Senin, 22 Juli 2019

Kegiatan 2.3 Perhatikan Iklan Berikut Kemudian Jawablah Soal-soal di Bawahnya

Soal dan jawaban dari pertanyaan dalam buku pelajaran Bahasa Indonesia Kurikulum Kelas 8 SMP/ MTs halaman 34 - 35. Peserta didik diminta untuk mengerjakan soal yang masih berkaitan dengan tema yaitu iklan.

Agar lebih jelas, silakan perhatikan soal dan jawaban di bawah ini.




Kegiatan 2.3
A. Perhatikanlah iklan berikut. Kemudian, jawablah soal-soal di bawahnya secara berdiskusi
a. Hal apakah yang ditawarkan dalam iklan itu
b. SIapakah pihak yang mengiklankan/ menawarkan jasa tersebut ?
c. Pesan apa yang terdapat dalam iklan tersebut ?
d. DI manakah iklan seperti itu biasanya dipasang
e. Bagaimana bentuk respons yang diharapkan dari khalayak dengan pemasang iklan tersebut

Jawab:
A.
a. Hal yang ditawarkan dalam iklan tersebut adalah layanan kesehatan untuk ibu dan balita

b. Pihak yang mengiklankan adalah Kementerian Kesehatan

c. Pesan yang terdapat dalam iklan tersebut adalah  ajakan untuk ibu dan balita agar datang ke posyandu secara rutin agar keduanya selalu sehat.

d. Iklan tersebut biasa dipasang di tempat-tempat umum yang sering dilihat dan ditangi oleh masyarakat misalnya kecamatan, puskesmas, rumah sakit, kelurahan, balai desa dan sebagainya

e. Respon yang diharapkan pemasang iklan terhadap masyarakat adalah agar ibu-ibu yang memiliki balita agar senantiasa hadir untuk mengikuti posyandu karena pelayanan balita sangat penting bagi perkembangan balita ke depan.





Sabtu, 20 Juli 2019

Kegiatan 3: Membuat Ungkapan Meyakinkan Berdasarkan Etika, Emosi, dan Logika

Soal dan Jawaban dari Kegiatan 2: Membuat Ungkapan Meyakinkan Berdasarkan Etika, Emosi dan Logika. Kegiatan ini terdapat dalam buku Bahasa Indonesia kurikulum 2013 kelas 9 Bab 2 halaman 38. Peserta didik diminta untuk membuat beberapa kalimat atau ungkapan persuasif

Lebih jelas, silakan perhatikan dengan seksama soal dan jawaban di bawah ini



Soal:

Buatlah ungkapan dengan tujuan meyakinkan orang untuk menanam pohon !

Etika:
Emosi:
Logika:

Jawab:

Jawaban ada dalam video di bawah ini


 

atau silakan baca tulisan di bawah ini:

Etika: Masyarakat kita pada dasarnya mulai menyadari bahwa kearifan lokal yang kita miliki sangat mementingkan keselarasan kehidupan sesama penghuni alam semesta ini baik manusia, hewan dan tumbuh-tumbuhan. Simaklah bagaimana tradisi kita mengajarkan penghormatan kita terhadap pepohonan yang seringkali kita sebut melanggar akidah keagamaan. Padahal apabila kita niatkan semata-mata untuk menghargai alam, semua itu sah-sah saja. Memberikan sesaji di beberapa pohon besar, bukan karena kita ingin menyembah pohon tersebut, melainkan karena kita menyadari bahwa pepohonan yang berusia tua tersebut telah banyak memberikan manfaat berupa hawa sejuk, sumber mata air dan keindahan alam. Selaras dengan itu, agar semakin banyak manfaat, perbanyaklah menanam pohon.

Emosi: Kita juga menyadari bahwa akhir-akhir ini kita merasakan kualitas kehidupan dan keseimbangan alam kita mulai banyak berubah dibanding beberapa tahun silam. Kita sudah jarang mendengar suara burung-burung prenjak di pepohonan setiap pagi. Kita juga jarang mendengar suara semilir daun-daun yang bergerak ditiup angin. Kedamaian-kedamaian seperti itu perlahan-lahan mulai hilang dari kehidupan kita sehari-hari, padahal kita tinggal di desa. Menghadirkan kedamaian tersebut di sekitar kita, menjadi tugas wajib agar anak cucu kita kelak juga akan merasakan keseimbangan alam yang menghadirkan rasa damai dalam jiwa. Mengingat tumbuhnya pepohonan membutuhkan waktu bertahun-tahun, kita harus secepatnya melakukan penanaman pohon secara bersama-sama dan dalam jumlah yang besar sebagai warisan bagi anak cucu kita kelak.

Logika: Secara ilmiah, keberadaan tumbuhan di sekitar kita memberikan dampak bagi terciptanya keseimbangan alam. Keberadaan pepohonan yang tumbuh menghijau akan menghasilkan oksigen melimpah bagi umat manusia. Selain itu, akan banyak sekali hewan-hewan seperti burung yang akan hinggap dan membuat sarang di pepohonan. Semua itu akan meningkatkan kualitas hidup manusia.

Kegiatan 2 Mengidentifikasi Cara-Cara Memersuasi, Tentukan Mana Contoh Cara Persuasi

Soal dan jawaban dari Kegiatan 2: Mengidentifikasi Cara-Cara memersuasi. Kegiatan ini terdapat dalam buku Bahasa Indonesia kurikulum 2013 kelas 9 terbitan kemendikbud Bab 2 halaman 37. Peserta didik diminta untuk menentukan jenis persuasi.

Agar lebih jelas, silakan perhatikan soal dan jawaban di bawah ini !



Soal:

Tentukan mana contoh cara persuasi berdasarkan etika, emosi, dan logika ?

Jawab: 

Jawaban ada dalam video di bawah ini




atau silakan baca artikel di bawah ini

"Coba pikirkan jutaan hewan yang kehilangan rumahnya setiap hari akibat pohon yang diterbang. Jika daur ulang berkelanjutan, kita dapat menyelamatkan banyak hutan yang indah."
1: Etika

"Kita paham bahwa cadangan sumber daya alami kita terbatas. Kita dapat memperpanjang cadangan kita dengan daur ulang.
2: Logika
"Daur ulang adalah hal yang benar kita lakukan. Memubazirkan sumber daya kita yang terbatas sama dengan mencuri hak anak cucu kita di masa depan, ini tidak bermoral.
3: Emosi

Jumat, 19 Juli 2019

Kegiatan 2.2. Jelaskan Makna Slogan-slogan berikut, ditujukan Kepada Siapa

Soal dan jawaban dari pertanyaan nomor 2 kegiatan 2.2 dalam buku pelajaran Bahasa Indonesia Kurikulum 2013 Kelas 8 SMP/ MTs halaman 33. Peserta didik diminta untuk menjelaskan slogan-slogan yang terdapat dalam tabel dan ditujukan pe3ada siapa slogan tersebut.

Lebih lengkap, silakan perhatikan dengan seksama soal dan jawaban di bawah ini !



Soal:

2. Jelaskan makna slogan-slogan berikut ! Ditujukan kepada siapakah slogan-slogan tersebut ?

Jawab:

a. Buku Adalah jendela ilmu pengetahuan.
Makna: Buku memiliki banyak manfaat karena di dalamnya terdapat ilmu pengetahuan yang bermanfaat bagi si pembaca.
Pihak Tertuju: Peserta didik dan masyarakat umum

b. Mulutmu adalah harimaumu
Makna: sebuah peringatan terhadap masyarakat umum agar berhati-hati ketika berbicara agar tidak menyinggung perasaan orang lain dan menimbulkan permasalahan di kemudian hari
Pihak tertuju: Masyarakat umum

c. Sorga ada di telapak kaki Ibu
Makna: Menggambarkan kemuliaan seorang ibu bagi umat manusia. Untuk itu wajib bagi kita agar terus berdarma bakti kepada ibu tanpa pamrih.
Pihak tertuju: Khalayak umum

d. Bersatu kita teguh, Bercerai kita runtuh
Makna: Untuk menggapai tujuan bersama, kita harus bersatu dengan mereka yang bertujuan sama. Bersatu dalam sebuah keluarga, bersatu dalam masyarakat, dan bersatu dalam bingkai NKRI
Pihak tertuju: khalayak

e. Pembeli adalah raja.
Makna: Agar pembeli nyaman berbelanja, pedagang harus memperlakukan pembeli sebagai sosok yang sangat penting dan senantiasa menghormatinya.
Pihak tertuju: pembeli dan penjual.

Kegiatan 2.2 Bahasa Indonesia Kelas 8 Halaman 32, Perhatikanlah Iklan-Iklan

Soal dan Jawaban dari pertanyaan pada kegiatan 2.2 dalam buku Bahasa Indonesia Kurikulum 2013 Kelas 8 SMP/ MTs kelas 8. Peserta didik diminta untuk menjawab soal yang masih berkaitan dengan iklan. Soal tersebut terdapat dalam tabel.

Agar lebih jelas, silakan simak soal dan jawaban tersebut di bawah ini.



Soal:

Kegiatan 2.2.
A. 1. Perhatikanlah iklan-iklan di bawah ini !
2. Secara berdiskusi, jelaskanlah jenis produk yang ditawarkan dalam iklan-iklan berikut ! Apakah kamu tertarik dengan iklan-iklan tersebut.

2. Jelaskan makna slogan-slogan berikut! Ditujukan kepada siapakah slogan-slogan tersebut ?


Jawab:

1. 
Bentuk iklan: Membayar Pajak bukti Cinta Tanah Air
Jenis produk: Non komersil
Ketertarikan:  Saya kurang tertarik melihat iklan membayar pajak tersebut karena berbagai hal :
1. Kata-kata. Pada iklan tersebut, pemilihan kata-katanya mungkin cukup bagus, namun kurang cukup untuk mengajak orang makin rajin membayar pajak.
2. Jenis font yang digunakan kurang bagus.
3. Gambar. Antara gambar dengan tulisan terkesan tidak saling berkaitan

Bentuk Iklan: Barang Antar Sampai Tujuan
Jenis produk: Komersial
Ketertarikan: Secara umum, iklan tersebut cukup menarik. Kata-kata yang dipilih akan mampu menggerakkan orang untuk mengirim paket menggunakan layanan tersebut.

2. Jawaban dari Soal nomor 2, silakan klik, makna slogan slogan berikut

Kegiatan 2.1 Jawablah Apa yang Dimaksud dengan Iklan ?

Soal dan jawaban dari kegiatan 2.1 dalam buku Bahasa Indonesia Kurikulum 2013 Kelas 8 SMP/ MTs halaman 30. Peserta didik diminta untuk mengerjakan soal yang berkaitan dengan iklan, slogan dan poster.

Agar lebih jelas, silakan perhatikan soal dan jawabannya di bawah ini.



Soal: 

Kegiatan 2.1

A. Jawablah
1. Apa yang dimaksud dengan iklan ?
2. Apa fungsi iklan
3. Di mana saja iklan itu bisa kamu temukan ?
4. Bagaimana fungsi iklan bagi pemerintah dan perusahaan
5. Apa persamaan iklan, slogan, dengan poster

Jawab:

A.
1. - Iklan adalah pemberitahuan yang bertujuan mendorong atau membujuk khalayak.
    - Iklan adalah teks yang mendorong, membujuk khalayak agar tertarik pada barang dan jasa yang ditawarkan
- Iklan adalah pemberitahuan kepada khalayak mengenai suatu barang dan jasa.

2. Fungsi iklan dibagi berdasarkan kepentingannya.
a. Bagi perusahaan bisnis komersial, untuk menjual barang dan jasa
b. Bagi dunia perkantoran, untuk mendapatkan karyawan.
c. Bagi pemerintah, untuk menyebarkan informasi dan memberikan layanan kepada masyarakat.
d, Bagi orang perorangan, untuk membeli dan menjual barang-barang pribadi.

Secara umum yakni sebagai kebutuhan untuk mengomunikasikan pesan, baik yang bersifat personal. sosial maupun pribadi.

3. Iklan bisa ditemukan dalam berbagai tempat dan berbagai media.
a. Di tempat umum yang diperbolehkan
b. di media elektronik: televisi, radio
c. media cetak
d. internet: di website, sosial media dll

4. a. Fungsi iklan bagi pemerintah: mengampanyekan program-program pemerintah agar bisa dimengerti dan kemudian dilaksanakan oleh khalayak
b. Fungsi iklan bagi perusahaan, mempromosikan produk-produknya agar dibeli khalayak

5. Persamaan iklan, slogan, dan poster antara lain
a. Memiliki tujuan yang sama yaitu untuk mengajak khalayak bertindak
b. Menggunakan kata-kata  untuk menyampaikan maksud dan tujuan
c. Menekankan pada efektivitas dan kekuatan kata-kata.

Kamis, 18 Juli 2019

Berdasarkan Penjelasan Tersebut Berikan Komentar untuk Pengelompokan Cerita Fantasi Berikut

Soal dan jawaban dari pertanyaan dalam buku Bahasa Indonesia Kelas 7 SMP/ MTS terbitan kurikulum 2013 pada halaman 53. Peserta didik diminta untuk menjelaskan mengapa ada teks yang berisi cerita fantasi dan ada juga teks yang sebagian berisi cerita fantasi.




Soal:


TeksKategoriAlasan
Ringkasan cerita fantasi 1Cerita fantasi total......
Ringkasan cerita fantasi 2Cerita fantasi irisan.....


Jawab:

TeksKategoriAlasan/ bukti
Ringkasan cerita fantasi 1Cerita fantasi totalSebagaimana yang kita ketahui bersama, dalam dunia nyata kita tidak akan pernah melihat dan mendengar hewan berbicara bahkan merencanakan peperangan. Akan tetapi dalam kisah Nataga tersebut, komodo digambarkan berperang melawan sekawanan serigala. Salah satu buktinya adalah pernyataan Serigala, " Hai ! tidak ada gunanya kalian melempar bola api kepada kami!"
Ringkasan cerita fantasi 2Cerita fantasi irisanPada cerita fantasi 2 tidak semua bersifat fantasi atau khayal, sebagian merupakan hal yang sangat mungkin bisa terjadi di dunia nyata. Contoh kalimat yang menunjukkan fantasi,"....Saarce si Putri Belanda yang dapat mengubah dirinya menjadi burung kenari. Sementara salah satu contoh kalimat yang bukan fantasi adalah, Nono si Anak Rembulan, berangkat sendiri berlibur ke Wlingi, tempat tinggal Mbah Sastro.

Rabu, 17 Juli 2019

Bacalah Kembali Ringkasan Isi Cerita Fantasi di Atas dan Isilah Kembali Tabel Berikut !

Soal dan jawaban dari tugas dan pertanyaan dalam buku Bahasa Indonesia Kurikulum 2013 kelas 7 SMP/ MTs terbitan kemendikbud edisi revisi 2016. Peserta didik diminta mengerjakan soal berdasarkan teks cerita fantasi 1 dan fantasi 2.



Soal

Bacalah kembali ringkasan isi cerita fantasi di atas dan isilah kembali tabel berikut !


TeksKategoriAlasan/ bukti
Ringkasan cerita fantasi 1Latar waktu sezaman
Ringkasan cerita Fantasi 2Latar lintas waktu masa kini dan masa depan

Jawab:

TeksKategoriAlasan/ bukti
Ringkasan cerita fantasi 1Latar waktu sezamanKarena rangkaian peristiwa yang terjadi dalam cerita tersebut digambarkan hanya terjadi seketika itu, tidak pergi ke masa lalu atau masa kini. Salah satu buktinya adalah kalimat berikut, Hari itu sejarah besar Tana modo akan terukir di hati seluruh binatang.
Ringkasan cerita Fantasi 2Latar lintas waktu masa kini dan masa lampau. Tampak jelas bahwa ada dua latar waktu yaitu masa kini dan masa lampau. Salah satu buktinya adalah kalimat, Sadarlah Nono bahwa ia sedang berada di zaman Belanda.

Minggu, 14 Juli 2019

Tulislah Keajaiban Tokoh dan Peristiwa Ajaib yang Dialami Tokoh pada Tabel Berikut

Soal dan Jawaban dari pertanyaan pada buku Bahasa Indonesia kelas 7 SMP/ MTs halaman 49. Peserta didik diminta untuk menulis keajaiban tokoh dan peristiwa ajaib yang tertulis pada teks sebelumnya.



Soal:

Keajaiban yang dimunculkan dalam cerita
Tulislah keajaiban tokoh dan peristiwa ajaib yang dialami tokoh pada tabel berikut !

Keajaiban tokoh
Teks 1:
- Komodo bisa melatih anak buahnya menyerang siluman serigala
- Ekor Nataga bisa mengeluarkan api yang besar
- Serigala meniup bola api yang terbang menuju arah mereka.
- Serigala mengejek binatang-binatang

Teks 2:
- Saarce si Putri Belanda yang dapat mengubah dirinya menjadi burung kenari.
- Trimo bisa menghilang ke dalam pohon kenari
- Mbok Rimbi jelmaan iblis

Peristiwa aneh/ ajaib

Teks 1:
- Hewan bisa melempar bola api
- Dewi kabut berbisik di telinga nataga

Teks 2:
- Sepeda Nono tiba-tiba hilang
- Nono tiba-tiba berada di zaman Belanda
- Pohon kenari besar menghilang, dan digantikan tenda-tenda, gerobak, kuda, dan pasukan Belanda
- Nono diminta menjadi pemimpin perang.

Sabtu, 13 Juli 2019

Setelah Membaca Kutipan Cerita Fantasi Tersebut, isilah Tabel Berikut !

Soal dan Jawaban dari pertanyaan dalam buku Bahasa Indonesia SMP/ MTs Kelas 7 halaman 48. Peserta didik diminta untuk mengerjakan soal yaitu membuat rangkaian peristiwa berdasarkan teks yang sudah tersaji sebelumnya.



Jawab:

Tokoh: Nataga
Rangkaian Peristiwa:
1. Nataga membagi tugas kepada seluruh panglima dan pasukannya di titik-titik yang sudah ditentukan
2. Saat yang ditunggu pun tiba. Mulai terlihat bayangan serigala-serigala yang hendak keluar dari kabut. Jumlah pasukan cukup banyak. Nataga dan seluruh panglima memberi isyarat untuk tidak panik.
3. Pasukan siluman serigala mulai menginjak Pulau Tana Modo, susul-menyusul bagai air.
4. Semua binatang tetanp tenang menunggu aba-aba dari Nataga
5. Nataga berteriak "serbu" , sambung-menyambung dengan seluruh panglima
6. Pemimpin pasukan tiap kelompok serigala langsung mengatur kembali anak buahnya pada posisi siap menyerang. Mereka tertawa mengejek binatang-binatang ketika banyak bola api yang padam sebelum mengenai tubuh mereka. Bahkan dengan kekuatan mereka, mereka meniup bola api yang terbang menuju arah mereka
7.Nataga memimpin perang seluruh binatang di tana Modo, segera melesat menyeret ekor birunya. Mengibaskan api pada ekornya yang keras, membentuk lingkaran sesuai tanda yang dibuat oleh semut, rayap, dan para tikus. Lalu, ia melompat bagai kilat dan mengepung serigala dalam api panas.
8. Selesai pertempuran Nataga segera menuju ke atas bukit, bergabung dengan seluruh panglima

2. Tokoh: Nono
Rangkaian peristiwa:
1. Nono berangkat sendiri berlibur ke Wlingi, tempat tinggal Mbah Sastro.
2. Nono selalu suka liburan di sana, karena ia bisa bersepeda keliling wlingi.
3. Nono ditugaskan untuk membeli tahu goreng ke Njari, ke tempat Mbah Pur, kakek buyutnya dengan bersepeda.
4. Di tengah perjalanan, ia berhenti sejenak untuk melihat sebatang pohon kenari besar di tepi Kali Njari.
5. Nono beristirahat dan merendam kakinya di Kali Njari yang pernah diceritakan ooeh Mbah Pur
6. Sepeda Nono tidak ada di tempatnya.
7. Nono dikejutkan dengan kedatangan seorang anak bernama Trimo yang memperingatkannya untuk bersembunyi
8. Kapitan d’Jaree dengan mudahnya dapat menemukan tempat persembunyian mereka
9. Nono tersadar ia sedang berada di zaman Belanda
10. Nono nyaris dihukum gantung gara-gara kaus Manchester United yang dikenakannya saat itu
11. Nono terperangkap di Warung Mbok Rimbi yang merupakan jelmaan iblis, berkawan dengan kelompok Semut Hitam yang ternyata adalah segerombolan pencuri
12. Nono juga bertemu legenda Gunung Kelud, Mahesasuro dan Lembusuro, berjumpa dengan Saarce si putri Belanda yang dapat mengubah dirinya menjadi burung kenari, dan berhadapan dengan Sri Ratu yang dijuluki ‘Setan Merah’ karena kekejamannya
13. Tiba-tiba Nono diminta untuk memimpin perang yang disebabkan oleh konspirasi orang-orang dalam kerajaan.