Tuesday, January 14, 2020

Bacalah Surat Penawaran Berikut Ini. Temukan Isi Surat Tersebut yang Menunjukkan

Kunci jawaban dari tugas 1 dalam buku Bahasa Indonesia kelas 10 SMA/ SMK/MA/ MAK kurikulum 2013 terbitan kemendikbud halaman 162 bab 5. Peserta didik diminta mengerjakan soal tentang isi surat yang termasuk surat penawaran.

Agar lebih jelas, sila perhatikan soal dan jawaban di bawah ini.



Soal

Tugas 1
Bacalah surat penawaran berikut ini. Temukanlah isi surat tersebut yang menunjukkan bahwa surat penawaran juga termasuk teks negosiasi !

Jawab :

Di bawah ini merupakan kutipan surat penawaran yang termasuk jenis teks negosiasi:

Kami sudah berpengalaman puluhan tahun melahyani pelanggan terutama perusahaan penyelenggara pesta perkawinan, ulang tahun, dan berbagai event besar lainnya. Kami hanya menyediakan produk kuliner bercita rasa tinggi dengan penampilan elegan.

Dalam rangka pembukaan cabang baru di Kota Batu, kami menawarkan harga khusus selama masa promosi bulan April-Mei 2015. 

Tugas 2 Cobalah Berlatih Menyertakan Alasan yang Tepat untuk Menyampaikan Pengajuan

Soal dan jawaban dari tugas 2 dalam buku Bahasa Indonesia kelas 10 SMA/ SMK/ MA/ MAK halaman 160 bab 5 kurikulum 2013 terbitan kemendikbud. Peserta didik diminta membuat alasan demi tercapainya tujuan negosiasi.

Agar lebih jelas, sila perhatikan soal dan jawaban di bawah ini



Soal

Tugas 2
Sekarang cobalah berlatih menyertakan alasan yang tepat untuk menyampaikan pengajuan atau penawaran berikut ini !


Pengajuan:

  1. Minta izin menginap di rumah teman
  2. Menawar harga sewa gedung untuk kegiatan OSIS
  3. Menuntut Kepala  Desa untuk memberikan izin penggunaan balai RW untuk kegiatan karang taruna satu hari dalam seminggu
  4. Mengajukan penawaran/ permintaan kepada sekolah terkait larangan membawa sepeda motor ke sekolah
  5. Mengajukan penawaran kepada ketua RT tentang larangan penggunaan balai RW melebihi pukul 21.00 WIB
  6. Larangan (orangtua) kepada anaknya untuk mengakses internet pada hari-hari sekolah.

Jawab:

Alasan

1. Harus menginap di rumah teman karena ada tugas kelompok yang harus dikerjakan bersama-sama.
2. OSIS memilih gedung ini karena anggaran sekolah sangat terbatas dan beranggapan bahwa pemilik gedung memiliki kepedulian terhadap perkembangan anak-anak sekolah. 
3. Mohon kepala desa bersedia memberikan izin agar balai RW digunakan untuk kegiatan para remaja karang taruna agar bisa mengadakan kegiatan-kegiatan positif seperti kesenian, diskusi dan lain-lain. Hal ini sangat penting agar para remaja tidak terjerumus ke dalam hal-hal yang negatif.
4. Memohon kepada sekolah untuk mengizinkan peserta didik membawa sepeda motor ke sekolah bagi yang sudah memiliki SIM dan jarak tempuh yang cukup jauh.
5. Memohon kepada ketua RT agar balai RW bisa digunakan melebihi pukul 10 jika ada kegiatan-kegiatan penting. Ketua RT boleh mengawasi terselenggaranya kegiatan tersebut dan apabila ada hal-hal negatif bisa segera membubarkan kegiatan tersebut.
6. Memohon kepada orangtua agar mengizinkan anak-anak mengakses internet pada hari sekolah untuk mencari materi pelajaran namun tetap dalam pengawasan orangtua.

Kegiatan 6.3 Perhatikan Kembali Teks Ulasan Tentang Film Beth

Soal dan jawaban dari tugas dalam buku Bahasa Indonesia Kelas 8 SMP/ MTs halaman 162 bab 6 kurikulum 2013 terbitan kemendikbud. Dalam tugas ini, peserta didik diminta mnegerjakan soal tentang ulasan sebuah film.

Agar lebih jelas, sila perhatikan soal dan jawaban di bawah ini !



Soal !

Kegiatan 6.3.
A. 1. Perhatikanlah kembali ulasan tentang film "Beth"
2. Manakah dari kalimat-kalimat di bawah ini yang sesuai dengan isi teks tersebut ?


Jawab:

a. Film Beth merupakan film alternatif yang kaya Makna. Sesuai
b. Dari awal hingga akhir, Beth hanya mengambil satu setting: Kehiduan di suatu rumah sakit jiwa. Sesuai
c. FIlm Beth bercerita tentang kisah cinta yang tragis antara Beth dengan Pesta. Sesuai
d. Beth jadi gila lantaran tak kuasa menanggung derita akibat aborsi paksa. Tidak Sesuai
e. Beth merupakan gambaran tentang kian sempitnya ruang di masyarakat yang patut dijadikan tempat untuk berkreasi. Sesuai

Monday, January 13, 2020

Tugas Manakah Kata Serapan di Bawah Ini yang Penulisannya Sudah Benar?

Soal dan jawaban dari tugas dalam buku Bahasa Indonesia kelas 11 SMA/ SMK/ MA/ MAK kurikulum 2013 terbitan kemendikbud bab 7 halaman 224. Peserta didik diminta mengerjakan soal tentang cara penulisan kata serapan yang benar.

Agar lebih jelas, sila perhatikan soal dan jawaban di bawah ini !



Soal

Tugas

1. Manakah kata serapan di bawah ini yang penulisannya sudah benar? Bubuhkan tanda centang (V) pada kata tersebut !

a. __ aerobe k. __ hidraulik
b. __ anemia l. __ praktik
c. __ akulturasi m. __ klasifikasi
d. __ silinder n. __ check
e. __ team o. __ sentral
f. __ atmosfer p. __ aksen
g. __ akomodasi q. __ zigote
h. __ realistis r. __ syntesis
i. __ kharisma s. __ sakharin
j. __ eselon t. __ phonem


2. Perbaikilah penulisan kata-kata serapan di bawah ini !
a. octaaf j. fossil

b. route k. geology

c. central l. hierarchy

d. accessory m. patient

e. system n. congress

f. machine o. calsium

g. idealist p. variety

h. factor q. phase

i. energy r. group

3. Buatlah kalimat dengan menggunakan kata-kata berikut !
a. aksi f. konsekuen
b. akuarium g. kuantitas
c. eksis h. skema
d. frekuensi i. rasio
e. institut j. unit

4. Lakukan tugas berikut sesuai dengan instruksinya!
a. Secara berdiskusi, tunjukkan kata-kata serapan lainnya dari sebuah resensi. Jelaskan bentuk asal dari kata-kata tersebut beserta maknanya.
b. Daftarkanlah sekurang-kurangnya 20 kata serapan lainnya. Kemudian gunakanlah kata-kata itu dalam kalimat.

Jawab:

1. Yang penulisannya sudah benar, saya tulis di bawah ini :
b. (√) anemia
c. (√) akulturasi
d. (√) silinder
f. (√) atmosfer
g. (√) akomodasi
h. (√) realistis
j. (√) eselon
k. (√) hidraulik
l. (√) praktik
m.(√) klasifkasi
o. (√) sentral
p. (√) aksen

2. Perbaikan penulisan kata-kata:

a. oktaf
b. rute
c. sentral
d. aksesori
e. sistem
f. mesin
g. idealis
h. faktor
i. energi
j. fosil
k. geologi
l. hierarki
m. pasien
n. kongres
o. kalsium
p. varietas
q. frasa
r. grup

3. Contoh kalimat dengan kata-kata yang sudah ditentukan;
a. Pada 20 Januari 2020, sejumlah organisasi masyarakat akan menggelar aksi demonstrasi di depan gedung DPR
b. Andi membeli akuarium karena dia hobi memelihara ikan.
c. Agar eksis, para tukang ojek pangkalan memutuskan bergabung menjadi tukang ojek online.
d. Pemerintah akan menertibkan radio ilegal karena frekuensi gelombangnya menggangu jalur penerbangan.
e. Ardi bercita-cita kuliah di Institut Teknologi Bandung.
f. Juna menganggap Tirta orang yang tidak konsekuen karena kerap mengingkari janji.
g. Secara kuantitas, bangsa Indonesia memang unggul dibanding negara lain, namun secara kualitas masih tertinggal jauh.
h. Berdasarkan skema yang sudah ditentukan, semua karyawan harus bekerja tepat waktu.
i.  Rasio pertumbuhan ekonomi Indonesia tahun lalu, membuat menteri keuangan harus bekerja keras.
j. Sebagai pemasar, Rudi ditarget mampu menjual 100 unit sepeda motor dalam satu bulan.

4. Resensi buku : https://muhidindahlan.radiobuku.com/2018/01/03/agar-republik-tak-mengikuti-jejak-negara-majapahit-yang-bubar-karena-penodaan-agama/

Contoh kata serapan:
1. Arkais, berasal dari bahasa Yunani yang artinya dari sebuah masa yang lebih awal dan tidak dipakai lagi atau sesuatu hal yang memiliki ciri khas kuno atau antik.
2. Hatta, berasal dari bahasa arab yang artinya hingga; supaya; dan; ketika
3. kalis, berasal dari bahasa arab yang artinya bersih.
4. fitnah, berasal dari bahasa arab yang artinya perkataan bohong
5. Agresif berasal dari bahasa latin "agredi”yang artinya menyerang atau bergerak kedepan

Contoh dua puluh kata serapan dan kalimatnya
Abad
Berdasarkan penelitian, Candi Borobudur didirikan pada abad ke 8 Masehi.
Abadi

Abdi
Adil
Ahli
Akal
Akbar
Akhirat
Alam
Alamat
Album
Bus
Data
Detail
Editor
Film
Formal
Gas
Golf
Internet

Sunday, January 12, 2020

Bacalah Pula Sebuah Contoh Teks Ulasan, Baik Itu Bersumber dari Buku

Soal dan jawaban dari kegiatan 6.2 b dalam buku Bahasa Indonesia Kelas 8 SMP/ Mts kurikulum 2013 terbitan kemendikbud halaman 159 bab 6. Peserta didik diminta mengerjakan soal tentang ulasan yang bersumber dari buku dan lain-lain.

Agar lebih jelas, sila perhatikan soal dan jawaban di bawah ini



Soal

B. 1. Bacalah pula sebuah contoh teks ulasan, baik itu bersumber dari buku, surat kabar, majalah ataupun internet !
2. Jelaskanlah isi karya dari yang diulasnya itu( objek ulasan)
3. Tuliskan pula kelebihan dan kelemahannya secar garis besar

Jawab.

Judul Ulasan: Kisah Inspiratif Penuh Motivasi Peraih Beasiswa Ke Singapura
Sumber: https://perpustakaansman1purwodadi.blogspot.com/2018/09/resensi-buku-diamond-in-rough-karya.html

Jenis/ Obyek Ulasan: Buku berjudul Diamond in The Rough
Kelebihan: Teks ulasan ini cukup patuh terhadap unsur-unsur resensi buku. Kita bisa melihat identitas buku, pendahuluan, isi, kekurangan buku dan kesimpulan.
Kelemahan: Sayangnya, penulis terlalu terhanyut dengan isi buku tersebut, sehingga lupa menyajikan kelebihan buku dengan lebih detail. Sebaliknya, yang terbaca justru kelemahan buku tersebut.

Kegiatan 6.2 Sebutkanlah Judul-Judul yang Kamu Ketahui Berkaitan dengan Jenis-Jenis Karya di Bawah ini!

Soal dan jawaban dari kegiatan 6.2 dalam buku Bahasa Indonesia Kelas 8 SMP/ MTs kurikulum 2013 terbitan kemendikbud bab 6 halaman 58. Peserta didik diminta mengerjakan soal tentang jenis karya penulisan.

Agar lebih jelas, sila perhatikan soal dan jawaban di bawah ini !



Soal

Kegiatan 6.2

A. Sebutkanlah judul-judul yang kamu ketahui berkaitan dengan jenis-jenis karya di bawha ini ! Tuliskan pula isinya secara ringkas !


Jawab:

1. Kumpulan Cerpen
2. Novel
3. Buku Ilmu Pengetahuan
4. Film
5. Drama
6. Album Lagu

1. Kumpulan Cerpen
Judul
I. Dari Ave Maria Ke Jalan Lain Ke Roma karya Idrus
II. Perempuan  Patah Hati yang Kembali Menemukan Cinta Melalui Mimpi karya Eka Kurniawan

Isi
I. Menurut H.B. Jassin dalam kata "Pendahuluan", menyatakan bahwa cerita pendek Dari Ave Maria ke Jalan Lain ke Roma menggambarkan adanya romantis idealisme dan realisme yang penuh epos kepahlawanan yang terjadi pada masa perjuangan.
II. 


2. Novel
Judul
I. Cantik Itu Luka
II. Laskar Pelangi

Isi
I. Tentang seorang perempuan yang bangkit dari kubur yang kemudian bercerita tentang masa lalunya
II. Tentang seorang anak lelaki dengan segala kenakalannya namun ia adalah anak yang cerdas.


3. Buku Ilmu Pengetahuan
Judul:
I.
II

Isi
I
II

4. Film
Judul:
I. Dancing In The Rain
II. Hacksaw Ridge

Isi:
I. Film ini bercerita tentang seorang anak autis bernama Banyu yang bersahabat dengan anak bukan penderita autis Radin dan Kinara. Radin, seorang pemain basket, sementar Kinara menderita penyakit mematikan.

II. Hacksaw Ridge merupakan film bertema perang yang sangat memukau. Mengisahkan tentang Desmond Doss, seorang penganut kristen taat yang menjadi Tentara. Uniknya, Desmond menolak memanggul senjata, ia hanya ingin menjadi perawat bagi tentara yang sakit atau terluka.

5. Drama
Judul
I
II

Isi
I
II

6. Album Lagu
Judul
I. Terbaik-terbaik
II. Pandawa Lima

Isi
I. Terbaik-terbaik merupakan judul album Dewa 19. Secara mengejutkan mereka membawa nuansa baru bagi musik Indonesia yang berbeda dengan lagu-lagu mereka sebelumnya.

II. Pandawa Lima juga merupakan judul album Dewa 19 yang juga sangat memukau.

Friday, January 10, 2020

Tugas 1 Bacalah Kembali Teks Negosiasi Antara Pembeli dan Pedagang, serta Terima Kasih Bu Mia

Kunci jawaban dari tugas 1 dalam buku Bahasa Indonesia Kelas 10 SMA/ SMK/ MA/ MAK kurikulum 2013 terbitan kemendikbud halaman 160 bab 5. Peserta didik diminta menganalisis alasan dalam negosiasi.

Agar lebih jelas, sila perhatikan soal dan jawaban di bawah ini !



Soal

Tugas 1
Bacalah kembali teks negosiasi antara pembeli dan pedagang, serta Terima Kasih Bu Mia. Analisislah alasan-alasan yang dikemukakan partisipan untuk meyakinkan pihak lain !

Jawab

Pembeli dan Pedagang

1. Penjual merasa barangnya bagus, bukan karbitan dan matang pohon
2. Penjual akhirnya menurunkan harga dengan alasan agar mendapat untung
3. Penjual menjamin kalau ada yang busuk boleh ditukarkan

Terima Kasih Bu Mia

1. Lia mengemukakan alasan bahwa dia dan teman-teman merasa kelelahan karena mengelilingi stadion 2 kali
2. Lia juga mengemukakan alasan bahwa mereka belum minum karena tergesa-gesa akan mengikuti ulangan.

Tugas Berlatihlah Untuk Menganalisis Faktor yang Menentukan Keberhasilan Negosiasi

Kunci jawaban dari tugas dalam buku Bahasa Indonesia Kelas 10 SMA/SMK/ MA/MAK kurikulum 2013 terbitan kemendikbud bab 5 halaman 159. Dalam tugas ini, kalian harus menganalisis faktor yang menentukan keberhasilan negosiasi.

Agar lebih jelas, sila perhatikan soal dan jawaban di bawah ini !



Soal

Tugas
Berlatihlah untuk menganalisis faktor yang menentukan keberhasilan negosiasi dalam teks dialog antara pedagang dan pembeli, HP baru, dan Terima Kasih Bu Mia

Gunakan tabel berikut ini. Kamu boleh mengubah kolom tabel sesuai dengan kebutuhan


Jawab

Pedagang dan Pembeli

- Alasan yang disampaikan mampu meyakinkan pembeli bahwa harga dua puluh delapan ribu rupiah merupakan harga yang tepat
Bukti kutipan: "Belum boleh, Bu. Dua puluh delapan ribu, ya, Bu. Biar saya dapat untung, Bu."

- Tidak memaksa pihak lain:
Bukti kutipan: "Baiklah, tapi saya boleh milih sendiri, kan Bang?"

- Kesediaan partisipan untuk berkompromi, menerima perbedaan pendapat
Bukti kutipan: "Asal jangan pilih yang besar-besar, Bu. Nanti saya bisa rugi."
"Iya, Bang. Yang penting saya dapat mangga yang bagus dan tidak busuk."

HP Baru

- Alasan yang disampaikan mampu meyakinkan Ayah untuk membelikan Rani sebuah HP.
Bukti kutipan: "Tak hanya itu, Yah ... Rani iri sama teman-teman Rani yang dapat dengan mudah mengunduh materi pembelajaran, ngirim tugas, bahkan berdiskusi untuk mengerjakan tugas-tugas tanpa harus keluar rumah,”

"Iya, yah. Apalagi guru-guru sering menugaskan kami untuk mengirim tugas ke grup facebook atau mengunggah tugas di blog. Kalau Rani punya HP kan enak. Bisa buat diskusi bareng teman-teman sekaligus dapat mengakses internet melalui HP."

- Tidak memaksa pihak lain
Bukti kutipan: Sebegitu pentingkah HP itu bagimu, Nak?"

- Kesediaan partisipan untuk berkompromi menerima perbedaan pendapat
bukti kutipan: "Ayah akan membelikan HP untuk Rani, asal ...."
“Asal Rani rajin belajar dan berjanji akan menggunakan HP itu untuk hal-hal yang positif."


Terima Kasih Bu Mia

- Alasan yang disampaikan mampu meyakinkan Bu Mia
Bukti kutipan: "Iya, Bu. Sekali lagi maafkan, kami. Kami kelelahan, Bu. Tadi baru saja ujian lari mengelilingi stadion 2 kali."

- Tidak memaksa pihak lain
Bukti kutipan: "Belum sempat, Bu. Kami takut ketinggalan ulangan,” jawab Lia tetap dengan sopan. “Kalau boleh, kami minta waktu sepuluh menit untuk minum dan ganti baju, Bu. Biar badan kami segar."

- Kesediaan partisipan untuk berkompromi menerima perbedaan pendapat
bukti kutipan: "Ya sudah, kalian istirahat 15 menit. Ulangannya minggu depan saja. Nanti kita latihan soal saja,"

Urutkanlah Peristiwa Fabel di Atas ke Dalam Tabel Struktur Berikut Ini !

Kunci jawaban dari pertanyaan dalam buku Bahasa Indonesia kelas 7 SMP/ MTs bab 6 halaman 221 kurikulum 2013 terbitan kemendikbud. Peserta didik diminta mengerjakan soal tentang urutan peristiwa fabel.

Agar lebih jelas, sila perhatikan soal dan jawaban di bawah ini !



Soal

a) Urutkanlah peristiwa fabel di atas ke dalam tabel struktur berikut ini!

Jawab

Orientasi
bukti dalam teks: Seekor kuda sedang berjalan dari sebuah ladang gandum menuju sebuah hutan yang lebat.

-Komplikasi
bukti dalam teks: Ketika dia menuju hutan lebat dan melihat kulit harimau.

-Resolusi
bukti dalam teks: Saat ia mengaum seperti halnya harimau tetapi rupanya ia tidak sadar bahwa bukannya mengaum dia malah meringkik.

Berdiskusilah Untuk Menyimpulkan Jenis-Jenis Fabel Ditinjau dari Latar Cerita

Soal dan jawaban dari tugas dalam buku Bahasa Indonesia kelas 7 SMP/ MTs kurikulum 2013 terbitan kemendikbud bab 7 halaman 204. Peserta didik diminta menyimpulkan jenis-jenis fabel.

Agar lebih jelas, sila perhatikan soal dan jawabannya di bawah ini !



Soal

1) Berdiskusilah untuk menyimpulkan jenis-jenis fabel ditinjau dari latar cerita dan watak tokoh dalam kehidupan nyata dibandingkan dalam cerita!

2) Dari informasi tentang fabel di atas jelaskan jenis fabel ditinjau dari jenis alurnya !

Jawab

Jika kita meninjau berdasar pemberian watak dan latarnya, kita bisa membedakan menjadi dua yaitu: fabel alami dan fabel adaptasi. Fabel Alami menggunakan watak asli tokoh binatangseperti pada kondisi alam sesungguhnya. Misalnya, harimau diberi watak tegas, buas, dan ganas, siput lamban dan cengeng. Dalam hal latar tempat, fabel menggunakan alam sesungguhnya sebagai latar misalnya hutan, sungai, kolam, dan sebagainya. Fabel adaptasi adalah fabel yang memberikan watak tokoh yang berbeda dari watak aslinya di dunia nata dan menggunakan tempat lain yang tidak identik dengan tempat asli hewan tersebut.

Ditinjau dari kemunculan pesan dibedakan fabel dengan koda dan tanpa koda. Fabel dengan koda berarti fabel dengan memunculkan pesan secara eksplisit pesan pengarang di akhir cerita. Sebaliknya, fabel tanpa koda tidak memberikan secara eksplisit pesan pengarang di akhir cerita.