Rabu, 26 Juni 2019

Soal dan Kunci Jawaban Latihan IPS Kelas 8 Halaman 74


Soal dan Kunci Jawaban Latihan IPS Kelas 8 Halaman 74. Soal ini terdapat dalam buku pelajaran IPS Kelas 8 terbitan Kemendikbud kurikulum 2013. Peserta didik diminta untuk memilih jawaban yang benar.

Untuk lebih lengkapnya silakan perhatikan soal dan jawaban di bawah ini.



1.      Negara yang berbentuk geografis Protruded dan penduduknya mayoritas ras mongol yaitu …
a.       Myanmar.
b.      Thailand.
c.       Laos.
d.      Vietnam.
Jawaban : A
2.      Negara yang terletak paling utara di ASEAN yaitu ..
a.       Thailand.
b.      Myanmar.
c.       Filipina.
d.      Kamboja.
Jawaban : B
3.      Bentuk karakteristik budaya yang diakibatkan perbedaan iklim kawasan negara ASEAN yaitu …
a.       Cara berpakaian.
b.      Cara berbicara.
c.       Upacara Perkawinan.
d.      Pola makan.
Jawaban : A
4.      Akibat dari banyak negara – negara ASEAN yang dilewati jalur lipatan Sirkum Pasifik adalah …
a.       Sering terjadi banjir.
b.      Beriklim Tropis.
c.       Banyak memiliki Pantai.
d.      Sering terjadi gempa bumi.
Jawaban : D
5.      Negara anggota ASEAN yang kegiatan perekonomiannya tidak didukung oleh pertanian yaitu
a.       Indonesia.
b.      Malaysia.
c.       Singapura.
d.      Laos.
Jawaban : C
6.      Manakah dari negara – negara ASEAN berikut yang memiliki iklim Subtropis.
a.       Myanmar.
b.      Laos.
c.       Filipina.
d.      Vietnam.
Jawaban : A
7.      Iklim yang terbentuk akibat letak negara – negara ASEAN di sekitar khatulistiwa dan diapit daratan luas Asia dan Australia yaitu
a.       Iklim tropis dan iklim musim.
b.      Iklim tropis dan iklim laut.
c.       Iklim laut dan iklim hutan hujan.
d.      iklim kemarau dan iklim musim penghujan.
Jawaban : A
8.      Kerja sama yang diadakan para menteri pada pertemuan Defence Minister Meeting (ADMM) membahas bidang ….
a.       Sosial.
b.      Pendidikan.
c.       Politik
d.      Budaya.
Jawaban : C
9.      Berdasarkan keputusan mahkamah Internasional, Pulau Ligitan dan Sipadan diberikan kepada negara ….
a.       Indonesia.
b.      Singapura.
c.       Filipina.
d.      Malaysia.
Jawaban : D
10.  Nilai positif dari kasus pengungsi manusia perahu dari Myanmar yang menimbulkan interaksi antar negara ASEAN antara lain …
a.       Bertambahnya warga asing.
b.      Memupuk rasa kemanusiaan.
c.       Meningkatkan persaingan kerja.
d.      Diskriminasi Sosial pengungsi.
Jawaban : B
11.  Salah satu bentuk kerja sama negara – negara ASEAN di bidang pendidikan yaitu …
a.       ASEAN Commission on the Promotion and Protection of the Rights of Women and Children.
b.      ASEAN Council Teachers Convention.
c.       ASEAN Tourism Agreement.
d.      Defence Ministers Meeting.
Jawaban : B
12.  Salah satu kerjasama ASEAN di bidang industry berikut ini adalah ….
a.       Proyek industry tambang ASEAN Copper Fabrication Project di Filipina dengan Singapura.
b.      Proyek Vaksin ASEAN Vaccine Project di Singapura dengan Kamboja.
c.       Proyek pupuk ASEAN Aceh fertilizer Project di Indonesia dengan Malaysia.
d.      Proyek soda api Rock Salt Soda Ash Project di Thailand dengan Indonesia.
Jawaban : C
13.  Salah satu bentuk kerja sama di bidang politik antar negara – negara ASEAN adalah …
a.       Membangun pupuk urea di Malaysia.
b.      Menanggulangi penyalahgunaan narkotika.
c.       Melaksanakan festival seni ASEAN.
d.      Membentuk Pusat Informasi Pariwisata.
Jawaban : B  
14.  Faktor pendorong kerja sama antar negara ASEAN yaitu …
a.       Kesamaan dan perbedaan ideology.
b.      Kesamaan dan perbedaan sumber daya alam.
c.       Kesamaan dan perbedaan kondisi geografis.
d.      Jawaban a, b, dan c benar.
Jawaban : D
15.  Bentuk kerja sama dalam bidang politik antara lain …
a.       Penyelenggaraan pesta dua tahun sekali SEA – GAMES.
b.      Menyediakan cadangan pangan untuk negara – negara ASEAN.
c.       Traktat Bantuan Hukum Timbal Balik di Bidang Pidana (Treaty on Mutual Assistance in Criminal Matters / MLAT).
d.      Penandatanganan kesepakatan bersama ASEAN Tourism Agreement.
Jawaban : C
16.  Sungai yang dimanfaatkan sebagai sarana transportasi utama di Indonesia yaitu ….
a.       Sungai Musi.
b.      Sungai barito.
c.       Sungai Mahakam.
d.      Sungai Bengawan Solo.
Jawaban ; C
17.  Perhatikan contoh di bawah ini.
1.      Penggunaan monorel kereta jurusan Bandung – Jakarta.
2.      Kemacetan yang panjang di Johor, Malaysia.
3.      Penggunaan hutan sebagai jalur Jalan Lintas Selatan (JJLS) di Jawa.
4.      Pembangunan transportasi bawah tanah di Thailand.
5.      Alih fungsi lahan dari pemukiman menjadi kawasan Bandar udara.
Manakah pernyataan yang menunjukkan dampak negatif dari interaksi antar negara – negara ASEAN yang menimbulkan perubahan di bidang transportasi ?.
a.       1,2, dan 4
b.      1, 3 dan 5
c.       2, 3 dan 5
d.      3, 4 dan 5
Jawaban : C
18.  Nelayan ikan dengan skala besar yang beroperasi di kawasan Asia Tenggara memanfaatkan data cuaca, suhu, arah angina untuk mencari ikan di lautan. fenomena ini berkaitan dengan faktor yang mempengaruhi interaksi antar ruang, yaitu …
a.       Faktor geologi.
b.      Faktor ketersediaan sumber daya.
c.       Faktor iklim.
d.      Faktor teknologi.
Jawaban : C
19.  Perubahan sebagian atau seluruh fungsi lahan dari fungsi semula menjadi fungsi yang lain dan mempengaruhi lingkungan dan potensi lahan itu sendiri disebut …
a.       Pergantian lahan.
b.      Penggunaan tanah.
c.       Konversi lahan.
d.      Konversi tanah.
Jawaban : C
20.  Dampak alih fungsi lahan pertanian menjadi pemukiman, yaitu produktivitas pangan akan menjadi  ….
a.       Naik.
b.      Turun
c.       Signifikan
d.      menguntungkan.
Jawaban : B

Selasa, 25 Juni 2019

Diskusikan Mengenai Kelebihan dan Kekurangan Teknologi Komunikasi

Soal dan jawaban Aktivitas kelompok kegiatan 9, mendiskusikan mengenai kelebihan dan kekurangan teknologi komunikasi. Soal tersebut terdapat dalam buku IPS Kurikulum 2013 terbitan kemendikbud.

Untuk lebih jelas, silakan perhatikan jawaban di bawah ini !




Soal:

1. Bentuklah kelompok beranggotakan 3-4 orang.
2. Diskusikan mengenai kelebihan dan kekurangan teknologi komunikasi,
lalu tuliskan dalam tabel berikut ini.

Jawab:


Teknologi KomunikasiKelebihanKekurangan
SuratMurah, bisa diarsipkan, tidak memerlukan bahan bakarPengiriman lama
TelephoneBisa berbicara secara langsung, harus membayar tagihan
Smart phoneBisa saling berbicara dan melihat secara langsung.harus ada sinyal
Faksimilelebih cepat dibanding suratpenerima juga harus memiliki faksimile
Televisibisa menjangkau hampir semua wilayah, informasi selalu aktualTidak terjadi komunikasi dua arah

Identifikasilah Berbagai Jenis Sarana Dan Prasarana Transportasi Darat, Air, dan Udara di Negara-Negara ASEAN!

Soal dan jawaban dari Kegiatan 8, Mengidentifikasi berbagai jenis sarana dan prasarana transportasi darat, air, dan udara di negara-negara ASEAN. Soal ini terdapat dalam buku Ilmu Pengetahuan Sosial (IPS) Kelas 8 kurikulum 2013 terbitan kemendikbud.


Peserta didik diminta untuk menjawab soal berdasarkan materi yang sudah diajarkan sebelumnya. Untuk lebih lengkapnya silahkan perhatikan soal dan jawaban di bawah ini.





Soal: 

Kegiatan 8
1. Bentuklah kelompok dengan anggota 3–4 orang.
2. Pilihlah salah satu negara ASEAN.
3. Identifikasilah berbagai jenis sarana dan prasarana trasportasi darat, air,
dan udara di negara-negara ASEAN!
4. Carilah informasi dari buku, internet, atau sumber lain dan diskusikan
kelebihan dan kekurangan transportasi air!
5. Tuliskan hasil diskusimu pada tabel berikut ini!

Jawab: 


Alat TransportasiPrasarana TransportasiBenda yang diangkutKeunggulanKelemahan
Perahu DayungDermaga, sungaiManusia, barangTidak tergantung bahan bakarJarak tempuh pendek, muatan barang sedikit
Kapal FeryDermaga, pelabuhanManusia, barangMuat banyak, nyaman, jarak tempuh jauhmemerlukan bahan bakar
Kereta ApiStasiun, RelManusia, barangmurah, muatan banyak, perjalanan lancarmemerlukan bahan bakar, membutuhkan jalur khusus
Pesawat terbanglandasan pacu , pengontrol & bangunan bandar udaramanusia & kargolebih cepat, nyaman, aman Dibutuhkan lokasi yang sangat luas.

Diskusikan Langkah Apa yang Dapat Kalian Lakukan untuk Menanggulangi Ataupun Mencegah Kerusakan Sumber Daya Hutan dan Laut.

Soal dan jawaban kegiatan 7. Soal ini terdapat dalam buku pelajaran Ilmu Pengetahuan Sosial (IPS)  terbitan kemendikbud kurikulum 2013 kelas 8 halaman 64. Peserta didik diminta untuk mengisi tabel yang sudah disediakan.

Soal:

Kegiatan 7

1. Bentuklah kelompok dengan anggota 2-3 orang.
2. Diskusikan langkah apa yang dapat kalian lakukan untuk menanggulangi
ataupun mencegah kerusakan sumber daya hutan dan laut.
3. Tuliskan hasil diskusi kalian pada tabel berikut ini.



Jawab: 



Jenis Sumber DayaBentuk KerusakanCara Menanggulangi
LautPencemaran lautEdukasi berupa larangan membuang sampah di sungai hingga laut
Rusaknya terumbu karangTidak menggunakan bahan yang merusak terumbu ketika menangkap ikan
Berkurangnya biota lautTidak menggunakan pukat harimau saat menangkap ikan
HutanKebakaran hutanLarangan menyalakan api di hutan
pembalakan liarmemberi hukuman yang tegas bagi pelaku

Kegiatan 6 Diskusikan Kegunaan dari Barang Tambang yang Terdapat di Negara-Negara Berikut.

Soal dan jawaban kegiatan 6, Diskusikan kegunaan dari bahan tambang yang terdapat di negara-negara berikut. Soal ini terdapat dalam buku IPS kurikulum 2013 terbitan kemendikbud halaman 63. Peserta didik diminta untuk mengisi tabel yang sudah disediakan.

Untuk lebih jelasnya silakan perhatikan soal dan jawaban di bawah ini.




NegaraBarang TambangKegunaan
FIlipinaFosfatPestisida, korek api, pupuk pertanian
IndonesiaBatubaraPembangkit Tenaga listrik (PLTU), bahan bakar
Brunei DarussalamMinyak Bumibahan bakar minyak
MyanmarEmasPerhiasan
LaosBelerangKomponen produksi pupuk
VietnamBijih besiPembuatan besi dan baja
MalaysiaGas alambahan bakar dan pembangkit listrik
FilipinaTembagakabel atau kawat listrik
ThailandManganproduksi baja atau besi

Diskusikan Mengenai bencana yang Terjadi di Kawasan ASEAN Akibat Faktor Iklim

Soal dan jawaban Kegiatan 4, bentuklah kelompok terdiri dari 3-4 orang. Diskusikan mengenai bencana yang terjadi di kawasan ASEAN. Tuliskan hasil diskusi kalian dalam tabel di bawah ini.

Soal ini terdapat dalam buku pelajaran sekolah kelas 8 halaman 59. Untuk lebih jelasnya, silakan perhatikan soal dan jawaban di bawah ini.




Bencana AlamFaktor Iklim yang berpengaruhnegara negara ASEAN
Badai HaiyanTekanan udara dan curah hujanFilipina
Badai Topan NargisKecepatan anginMyanmar
BanjirCurah hujan yang tinggiIndonesia
KekeringanRendahnya curah hujan\Indonesia
KebakaranMusim kemarauIndonesia

Kegiatan 5 Pasangkan Nama Gunung dengan Negara Tempat Gunung Tersebut Berada!

Soal dan jawaban dari Kegiatan 5 Kegiatan 5 Pasangkan Nama Gunung dengan Negara Tempat Gunung Tersebut Berada. Soal tersebut terdapat dalam buku pelajaran Ilmu Pengetahuan Sosial (IPS) Kelas 8 Halaman 61.

Untuk lebih lengkapnya silakan perhatikan soal dan jawaban di bawah ini.



1) Dindawrazi : Myanmar
2) Jaya Wijaya: Indonesia
3) Kinabalu: Malaysia
4) Krakatau: Indonesia
5) Bukit Timah: Singapura
6) Doi Inthanon: Thailand
7) Bukit Pagon: Brunei Darusalam
8) Gamalama: Indonesia
9) Pulag: Filipina
10) Fansipan: Vietnam
11) Phou Bia: Laos
12) Konkrumadin: Myanmar
13) Phnom Aural: Kamboja
14) Tambuyukon: Malaysia

Senin, 24 Juni 2019

Kegiatan 2 Menentukan Hal-hal penting dalam Surat Lamaran Pekerjaan

Soal dan jawaban dari Kegiatan 2 Menentukan Hal-hal penting dalam surat lamaran pekerjaan. Soal ini terdapat dalam buku pelajaran bahasa Indonesia kelas 12 SMA/MA/SMK/ MAK halaman 7. Peserta didik diminta untuk menjawab soal tentang surat lamaran pekerjaan.



Pada kegiatan ini, kamu dimnta untuk menentukan hal-hal penting yang ada pada surat lamaran pekerjaan di atas. Hal ini dimaksudkan agar kamu lebih mengenal dan memahami surat lamaran pekerjaan.

Latihan

1. Bacalah kembali dengan cermat surat lamaran pekerjaan di atas !
2. Kenali unsur-unsur penting di dalam surat lamaran pekerjaan tersebut, apa saja komponen-komponen di dalamnya ?

Jawab

Silakan tonton dalam video di bawah ini





atau perhatikan tulisan di bawah ini

Rubrik Jawaban

Hal-hal penting yang ada pada surat lamaran pekerjaan

Tesis :
1. Nama
2. tempat, tanggal lahir
3. Jenis kelamin
4. Agama
5. Pendidikan/ jurusan
6. Alamat
7. Nomor telepon/hp/ WA

Argumentasi:
1. Fotokopi ijazah terakhir beserta transkrip yang telah dilegalisasi
2. Pasfoto ukuran 3 X 4
3. Fotokopi kartu pencari kerja
4. Surat keterangan kesehatan
5.Surat keterangan kelakuan baik

Penegasan :
1. Kalimat penutup
2. salam

Jumat, 14 Juni 2019

Kegiatan 2 Perhatikan Gambar 2.2 dan Kegiatan 1 atau Sumber yang lain

Soal dan Jawaban dari Kegiatan 2 Aktivitas Individu pada Buku pelajaran Ilmu Pengetahuan Sosial (IPS) Kelas 8 halaman 6. Materi ini masih membahas seputar negara ASEAN. Pada kegiatan 2 tersebut, peserta didik diminta untuk mengisi tabel.



Untuk lebih jelasnya, silakan simak soal dan jawaban di bawah ini.

1. Perhatikan Gambar 2.2 dan Kegiatan 1 atau sumber yang lain seperti internet
atau atlas.
2. Identifikasikan letak astronomis masing-masing negara ASEAN.
3. Identifikasikan iklim dari masing-masing negara ASEAN dan tuliskan pada
tabel.

Jawab:


Negara: Indonesia
Letak bujur: 95˚ BT s.d. 141˚BT
letak lintang:  6˚LU s.d. 11˚LS
Iklim: Tropis

Negara: Filipina
Letak bujur: 117˚BT s.d. 126˚BT
Letak Lintang:   5˚LU s.d. 21˚LU
Iklim: Tropis

Negara: Singapura
Letak bujur:  103˚BT s.d. 104˚BT
Letak Lintang: 1˚15’ LU s.d. 1˚26’ LU
Iklim: Tropis

Negara: Malaysia
Letak bujur: 100˚BT s.d. 119˚BT
Letak Lintang:   1˚LU s.d. 7˚LU
Iklim: Tropis

Negara: Thailand
Letak bujur: 97˚BT s.d. 106˚BT
Letak Lintang: 5˚LU s.d. 21˚LU
Iklim: Tropis

Negara: Myanmar
Letak bujur: 92˚ BT - 101˚ BT
Letak Lintang: 10˚ LU s.d. 29˚ LU
Iklim: Tropis dan subtropis

Negara: Kamboja
Letak bujur : 102˚ BT s.d. 108˚ BT
Letak Lintang: 10˚ LU s.d. 14˚ LU
Iklim: Tropis

Negara: Brunei Darusalam
Letak bujur:114˚ BT s.d. 115,5˚ BT
Letak Lintang: 4˚ LU s.d. 5˚ LU
Iklim: Tropis

Negara: Vietnam
Letak bujur: 102˚ BT s.d. 109˚ BT
Letak Lintang: 8˚ LU s.d. 23˚ LU
Iklim: Tropis

Negara: Laos
Letak bujur: 100˚ BT s.d. 107˚ BT
Letak Lintang: 14˚ LU s.d. 22˚ LU
Iklim: Tropis

Kamis, 13 Juni 2019

Negara yang Terletak Paling Utara, Barat, Timur, Selatan di Asia Tenggara

Soal dan jawaban pada buku Ilmu Pengetahuan Sosial (IPS) kelas 8 halaman 3. Peserta didik diminta untuk menentukan letak negara-negara ASEAN sesuai dengan kondisi geografis.

Untuk lebih lengkapnya, silakan simak soal dan jawabannya di bawah ini.




Negara yang terletak di paling utara di ASEAN adalah Myanmar

Negara yang terletak di paling selatan di ASEAN adalah Indonesia

Negara yang terletak di paling barat di ASEAN adalah Myanmar

negara yang terletak di paling timur di ASEAN adalah Indonesia