Tuesday, June 25, 2019

Diskusikan Mengenai Kelebihan dan Kekurangan Teknologi Komunikasi

Soal dan jawaban Aktivitas kelompok kegiatan 9, mendiskusikan mengenai kelebihan dan kekurangan teknologi komunikasi. Soal tersebut terdapat dalam buku IPS Kurikulum 2013 terbitan kemendikbud.

Untuk lebih jelas, silakan perhatikan jawaban di bawah ini !




Soal:

1. Bentuklah kelompok beranggotakan 3-4 orang.
2. Diskusikan mengenai kelebihan dan kekurangan teknologi komunikasi,
lalu tuliskan dalam tabel berikut ini.

Jawab:

Teknologi KomunikasiKelebihanKekurangan
SuratMurah, bisa diarsipkan, tidak memerlukan bahan bakarPengiriman lama
TelephoneBisa berbicara secara langsung, harus membayar tagihan
Smart phoneBisa saling berbicara dan melihat secara langsung.harus ada sinyal
Faksimilelebih cepat dibanding suratpenerima juga harus memiliki faksimile
Televisibisa menjangkau hampir semua wilayah, informasi selalu aktualTidak terjadi komunikasi dua arah

Identifikasilah Berbagai Jenis Sarana Dan Prasarana Transportasi Darat, Air, dan Udara di Negara-Negara ASEAN!

Soal dan jawaban dari Kegiatan 8, Mengidentifikasi berbagai jenis sarana dan prasarana transportasi darat, air, dan udara di negara-negara ASEAN. Soal ini terdapat dalam buku Ilmu Pengetahuan Sosial (IPS) Kelas 8 kurikulum 2013 terbitan kemendikbud.


Peserta didik diminta untuk menjawab soal berdasarkan materi yang sudah diajarkan sebelumnya. Untuk lebih lengkapnya silahkan perhatikan soal dan jawaban di bawah ini.





Soal: 

Kegiatan 8
1. Bentuklah kelompok dengan anggota 3–4 orang.
2. Pilihlah salah satu negara ASEAN.
3. Identifikasilah berbagai jenis sarana dan prasarana trasportasi darat, air,
dan udara di negara-negara ASEAN!
4. Carilah informasi dari buku, internet, atau sumber lain dan diskusikan
kelebihan dan kekurangan transportasi air!
5. Tuliskan hasil diskusimu pada tabel berikut ini!

Jawab: 


Alat TransportasiPrasarana TransportasiBenda yang diangkutKeunggulanKelemahan
Perahu DayungDermaga, sungaiManusia, barangTidak tergantung bahan bakarJarak tempuh pendek, muatan barang sedikit
Kapal FeryDermaga, pelabuhanManusia, barangMuat banyak, nyaman, jarak tempuh jauhmemerlukan bahan bakar
Kereta ApiStasiun, RelManusia, barangmurah, muatan banyak, perjalanan lancarmemerlukan bahan bakar, membutuhkan jalur khusus
Pesawat terbanglandasan pacu , pengontrol & bangunan bandar udaramanusia & kargolebih cepat, nyaman, aman Dibutuhkan lokasi yang sangat luas.

Diskusikan Langkah Apa yang Dapat Kalian Lakukan untuk Menanggulangi Ataupun Mencegah Kerusakan Sumber Daya Hutan dan Laut.

Soal dan jawaban kegiatan 7. Soal ini terdapat dalam buku pelajaran Ilmu Pengetahuan Sosial (IPS)  terbitan kemendikbud kurikulum 2013 kelas 8 halaman 64. Peserta didik diminta untuk mengisi tabel yang sudah disediakan.

Soal:

Kegiatan 7

1. Bentuklah kelompok dengan anggota 2-3 orang.
2. Diskusikan langkah apa yang dapat kalian lakukan untuk menanggulangi
ataupun mencegah kerusakan sumber daya hutan dan laut.
3. Tuliskan hasil diskusi kalian pada tabel berikut ini.



Jawab: 



Jenis Sumber DayaBentuk KerusakanCara Menanggulangi
LautPencemaran lautEdukasi berupa larangan membuang sampah di sungai hingga laut
Rusaknya terumbu karangTidak menggunakan bahan yang merusak terumbu ketika menangkap ikan
Berkurangnya biota lautTidak menggunakan pukat harimau saat menangkap ikan
HutanKebakaran hutanLarangan menyalakan api di hutan
pembalakan liarmemberi hukuman yang tegas bagi pelaku

Kegiatan 6 Diskusikan Kegunaan dari Barang Tambang yang Terdapat di Negara-Negara Berikut.

Soal dan jawaban kegiatan 6, Diskusikan kegunaan dari bahan tambang yang terdapat di negara-negara berikut. Soal ini terdapat dalam buku IPS kurikulum 2013 terbitan kemendikbud halaman 63. Peserta didik diminta untuk mengisi tabel yang sudah disediakan.

Untuk lebih jelasnya silakan perhatikan soal dan jawaban di bawah ini.




NegaraBarang TambangKegunaan
FIlipinaFosfatPestisida, korek api, pupuk pertanian
IndonesiaBatubaraPembangkit Tenaga listrik (PLTU), bahan bakar
Brunei DarussalamMinyak Bumibahan bakar minyak
MyanmarEmasPerhiasan
LaosBelerangKomponen produksi pupuk
VietnamBijih besiPembuatan besi dan baja
MalaysiaGas alambahan bakar dan pembangkit listrik
FilipinaTembagakabel atau kawat listrik
ThailandManganproduksi baja atau besi

Diskusikan Mengenai bencana yang Terjadi di Kawasan ASEAN Akibat Faktor Iklim

Soal dan jawaban Kegiatan 4, bentuklah kelompok terdiri dari 3-4 orang. Diskusikan mengenai bencana yang terjadi di kawasan ASEAN. Tuliskan hasil diskusi kalian dalam tabel di bawah ini.

Soal ini terdapat dalam buku pelajaran sekolah kelas 8 halaman 59. Untuk lebih jelasnya, silakan perhatikan soal dan jawaban di bawah ini.



Bencana AlamFaktor Iklim yang berpengaruhnegara negara ASEAN
Badai HaiyanTekanan udara dan curah hujanFilipina
Badai Topan NargisKecepatan anginMyanmar
BanjirCurah hujan yang tinggiIndonesia
KekeringanRendahnya curah hujan\Indonesia
KebakaranMusim kemarauIndonesia

Kegiatan 5 Pasangkan Nama Gunung dengan Negara Tempat Gunung Tersebut Berada!

Soal dan jawaban dari Kegiatan 5 Kegiatan 5 Pasangkan Nama Gunung dengan Negara Tempat Gunung Tersebut Berada. Soal tersebut terdapat dalam buku pelajaran Ilmu Pengetahuan Sosial (IPS) Kelas 8 Halaman 61.

Untuk lebih lengkapnya silakan perhatikan soal dan jawaban di bawah ini.



1) Dindawrazi : Myanmar
2) Jaya Wijaya: Indonesia
3) Kinabalu: Malaysia
4) Krakatau: Indonesia
5) Bukit Timah: Singapura
6) Doi Inthanon: Thailand
7) Bukit Pagon: Brunei Darusalam
8) Gamalama: Indonesia
9) Pulag: Filipina
10) Fansipan: Vietnam
11) Phou Bia: Laos
12) Konkrumadin: Myanmar
13) Phnom Aural: Kamboja
14) Tambuyukon: Malaysia

Monday, June 24, 2019

Kegiatan 2 Menentukan Hal-hal penting dalam Surat Lamaran Pekerjaan

Soal dan jawaban dari Kegiatan 2 Menentukan Hal-hal penting dalam surat lamaran pekerjaan. Soal ini terdapat dalam buku pelajaran bahasa Indonesia kelas 12 SMA/MA/SMK/ MAK halaman 7. Peserta didik diminta untuk menjawab soal tentang surat lamaran pekerjaan.



Pada kegiatan ini, kamu dimnta untuk menentukan hal-hal penting yang ada pada surat lamaran pekerjaan di atas. Hal ini dimaksudkan agar kamu lebih mengenal dan memahami surat lamaran pekerjaan.

Latihan

1. Bacalah kembali dengan cermat surat lamaran pekerjaan di atas !
2. Kenali unsur-unsur penting di dalam surat lamaran pekerjaan tersebut, apa saja komponen-komponen di dalamnya ?

Rubrik Jawaban

Hal-hal penting yang ada pada surat lamaran pekerjaan

Tesis :
1. Nama
2. tempat, tanggal lahir
3. Jenis kelamin
4. Agama
5. Pendidikan/ jurusan
6. Alamat
7. Nomor telepon/hp/ WA

Argumentasi:
1. Fotokopi ijazah terakhir beserta transkrip yang telah dilegalisasi
2. Pasfoto ukuran 3 X 4
3. Fotokopi kartu pencari kerja
4. Surat keterangan kesehatan
5.Surat keterangan kelakuan baik

Penegasan :
1. Kalimat penutup
2. salam

Friday, June 14, 2019

Kegiatan 2 Perhatikan Gambar 2.2 dan Kegiatan 1 atau Sumber yang lain

Soal dan Jawaban dari Kegiatan 2 Aktivitas Individu pada Buku pelajaran Ilmu Pengetahuan Sosial (IPS) Kelas 8 halaman 6. Materi ini masih membahas seputar negara ASEAN. Pada kegiatan 2 tersebut, peserta didik diminta untuk mengisi tabel.



Untuk lebih jelasnya, silakan simak soal dan jawaban di bawah ini.

1. Perhatikan Gambar 2.2 dan Kegiatan 1 atau sumber yang lain seperti internet
atau atlas.
2. Identifikasikan letak astronomis masing-masing negara ASEAN.
3. Identifikasikan iklim dari masing-masing negara ASEAN dan tuliskan pada
tabel.

Jawab:


Negara: Indonesia
Letak bujur: 95˚ BT s.d. 141˚BT
letak lintang:  6˚LU s.d. 11˚LS
Iklim: Tropis

Negara: Filipina
Letak bujur: 117˚BT s.d. 126˚BT
Letak Lintang:   5˚LU s.d. 21˚LU
Iklim: Tropis

Negara: Singapura
Letak bujur:  103˚BT s.d. 104˚BT
Letak Lintang: 1˚15’ LU s.d. 1˚26’ LU
Iklim: Tropis

Negara: Malaysia
Letak bujur: 100˚BT s.d. 119˚BT
Letak Lintang:   1˚LU s.d. 7˚LU
Iklim: Tropis

Negara: Thailand
Letak bujur: 97˚BT s.d. 106˚BT
Letak Lintang: 5˚LU s.d. 21˚LU
Iklim: Tropis

Negara: Myanmar
Letak bujur: 92˚ BT - 101˚ BT
Letak Lintang: 10˚ LU s.d. 29˚ LU
Iklim: Tropis dan subtropis

Negara: Kamboja
Letak bujur : 102˚ BT s.d. 108˚ BT
Letak Lintang: 10˚ LU s.d. 14˚ LU
Iklim: Tropis

Negara: Brunei Darusalam
Letak bujur:114˚ BT s.d. 115,5˚ BT
Letak Lintang: 4˚ LU s.d. 5˚ LU
Iklim: Tropis

Negara: Vietnam
Letak bujur: 102˚ BT s.d. 109˚ BT
Letak Lintang: 8˚ LU s.d. 23˚ LU
Iklim: Tropis

Negara: Laos
Letak bujur: 100˚ BT s.d. 107˚ BT
Letak Lintang: 14˚ LU s.d. 22˚ LU
Iklim: Tropis

Thursday, June 13, 2019

Negara yang Terletak Paling Utara, Barat, Timur, Selatan di Asia Tenggara

Soal dan jawaban pada buku Ilmu Pengetahuan Sosial (IPS) kelas 8 halaman 3. Peserta didik diminta untuk menentukan letak negara-negara ASEAN sesuai dengan kondisi geografis.

Untuk lebih lengkapnya, silakan simak soal dan jawabannya di bawah ini.




Negara yang terletak di paling utara di ASEAN adalah Myanmar

Negara yang terletak di paling selatan di ASEAN adalah Indonesia

Negara yang terletak di paling barat di ASEAN adalah Myanmar

negara yang terletak di paling timur di ASEAN adalah Indonesia 

Tuesday, June 4, 2019

Uji Kompetensi Pkn Kelas 9 Bab 1 Halaman 29 Kurikulum 2013

Soal dan Jawaban Uji Kompetensi Pendidikan Kewarganegaraan Kelas 9 Bab 1 Halaman 29 Kurikulum 2013. Peserta didik diminta mengerjakan soal berdasarkan materi pada bab I.



Untuk lebih jelas, silakan perhatikan soal dan jawaban di bawah ini.

Jawablah pertanyaan di bawah ini dengan benar !

1. Bagaimana penerapan pancasila sebagai dasar negara pada masa awal kemerdekaan
2. Jelaskan latar belakang pemberontakan DI/ TII dan RMS di Indonesia
3. Bagaimana penerapan Pancasila pada masa orde baru ?
4. Jelaskan tantangan bangsa Indonesia dalam menerapkan Pancasila sebagai dasar negara pada masa Reformasi
5. Jelaskan arti penting mempertahankan Pancasila sebagai dasar negara.
6. Jelaskan kedudukan Pancasila sebagai satu ideologi terbuka
7. Berikan masing-masing 1 (satu) contoh perilaku dalam mewujudkan nilai ketuhanan, kemanusiaan, persatuan, kerakyatan, dan keadilan dalam kehidupan sehari-hari
8. Berikan 3 (tiga) contoh perwujudan nilai-nilai Pancasila dalam bidang politik di lingkungan sekolah

Jawab :

1. Pada masa tersebut penerapan Pancasila sebagai dasar negara dan pandangan hidup mengalami masalah. Ada upaya untuk mengganti Pancasila sebagai dasar negara dan penyimpangan terhadap nilai Pancasila. Upaya tersebut di antaranya adalah.
a. Pemberontakan Partai Komunis Indonesia (PKI) di Madiun pada 1948.
b.Pemberontakan Darul Islam/ Tentara Islam Indonesia (DI/ TII) oleh S.M. Kartosoewirjo
c. Pemberontakan Republik Maluku Selatan (RMS)
d. Pemberontakan PRRI/ Permesta  oleh Sjafrudin Prawiranegara dan Ventje Sumual
e. APRA (Angkatan Perang Ratu Adil) oleh Westerling
f. Perubahan bentuk negara dari Republik Indonesia Serikat (RIS) ke Negara Kesatuan Republik Indonesia, sedangkan konstitusi yang berlaku adalah UUDS 1950.

2. Latar belakang pemberontakan DI/ TII. Kartosoewirjo mendirikan negara Islam Indonesia (NII) pada 7 Agustus 1949. Tujuan utamanya adalah untuk mengganti Pancasila sebagai dasar negara dengan syariat Islam.

Latar belakang pemberontakan Republik Maluku Selatan (RMS). RMS merupakan sebuah gerakan separatisme dipimpin oleh Christian Robert Steven Soumokil, bertujuan untuk membentuk negara sendiri, yang didirikan tanggal 25 April 1950

3. Penerapan Pancasila pada masa Orde Baru
- Presiden Suharto dipandang sebagai tokoh yang berhasil membubarkan PKI
- Berhasil menciptakan stabilitas keamanan dalam negeri dalam waktu relatif singkat.
- Melaksanakan Repelita yang tertuang dalam GBHN
- Presiden Suharto hanya mengizinkan tiga partai politik di Indonesia.
- Membatasi kebebasan berpendapat dengan cara membredel pers dengan semena-mena.
- Menangkapi lawan politik tanpa pengadilan
- Pelanggaran HAM misalnya kasus tanjung priok, Marsinah, wartawan Udin dan lain-lain.


4. Tantangan Bangsa Indonesia dalam menerapkan Pancasila sebagai dasar negara pada masa reformasi misalnya:
a. Kesaktian Pancasila diuji manakala terjadi peristiwa yang dianggap merugikan negara namun belum ada perangkat hukum untuk menjeratnya
b. Munculnya kebebasan berbicara yang terkadang berupa kritik, hinaan, ujaran kebencian dan lain-lain. Pancasila harus mampu memilah manakah pembicaraan yang berupa kritik atau hanya kebencian.
c. Munculnya hoax atau berita palsu yang sangat merugikan banyak pihak. Pancasila harus mampu menindak tegas dan cerdas.

5. Arti penting mempertahanakan Pancasila sebagai dasar negara karena Pancasila merupakan sebuah ideologi bangsa Indonesia. Ia menjadi sumber dari segala sumber hukum di Indonesia. Ia juga menjadi pandangan hidup bangsa. Untuk itu kita harus mempertahankannya.

6. Kedudukan Pancasila sebagai ideologi terbuka mengandung pengertian bahwa Pancasila senantiasa mampu berinteraksi secara dinamis. Nilai-nilai Pancasila tidak berubah, namun pelaksanaannya disesuaikan dengan kebutuhan dan tantangan nyata yang kita hadapi dalam setiap waktu.

Berarti juga Pancasila memiliki nilai nilai dan cita-cita yang tidak dipaksakan dari luar, melainkan digali dan diambil dari kekayaan rohani moral dan budaya masyarakat sendiri. Selain itu ideologi tersebut bersifat terbuka yang senantiasa mendorong terjadinya perkembangan pemikiran baru tentang ideologi tersebut tanpa kehilangan jati dirinya.

7. Contoh perilaku dalam mewujudkan nilai
- Ketuhanan : Rajin beribadah
- Kemanusiaan: Bersikap welas asih terhadap sesama manusia
- Persatuan: mengikuti Upacara bendera
- Kerakyatan: mengikuti Pemilu
- Keadilan: Tidak memilih-milih teman

8. Tiga contoh perwujudan nilai-nilai Pancasila dalam bidang politik di lingkungan sekolah:
a. Mengikuti pemilihan ketua OSIS
b. Berani mengemukakan pendapat di hadapan teman maupun guru
c. Bersikap baik terhadap teman maupun guru.