluruh Aceh (PUSA) menolak wilayah Aceh tergabung dalam bagian dari Provinsi Sumatera Utara. PUSA menganggap jasa Aceh terhadap kemerdekaan Indonesia sangat besar sehingga tidak layak menjadi bagian dari provinsi Sumatera Utara. 

3. Sebagian Pasukan KNIL baik yang berada di Jawa Barat, Sulawesi Selatan maupun di tempat-tempat lainnya memang menolak bergabung ke dalam APRIS karena:
a. Riwayat sejarah, pada awalnya APRIS dan KNIL merupakan musuh sehingga sangat sulit bersatu.
b. KNIL menganggap diri mereka lebih unggul dibanding APRIS sehingga tidak layak bagi KNIL untuk berada di dalam APRIS

4. Persamaan latar belakang terjadinya aneka pemberontakan pada periode 1948-1965 dengan beberapa konflik pusat – daerah pada masa sekarang!
Persamaan       : pemberontakan pada periode 1948-1965 dengan masa sekarang adalah sama-sama berkaitan dengan ideologi, kepentingan dan sistem pemerintahan.
Perbedaan       : pada masa sekarang lebih mengacu pada demo yang melibatkan masyarakat dengan jumlah yang besar.

5. Lima hikmah yang bisa diambil dari pergolakan yang pernah terjadi di Indonesia pada periode 1948-1965 antara lain :
a. Pentingnya menjaga persatuan dan kesatuan
b. Pancasila adalah ideologi yang terbukti mampu mengatasi konflik
c. Demokrasi harus dilaksanakan dengan baik.
d. Mengedepankan musyawarah ketika terjadi perbedaan pendapat/
e. Jangan mudah tergoda dengan ideologi selain Pancasila