Rabu, 15 Januari 2020

Adakah Penulisan Kata yang Salah Dalam Kalimat-Kalimat di Bawah ini ? Jelaskan

Kunci jawaban dari kegiatan 6.4 C dalam buku Bahasa Indonesia kelas 8 SMP/ MTs bab 6 halaman 165 terbitan kemendikbud kurikulum 2013. Peserta didik diminta mengerjakan soal tentang penulisan kata yang salah.

Agar lebih jelas, sila perhatikan soal dan jawaban di bawah ini !



Soal
C. Adakah penulisan kata yang salah dalam kalimat-kalimat di bawah ini ? Jelaskanlah !

1. Dari berjam-berjam hingga mampu menyelesaikannya di bawah dua puluh detik, bahkan dengan mata tertutup
2. Satu per satu kompetisi lokal diadakan untuk berlomba menyelesaikan rubik
3. Kejuaraan ini dimenangi oleh seorang pelajar Vietnam berumur 16 tahun, Mingh Thai, dengan catatan waktu 22,95 detik.
4. Sebagian lebih tertarik dengan kehadiran video game elektronik yang lebih menarik
5. Demam rubik pun melanda untuk ke dua kalinya.

Jawab

1. Tidak ada. Kalimat ini menjelaskan bagaimana peserta rubik menyelesaikan permainannya, ada yang berjam-jam hingga di bawah dua puluh detik, bahkan ada yang dengan mata tertutup.
2. Tidak ada. Sudah sesuai dengan struktur kalimat
3. Ada, dimenangi seharusnya dimenangkan. Kata menang dengan imbuhan di-i tidak tepat digunakan dalam kalimat tersebut kata yang tepat adalah dimenangkan.
4. Tidak ada. Sudah sesuai dengan struktur kalimat
5. Tidak ada. Sudah sesuai dengan struktur kalimat

Kata Apa yang Tepat untuk Menggantikan Kata-Kata yang Bergaris Bawah Ini

Kunci jawaban dari kegiatan 6.4 bagian bdalam buku Bahasa Indonesia kelas 8 SMP/ MTs kurikulum 2013 terbitan kemendikbud bab 6 halaman 164. Peserta didik diminta mengganti kata-kata dengan kata lain yang memiliki makna sama.

Agar lebih jelas, sila perhatikan soal dan jawaban di bawah ini !


Soal

B. Kata apa yang tepat untuk menggantikan kata-kata yang bergaris di bawah ini !

1. Shinta nyaris tanpa cacat
2. Sosoknya begitu memikat sampai suatu hari seorang pemuda jatuh cinta kepadanya.
3. Shinta adalah anak yang tidak mempunyai ayah.
4. Pementasan itu pun menarik walaupun hanya diperankan oleh empat orang
5. Para penonton kurang nyaman ketika pergantian setting, terlalu lama sehingga penonton merasa jenuh.

Jawab
1. sempurna
2. memesona
3. yatim
4. memukau
5. terlalu lambat

Kegiatan 6.4 Bacalah Sebuah Teks ulasan Lainnya Kemudian Jawablah Pertanyaan

Kunci jawaban dari Kegiatan 6.4 dalam buku Bahasa Indonesia SMP/ Mts bab 6 halaman 164 terbitan kemendikbud kurikulum 2013. Peserta didik diminta mencari teks ulasan lainnya kemudian menjawab soal.

Agar lebih jelas, sila perhatikan soal dan jawaban di bawah ini !



Soal
Kegiatan 6.4
A. 1. Bacalah sebuah cerita Teks Ulasan Lainnya.
2. Kemudian jawablah pertanyaan-pertanyaan berikut

Jawab.

A. Teks ulasan berjudul Review Film Hacksaw Ridge : "Tuhan, Bantu Aku Untuk Menolong Satu Orang Lagi"

a. Apakah unsur-unsur pada struktur teks itu sudah lengkap ?Ya
b. Apakah unsur-unsru pada struktur teks itu sudah tersusun secara sistematis? Ya
c. Apakah ada konjungsi penerang di dalam teks itu? Ya
d. Apakah ada konjungsi temporal di dalam teks itu? Ya
e. Apakah ada kesalahan pemilihan kata di dalamnya? Ya

Catatlah Hal-Hal yang Kamu Anggap Penting/ Menarik dari Ulasan Film Beth di Depan

Kunci jawaban dari tugas dalam buku bahasa Indonesia kelas 8 SMP/ Mts kurikulum 2013 terbitan kemendikbud bab 6 halaman 162. Peserta didik diminta mencatat hal-hal penting dan menarik dari sebuah ulasan film.

Agar lebih jelas, sila perhatikan soal dan jawaban di bawah ini !



Soal

1. Catatlah hal-hal yang kamu anggap penting/ menarik dari ulasan film Beth di depan.
2. Berdasarkan catatan itu, ceritakan kembali isi ulasan tersebut dengan kata-katamu sendiri !

Jawab:

Silakan tonton video di bawah ini




atau perhatikan tulisan di bawah ini

Hal-hal yang penting dalam ulasan film Beth di depan antara lain:
a. Setting film ini hanya satu, kehidupan di Rumah Sakit Jiwa.
b. Intu cerita film berkisah cinta yang tragis antara Beth dan Elizabeth
c. Beth diperankan oleh Inne Febriyanti dan Pesta oleh Bucek.
d. Inti film Beth tentang sejumlah karakter yang kemudian muncl dalam kehidupan para penghuni rumah sakit jiwa.
e. FIlm ini disutradari oleh Aria Kusumadewa.
f. Aria igin menawarkan pandangan baru.
g. Film Beth merupakan ungkapan semangat pemberontakan Aria pada sesuatu yang mapan.
h. Afrizal Malna tidak menangkap ada pesan moral dalam film ini.
i. Afrizal Malna menganggap gagasan setting di rumah sakit jiwa sebagai ide yang mencerminkan kian sempitnya ruang di masyarakat yang bisa dijadikan setting film.
j. Nurul Arifin menganggap film ini istimewa karena pendekatan Aria sangat unik dibanding sineas lain.

Penceritaan Kembali.

FIlm Beth merupakan film karya sutradara muda, Aria Kusumadewa. Tokoh utama dari film ini meurpakan aktor berbakat, Inne Febriyanti (Beth) dan Pesta diperankan oleh Bucek. Aria memilih rumah sakit jiwa sebagai satu-satunya setting film ini karena ingin menunjukkan kepada masyarakat tentang kehidupan di rumah sakit jiwa yang ternyata begitu kompleks. Atas hal tersebut, film ini mendapat penilaian dari Afrizal Malna dan Nurul Arifin.


Selasa, 14 Januari 2020

Bacalah Surat Penawaran Berikut Ini. Temukan Isi Surat Tersebut yang Menunjukkan

Kunci jawaban dari tugas 1 dalam buku Bahasa Indonesia kelas 10 SMA/ SMK/MA/ MAK kurikulum 2013 terbitan kemendikbud halaman 162 bab 5. Peserta didik diminta mengerjakan soal tentang isi surat yang termasuk surat penawaran.

Agar lebih jelas, sila perhatikan soal dan jawaban di bawah ini.



Soal

Tugas 1
Bacalah surat penawaran berikut ini. Temukanlah isi surat tersebut yang menunjukkan bahwa surat penawaran juga termasuk teks negosiasi !

Jawab :

Di bawah ini merupakan kutipan surat penawaran yang termasuk jenis teks negosiasi:

Kami sudah berpengalaman puluhan tahun melahyani pelanggan terutama perusahaan penyelenggara pesta perkawinan, ulang tahun, dan berbagai event besar lainnya. Kami hanya menyediakan produk kuliner bercita rasa tinggi dengan penampilan elegan.

Dalam rangka pembukaan cabang baru di Kota Batu, kami menawarkan harga khusus selama masa promosi bulan April-Mei 2015. 

Tugas 2 Cobalah Berlatih Menyertakan Alasan yang Tepat untuk Menyampaikan Pengajuan

Soal dan jawaban dari tugas 2 dalam buku Bahasa Indonesia kelas 10 SMA/ SMK/ MA/ MAK halaman 160 bab 5 kurikulum 2013 terbitan kemendikbud. Peserta didik diminta membuat alasan demi tercapainya tujuan negosiasi.

Agar lebih jelas, sila perhatikan soal dan jawaban di bawah ini



Soal

Tugas 2
Sekarang cobalah berlatih menyertakan alasan yang tepat untuk menyampaikan pengajuan atau penawaran berikut ini !


Pengajuan:

  1. Minta izin menginap di rumah teman
  2. Menawar harga sewa gedung untuk kegiatan OSIS
  3. Menuntut Kepala  Desa untuk memberikan izin penggunaan balai RW untuk kegiatan karang taruna satu hari dalam seminggu
  4. Mengajukan penawaran/ permintaan kepada sekolah terkait larangan membawa sepeda motor ke sekolah
  5. Mengajukan penawaran kepada ketua RT tentang larangan penggunaan balai RW melebihi pukul 21.00 WIB
  6. Larangan (orangtua) kepada anaknya untuk mengakses internet pada hari-hari sekolah.

Jawab:

Sila tonton video ini




atau perhatikan tulisan di bawah ini

Alasan

1. Harus menginap di rumah teman karena ada tugas kelompok yang harus dikerjakan bersama-sama.
2. OSIS memilih gedung ini karena anggaran sekolah sangat terbatas dan beranggapan bahwa pemilik gedung memiliki kepedulian terhadap perkembangan anak-anak sekolah. 
3. Mohon kepala desa bersedia memberikan izin agar balai RW digunakan untuk kegiatan para remaja karang taruna agar bisa mengadakan kegiatan-kegiatan positif seperti kesenian, diskusi dan lain-lain. Hal ini sangat penting agar para remaja tidak terjerumus ke dalam hal-hal yang negatif.
4. Memohon kepada sekolah untuk mengizinkan peserta didik membawa sepeda motor ke sekolah bagi yang sudah memiliki SIM dan jarak tempuh yang cukup jauh.
5. Memohon kepada ketua RT agar balai RW bisa digunakan melebihi pukul 10 jika ada kegiatan-kegiatan penting. Ketua RT boleh mengawasi terselenggaranya kegiatan tersebut dan apabila ada hal-hal negatif bisa segera membubarkan kegiatan tersebut.
6. Memohon kepada orangtua agar mengizinkan anak-anak mengakses internet pada hari sekolah untuk mencari materi pelajaran namun tetap dalam pengawasan orangtua.

Kegiatan 6.3 Perhatikan Kembali Teks Ulasan Tentang Film Beth

Soal dan jawaban dari tugas dalam buku Bahasa Indonesia Kelas 8 SMP/ MTs halaman 162 bab 6 kurikulum 2013 terbitan kemendikbud. Dalam tugas ini, peserta didik diminta mnegerjakan soal tentang ulasan sebuah film.

Agar lebih jelas, sila perhatikan soal dan jawaban di bawah ini !



Soal !

Kegiatan 6.3.
A. 1. Perhatikanlah kembali ulasan tentang film "Beth"
2. Manakah dari kalimat-kalimat di bawah ini yang sesuai dengan isi teks tersebut ?


Jawab:

Sila tonton video di bawah ini




atau perhatikan tulisan di bawah ini

a. Film Beth merupakan film alternatif yang kaya Makna. Sesuai
b. Dari awal hingga akhir, Beth hanya mengambil satu setting: Kehiduan di suatu rumah sakit jiwa. Sesuai
c. FIlm Beth bercerita tentang kisah cinta yang tragis antara Beth dengan Pesta. Sesuai
d. Beth jadi gila lantaran tak kuasa menanggung derita akibat aborsi paksa. Tidak Sesuai
e. Beth merupakan gambaran tentang kian sempitnya ruang di masyarakat yang patut dijadikan tempat untuk berkreasi. Sesuai

Senin, 13 Januari 2020

Tugas Manakah Kata Serapan di Bawah Ini yang Penulisannya Sudah Benar?

Soal dan jawaban dari tugas dalam buku Bahasa Indonesia kelas 11 SMA/ SMK/ MA/ MAK kurikulum 2013 terbitan kemendikbud bab 7 halaman 224. Peserta didik diminta mengerjakan soal tentang cara penulisan kata serapan yang benar.

Agar lebih jelas, sila perhatikan soal dan jawaban di bawah ini !



Soal

Tugas

1. Manakah kata serapan di bawah ini yang penulisannya sudah benar? Bubuhkan tanda centang (V) pada kata tersebut !

a. __ aerobe k. __ hidraulik
b. __ anemia l. __ praktik
c. __ akulturasi m. __ klasifikasi
d. __ silinder n. __ check
e. __ team o. __ sentral
f. __ atmosfer p. __ aksen
g. __ akomodasi q. __ zigote
h. __ realistis r. __ syntesis
i. __ kharisma s. __ sakharin
j. __ eselon t. __ phonem


2. Perbaikilah penulisan kata-kata serapan di bawah ini !

a. octaaf          j. fossil

b. route           k. geology

c. central         l. hierarchy

d. accessory    m. patient

e. system         n. congress

f. machine     o. calsium

g. idealist    p. variety

h. factor      q. phase

i. energy      r. group

3. Buatlah kalimat dengan menggunakan kata-kata berikut !
a. aksi f. konsekuen
b. akuarium g. kuantitas
c. eksis h. skema
d. frekuensi i. rasio
e. institut j. unit

4. Lakukan tugas berikut sesuai dengan instruksinya!
a. Secara berdiskusi, tunjukkan kata-kata serapan lainnya dari sebuah resensi. Jelaskan bentuk asal dari kata-kata tersebut beserta maknanya.
b. Daftarkanlah sekurang-kurangnya 20 kata serapan lainnya. Kemudian gunakanlah kata-kata itu dalam kalimat.

Jawab:

Silakan tonton dalam video di bawah ini




atau perhatikan tulisan di bawah ini

1. Yang penulisannya sudah benar, saya tulis di bawah ini :
b. (√) anemia
c. (√) akulturasi
d. (√) silinder
f. (√) atmosfer
g. (√) akomodasi
h. (√) realistis
j. (√) eselon
k. (√) hidraulik
l. (√) praktik
m.(√) klasifkasi
o. (√) sentral
p. (√) aksen

2. Perbaikan penulisan kata-kata:

a. oktaf
b. rute
c. sentral
d. aksesori
e. sistem
f. mesin
g. idealis
h. faktor
i. energi
j. fosil
k. geologi
l. hierarki
m. pasien
n. kongres
o. kalsium
p. varietas
q. frasa
r. grup

3. Contoh kalimat dengan kata-kata yang sudah ditentukan;
a. Pada 20 Januari 2020, sejumlah organisasi masyarakat akan menggelar aksi demonstrasi di depan gedung DPR
b. Andi membeli akuarium karena dia hobi memelihara ikan.
c. Agar eksis, para tukang ojek pangkalan memutuskan bergabung menjadi tukang ojek online.
d. Pemerintah akan menertibkan radio ilegal karena frekuensi gelombangnya menggangu jalur penerbangan.
e. Ardi bercita-cita kuliah di Institut Teknologi Bandung.
f. Juna menganggap Tirta orang yang tidak konsekuen karena kerap mengingkari janji.
g. Secara kuantitas, bangsa Indonesia memang unggul dibanding negara lain, namun secara kualitas masih tertinggal jauh.
h. Berdasarkan skema yang sudah ditentukan, semua karyawan harus bekerja tepat waktu.
i.  Rasio pertumbuhan ekonomi Indonesia tahun lalu, membuat menteri keuangan harus bekerja keras.
j. Sebagai pemasar, Rudi ditarget mampu menjual 100 unit sepeda motor dalam satu bulan.

4. Resensi buku : https://muhidindahlan.radiobuku.com/2018/01/03/agar-republik-tak-mengikuti-jejak-negara-majapahit-yang-bubar-karena-penodaan-agama/

Contoh kata serapan:
1. Arkais, berasal dari bahasa Yunani yang artinya dari sebuah masa yang lebih awal dan tidak dipakai lagi atau sesuatu hal yang memiliki ciri khas kuno atau antik.
2. Hatta, berasal dari bahasa arab yang artinya hingga; supaya; dan; ketika
3. kalis, berasal dari bahasa arab yang artinya bersih.
4. fitnah, berasal dari bahasa arab yang artinya perkataan bohong
5. Agresif berasal dari bahasa latin "agredi”yang artinya menyerang atau bergerak kedepan

Contoh dua puluh kata serapan dan kalimatnya
Abad : Berdasarkan penelitian, Candi Borobudur didirikan pada abad ke 8 Masehi.
Abadi : Kehidupan di dunia hanya sementara, sedangkan kehidupan di akhirat abadi
Abdi : Saat ini, Irwan bekerja sebagai abdi negara di Kabupaten Wonogiri
Adil: Ardi bercita-cita menjadi seorang hakim yang adil.
Ahli: Proyek kereta api cepat sudah ditangani oleh tenaga ahli.
Akal : Dalam dongeng, Kancil merupakan seekor hewan yang banyak akal.
Akbar: Perlombaan balap motor MotoGP di Mandalika merupakan perhelatan akbar.
Akhirat : Umat Islam harus bisa menyeimbangkan kehidupan di dunia dan akhirat.
Alam : Umat manusia harus bisa menjaga agar alam tidak rusak.
Alamat: Sejak tanggal 12 Maret 2022, Ardi tinggal di alamat yang baru, di Semarang.
Album: Tiap kali membuka album foto itu, Novi tidak kuasa menahan tangis karena teringat sahabatnya.
Bus: Bus Haryanto baru saja berangkat dari terminal Pulogadung menuju kota Kudus.
Data: Suharto akhirnya diterima sebagai karyawan pada bagian data analysis di perusahaan IT terkenal.
Detail: Hanung adalah sutradara yang selalu memperhatikan detail setiap adegan film.
Editor: Honor editor buku PT Budaya Kita akan dibayar pada tanggal 16 April 2022.
Film: Film Ada Apa Dengan Cinta 2 berlatar tempat di kota Yogyakarta dan sekitarnya
Formal: Meskipun tidak menempuh pendidikan formal, Pak Abidin sukses menjadi pengusaha transportasi
Gas: Proses pembuatan gas mengalami kemajuan setelah ditemukan teknologi baru.
Golf: Padang Golf itu rusak parah karena terkena gempa dan banjir bandang.
Internet: Kemendikbud menggunakan teknologi internet untuk meningkatkan kualitas pendidikan.

Minggu, 12 Januari 2020

Bacalah Pula Sebuah Contoh Teks Ulasan, Baik Itu Bersumber dari Buku

Soal dan jawaban dari kegiatan 6.2 b dalam buku Bahasa Indonesia Kelas 8 SMP/ Mts kurikulum 2013 terbitan kemendikbud halaman 159 bab 6. Peserta didik diminta mengerjakan soal tentang ulasan yang bersumber dari buku dan lain-lain.

Agar lebih jelas, sila perhatikan soal dan jawaban di bawah ini



Soal

B. 1. Bacalah pula sebuah contoh teks ulasan, baik itu bersumber dari buku, surat kabar, majalah ataupun internet !
2. Jelaskanlah isi karya dari yang diulasnya itu( objek ulasan)
3. Tuliskan pula kelebihan dan kelemahannya secar garis besar

Jawab.

Silakan tonton video di bawah ini




atau perhatikan tulisan di bawah ini

Judul Ulasan: Kisah Inspiratif Penuh Motivasi Peraih Beasiswa Ke Singapura
Sumber: https://perpustakaansman1purwodadi.blogspot.com/2018/09/resensi-buku-diamond-in-rough-karya.html

Jenis/ Obyek Ulasan: Buku berjudul Diamond in The Rough
Kelebihan: Teks ulasan ini cukup patuh terhadap unsur-unsur resensi buku. Kita bisa melihat identitas buku, pendahuluan, isi, kekurangan buku dan kesimpulan.
Kelemahan: Sayangnya, penulis terlalu terhanyut dengan isi buku tersebut, sehingga lupa menyajikan kelebihan buku dengan lebih detail. Sebaliknya, yang terbaca justru kelemahan buku tersebut.

Kegiatan 6.2 Sebutkanlah Judul-Judul yang Kamu Ketahui Berkaitan dengan Jenis-Jenis Karya di Bawah ini!

Soal dan jawaban dari kegiatan 6.2 dalam buku Bahasa Indonesia Kelas 8 SMP/ MTs kurikulum 2013 terbitan kemendikbud bab 6 halaman 58. Peserta didik diminta mengerjakan soal tentang jenis karya penulisan.

Agar lebih jelas, sila perhatikan soal dan jawaban di bawah ini !



Soal

Kegiatan 6.2

A. Sebutkanlah judul-judul yang kamu ketahui berkaitan dengan jenis-jenis karya di bawha ini ! Tuliskan pula isinya secara ringkas !


1. Kumpulan Cerpen
2. Novel
3. Buku Ilmu Pengetahuan
4. Film
5. Drama
6. Album Lagu

Jawab:

Silakan tonton video di bawah ini



atau perhatikan tulisan di bawah ini

1. Kumpulan Cerpen
Judul
I. Dari Ave Maria Ke Jalan Lain Ke Roma karya Idrus
II. Perempuan  Patah Hati yang Kembali Menemukan Cinta Melalui Mimpi karya Eka Kurniawan

Isi
I. Menurut H.B. Jassin dalam kata "Pendahuluan", menyatakan bahwa cerita pendek Dari Ave Maria ke Jalan Lain ke Roma menggambarkan adanya romantis idealisme dan realisme yang penuh epos kepahlawanan yang terjadi pada masa perjuangan.
II. Tentang seseorang yang bermimpi bahwa ia akan memperoleh seorang kekasih.


2. Novel
Judul
I. Cantik Itu Luka (Eka Kurniawan)
II. Laskar Pelangi (Andrea Hirata)

Isi
I. Tentang seorang perempuan yang bangkit dari kubur yang kemudian bercerita tentang masa lalunya
II. Tentang seorang anak lelaki dengan segala kenakalannya namun ia adalah anak yang cerdas.


3. Buku Ilmu Pengetahuan
Judul:
I. Kosmos (Carl Sagan)
II. Tsunami (Walter C. Dudley)

Isi
I. Tentang alam semesta termasuk luar angkasa.
II. Tentang bencana tsunami, penyebab dan akibatnya.

4. Film
Judul:
I. Dancing In The Rain (Rudy Aryanto)
II. Hacksaw Ridge (Mel Gibson)

Isi:
I. Film ini bercerita tentang seorang anak autis bernama Banyu yang bersahabat dengan anak bukan penderita autis Radin dan Kinara. Radin, seorang pemain basket, sementar Kinara menderita penyakit mematikan.

II. Hacksaw Ridge merupakan film bertema perang yang sangat memukau. Mengisahkan tentang Desmond Doss, seorang penganut kristen taat yang menjadi Tentara. Uniknya, Desmond menolak memanggul senjata, ia hanya ingin menjadi perawat bagi tentara yang sakit atau terluka.

5. Drama
Judul
I. Antonius & Cleopatra (Shakespeare)
II. Romeo Juliet (Shakespeare)

Isi
I.  Kisah cinta berbalut intrik politik dan perebutan kekuasaan antar dua bangsa yang berbeda.
II. Kisah cinta sepasang muda-mudi yang tidak direstui masing-masing keluarga.

6. Album Lagu
Judul
I. Terbaik-terbaik
II. Pandawa Lima

Isi
I. Terbaik-terbaik merupakan judul album Dewa 19. Secara mengejutkan mereka membawa nuansa baru bagi musik Indonesia yang berbeda dengan lagu-lagu mereka sebelumnya.

II. Pandawa Lima juga merupakan judul album Dewa 19 yang juga sangat memukau.