Rabu, 18 September 2019

Evaluasi Pendidikan Agama Islam Bab 3 Kelas 12 halaman 57 ( Menghidupkan Nurani dengan Berpikir Kritis

Kunci Jawaban dari Evaluasi Bab 3 dalam buku Pendidikan Agama Islam dan Budi Pekerti kurikulum 2013 kelas 12 tentang menghidupkan nurani dengan berpikir kritis. Peserta didik diminta mengerjakan soal evaluasi dengan benar.

Agar lebih jelas, silakan perhatikan soal dan jawabannya di bawah ini !



EVALUASI 
Berilah tanda silang (x) pada huruf a,b,c, d dan e atau yang dianggap jawaban yang paling tepat !


I. Berilah tanda silang (x) pada huruf a, b, c, d, atau e yang dianggap sebagai
jawaban yang paling tepat!

1. Pada lafal wahh tilafi terdapat hukum bacaan Mad . . . .


a. Tabi’i
b. ‘Iwad
c. Wajib Muttasil
d. Jaiz Munfasil
e. ‘arid Lissukun

2. Perhatikan potongan ayat berikut

wahh tilafill laiyli wannahari

 Potongan ayat di atas artinya . . . .

a. penciptaan langit dan bumi
b. tanda-tanda kebesaran Allah Swt.
c. dan pergantian siang dan malam
d. orang-orang yang mengingat Allah Swt.
e. dalam keadaan berdiri dan duduk

3. Arti  “ulil albab” ialah . . . .

a. umat Islam
b. orang yang dewasa
c. umat-umat terdahulu
d. generasi muda Islam
e. orang yang berakal sehat

4. Sikap yang tepat terhadap ayat al-Qur'an adalah . . . .

a. membacanya setiap malam Jumat dengan khusyuk
b. membaca dengan tartil dan suara yang bagus
c. membacanya dengan fasih di hadapan guru
d. membaca dan mengkajinya bersama orang yang ahli
e. membacanya setiap saat untuk mendapatkan kelancaran usaha

5. Berikut ini tidak termasuk sikap seorang ulil alb±b yang tercantum dalam
Q.S. ali 'Imran/3:191 yaitu ialah . . . .

a. Merenungkan ciptaan Allah Swt.
b. Menghafalkan ayat-ayat tertentu
c. Mengingat Allah Swt. dalam keadaan duduk
d. Mengingat Allah Swt. dalam keadaan berdiri
e. Mengingat Allah Swt. dalam keadaan berbaring

II. Jawablah pertanyaan berikut dengan benar dan tepat! 

1. Jelaskan apa saja yang harus dilakukan oleh umat islam terhadap ayat-ayat al-Qur’an yang menjelaskan tentang fenomena alam!

Jawab :menghafal ayat ayat al qur’an,menjaga semua ciptaan allah dengan baik
2. Berdasarkan analisismu, jelaskan beberapa manfaat diciptakannya semut!

Jawab :Saling bertegur sapa ketika bertemu. Kebiasaan semut yang berhenti sejenak ketika saling bertemu itu dapat dijadikan pelajaran bahwa memberikan salam kepada siapapun yang berpapasan dengan kita.Kebiasaan semut yang berjalan pada jalur yang teratur. disini kita dapat memetik pelajaran agar kita selalu berjalan pada jalan yang telah ditentukan yaitu jalan kebenaran sebagai jalur hidup kitaSemut mengajarkan kita untuk selalu berbagi. Kita sering melihat jika ada satu ekor semut menemukan makanan, maka tidak lama kemudian segerombolan semut akan datang untuk mendekati makanan itu,hal ini memberikan kita pelajaran untuk selalu saling berbagi dengan sesama
3. Nyamuk yang biasa terbang ternyata menjadi makanan cicak yang tidak dapat terbang. Jelaskan makna di balik fakta tersebut!

Jawab :makna yang terkandung dari pernyataan di atas adalah semua makluk hidup itu saling tergantunan tidak bisa hidup sendiri
4. Jelaskan karakterristik orang yang cerdas dalam pandangan rasullah saw!

Jawab :orang cerdas adalah orang yang pandanganya jauh ke depan,menembus dinding duniawi,orang yang mampu mengintrospeksi dirinya dan suka beramal untuk kehidupanya

5. Jelaskan sikap dan perilaku umat islam yang sejalan dengan pola piker kritis dan cerdas!

Jawab :sikap cerdas jua tahu bahwa kematian bisa dating kapan saja tanpa di duga oleh karena itu ia akan selalu bersegera melakukan kebaikan (amal saleh) tanpa menunda.

Evaluasi Pendidikan Agama Islam Kelas 12 Bab 2 halaman 37-39

Kunci Jawaban Evaluasi dalam buku Pendidikan Agama Islam dan Budi Pekerti kurikulum 2013 kelas 12 Bab 2 halaman 37 - 40  tentang Meyakini Qadā Dan Qadar Melahirkan Semangat Bekerja. Dalam evaluasi ini ada banyak soal yang harus dikerjakan dengan benar oleh peserta didik. Akan tetapi, selama kalian serius belajar, saya yakin kalian bisa mengerjakan.

Untuk itu, apabila di bawah ini terdapat jawaban dari soal-soal tersebut, anggap saja sebagai pelengkap jawaban kalian.



EVALUASI 

I. Berilah tanda silang (x) pada huruf a,b,c, d atau e yang dianggap jawaban yang paling tepat.

1. Perhatikanlah Q.S. al-Furqan/25:2 di bawah ini !

    وَخَلَقَ كُلَّ شَيْءٍ فَقَدَّرَهُ تَقْدِيرًا
Makna yang terkandung dalam ayat tersebut diatas adalah bahwa Allah SWT. yang sudah menciptakan segala sesuatu, dan Allah juga yang sudah menentukan.....

a. ukuran-ukurannya
b. panjang pendeknya
c. posisi-posisinya
d. besar kecilnya
e. baik buruknya


2. Akhlak yang diajarkan agama islam dalam memahami Qada' dan Qadar adalah....

a. setiap keburukan kesalahan manusia dan kebaikan adalah anugerah-nya
b. berbuat baiklah, sebagaimana Anda ingin diperlakukan dengan baik
c. keteladanan merupakan kunci keberhasilan pergaulan sesama
d. sibukkanlah mencari kekurangan yang ada dalam diri
e. kesuksesan dunia menentukan kesuksesan akhirat


3. Pernyataan yang termasuk dalam contoh ketentuan dari takdir mubram adalah .....

a. hidup yang benar, beriman atau kafir, sukses atau gagal, sedih atau gembira
b. karier yang bagus, rumah tangga yang sejahtera, anak-anak yang salih
c. kaya dan miskin, cerdas dan bodoh, sehat dan sakit, sejahtera dan sengsara
d. saat kematian datang, kelahiran, jenis kelamin, siapa oragtua kita 
e. harapan serta cita-cita, harta, jabatan, ilham, dan ilmu pengetahuan


4. Tidak semua doa yang dipanjatkan dkabulkan oleh Allah Swt. Pernyataan di bawah ini kemungkinan belum dikabulkannya doa tersebut, kecuali .....

a. saatnya belum tepat
b. sebagai tabungan di akhirat
c. ditangguhkan sampai di akhirat
d. tidak baik hasilnya
e. sebagai hukuman 


5. Perhatikanlah pernyataan berikut ini
     1. Penuh optimis dalam menjalani hidup
     2. Senantiasa berorientasi kepada prestie
     3. Tidak memiliki harga diri dalam bergaul
     4. Pandai memanfaatkan kesempatan dalam hidup
     5. Memiliki etos kerja yang tinggi dalam beraktivitas
     6. Tidak mudah putus asa bila menghadapi kegagalan
Pernyataan diatas yang tidak termasuk hikmah beriman kepada Qada' dan Qadar adalah nomor ......

a. 1,2 dan 4
b. 2,3 dan 5
c. 2,3 dan 4
d. 1,4 dan 6
e. 1,5 dan 6


II. Isilah pertanyaan-pertanyaan di bawah ini dengan jawaban yang singkat dan benar.

a.     Segala sesuatu yang sudah ditetapkan allah swt. Atas manusia mudah ditentukan sejak zaman azali
b.     Ketetapan dan ketentuan allah swt. Atas manusia sudah tertulis di al Qur’an dan hadis
c.      Ketentuan dan ketetapan allah swt. Yang baru merupakan ketetapan belum  terlaksanakan disebut Takdir Mubram
d.     Suatu ketentuan allah swt. Yang akan diberlakukan kepada makhluk-nya, setelah terlahir ke dunia disebut Takdir mua’llaq
e.      Yang dimaksud dengan sunnatullah hukum-hukum Allah Swt
f.       Tanda-Tanda kebesaran allah swt. Yang terhampar di alam raya disebut Qauliyah dan kauniyah
g.     Permohonan atas segala sesuatu yang diinginkan manusia terhadap allah swt. Disebut Do’a
h.     Kematian merupakan contoh dari takdir Mubram



III. Jawablah pertanyaan-pertanyaan di bawah ini dengan singkat dan benar!

1.   Jelaskan hubungan antara takdir,ikhtiar,doa dan tawakal!
         Jawab : hubungan antara,ikhtiar,doa dan tawakal merupakan makna dari beriman    kepada Qada dan Qadar

2.   Sebutkan alasan mengapa manusia diwajibkan ikhtiar!
        Jawab: karena jika manusia ingin memperoleh apa yang di inginkan maka ia harus berusaha bersungguh sungguh dan sepenuh hati untuk memperolehnya

3.   Uraikan mengapa rasulullah saw.dan sahabat utama beliau tidak pernah mempersoalkan takdir!
      Jawab:karena takdir sudah ada yang menentukanya yaitu allah swt.

4.    Sebutkan 5 macam anugrah allah Swt.yang telah di berikan manusia sebagia bekal agar tidak salah dalam menempuh kehidupanya.
Jawab: al-Qur’an dan hadis,rasul rasul-nya,qada dan qadar

5.    Salinlah,terjemahan dan jelaskan kandungan isi dari Q.San Najam/43:39-42?
Jawab: dan bahwa manusia hanya memperoleh apa yang telah diusahakannya,dan sesungguhnya usahanya itu kelak akan diperlihatkan (kepadanya),kemudian akan diberi balasan kepadanya dengan balasan yang paling sempurna
         Isi kandungannya adalah kita sebagai manusia di wajibkan untuk berikhtiar.

6.   Mengapa manusia harus bertawakal
         Jawab: karena segala sesuatu yang kita lakukan dan hasilnya hanya allah Swt yang menentukan.

7.  Jelaskan manfaat berdoa bagi orang beriman !
Jawab:doa memberikan energy dalam menjalani ikhtiar karena allah Swt

8.   Sebutkan fungsi beriman kepada Qada dan Qadar!

Jawab:untuk memperkuat ke imanan kepada allah Swt.

9.   Mengapa tidak semua doa yang dipanjatkan selalu dikabulkan allah Swt.!
Jawab: karena orang yang berdoa tidak bersungguh sunguh maka allah tidak akan mengabulakn doa nya begitu juga sebaliknya bila dalam berdoa bersungguh sungguh maka doa nya akan di kabulkan.

10.   Kapan waktu yang tepat untuk memnajatkan doa pada allah Swt.
Jawab:sesudah sholat

Uji Kompetensi 3.2 Pkn Kelas 7 Halaman 81

Kunci jawaban dari uji kompetensi 3.2 dalam buku Pendidikan Pancasila dan Kewarganegaraan kurikulum 2013 terbitan kemendikbud bab 3 halaman 81. Uji kompetensi ini merupakan uji terakhir bab 3 tentang Perumusan dan Pengersahan UUD Negara Republik Indonesia tahun 1945.

Jika kalian rajin membaca buku, saya yakin kalian bisa mengerjakan soal tersebut dengan mudah karena semua soal sudah ada dalam materi. Akan tetapi, jika kalian sudah menjawab namun masih membutuhkan referensi jawaban, silakan lihat lebih lanjut jawaban dari uji kompetensi tersebut.




Soal

UJI KOMPETENSI 3.2.
Jawablah pertanyaan di bawah ini dengan benar !.
1.      Apa hasil sidang PPKI tanggal 18 Agustus 1945 ?..
2.      Bagaimana Sistematika UUD Tahun 1945 sebelum perubahan ?
3.      Apa hubungan Piagam Jakarta dengan Pembukaan UUD 1945 ?
4.      Bagaimana sistem pemerintahan menurut UUD 1945 hasil sidang PPKI tanggal 18 Agustus 1945 ?


Jawab :

1. Hasil sidang PPKI tanggal 18 Agustus 1945.
a.       Mengesahkan UUD 1945.
b.      Menetapkan Ir. Soekarno sebagai Presiden RI dan Mohammad Hatta sebagai Wakil Presiden RI.
c.       Membentuk Komite Nasional Indonesia Pusat.

2. Sistematika UUD 1945 sebelum dilakukan perubahan, yaitu :
a.       Pembukaan, terdiri dari 4 Alinea.
b.      Batang Tubuh, terdiri dari 16 Bab, 37 Pasal, 4 Pasal aturan Peralihan dan 2 ayat Aturan Tambahan.
c.       Penjelasan, yaitu penjelasan umum dan penjelasan pasal demi pasal.

3. Hubungan Piagam Jakarta dengan Pembukaan UUD 1945 adalah Pembukaan UUD 1945 yang disahkan dan dilakukan perubahan oleh PPKI tanggal 18 Agustus 1945 awalnya merupakan naskah Piagam Jakarta yang telah  disahkan dalam sidang kedua BPUPKI.

4. Sistem Pemerintahan menurut UUD 1945 hasil sidang PPKI tanggal 18 Agustus 1945 adalah sistem Pemerintahan Presidensil.

Uji Kompetensi 3.1 Pkn Bab 2 Kelas 7 Halaman 81

Kunci jawaban dari Uji Kompetensi 3.1 dalam buku Pendidikan Pancasila dan Kewarganegaraan kurikulum 2013 kelas 7 SMP/ MTs terbitan kemendikbud. Para peserta didik diharuskan mengerjakan empat soal dengan benar.

Jika kalian rajin belajar dan membaca materi yang terdapat dalam bab 3 ini, kemungkinan besar kalian bisa mengerjakan dengan mudah. Untuk itu, jika dalam artikel ini terdapat jawaban dari soal tersebut, anggap saja jawaban tersebut hanya sebagai referensi kalian dalam belajar.



Soal

1.      Apa saja tiga panitia kecil yang dibentuk dalam sidang kedua BPUPKI ?
2.      Bagaimana keanggotaan Panitia Perancang UUD ?
3.      Apa hubungan antara Panitia Perancang Undang – Undang Dasar dengan Panitia Kecil Perancang Undang – Undang Dasar ?
4.      Apakah isi materi pembahasan sidang kedua BPUPKI sesuai dengan tanggal sidang ?


Jawab

1. Tiga panitia kecil yang dibentuk dalam sidang kedua BPUPKI, adalah :
a.       Panitia perancang Undang – Undang Dasar, ketuanya Ir. Soekarno.
b.      Panitia perancang Keuangan dan Perekonomian, ketuanya Mohammad Hatta.
c.       Panitia perancang Pembela Tanah Air, ketuanya Abikusno Tjokrosoejoso.

2. Panitia perancang UUD membentuk panitia kecil yang diketuai oleh Soepomo dan panitia penghalus bahasa yang terdiri dari Djajaningrat, Salim dan Soepomo.

3. Hubungannya adalah Panitia Kecil Perancang UUD yang dibentuk oleh Panitia Perancang UUD melakukan pembahasan rancangan batang tubuh UUD dan melaporkan kembali hasil pekerjaannya kepada ketua Panitia Perancang UUD yaitu Ir. Soekarno.

4. Isi materi pembahasan sidang kedua BPUPKI, adalah :
a.       Pada tanggal 11 Juli 1945, membentuk Tiga Panitia Kecil, yaitu Panitia Perancang UUD, Panitia Perancang Keuangan dan Perekonomian, Panitia Perancang Pembelaan Tanah Air.
b.      Tanggal 14 Juli 1945, Panitia Perancang UUD melaporkan hasi pembahasannya.
c.       Tanggal 15 Juli 1945, anggota BPUPKI membahas Rancangan UUD dari hasil Panitia Perancang UUD.
d.      Tanggal 16 Juli 1945, naskah UUD diterima oleh seluruh anggota BPUPKI.

Uji Kompetensi 2.2 Pkn Kelas 7 bab 2 Halaman 61

Kunci jawaban tugas Uji Kompetensi 2.2 dalam buku Pendidikan Pancasila dan Kewarganegaraan kurikulum 2013 kelas 7 SMP/ MTs. Dalam uji kompetensi ini terdapat beberapa soal yang harus dikerjakan dengan baik oleh para peserta didik.

Saya yakin sebagai peserta didik, kalian bisa mengerjakan soal-soal uji kompetensi dengan mudah. Meskipun begitu, jika kalian membutuhkan referensi jawaban, silakan lihat pada artikel ini.



Soal

Uji Kompetensi 2.2

1.      Jelaskan 3 (tiga) manfaat mentaati norma bagi diri sendiri !.
2.      Jelaskan 3 (tiga) akibat pelanggaran terhadap norma bagi masyarakat !.
3.      Apa pengertian keadilan ?.
4.      Apa arti penting hukum dalam mewujudkan keadilan ?
5.      Sebutkan 2 (dua) contoh perilaku sesuai norma dalam kehidupan di sekolah !

Jawab:

1. Tiga manfaat mentaati norma bagi diri sendiri.
a. Bisa terhindar dari perselisihan dengan orang lain
b. BIsa menjalani kehidupan sehari-hari dengan tenang dan aman
c. Terhindar dari perilaku menyimpang

2. Tiga akibat pelanggaran terhadap norma bagi masyarakat.
a. Akan sering terjadi perselisihan di antara individu
b. Kehidupan bermasyarakat menjadi tidak tenang
c. Kemungkinan bisa terjadi permasalahan yang lebih serius misalnya tindak kriminal

3.Keadilan adalah suatu peristiwa di mana sesuatu diletakkan sesuai dengan hak dan kewajibannya.

4. Arti penting hukum dalam mewujudkan keadilan, diantaranya :
a.  Pedoman dalam bertingkah laku.
b.  Menjaga kerukunan anggota masyarakat.
c.  Sistem pengendalian sosial.

5. Dua contoh perilaku sesuai norma dalam kehidupan sekolah.
a. Berperilaku sopan dan berbuat baik kepada sesama warga sekolah, guru, karyawan dan teman-teman
b. Rajin belajar
c. Tidak berisik ketika menerima pelajaran di sekolah, kecuali memang ketika ada forum diskusi

Uji Kompetensi 2.1 Pkn Kelas 7 bab 2 Halaman 61

Kunci jawaban dari uji kompetensi 21 dalam buku pendidikan Pancasila dan Kewarganegaraan kurikulum 2013 kelas 7 SMP/ MTs bab 2 halaman 61. Ada dua uji kompetensi yaitu uji kompetensi 2.1 dan uji kompetensi 2.2.

Saya yakin kalian pasti bisa mengerjakan soal-soal tersebut dengan mudah karena sebagai pelajar kalian pasti rajin membaca buku. Jika itu yang terjadi, anggap saja jawaban yang ada dalam blog ini hanya sebagai tambahan saja.



Soal

Uji Kompetensi 2

Uji Kompetensi 2.1
Jawablah pertanyaan di bawah ini dengan benar !

1.      Apa yang dimaksud dengan norma ?.
2.      Mengapa norma diperlukan dalam masyarakat ?.
3.      Bagaimana proses terbentuknya norma dalam masyarakat ?
4.      Jelaskan 4 (empat) macam norma menurut bidangnya dan berilah masing – masing 2 (dua) contohnya !
5.      Apakah perbedaan sanksi kebiasaan dan adat istiadat ?.


Jawab

1. Norma adalah aturan atau ketentuan yang mnengatur kehidupan warga masyarakat, dipakai sebagai panduan, tatanan dan pengendali tingkah laku.

2. Norma diperlukan dalam kehidupan masyarakat untuk mengatur hubungan di antara individu-individu agar tidak terjadi permasalahan dan keributan.

3. Proses terbentuknya norma. Dalam aktivitas kehidupan manusia terjadi interaksi di antara mereka. Terkadang ada keinginan atau kepentingan yang mungkin saja bisa melanggar hak orang lain. Jika hal tersebut tidak diatur oleh norma kemungkinan besar akan terjadi perselisihan. Untuk itu dibutuhkan aturan bersama agar masing-masing individu menahan diri dari merugikan hak dan kepentingan orang lain.

4. Macam – macam Norma, diantaranya :
a.       Norma Kesusilaan adalah peraturan hidup yang berkenaan dengan bisikan kalbu dan suara hati nurani manusia.

Contoh
1.      Tidak mengambil uang yang jatu di jalan atau di pelbagai tempat
2.      Menolong orang tua yang ingin menyeberang jalan.
3. Memberi uang kepada tetangga yang membutuhkan

b.      Norma Kesopanan, norma yang berhubungan dengan pergaulan manusia dalam kehidupan sehari-hari.
Contohnya :
1.      Berkata sopan kepada kedua orangtua
2.      Bersikap baik kepada sesama manusia


c.       Norma Agama, peraturan hidup manusia yang sumbernya dari wahyu Tuhan
Contohnya :
1. Mematuhi aturan dalam kitab suci
2. Melaksanakan ibadah dengan agama dan keyakinannya
3. Tidak mengganggu agama dan keyakinan orang lain

d.      Norma Hukum, yaitu peraturan hidup yang dibuat oleh badan – badan resmi negara yang bersifat mengatur dan memaksa setiap warga negara.
Contohnya :
1.      Memiliki KIA, KTP atau kartu identitas resmi sebagai warga negara
2.      Mematuhi aturan lalu lintas

5. Perbedaan sanksi kebiasaan dan adat istiadat terletak pada kekuatan sanksinya. Sanksi terhadap pelanggaran kebiasaan tidak sekuat sanksi pelanggaran pada hukum adat.

Selasa, 17 September 2019

Uji Kompetensi Bab 3 PPkn Kelas 9 Halaman 94

Kunci Jawaban Uji kompetensi 3 dalam buku Pendidikan Kewarganegaraan kurikulum 2013 kelas 9 SMP/ MTs halaman 94. Tugas ini merupakan tugas terakhir pada bab 3 yang harus dikerjakan peserta didik dengan benar.

Saya percaya, kalian bisa mengerjakan semua soal di bawah ini dengan benar karena kalian sudah membaca dan memahami bab 3 ini dengan baik. Untuk itu, anggap saja jawaban-jawaban di bawah ini hanya merupakan jawaban tambahan saja.



Soal

Jawablah pertanyaan di bawah ini dengan benar !

1. Apa yang dimaksud dengan kedaulatan
2.Jelaskan sifat-sifat kedaulatan?
3.Apa yang dimaksud dengan teori kedaulatan Tuhan dan teori kedaulatan negara ? siapa saja tokohnya?
4. Bagaimana pembagian kekuasaan menurut Montesquieu?
5. Bagaimana landasan yuridis kedaulatan negara Republik Indonesia
6. Apa yang dimaksud dengan demokrasi Pancasila?
7. Jelaskan kelebihan demokrasi Pancasila dibandingkan dengan demokrasi liberal dan sosialis/komunis
8. Jelaskan asas-asas Pemilu di Indonesia
9. Bandingkan pelaksanaan demokrasi Pancasila pada masa orde baru dan masa reformasi
10.Jelaskan perbedaan sistem parlementer dengan sistem semiparlementer?
11.Apa tugas pokok MPR menurut Undang-Undang Dasar Negara Republik Indonesia Tahun 1945
12. Jelaskan tugas pokok presiden sebagai kepala negara dan kepala pemerintahan
13. Jelaskan fungsi-fungsi DPR !
14. Jelaskan perbedaan tugas pokok Mahkamah Konstitusi dan Mahkamah Agung ?
15. Bagaimana hubungan antara DPR dengan Presiden
16. Bagaimana hubungan antara DPR, MK, Presiden, dan MPR

Jawab

1. Kedaulatan adalah kekuasaan yang tertinggi untuk membuat undang-undang dan melaksanakannya dengan cara yang tersedia.
Kedaulatan menurut Jean Bodin, adalah kekuasaan tertinggi untuk menentukan hukum dalam suatu negara.

2.Sifat-sifat kedaulatan:
a. Asli, artinya kekuasaan tidak berasal dari kekuasaan lain yang lebih tinggi.
b. permanen, artinya kekuasaan itu tetp ada sepanjang negara tetap berdiri walaupun pemerintah sudah berganti;
c. tunggal, artinya kekuasan itu merupakan satu-satunya dalam negara dan tidak dibagikan kepada badan-badan lain; serta
d. tidak terbatas, artinya kekuasaan itu tidak dibatasi oleh kekuasaan lain

3. Teori Kedaulatan Tuhan adalah teori yang mengajarkan bahwa negara dan pemerintah mendapat kekuasaan tertinggi dari TUhan sebagai asal segala sesuatu (causa prima). Menurut teori kedaulatan TUhan, kekuasaan yang berasal dari TUhan ini diberikan kepada tokoh-tokoh negara terpilih, yang secara kodrati ditetapkan-Nya menjadi pemimpin negara dan berperan sekalu wakil TUhan di dunia. Teori ini umumnya dianut oleh raja-raja yang mengaku sebagai keturunan dewa.
Pelopornya antara lain:
- Augustinus (354-430)
- Thomas Aquino (1215 - 1274)
- F Hegel (1770 - 1831)
- F.J. Stahl (1802 - 1861)

Teori kedaulatan negara adalah teori yang menyatakan bahwa kekuasaan tertinggi terletak pada negara. Sumber kedaulatan adalah negara yang merupakan lembaga tertinggi kehidupan suatu bangsa. Kedaulatan timbul bersamaan dengan berdirinya suatu negara.

Peletak teori ini antara lain:
- Jean Bodin
- F Hegel,
- G. Jellinek
- Paul Laband

4. Pembagian kekuasaan menurut Montesquieu dibagi atas tiga kekuasaan:
a. Kekuasaan legislatif, yaitu kekuasaan untuk membuat peraturan perundang-undangan dalam suatu negara.
b. Kekuasaan eksekutif, yaitu kekuasaan untuk melaksanakan peraturan perundang-undangan yang berlaku. Kekuasaan eksekutif sering disebut sebagai kekuasaan menjalankan pemerintahan
d. Kekuasaan yudikatif, yaitu kekuasaan untuk menegakkan peraturan perundang-undangan yang berlaku apabila terjadi pelanggaran. Kekuasan yudikatif sering disebut kekuasaan kehakiman.

5. Landasan yuridis kedaulatan Negara Republik Indonesia adalah :
a. Pembukaan UUD Negara Republik Indonesia Tahun 1945 alinea keempat yaitu..."maka disusunlah Kemerdekiaan kebangsaan Indonesia itu dalam suatu Undang-Undang Dasar Negara Republik Indonesia, yang terbentuk dalam suatu susunan Negara Republik Indonesia yang berkedaulatan rakyat..."

b. Pasal 1 ayat (2) UUD Negara Republik Indonesia tahun 1945, menegaskan "Kedaulatan berada di tangan rakyat dan dilaksanakan menurut Undang-Undang Dasar"

6.Demokrasi Pancasila adalah demokrasi yang dijiwai oleh Nilai-nilai Pancasila sebagai satu kesatuan. Demokrasi yang dijiwai oleh nilai Ketuhanan Yang Maha Esa, kemanusiaan yang adil dan berada, persatuan Indonesia, kerakyatan yang dipimpin oleh hikmat kebijaksanaan dalam permusyawaratan/ perwakilan, dan keadilan sosial bagi seluruh rakyat Indonesia.

7.Kelebihan Demokrasi Pancasila dibandingkan dengan demokrasi liberal dan demokrasi sosialis
a. Demokrasi Pancasila mengutamakan kepentingan bangsa dan negara di atas kepentingan pribadi atau golongan dan mengakui hak milik perorangan
b. Keputusan diambil dengam musyawarah mufakat
c. Agama merupakan bagian tidak terpisahkan dari kehidupan bernegara
d. TIdak dikenalnya diktator mayoritas dan tirani minoritas

8.Asas-asas pemilu :

a. Langsung
Mengandung arti bahwa rakyat sebagai pemilih memiliki hak untuk memberikan suaranya secara langsung sesuai dengan kehendak hati nurani tanpa perantara
b. Umum
Mengandung arti bahwa semua warga negara yang telah memenuhi syarat sesuai dengan peraturan perundang-undangan berhak mengikuti pemilu.
c. Bebas
memiliki makna bahwa semua warga negara yang telah memiliki hak memilih dalam pemilu memiliki kebebasan untuk menentukan pilihannya tanpa tekanan dan paksaan dari siapapun.
d. Rahasia
memberikan jaminan bahwa para pemilih yang melaksanakan haknya dijamin pilihannya tidak akan diketahui oleh siapapun dengan jalan apapun
e. Jujur
mengandung arti bahwa penyelenggara pemilu, aparat pemerintah, peserta pemilu, pengawas pemilu, pemantau pemilu, pemilih serra semua pihak yang terkait harus bersikap dan bertindak jujur sesuai dengan peraturan perundang-undangan.

9. Pelaksanaan demokrasi pancasila pada masa orde baru, pada masa orde baru terdapat beberapa hal yang mampu dibandingkan dengan masa reformasi diantaranya yaitu :

  • Pelaksanaan pemilu pada masa orde baru yang tidak demokratis, terjadi kecurangan pada pemilu saat itu. Dibatasinya pula partai politik pada masa orde baru yang hanya dibolehkan 3 partai politik saja.
  • Merajalelanya korupsi, kolusi dan nepotisme atau yang biasa disebut dengan (KKN)
  • Pemusatan kekuasaan berada pada tangan presiden
  • Dalam pendidikan banyak mengukir suatu prestasi dari berbagai program, hal ini mempengaruhi perkembangan pendidikan di Indonesia yang pada saat itu masih terbatas.

Sedangkan demokrasi pancasila pada masa reformasi yaitu :

  • Pemerintah pada mas reformasi tidak memiliki kebijakan dalam sistem pemerintahannya. Hanya mengikuti berdasarkan partai politik yang saat itu berjalan.
  • Dalam pendidikan, fasilitas terbuka untuk semua kalangan tidak ada batasan dalam menempuh pendidikan.
  • Pelaksanaan pemliku yang awal mula munculannya berbagai partai politik dengan perbedaan latar belakang yang dailihat dari segi golongan maupun ideologi.
10. Perbedaan sistem Parlementer dengan sistem semi Parlementer adalah :


Parlementer = Kepala Negaranya adalah seorang Raja atau Ratu, Perdana Menteri sebagai Kepala Pemerintahan, serta antara lembaga legislatif dan eksekutif menjadi satu.
Semi Parlementer = Kepala Negaranya adalah Presiden, Perdana Menteri sebagai Kepala Pemerintahan, serta antara lembaga legislatif dan eksekutif menjadi satu.

11. Tugas MPR menurut UUD 1945 terutama dalam Pasal 3 UUD 1945, adalah :

  • Mengubah dan menetapkan UUD.  
  • Melantik Presiden dan/atau Wakil Presiden.  
  • Memberhentikan Presiden dan/atau Wakil Presiden dalam masa jabatannya apabila terbukti melanggar UUD 1945 atau UU.  


12. Tugas PRESIDEN sebagai KEPALA NEGARA sesuai dengan yang ditetapkan oleh UUD 1945 adalah:

  • Presiden memegang kekuasaan paling tinggi atas Angkatan Laut, Agkatan Udara dan juga Agkatan Darat. Hal ini sesuai dengan yang termaktub di dalam pasal 10 UUD 1945.
  • Presiden bertugas mengangkat duta dan juga konsul. Ini termaktub dalam pasal 13 ayat (1) UUD 1945.
  • Presiden bertugas menerima penempatan duta yang berasal dari Negara lain dengan tetap memperhatikan pertimbangan dari DPR. Hal ini termaktub dalam pasal 13 ayat (3) UUD 1945.
  •  Presiden atas nama Negara menjamin kemerdekaan setiap penduduk dalam memeluk agamanya serta dalam beribadat menurut agamanya masing masing. Hal ini disebutkan dalam pasal 29 ayat (2) UUD 1945.
  • Presiden atas nama Negara mengutamakan anggaran pendidikan minimal 20% dari APBN dan APBD untuk memenuhi kebutuhan dalam penyelenggaraan pendidikan nasional.
  • Presiden atas nama Negara memanjukan kebudayaan nasional di tengah peradaban dunia dengan memberi jaminan kebebasan pada masyarakat dalam memelihara serta mengembangkan nilai nilai budaya. Hal ini termaktub dalam pasal 32 ayat (1) UUD 1945.
  • Presiden atas nama Negara menghormati serta memelihara bahasa daerah sebagai salah satu kekayaan budaya nasional. Hal ini termaktub di dalam pasal 32 ayat (2) UUD 1945.
  • Presiden atas nama Negara bertugas memelihara fakir miskin dan anak anak terlantar. Hal ini termaktub di dalam pasal 34 ayat (1) UUD 1945.
  • Presiden atas nama negra mengembangkan sistem jaminan sosial untuk seluruh rakyat serta memberdayakan masyarakat utamanya yang lemah dan tak mampu dengan berdasar pada martabat kemanusiaan. Hal ini termaktub di dalam pasal 34 ayat (2) UUD 1945.
  • Presiden atas nama Negara bertanggungjawab terhadap penyediaan fasilitas pelayanan kesehatan serta pelayan umum yang layak. Hal ini termaktub dalam pasal 34 ayat (3).



Tugas PRESIDEN sebagai KEPALA PEMERINTAHAN sesuai dengan yang ditetapkan oleh UUD 1945 adalah:
  • Presiden Indonesia memegang kekuasaan pemerintahan berdasarkan UUD 1945. Ini termaktub dalam pasal 4 ayat (1).
  • Presiden bertugas menetapkan peraturan pemerintah dalam menjalankan undang undang sebagaimana mestinya. Hal ini termaktub dalam pasal 5 ayat (2).
  • Presiden bertugas mengangkat dan memberhentikan menteri menteri. Hal ini termaktub di dalam pasal 17 ayat (2).
  • Hubungan wewenang di antara pemerintah pusat dan daerah provinsi, kabupaten dan kota atau  provinsi & kabupaten & kota diatur dengan UU dengan memperhatikan keragaman dan kekhususan suatu daerah. Ini termaktub dalam pasal 18B ayat (1).
  • Hubungan keuangan, pemanfaatan SDA dan sumber daya lain, serta pelayanan umum antara pemerintah pusat dan daerah diatur serta dilaksanakan secara adil & selaras dengan berdasar pada undang undang. Ini termaktub dalam pasal 18B ayat (2).
  • Presiden mengesahkan RUU yang telah disetujui bersama agar menjadi Undang Undang. Ini sesuai dengan pasal 20 ayat (4).
  • RUU APBN diajukan presiden untuk dibahas bersama dengan DPR dengan memperhatikan pertimbangan dari DPRD. Ini sesuai dengan pasal 23 ayat (2).
  • Presiden melantik/meresmikan Anggota BPK yang dipilih oleh DPR dengan memperhatikan pertimbangan dari DPR. Hal ini sesuai dengan apa yang disebutkan dalam pasal 23F ayat (1).
  • Presiden menetapkan hakim agung yang diusulkan oleh Komisi Yudisial kepada DPR untuk disetujui.
  •  Presiden mengangkan dan memberhentikan anggota Yudisial dengan persetujuan dari DPR.
  • Presiden menetapkan Sembilan anggota hakim MK yang diajukan oleh MA, DPR dan Presiden.
  • Presiden bertugas memberi perlindungan, penegakan serta pemenuhan HAM.
  • Presiden atas nama pemerintah wajib mengikutkan dan membiayai setiap warga Negara dalam program pendidikan dasar.
  • Presiden atas nama pemerintah mengusahakan serta menyelenggarakan suatu sistem pendidikan nasional dalam rangka mencerdaskan bangsa sesuai dengan UU.
  • Presiden atas nama pemerintah memajukan IPTEK dengan menjunjung tinggi nilai nilai agama serta persatuan bangsa.

13. Fungsi DPR :
  • Fungsi Legislasi. Fungsi legislasi adalah fungsi DPR dalam menetapkan undang-undang dengan persetujuan Presiden.
  • Fungsi Anggaran. Fungsi anggaran adalah fungsi DPR dalam menyusun dan menetapkan APBN melalui undang-undang.
  • Fungsi Pengawasan. Fungsi pengawasan adalah fungsi DPR dalam mengawasi pelaksanaan pemerintahan oleh Presiden.
14. MA

1.mengadili pada tingkat kasasi
2.menguji peraturan perundang-undangan di bawah undang-undang terhadap undang-undang
3.mempunyai kewenangan lain yang diberikan undang-undang
(Pasal 24A ayat [1] UUD 1945)

MK
1. mengadili pada tingkat pertama dan terakhir yang putusannya bersifat final untuk menguji undang-undang terhadap Undang-Undang Dasar
2. memutus sengketa kewenangan lembaga negara yang kewenangannya diberikan oleh UUD
3. memutus pembubaran partai politik
4. memutus perselisihan tentang hasil pemilihan umum
(Pasal 24C ayat [1] UUD 1945)

15. Hubungan DPR dengan Presiden adalah DPR dengan Presiden memiliki hubungan dalam rangka menjalankan hak legislasi, dimana DPR bersama dengan Presiden bersama-sama melakukan pembentukan, pembahasan, pengubahan, serta penyempurnaan Rancangan Undang-Undang yang nantinya dapat menjadi Undang-Undang Dasar.

16. Hubungan DPR dengan Presiden, DPD,MPR, dan MK terlibat dalam hubungan tata kerja, antara lain :
1) Menetapkan undang-undang kekuasaan DPR untuk membentuk UU harus dengan persetujuan presiden, termasuk UU anggaran dan pendapatan negara (APBN), DPD juga berwenang ikut mengusulkan, membahas dan mengawasi pelaksanaan UU yang berkaitan dengan otonomi daerah.

2) pemberhentian presiden. DPR memiliki fungsi mengawasi presiden dalam menjalankan pemerintahan. Apabila DPR berpendapat bahwa presiden melanggar UUD NRI tahun 1945, DPR dapat mengajukan usul pemberhentian presiden kepada MPR.

Senin, 16 September 2019

Tugas Mandiri 2.3 Pkn Kelas 12 SMA Halaman 52 - 55

Kunci jawaban dari tugas mandiri 2.3 dalam buku Pendidikan Pancasila dan Kewarganegaraan kurikulum 2013 terbitan kemendikbud halaman 52. Dalam tugas mandiri ini, peserta didik diminta menganalisis dua contoh kasus pelanggaran hukum.

Saya yakin seratus persen kalian pasti bisa mengerjakan soal tersebut karena kalian adalah anak-anak sekolah yang rajin belajar baik di rumah apalagi di sekolah. Untuk itu, jawaban di bawah ini anggaplah hanya sebagai pelengkap jawaban kalian.



Soal

Tugas Mandiri 2.3
Analisislah dua contoh kasus pelanggaran hukum di bawah ini. Untuk memudahkan Anda dalam menganalisis, diskusikanlah bersam teman sebangku, tetapi laporannya dibuat secara individual

Kasus 1 Konsultan Bangkrut Cetak Uang Palsu
Kasus 2 Berniat jual ganja, ABK diringkus Polisi di Penjaringan

Dari dua kasus di atas, lakukan analisis yang berkaitan dengan hal-hal sebagai berikut.
a. Faktor penyebab terjadinya dua kasus tersebut.
b. Jenis pelanggaran hukum yang dilakukan
c. Ketentuan perundang-undangan yang dilanggar
d. Sanksi yang kemunkinan akan diterima pelaku
e. Solusi untuk mencegah terulangnya kasus tersebut.

Jawab :

Jawaban ada dalam video di bawah ini

 


 

atau silakan baca tulisan di bawah ini

Pembahasan
1. Faktor penyebab terjadinya dua kasus tersebut adalah karena faktor himpitan ekonomi.

2. Jenis pelanggaran hukum yang dilakukan adalah tindak pidana pemalsuan uang rupiah dan tindak pidana kepemilikan dan penyalahgunan narkoba.

3. Untuk pemalsuan uang, ketentuan perundang-undangan yang dilanggar adalah : 

UU. No 7 Th 2011 Tentang Mata Uang.
Pasal 36 ayat (1), (2), dan (3) junto Pasal KUHP tentang Perbuatan Tindak Pidana yang Berkelanjutan.
        Untuk penyalahgunaan narkoba, ketentuan perundang-undangan yang dilanggar adalah UU RI No. 35 Th 2009 dan Pasal 114 tentang Pengedaran Narkoba.

4. Sanksi yang kemungkinan akan diterima pelaku pemalsu uang adalah penjara maksimal 10 tahun dan denda maksimal 10 milyar, dan untuk pengedar/pengguna uang palsu maksimal 15 tahun penjara dan denda maksimal 50 milyar.

        Sanksi yang kemungkinan akan diterima pelaku pengedar narkoba adalah penjara minimal 5 tahun maksimal 20 tahun, atau bisa juga dijerat dengan hukuman mati. 

5. Solusi untuk mencegah terulangnya kasus tersebut adalah dengan meningkatkan taraf kesejahteraan masyarakatnya, meningkatkan kualitas pendidikan, serta meminimalisir kesenjangan masyarakat, sehingga setiap masyarakat Indonesia dapat lebih mudah untuk menjauhi dan menghindari kasus di atas.

Uji Kompetensi Bab 2 PKn Kelas 12 SMA Halaman 68

Kunci jawaban uji kompetensi bab 2 dalam buku Pendidikan Pancasila dan Kewarganegaraan kurikulum 2013 terbitan kemendikbud halaman 68. Ini merupakan uji kompetensi yang berisi enam soal yang berkaitan dengan bab 2 Pkn kelas 12.

Saya yakin kalian bisa mengerjakan soal tersebut dengan mudah. Jika itu yang terjadi, anggap saja, jawaban dalam blog ini hanya sebagai pelengkap jawaban kalian.



Soal 

Uji Kompetensi Bab 2

1. Apa yang dimaksud dengan perlindungan dan penegakan hukum?
2. Mengapa perlindungan hukum tidak akan terwujud apabila penegakan hukum tidak dilaksanakan?
3. Mengapa perlindungan dan penegakan hukum mutlak harus dilakukan dalam sebuah negara demokrasi?
4. Bedakan peran polisi, jaksa, hakim dan advokat serta KPK dalam proses penegakan hukum di Indonesia!
5. Mengapa terjadi pelanggaran hukum?
6. Deskripsikan contoh-contoh perilaku yang menunjukkan ketidakpatuhan terhadap hukum di lingkungan keluarga, sekolah, masyarakat dan sekolah

Jawab:

 

Jawaban ada dalam video di bawah ini


 

atau silakan baca artikel di bawah ini:

1. Perlindungan Hukum dimaknai sebagai daya upaya yang dilakukan secara sadar oleh setiap orang maupun lembaga pemerintaha dna swasta yang bertujuan mengusahakan pengamanan, penguasaan dan pemenuhan kesejahteraan hidup sesuai dengan hak-hak asasi yang ada.

Penegakan hukum adalah proses pemungsian norma-norma hukum secara nyata sebagai pedoman perilaku atau hubungan–hubungan hukum dalam kehidupan bermasyarakat, berbangsa dan bernegara.

2. Karena kedua hal tersebut saling berhubungan erat. Penegakan hukum berfungsi untuk melindungi masyarakat dari kejahatan orang lain. Jika orang yang melanggar hukum tidak ditindak, akan terjadi kesewenang-wenangan yang mengakibatkan kesengasaraan masyarakat.

3. Penegakan hukum harus dilakukan dengan adil di negara demokrasi karena rakyat membutuhkan jaminan keamanan saat menyuarakan kebebasan berpendapat, saat melakukan kebebasan bertindak dan saat melaksanakan ajaran agama mereka. Apabila hukum tidak ditegakkan ada kemungkinan akan terjadi tindak kesewenang-wenangan dari pemerintah. Begitupun sebaliknya, masyarakat tidak serta merta menyuarakan kebebasan tanpa ada batasan.


4. Polisi ; menyelidiki menangkap tersangka
hakim : orang yang memberikan keputusan setalah mengadakan pemeriksaan di pengadilan
jaksa orang yang mengajukan perkara berupa tuduhan serta tuntutan hukuman

advokat sama dengan pengacara yaitu orang yang memberi nasehat membela mewakili orang yang menjadi kliennya.

5. Alasan mengapa terjadi pelanggaran hukum adalah
a. Karena hukum tidak ditegakkan sebagaimana mestinya. Masih terjadi penyimpangan-penyimpangan yang dilakukan oleh penegak hukum maupun masyarakat.
b. Masih banyak masyarakat yang belum menerima informasi dengan baik perihal hukum yang berlaku di Indonesia.
c. Kurangnya kesadaran masyarakat terhadap ketertiban hukum


6. Contoh perilaku yang menunjukkan ketidakkepatuhan hidup di berbagai lingkungan:
Lingkungan keluarga :
a. Tidak mematuhi nasihat, perintah dan petuah orang tua
b. Membuat kegaduhan di rumah
c. Tidak mau membersihkan lingkungan rumah
d. Berbicara dengan nada kasar kepada orang tua
e. Berbuat jahil terhadap adik atau kakak.
f. Nonton tv sampai larut malam
g, ibadah tidak tepat waktu

Lingkungan sekolah:
a. Melanggar tata tertib/ aturan di sekolah
b. Berbicara sendiri ketika sedang diterangkan guru di dalam kelas
c. Melakukan perundungan kepada sesama warga sekolah
d. Tidak mengikuti kegiatan upacara bendera
e. bolos pelajaran sekolah
g. berpakaian tidak sesuai ketentuan sekolah

Lingkungan masyarakat
a. Menjadi pengedar narkoba
b. Bernyanyi-nyanyi di perempatan jalan
c. Membunyikan suara musik dengan sangat keras
d. Dengan sengaja melanggar norma
e. Dengan sengaja melanggar aturan lalu lintas.
f. buang sampah sembarangan
g. berjudi

Lingkungan bangsa dan negara
a. tidak memiliki KTP
b. meneror masyarakat dengan bom
c. merusak fasilitas negara
d. merampok
e. mencuri

Jumat, 13 September 2019

Tugas 1 Membaca Teks Prosedur Berikut Mematikan Komputer dengan Benar

Kunci Jawaban dari tugas 1 dalam buku Bahasa Indonesia kurikulum 2013 Kelas 7 SMP/ MTs halaman 90 bab 3. Tugas ini mengharuskan para siswa untuk mengerjakan soal yang masih berkaitan dengan teks prosedur.

Tentu saja, saya percaya kalian bisa mengerjakan soal-soal tersebut dengan mudah karena kalian adalah pelajar yang rajin dan peserta didik yang selalu memperhatikan pelajaran. Untuk itu, anggap saja soal dan jawaban di bawah ini hanya sebagai pelengkap atau materi tambahan belajar kalian.



Soal


a. Apakah teks tersebut dapat dikelompokkan sebagai teks prosedur?
b. Tunjukkan bukti dari segi isi dan tujuannya bahwa teks tersebut merupakan teks prosedur!
c. Tunjukkan kalimat/kata mana yang menunjukkan ciri teks deskriptif!
d. Tunjukkan bukti dan alasan dari jawaban yang kamu kemukakan !


Jawab

a. Teks tersebut dapat dikelompokkan sebagai teks prosedur karena teks tersebut memberikan petunjuk cara melakukan sesuatu, yaitu cara mematikan komputer dengan benar.

b. -Pada teks Mematikan Komputer dengan Benar  termasuk dalam teks prosedur dari segi isi, karena

1) terdapat panduan langkah-langkah yang harus dilakukan

2) terdapat aturan atau batasan dalam hal bahan/ kegiatan dalam melakukan kegiatan

contoh: Pilih Shutdown dan tunggu beberapa saat hingga komputer Anda benar-benar mati

3) isi kegiatan yang dilakukan secara urut.


- Pada teks Mematikan Komputer dengan Benar termasuk teks prosedur dari segi tujuan karena bagian awal dipaparkan tujuan dari teks tersebut, yaitu mematikan komputer secara benar sehingga tidak cepat rusak dan berdampak negatif.


c. Kalimat yang menunjukkan ciri teks deskriptif:

Klik menu Start (XP)/ Logo Windows (7) di pojok kiri bawah.

Pilih Shutdown dan tunggu beberapa saat hingga komputer Anda benar-benar mati.

Setelah komputer benar-benar mati, kemudian tekan tombol pada monitor dan speaker, stabilizer dan perangkat komputer lainnya.

d. Sebagian besar kalimat yang terdapat dalam teks prosedur merupakan teks deskriptif karena menggambarkan dan menjelaskan secara terperinci.

Tugas 2