Selasa, 12 November 2019

Tugas Mandiri 4.1 Pkn Kelas 11 SMA Halaman 120 - 121 Berkaitan dengan Hubungan Internasional



Soal dan jawaban dari tugas dalam buku Pendidikan Pancasila dan kewarganegaraan (PPKn) Kelas 11 SMA/ SMK/ MA/ MAK bab 4 halaman 120 kurikulum 2013 terbitan kemendikbud. Peserta didik diminta mengerjakan soal tentang definisi hubungan internasional.

Agar lebih jelas, sila perhatikan soal dan jawaban di bawah ini !


Tugas Mandiri 4.1
1. Berkaitan dengan pengertian hubungan internasional, terdapat berbagai pandangan para ahli yang mencoba memberikan definisi terhadap konsep hubungan internasional. oleh karena itu, coba kalian identifikasi pendapat para ahli mengenai definisi hubungan internasional. Bacalah berbagai buku sumber, majalah, koran, atau yang lainnya sebagai sumber informasi kalian. Kemudian tuliskan hasil identifikasi kalian pada tabel di bawah ini.

Informasikan hasil identifikasi kalian dengan teman sebangku dengan cara saling tukar hasil pekerjaan masing-masing.


2. Cari definisi-definisi tentang hubungan internasional tersebut, rumusan siapakah yang paling relevan dengan konteks hubungan internasional yang dilakukan oleh bangsa Indonesia? Berikan alasannya.

3. Rumuskanlah definisi hubungan internasional menurut pendapat sendiri.

4. Cari persamaan dan perbedaan definisi hubungan internasional yang kalian rumuskan dengan definisi yang dirumuskan teman sebangku.
\
Jawab:

Sila perhatikan video di bawah ini




atau simak tulisan di bawah ini

1. Pengertian Hubungan Internasional menurut para ahli

a. Freddy L. Tobing
Menurut Freddy menyatakan bahwa Hubungan iternasional ialah sebuah studi tentang hubungan yang ada diantara sebuah entitas politik yang berdaulat yang anarkis sifatnya.

b. Edward Hallet Card
Menurut Edward menyatakan bahwa Hubungan internasional ialah sebuah hubungan yang dinamis dan dialektis yang membahas tentang untuk menciptakan perdamaian dunia.

c. Dr. Hilman Adil Cleland
Menurut Hilman menyatakan bahwa Hubungan internasional ialah sebagai subjek akademi yang terutama memperhatikan sebuah hubungan politik antar bangsa.

d. Umar Suryadi Bakri
Menurut Umar menyatakan bahwa Hubungan internasional ialah suatu kumpulan dari cabang-cabang ilmu pengetahuan yang memiliki perhatian terhadap suatu masalah-masalah internasional

e. Spengler
Menurut Spengler menyatakan bahwa Hubungan internasional ialah menjalankan suatu politik untuk menaklukkan dunia dengan senjata yang dalam sebuah bentuk-bentuk kebudayaan baru dan vital.

2. Menurut saya, pengerrtian yang cocok bagi bangsa Indonesia adalah pengertian hubungan internasional menruut Edward Hallet Card karena sesuai dengan UUD NRI 1945 yaitu menjaga perdamaian dunia.

3. Hubungan Internasional merupakan hubungan dalam berbagai bidang baik politik, ekonomi, sosial budaya dengan negara lain.

4. Persamaan dengan teman sebangku:
a. Hubungan internasional merupakan hubungan antar negara
b. Hubungan internasional terjadi dalam berbagai bidang
c. Hubungan internasional saling menguntungkan

Perbedaan: 
a. Teman saya lebih menitikberatkan pada definisi dalam tinjauan akademik, sedangkan saya lebih menitikberatkan pada praktik

Tugas Kelompok 3.1 Nah Setelah Anda Membaca Uraian di Atas



Jawaban dari tugas kelompok 3.1 dalam buku Pendidikan Pancasila dan Kewarganegaraan (PPkn) Kelas 12 Bab 3 halaman 79 kurikulum 2013 terbitan kemendikbud. Peserta didik diminta mengerjakan soal yang berkaitan dengan negara dan perkembangan iptek.

Agar lebih jelas, sila perhatikan soal dan jawaban di bawah ini !

Soal 

Nah, setelah Anda membaca uraian di atas, coba Anda bersama teman sebangku melakukan penilaian atas strategi yang diterapkan menghadapi ancaman terhadap negara sebagai dampak dari kemajuan iptek! Informasikan hasil penilaian kelompok Anda kepada kelompok lainnya!



Jawab

Silakan tonton video di bawah ini




atau perhatikan tulisan di bawah ini

1. Ancaman terhadap ideologi
Bentuk strategi: Melaksanakan Pendidikan Pancasila dan Kewarganegaraan mulai dari Sekolah Dasar hingga Menengah Atas.
Indikator Keberhasilan: Makin banyak masyarakat yang menyadari bahwa Pancasila adalah ideologi negara yang tidak bisa diganggu gugat.

2. Ancaman terhadap politik
Bentuk strategi: Membubarkan organisasi-organisasi yang bertentangan dengan Pancasila
Indikator keberhasilan: Dibubarkannya HTI sehingga mereka kehilangan ruang gerak.

3. Ancaman terhadap ekonomi
Bentuk Strategi: Memberikan kesempatan generasi muda membuat aplikasi/ start up
Indikator keberhasilan: Gojek sebagai aplikasi transportasi lokal berhasil membuka lowongan pekerjaan baru.

4. Ancaman terhadap sosial budaya
Bentuk strategi: Kewajiban mengenakan baju daerah pada hari-hari tertentu
Indikator keberhasilan: Masyarakat menjadi makin mencintai budaya lokal

5. Ancaman di bidang teknologi informasi
Bentuk strategi: Pihak keamanan saat ini sudah memiliki divisi yang bertugas mengontrol akses media
Indikator keberhasilan: Banyak pelaku kriminal yang menggunakan media sosial yang sudah ditangkap.




Senin, 11 November 2019

Tugas Mandiri 3.2 Pkn Kelas 12 Halaman 77 - 79 Bacalah Berita di Bawah Ini



Kunci jawaban dari tugas mandiri 3.2 dalam buku Pendidikan Pancasila dan Kewarganegaraan (PPKn) Kelas 12 SMA/ SMK/ MA/ MAK bab 4 halaman 77 - 79. Peserta didik diminta mengerjakan soal tentang ISIS.

Agar lebih jelas, sila perhatikan soal dan jawabannya di bawah ini.

Soal !

Setelah membaca berita tersebut, jawablah pertanyaan-pertanyaan berikut ini.
1. Apa saja dampak negatif yang akan diterima bangsa Indonesia, apabila gerakan ISIS berkembang di Indonesia?
2. Bagaimana penilaian Anda atas upaya pemerintah dalam mencegah berkembangnya gerakan ISIS di Indonesia?
3. Tuliskan rekomendasi Anda kepada pemerintah dan masyarakat Indonesia untuk mencegah gerakan ISIS di Indonesia!

Jawab
Silakan tonton video di bawah ini



atau lihat artikel di bawah ini

1. Dampak negatif apabila ISIS berkembang di Indonesia antara lain:
a. Republik Indonesia dalam ancaman besar bahkan bisa runtuh.
b. Terjadi perpecahan dan pertikaian serta pembunuhan oleh ISIS
c. Masyarakat Indonesia tidak akan tenang hidupnya

2. Upaya pemerintah dalam menangangi ISIS menurut saya sudah cukup baik namun perlu ditingkatkan terus menerus, sebab berdasarkan data sudah banyak rakyat Indonesia yang terpapar ideologi ini.

3. Rekomendasi kepada pemerintah untuk mencegah ISIS Berkembang
a. Menyarankan agar mengikuti ormas yang sejalan dengan Pancasila
b. Mewaspadai kelompok yang selalu memprovokasi agar melawan negara.
c. Terus menerus menanamkan semangat nasionalisme melalui pendidikan, kebudayaan dan dalam berbagai aktivitas.

Uji Kompetensi Bab 3 Pkn Kelas 12 Halaman 92



Peserta didik kelas 12, berikut ini merupakan kunci jawaban dari Uji Kompetensi Bab 3 dalam buku Pendidikan Pancasila dan Kewarganegaraan kelas 12 halaman 92 kurikulum 2013 terbitan kemendikbud.

Agar lebih jelas, sila perhatikan soal dan jawabannya di bawah ini!

Soal !

Jawablah pertanyaan di bawah ini secara singkat, jelas dan akurat!
1. Jelaskan pengaruh negatif kemajuan iptek yang paling berbahaya bagi bangsa Indonesia!
2. Bagaimana perwujudan nilai-nilai keterbukaan sebagai wujud dampak kemajuan iptek dalam proses penyelenggaraan negara?
3. Pada saat ini, hampir semua orang sudah memanfaakan jaringan media sosial seperti facebook, twitter, instagram, dan sebagainya untuk berbagai kepentingan. Akan ada pula orang yang memanfaatkan media sosial untuk melakukan kejahatan. Tidak jarang saat ini, sering terdengar kasus
penipuan, penculikan dan sebagainya yang berawal dari interaksi di media sosial. Berkaitan dengan uraian tersebut analisislah penyebab dan solusi untuk mengatasi persoalan itu.
4. Bagaimana perwujudan sikap tanggung jawab dalam pengembangan iptek?
5. Dalam hidupmu selama ini tentu telah menghadapi persoalan yang memerlukan kewaspadaan agar dirimu dan orang lain selaras. Perhatikan situasi yang berkaitan dengan kewaspadaan di lingkungan sekolah dan masyarakat. Apa yang akan Anda lakukan apabila terjadi tawuran? Kemukakan pula perasaan Anda sebagai seorang warga negara ketika menghadapi tawuran yang terjadi di sekolah atau kampung Anda.

Jawab:

Silakan lihat jawabannya dalam video di bawah ini




atau baca tulisan di bawah ini

1. Pengaruh negatif kemajuan iptek yang paling berbahaya bagi bangsa Indonesia antara lain:
a. Perdagangan dan peredaran obat-obat terlarang di negara Indonesia. Keberadaan internet memungkinkan terjadinya transaksi kriminal narkoba. Jika narkoba tersebar di Indonesia, generasi muda akan menjadi pecandu yang mengakibatkan lemahnya generasi muda Indonesia.
b. Perdagangan manusia. Terjadi kejahatan yang juga bisa dilakukan oleh sekelompok orang dengan memanfaatkan kelengahan masyarakat Indonesia. Mereka melakukan kejahatan perdagagangan manusia.
c. Masuknya kebudayaan asing yang tidak selaras dengan kehidupan berbangsa dan bernegara.

2. Perwujudan nilai-nilai keterbukaan sebagai dampak dari perkembangan teknologi antara lain:
a. Sistem rekruitmen Pegawai, TNI, Polisi menggunakan teknologi internet dan komputer.
b. Masyarakat bisa mengakses hasil pemilu secara langsung melalui website KPU.
c. Hasil tes CPNS yang bisa langsung dilihat setelah tes selesai, sehingga memperkecil peluang kecurangan.
d. Perpanjangan SIM yang bisa dilakukan di berbagai daerah di Indonesia.
e. Pembayaran pajak kendaraan secara online melalui tempat-tempat atau aplikasi yang tersebar di mana-mana.

3. Memang benar, hampir setiap individu sekarang ini memegang handphone, termasuk anak di bawah umur, bahkan balita. Pelaku kejahatanpun memanfaatkan sosial media semacam facebook, twitter, instagram untuk melancarkan aksi kejahatannya seperti penipuan, pemerkosaan, perampokan bahkan pembunuhan.

Untuk mengatasi hal tersebut perlu ada tindakan dari pemerintah agar facebook, twitter maupun instagram memiliki fitur-fitur yang mencegah tindakan kejahatan. Di antaranya memperketat syarat umur memiliki akun facebook, jangan berikan kesempatan siapa saja untuk mengupload foto profil yang bukan miliknya dll

4. Sikap tanggung jawab dalam pengembangan iptek berupa kesadaran bahwa iptek yang dipergunakan itu dapat dipertanggungjawabkan kebenarannya. Pengembangan dan pemanfaatan iptek harus selalu disertai dengan etika dan rasa tanggung jawab yang mendatangkan hikmah. Iptek harus menjadi alat bantu bagi kita, namun identitas sebagai manusia Indonesia yang beragama, berbudaya tidak boleh hilang.

5. Apabila terjadi tawuran, sebisa mungkin saya akan menjauhi dan menghindari lokasi tawuran. Karena bisa saja terjadi hal-hal yang merugikan kita sendiri, misalnya terluka. Saya sangat prihatin  , takut dan menyayangkan mengapa tawuran-dan kekerasan-harus terjadi di negaara ini. Kita beragama, berbudaya tak seharusnya mengedepankan kekerasan dalam menyelesaikan permasalahan.

Tugas Mandiri 3.1 Bacalah Berita di Bawah ini, Apa yang Dimaksud E Budgetting

Soal dan jawaban dari tugas mandiri 3.1 dalam buku Pendidikan Pancasila dan Kewarganegaraan (PPKn) Bab 3 halaman 74 kurikulum 2013 terbitan kemendikbud. Peserta didik diminta mengerjakan soal berdasarkan informasi yang terdapat dalam teks atau bacaan sebelumnya.

Agar lebih jelas, sila perhatikan soal dan jawabannya di bawah ini !



Soal

Setelah Anda membaca berita tersebut, jawab pertanyaan-pertanyaan berikut.
1. Apa yang dimaksud dengan e-budgeting?
2. Apa keuntungan penerapan e-budgeting dalam penyelenggaraan pemerintahan?
3. Menurut Anda, apakah pada saat ini sistem e-budgeting harus sudah diterapkan oleh semua sektor pemerintahan? Berikan alasannya.
4. Bagaimana dampak penerapan e-budgeting dalam pemberantasan korupsi?
5. Apa saja syarat sebuah daerah untuk bisa menerapkan e-budgeting?​

Jawab:

1.  E Budgetting merupakan sebuah sistem keuangan yang disimpan secara online dengan tujuan transparansi bagi setiap pihak.
2. Keuntungan jika e-budgetting ditertapkan dalam penyelenggaraan pemerintahan adalah terjadinya transparansi pemakaian anggaran yang bisa dilihat oleh berbagai pihak. Hal ini akan membuat pemberantasan korupsi lebih mudah. Selain itu, dengan adanya e-budgetting, pejabat bisa mengatur anggaran dengan benar karena dibantu oleh teknologi e budgetting.
3. Ya karena saat ini transparansi pemerintahan kita masih sangat rendah.
4. Dampak penerapan e-budgeting pada pemerintahan adalah meningkatnya transparansi pada masyarakat dan semakin ketatnya pembuatan serta penggunaan anggaran.
5. Memiliki platform e-budgeting, disetujui oleh dewan legislatif setempat, dan lain sebagainya.

Nah Setelah Anda Membaca Wacana Tersebut Tuliskan Semua Hal yang Anda Pikirkan

Soal dan jawaban dari tugas dalam buku Pendidikan Pancasila dan Kewarganegaraan (PPKn) Kelas 12 Bab 3 halaman 69 - 70 kurikulum 2013 terbitan kemendikbud. Dalam tugas ini, peserta didik diminta menjawab soal berdasarkan teks / bacaan sebelumnya.

Agar lebih jelas, sila perhatikan soal dan jawabannya di bawah ini !



Soal

Nah, setelah Anda membaca wacana tersebut, tuliskan semua hal yang Anda pikirkan atau pertanyakan dalam tabel di bawah ini!

Jawab:
Silakan tonton video ini



atau baca artikel di bawah ini 

Pendapat atau pertanyaan yang berkaitan dengan Wacana

Pendapat:

1. Pertumbuhan internet akan semakin cepat di dunia termasuk di Indonesia
2. Pertumbuhan internet merupakan sesuatu hal yang tidak akan terhindarkan
3. Internet akan membawa banyak perubahan bagi kehidupan manusia di dunia termasuk Indonesia
4. Internet akan membawa dampak positif maupun negatif bagi manusia
5. Banyak teknologi akan berkembang dengan adanya internet.


Pertanyaan:
1. Apakah yang akan dilakukan pemerintah untuk mengatasi kecepatan teknologi internet?
2. Hukum apakah yang akan diterapkan oleh pemerintah untuk menghadapi kejahatan baru berbasis internet?
3. Apakah budaya lokal akan tergerus oleh budaya baru akibat keberadaan internet?
4. Bagaimanakah sistem pendidikan yang akan diterapkan oleh keberadaan internet?
5. Apakah internet bisa mengatasi permasalahan sosial ekonomi ?

Tugas Kelompok 4.2 Bacalah Sumber Belajar Lain Seperti Buku Teks, Media Cetak atau Media Online

Peserta didik kelas 9, berikut ini merupakan jawaban dari tugas kelompok dalam buku Pendidikan Pancasila dan Kewarganegaraan (PPKn) Kelas 9 bab 4 halaman 114. Kalian diminta untuk mengisi tabel yang ada dalam buku kalian dengan mencari lima peristiwa konflik.

Agar lebih jelas, sila perhatikan soal dan jawaban di bawah ini !



Soal

Tugas Kelompok 4.2
Bacalah sumber belajar lain, seperti buku teks, media cetak, atau media online (internet). Kemudian carilah lima peristiwa konflik yang pernah terjadi di Indonesia serta identifikasi akibat yang ditimbulkan dari peristiwa tersebut. Tuliskan hasil pekerjaan kalian dalam tabel di bawah ini.

Jawab:

1. Peristiwa Konflik Sampit
2. Peristiwa konflik Poso
3. Peristiwa konflik Wamena
4. Peristiwa Konflik Mesuji
5. Peristiwa konflik aksi demo RUU KUHP

Tugas Mandiri 4.3 Bacalah Berita di Bawah ini Perjanjian Malino Beri Kontribusi Selesaikan Konflik

Berikut ini merupakan jawaban dari tugas mandiri dalam buku Pendidikan Pancasila dan Kewarganegaraan (PPKn) kelas 9 bab 4 halaman 110 kurikulum 2013 terbitan kemendikbud. Peserta didik diminta mengerjakan soal berdasarkan teks bacaan Perjanjian Malino.

Agar lebih jelas, sila perhatikan soal dan jawaban di bawah ini !



Soal

Setelah kalian membaca berita di atas, coba kalian jawab pertanyaan berikut ini

1. Bagaimana perasaan kalian setelah membaca berita tersebut? Berikan alasannya?
2. Jelaskan latar belakang diselenggarakannya perjanjian Malino ?
3. Jelaskan dampak diselenggarakannya perjanjian Malino?
4. Bagaimana caranya untuk memelihara perdamaian setelah perjanjian Malino
5. Dalam kehidupan pergaulan kalian di sekolah, keluarga atau masyarakat mungkin pernah terjadi konflik atau perselisihan, coba kalian tuliskan konflik tersebut dan jelaskan apa latar belakang penyebab terjadinya konflik tersebut ?


Jawab:
1. Perasaan saya setelah membaca berita tersebut cukup tersentak namun juga lega karena keberadaan Perjanjian Malino II telah menghentikan konflik kekerasan antar umat Islam-Kristen Maluku. Perilaku kekerasan sangat mengerikan dan merusak kehidupan masyarakat.

2. Latar belakang perjanjian malino disebabkan terjadinya konflik horisontal antar umat Islam-Kristen Maluku. Konflik yang penuh kekerasan ini pada mulanya mencoba diselesaikan dengan pendekatan keamanan dan pertahanan namun gagal. Kemudian muncullah perjanjian Malino I yang melibatkan umat Islam dan Kriten Maluku. Setelah itu muncullah Perjanjian Malino II yang dibuat bersama antara tiga pihak Islam-Kristen Maluku serta pemerintah.

3. Perjanjian Malino menghasilkan dampak positif yaitu berhentinya kekerasan di Malino berganti menjadi perdamaian.

4. Cara memelihara perdamaian setelah perjanjian Malino adalah dengan terus menerus berupaya menyelenggarakan kegiatan yang memunculkan rasa persatuan, yaitu kegiatan yang bersifat nasionalisme.

5. Peristiwa konflik di lingkungan sekolah, keluarga, atau masyarakat

a. Peristiwa konflik tawuran antar pelajar. Faktor penyebabnya adalah egoisme kelompok yang berlebihan dan tidak pada tempatnya serta krisis identitas. Para remaja pelaku tawuran mengalami fase ingin menunjukkan jatidiri dengan cara yang salah.

b. Peristiwa konflik antartetangga. Ada warga masyarakat yang menolak menutup warungnya padahal sudah disepakati bersama pada pukul 21.00 warung harus tutup karena seringkali pengunjung warung membuat kegaduhan yang mengganggu lingkungan sekitar.

c. Peristiwa konflik antar keluarga: perebutan tanah warisan dari orangtua
d. Peristiwa konflik di jalan raya: ketidakpatuhan terhadap lalu lintas mengakibatkan kerugian bagi orang lain
e.

Minggu, 10 November 2019

Tugas Mandiri 4.2 Identifikasilah Faktor-Faktor yang Membedakan dan Mempersatukan

Soal dan jawaban lengkap dari tugas mandiri dalam buku Pendidikan Pancasila dan Kewarganegaraan (PPkn) kelas 9 bab 4 halaman 101 kurikulum 2013 terbitan kemendikbud. Dalam tugas ini, peserta didik diminta mengidentifikasi faktor tertentu.

Agar lebih jelas, sila perhatikan soal dan jawabannya di bawah ini



Soal

Tugas Mandiri 4.1
Identifikasilah faktor-faktor yang membedakan dan mempersatukan masyarakat di lingkungan tempat tinggalmu, dengan melengkapi tabel berikut ini !

Untuk melihat tabel, silakan buka buku PPKn kalian masing-masing

Jawab

Silakan tonton video jawaban di bawah ini




atau perhatikan tulisan di bawah ini

Ada beberapa faktor yang membedakan dan mempersatukan masyarakat antara lain.

Faktor perbedaan:
1. Perbedaan Suku
2. Perbedaan Agama atau kepercayaan
3. Perbedaan Ras
4. Perbedaan pekerjaan
5. Perbedaan latar belakang pendidikan

Faktor Pemersatu
1. Persamaan lokasi tempat tinggal
2. Persamaan kepentingan bersama
3. Persamaan rasa memiliki terhadap bangsa dan negara
4. Persamaan rasa nasionalisme
5. Persamaan sebagai sesama manusia.

Tugas Mandiri 4.1 Lakukanlah Evaluasi Diri tentang Upaya yang Kalian Lakukan dalam Membina Persatuan

Jawaban dari tugas mandiri dalam buku Pendidikan Pancasila dan Kewarganegaraan (PPKn) Kelas 9 SMP/MTs bab 4 halaman 98 kurikulum 2013 terbitan kemendikbud. Peserta didik diminta mengerjakan dua soal tentang persatuan dan kesatuan di berbagai lingkungan.

Agar lebih jelas, sila perhatikan soal dan jawabannya di bawah ini !



Soal

Tugas Mandiri
1. Lakukanlah evaluasi diri tentang upaya yang kalian lakukan dalam membina persatuan dan kesatuan di berbagai lingkungan. Tulislah hasil evaluasi kalian di dalam tabel di bawah ini !

2. Lakukanlah evaluasi diri tentang upaya yang belum kalian lakukan dalam membina persatuan dan kesatuan, serta uraikan penyebab dan usaha apa saja untuk memperbaikinya. Tulislah hasil evaluasi kalian di dalam tabel di bawah ini !

Jawab

Silakan tonton video ini




atau perhatikan tulisan di bawah ini

Lingkungan 
1. Keluarga
Upaya yang telah dilakukan:
a. Selalu mengerjakan salat berjamaah
b. Selalu makan bersama keluarga
c. Selalu bekerja membersihkan rumah bersama-sama

2. Sekolah
Upaya yang telah dilakukan:
a. Mengikuti upacara bendera dengan tertib
b. berdoa bersama-sama di kelas
c. membersihkan ruangan kelas bersama-sama

3. Masyarakat
Upaya yang telah dilakukan:
a. Mengikuti kerja bakti bersama-sama
b. Mengikuti kegiatan rapat lingkungan
c. Memasang bendera ketika hari kemerdekaan


2. Upaya yang belum dilakukan

1. Mengajak membuang sampah di tempatnya
penyebab: kurangnya kesadaran
Usaha untuk memperbaiki: mengusulkan agar menyediakan sampah di tempat-tempat tertentu

2. Dialog antar umat beragama
penyebab: Belum timbul keinginan untuk berdialog
usaha untuk memperbaiki: mengampanyekan pentingnya kerukunan umat beragama