Minggu, 14 April 2019

Kegiatan 1.7 Bahasa Indonesia Kelas 8 Bacalah Salah Satu Berita

Kegiatan 1.7 Bahasa Indonesia Kelas 8 SMP ini terdapat dalam buku kurikulum 2013 pada halaman 17. Peserta didik diminta untuk mengerjakan soal. Adapun soal dan jawabannya terdapat dalam tulisan di bawah ini, silakan simak.



1. Bacalah salah satu berita yang tersaji pada bagian sebelumnya! Kamu dapat pula menggunakan berita lainnya.

2. Tunjukkanlah kaidah-kaidah kebahasaan yang menandai berita tersebut dengan berdiskusi.

3. Gunakanlah format berikut sebagai laporannya.
Judul Berita : ….
Sumber : ….

Jawab: 

1. Teks berita pada bagian sebelumnya adalah teks di bawah ini.

Sepuluh hari menjelang Lebaran, Sabtu (15/11), Pelabuhan Penyeberangan Merak mulai dipadati truk. Truk-truk tersebut mengangkut barang nonsembilan bahan pokok (non sembako).

Tingginya arus truk dalam dua hari terakhir berkaitan dengan adanya larangan melintas bagi truk nonsembilan bahan pokok (non sembako) pada tanggal 21–25 November. Larangan tersebut berlaku bagi truk bersumbu lebih dari dua. Truk gandengan, truk tempelan, dan truk kontainer.

 Penumpukan truk bersumbu dua tersebut seperti di Pelabuhan Merak menyebabkan antrean truk sekitar 100 meter dari pintu masuk kapal. Antrean terjadi di dermaga satu hingga dermaga empat. Tetapi, antrean tersebut masih dalam batas normal. Antrean belum membeludak ke luar area parkir
pelabuhan. Akan akibat penumpukan truk itu, beberapa sopir truk mengaku harus menunggu sekitar dua hingga empat hari untuk bisa masuk kapal. (Sumber: Kompas dengan beberapa penyesuaian)

3. Judul Berita : Antrean Truk Di Pelabuhan Merak Menjelang Lebaran
Sumber : Kompas

a. Kebakuan bahasa
Contoh:
Sepuluh hari menjelang Lebaran, Sabtu (15/11), Pelabuhan Penyeberangan Merak mulai dipadati truk. Truk-truk tersebut mengangkut barang nonsembilan bahan pokok (non sembako).

b. Kalimat langsung
tidak ada
c. Konjungsi bahwa
tidak ada
d. Konjungsi temporal/ kronologi
tidak ada
e. Keterangan waktu
Contoh:
- Sepuluh hari menjelang Lebaran, Sabtu (15/11), Pelabuhan Penyeberangan Merak mulai dipadati truk
- Akan akibat penumpukan truk itu, beberapa sopir truk mengaku harus menunggu sekitar dua hingga empat hari untuk bisa masuk kapal.

f. Kata Kerja mental
tidak ada.

Jumat, 12 April 2019

Kegiatan 1.2. Bahasa Indonesia kelas 8 Manakah Berita yang Mengandung Informasi Pendidikan

Kegiatan 1.2. Bahasa Indonesia kelas 8 SMP ini terdapat dalam buku Bahasa Indonesia Kelas 8 kurikulum 2013 Bab 1 tepatnya pada halaman 3. Tema dari Bab tersebut membahas tentang Berita. Tugas yang harus dikerjakan oleh peserta didik adalah menjawab soal di bawah ini.




A. Manakah berita yang mengandung informasi di bidang pendidikan

1. Peralatan praktikum sekolah itu ada yang mencuri tadi malam.
Termasuk berita pendidkan dengan alasan praktikum berkaitan dengan pendidikan di sekolah

2. Penyelenggarakan lomba menulis cerpen oleh dinas kabupaten pada awal bulan depan.
Termasuk berita pendidikan dengan alasa menulis cerpen termasuk dalam bidang pendidikan.

3. Bapak kepala sekolah kami baru saja menghadiri undangan pernikahan keluarganya di balai kelurahan.
Tidak termasuk informasi di bidang pendidikan dengan alasa kegiatan kepala sekolah saat itu tidak berkaitan dengan pendidikan

4. Bahan bangunan untuk pendirian sekolah itu berasal dari kabupaten lain.
Tidak termasuk informasi bidang pendidikan dengan alasan tidak ada hubungan langsung dengan pendidikan

5. Seminar bahaya narkoba sering diselenggarakan di sekolah-sekolah akhir-akhir ini.
Termasuk informasi bidang pendidikan dengan alasaa seminar tersebut diselenggarakan di sekolah.


B. Berdasarkan isinya, apa topik berita-berita di bawah ini: peristiwa alam (A), Peristiwa Sosial (S), Peristiwa Politik (P)

1. Telah terjadi gempa susulan di Dompu, Nusa Tenggara Barat. (A)

2. Kepala Dinas Pendidikan Kabupaten Pengantaran, Jawa Barat membuka lomba membaca puisi tingkat SMP. (S)

3. Menteri Tenaga Kerja dua hari yang lalu mengunjungi lokasi terjadinya demonstrasi para buruh di depan pabrik tekstil Aria Raga, Kota Jambi. (P)

4. Konflik Palestina–Israel menjadi bahasa utama pada seminar para menteri luar negeri di Bali kemarin. (P)

5. Siti Albarqah memenangi lomba menulis cerpen antarpelajar se-Kalimantan Barat.(S)



Kegiatan 1.1 Bahasa Indonesia SMP Kelas 8 yang Dimaksud dengan Berita

Kegiatan 1.1 Bahasa Indonesia SMP Kelas 8 SMP ini terdiri dari lima pertanyaan yang harus dijawab oleh peserta didik. Kegiatan ini terdapat dalam halaman 2. Silakan perhatikan soal dan jawabannya di bawah ini.



1. Yang dimaksud dengan berita adalah . . . .
2. Kegunaan berita bagi pelajar . . . .
3. Sumber-sumber informasi lisan meliputi . . . .
4. Kelebihan informasi yang disampaikan melalui televisi dibandingkan
dengan radio adalah . . . .
5. Macam-macam informasi yang disampaikan melalui radio/televisi
mencakup . . . .


Jawab: 

1. Pengertian berita menurut KBBI adalah cerita atau keterangan mengenai kejadian atau peristiwa yang hangat. Sedangkan menurut Wikipedia, berita adalah informasi baru atau informasi mengenai sesuatu yang sedang terjadi, disajikan lewat bentuk cetak, siaran, Internet, atau dari mulut ke mulut kepada orang ketiga atau orang banyak.

2. Kegunaan berita bagi pelajar sangat banyak, antara lain:
a. Menambah wawasan dalam berbagai bidang
b. Mengetahui perkembangan dunia
c. Memperdalam ilmu pengetahuan
d. Mengetahui situasi terkini
e. Membantu memproyeksikan cita-cita ke depan


3. Sumber informasi lisan meliputi:
a. Radio
b. Televisi
c. Video Online
d. Streaming di internet
e. Pidato
f. Seminar
g. Lokakarya
h. Proses belajar mengajar oleh guru

4. Kelebihan informasi yang disampaikan melalui televisi dibandingkan dengan radio antara lain:
a. Bisa melihat visual penyiarnya
b. Bisa melihat gambar / video pendukung informasi dengan jelas.
c. Tuna rungu bisa memahami berita di televisi jika ada penerjemah bahasa isyarat.
d. Lebih menyenangkan melihat tayangan televisi
e. Bisa menyaksikan siaran langsun secara audio visual


5. Macam-macam informasi yang disampaikan melalui radio/ televisi mencakup banyak bidang antara lain:

a. Informasi politik
b. Ekonomi dan keuangan
c. sosial budaya
d. gaya hidup
e. kriminal
f. hiburan



Jumat, 29 Maret 2019

Kegiatan 9.3 Bahasa Indonesia Kelas 8 Catatlah Informasi-Informasi penting

Pada kesempatan kali ini, kita akan mengerjakan soal pada kegiatan 9.3 Bahasa Indonesia Kelas 8 Semester 2. Soal tersebut terdapat pada halaman 239 . Untuk lebih lengkapnya silakan perhatikan soal-jawab di bawah ini.

A. Catatlah informasi-informasi penting dari salah satu buku yang telah kamu baca!
B. Jelaskanlah alasan penting informasi-informasi itu!



Jawab: 


Silakan tonton video di bawah ini




atau perhatikan tulisan di bawah ini


Judul Buku : 123 Ayat Tentang Seni
Penulis : Yapi Tambayong
Penerbit : Nuansa Cendekia


1. Informasi-informasi Penting : Tetapi pembenaran seni abstrak sudah dicetuskan lebih awal sebagai wacana filsafat sejak 400-an tahun sebelum tarikh Masehi.

Halaman: 121

Alasan Kepentingannya : Kalimat di atas memberikan pengertian kepada pembaca tentang seni abstrak yang ternyata sudah ada sejak 400-an tahun sebelum masehi.

2.  Informasi-informasi Penting : Mesopotamia, bagian hilir, antara dua sungai besar Tigris dan Eufrat adalah tempat manusia pertama Adam dan Hawa tinggal di sebuah taman bernama Eden.....
Halaman: 12
Alasan Kepentingannya : Pada kalimat ini pembaca diajak untuk mengetahui tempat di mana Nabi Adam tinggal bersama Hawa


3.  Informasi-informasi Penting : Pengenalan kita di Indonesia atas pengetahuan solmisasi setidaknya dimulai dalam praktik melalui sekolah paling pertama di Indonesia yang didirikan di Ambon
Halaman: 73

Alasan Kepentingannya : Kalimat di atas menunjukkan bahwa Ambon merupakan tempat di mana pengetahuan solmisasi dimulai.

4.Informasi-informasi Penting: Animasi, yaitu film dengan sosok-sosok tertentu yang terlebih dahulu dibuat gambar, dan setelah itu menjadi apa yang kita kenal sekarang sebagai film animasi,.
Halaman: 242
Alasan Kepentingannya : Kalimat di atas penting karena pembaca bisa mengetahui sejarah adanya animasi di dunia ini

5. Informasi-informasi Penting : Susastra lama melayu semuanya ditulis dengan huruf arab Gundul.
Halaman: 44
Alasan Kepentingannya : Pembaca mendapat informasi bahwa bahasa arab ternyata digunakan dalam susastra lama.

Menyimpulkan Ciri Surat Pribadi, Diskusikan Untuk Menyimpulkan Hal-Hal Berikut!

Tugas Menyimpulkan Ciri Surat Pribadi ini terdapat dalam buku Bahasa Indonesia Kelas 7 SMP/ MTs Kurikulum 2013 pada halaman 247. Peserta didik dimintat untuk menjawab soal sebagai berikut:



Diskusikan untuk menyimpulkan hal-hal berikut!
a) Mengapa seseorang menulis surat pribadi?
b) Bagaimanakah urutan menulis surat pribadi?
c) Mengapa menulis surat pribadi harus menyertakan salam pembuka, kalimat pembuka paragraf, dan kalimat penutup surat?
d) Apa saja tujuan yang mungkin diungkapkan dalam surat pribadi?
e) Apa ciri isi dalam surat pribadi?

Jawab:

b) Karena seseorang tersebut ingin berkomunikasi melalui surat dengan orang lain yang bersifat pribadi
b) Urutan menulis surat pribadi :

1. Tanggal surat, 
2. Alamat surat, 
3. Pembuka Surat
4. Pendahuluan, 
5. Isi, dan penutup surat, 
6. Nama pengirim surat atau juga tanda tangan

c) Karena menyertakan salam pembuka, menulis kalimat pembuka paragraf, dan kalimat penutup surat membuat surat yang kita tulis menjadi runtut, teratur dan memenuhi etiket.

d) Tujuan yang mungkin diungkapkan dalam surat pribadi antar lain:
1. menanyakan kabar, 
2. keperluan pribadi, 
3. dan tujuan komunikasi pribadi yang lain

e) Ciri surat pribadi :
1. Tidak terikat kaidah bahasa baku
2. Bisa menggunakan bahasa nonformal
3. Tidak menggunakan kop surat
4. Tidak memiliki nomor surat

Rabu, 27 Maret 2019

Kegiatan 9.6 Bahasa Indonesia Kelas 8 Buatlah Kalimat dengan Ungkapan

Kegiatan 9.6 Bahasa Indonesia Kelas 8 Semester 2 ini terdapat dalam buku Bahasa Indonesia bab 9 halaman 246 kurikulum 2013. Para peserta didik diminta untuk membuat kalimat dengan menggunakan ungkapan yang sudah ditentukan.




A. Buatlah kalimat dengan menggunakan ungkapan-ungkapan berikut!

1. berat hati
2. berat sebelah
3. besar kepala
4. besar mulut
5. tangan kanan
6. kaki tangan
7. panjang tangan
8. mata-mata
9. mata keranjang
10. mata hati

Jawab:

Silakan tonton video di bawah ini




atau perhatikan tulisan di bawah ini 


1. Dengan berat hati saya katakan, mulai hari ini anda resmi saya bebastugaskan demi kebaikan anda sendiri.
2. Keputusan wasit pertandingan karate di GOR tersebut dianggap berat sebelah oleh pihak yang kalah
3. Mungkin karena dianggap besar kepala, tokoh masyarakat itu ditinggalkan pendukungnya
4. Politikus bertubuh gemuk itu memang terkenal besar mulut namun tidak memiliki hasil kerja yang bagus.
5. Anto menjadi tangan kanan direktur karena kecerdasan dan loyalitas pada perusahaan.
6. Selama mengintai tentara musuh, Ratno tidak boleh ditangkap oleh kaki tangan musuh.
7. Rinto memang terkenal sebagai anak yang panjang tangan sehingga dijauhi teman-temannya.
8. Kecerdasannya memetakan situasi membuat ia menjadi mata-mata andalan tentara negara tersebut.
9. Pak Hardi tidak diperbolehkan mengikuti Reuni oleh istrinya karena sifatnya yang mata keranjang.
10. Kebaikan Intan hanya bisa dilihat oleh mereka yang memiliki ketajaman mata hati.

Kegiatan 9.2 Bahasa Indonesia Kelas 8 Perhatikan Kembali Halaman Index

Kegiatan 9.2 Bahasa Indonesia Kelas 8 SMP ini terdapat dalam buku pelajaran kurikulum 2013 Kelas 8 SMP/ Mts tepatnya pada halaman 238. Untuk lebih jelasnya silakan baca lebih lanjut soalnya di bawah ini.




A. Perhatikan kembali halaman indeks tersebut dengan baik. Kemudian, carilah jawaban dari pertanyaan-pertanyaan berikut!

1. Istilah drama digunakan dalam halaman berapa?
2. Kalau ingin mengetahui maksud dari topik kamu harus membuka
halaman berapa?
3. Istilah apa saja yang penggunaannya lebih banyak digunakan? Sebutkan
sekurang-kurangnya tiga istilah!
4. Pada halaman 199, kamu dapat menemukan istilah apa saja?
5. Ada banyak istilah kesastraan yang tercantum dalam halaman indeks
tersebut. Apa saja istilah tersebut dan pada halaman berapa dapat kamu
menjumpainya?

Jawab: 

Silakan tonton video di bawah ini




atau perhatikan tulisan di bawah ini 

1. 345-346
2. 210, 298, 299
3. informasi, istilah, kalimat
4. karangan, kesimpulan, tanggapan
5. bait—322, cerita pendek—343, 344, 347, dialog—321, 333, 431, novel—321, 322, 325, pantun—321,paragraf—235, puisi—320, 389


B. Bacalah sebuah buku yang berindeks. Berdasarkan indeks tersebut tentukanlah sepuluh kata atau istilah yang menurutmu penting untuk dipahami. Catatlah nomor halaman, arti, beserta informasi yang berkenaan dengan kata/istilah tersebut.

Judul Buku: 123 Ayat Tentang Seni
Penulis: Yapi Tambayong

1. Kata/ Istilah: Abstrak
Halaman: 121
Informasi yang disampaikan: pembenaran seni abstrak sudah dicetuskan lebih awal sebagai wacana filsafat......
Arti : tidak berwujud; tidak berbentuk; mujarad; 

2. Kata/ Istilah: Adam
Halaman: 12,13
Informasi yang disampaikan:
a. Di sebelah timur Eden pada kemudian hari menjadi tempat tinggal putra pertama adam.
b. Eden merupakan tempat tinggal putra adam.
Arti: nama manusia laki-laki pertama yang dijadikan oleh Tuhan

3.  Kata/ Istilah: Ambon
Halaman: 73
Informasi yang disampaikan: sekolah paling pertama yang didirikan di Ambon
Arti: Ibukota Provinsi Maluku

4. Kata/ Istilah: Analogi
Halaman: 70
Informasi yang disampaikan: "..analogi,trilogi, fraselogi di lain pihak.
Arti: persamaan atau persesuaian antara dua benda atau hal yang berlainan; kias

5. Kata/ Istilah: Animasi
Halaman: 242
Informasi yang disampaikan: ..Ini sudah diindonesiakan menjadi animasi.
Arti: acara televisi yang berbentuk rangkaian lukisan atau gambar yang digerakkan secara mekanik elektronis sehingga tampak di layar menjadi bergerak

6. Kata/ Istilah: Arab
Halaman: 44
Informasi yang disampaikan: Pada serapan kata bahasa Arab
Arti: Sebuah suku di timur tengah

7. Kata/ Istilah: Rhoma Irama
Halaman: 98
Informasi yang disampaikan: Ini dapat disimak pada lagu dangdut Rhoma Irama.
Arti: Penyanyi musik dangdut Indonesia

8. Kata/ Istilah: Babilonia
Halaman: 12,15
Informasi yang disampaikan:
a. Di mana lokasi Sumeria, Babilonia,
b. Nabi berasal dari kata bahasa Akad di Babilonia Utara.
Arti: negara kuno di Irak

9. Kata/ Istilah: Batak
Halaman: 40
Informasi yang disampaikan:..Berbeda dengan Batak
Arti : suku bangsa di daerah Sumatra Utara

10. Kata/ Istilah: Beatles
Halaman: 102
Informasi yang disampaikan: ...kemudian Beatles yang dikagumi karena kejeniuasannya.
Arti : Kelompok pemusik beraliran Rock dari Inggris.


Kegiatan 8.6 Bahasa Indonesia Kelas 8 Cermatilah Kaidah atau Fitur-fitur kebahasaan

Kegiatan 8.6 ini terdapat dalam buku bahasa Indonesia Kelas 8 untuk SMP/ Mts Kurikulum 2013 pada halaman 220. Peserta didik diminta untuk mengerjakan soal sebagai berikut

1. Cermatilah kaidah atau fitur-fitur kebahasaan yang ada pada salah satu teks drama pada pelajaran sebelumnya.
2. Bersama empat orang teman, catatlah kaidah-kaidah kebahasaan yang menandai teks drama tersebut!



Jawab :

Judul Drama: Menanti (halaman 210-211)

Kaidah Kebahasaan:

a. Kalimat langsung (Ada)
Keterangan/ Kutipan teks :
1. ”Sudah jam setengah delapan lewat. Ke mana perginya, Anhar?”
2. ”Ya, Kak...”
3. " Ke mana katanya, Anhar tadi?”
4. "Mau mancing ke tempat kita mendapat ikan besar dulu, Kak.”
5.  "”Kenapa kau bolehkan saja? Kalau ayah dan ibu tahu, tentu akan marah.”
6. dst.

b. Kata ganti (Ada)
Keterangan/ kutipan teks:
1. ”Itulah. Kakak takut ia kehujanan. Akan kususul ia ke sana.”
2. ”Kau tahu, kau tahu itu bahaya?”
3. "Ah, kamu. Ada, ada setannya, tahu?”

c. Kata tidak baku (ada)
Keterangan/ kutipan teks: mancing

d. Kosakata percakapan (ada)
Keterangan/ kutipan teks :
1. ”Ah, kamu. Ada, ada setannya, tahu?”
2. ”Aaah, Kak Amran. Jangan begitu ah.."
3.  ”Au, tolong, Kak!”


e. Konjungsi temporal (tidak ada)
Keterangan/ kutipan teks: -

f. Kata kerja (ada)
keterangan/ kutipan teks:
1. mancing
2. melihat
3. berdiri
4. berjalan
5. melompat
6. mengangkat
7. diam
8. mendengar
9. ditinggal
10. keluar

g. Kata sifat (ada)
Keterangan/ kutipan teks:
1. marah
2. kesal
3. bingung
4. berani
5. kaget
6. ketakutan


h. Kalimat seru (ada)
Keterangan/ kutipan teks:
1. "Au, tolong, Kak!”

i. Kalimat perintah (ada)
Keterangan/ kutipan teks:
1.  Ayo ke belakang sana

j. Kalimat tanya (ada)
Keterangan/ kutipan teks:
1. ”Kak, Kak...! Ada apa, Kak?”
2. ”Hah...suara apa itu?”
3. ”Ada yang jaga, Kak? 
4.  ”Ah, kamu. Ada, ada setannya, tahu?” 
5. Siapa saja boleh mancing di situ, kan?”
6. Ke mana perginya, Anhar?”
7. Ke mana katanya, Anhar tadi?” 

Selasa, 26 Maret 2019

Kegiatan 9.1 A Bahasa Indonesia Kelas 8 Termasuk Jenis Teks Apakah

Kegiatan 9.1 terdapat pada buku pelajaran Bahasa Indonesia SMP Kelas 8 Kurikulum 2013 halaman 235. Peserta didik diminta mengerjakan soal yaitu sebagai berikut.



Kegiatan 9.1. A. Termasuk bagian dari jenis teks apakah cuplikan di bawah ini: fiksi atau nonfiksi? Kemukakanlah alasan-alasannya! Diskusikan masalah-masalah itu secara berkelompok!

1. Orang-orang yang kebetulan melewati jalan itu sepertinya selalu ingin berhenti. Mereka ingin mengetahui sesuatu yang telah terjadi di sana. Orang yang lalu lalang ingin langsung melihat keadaan ibu itu. Dia terlihat lemah.Badannya yang hanya rangka dan kulit ditutupi kaus berwarna hitam dan
celana cokelat yang lusuh. Bibirnya kering, pecah-pecah hampir terkelupas. Napasnya terengah-engah dan tampak payah. Lalu, seorang ibu datang memecahkan keriuhan suasana, membawa segelas air. Ibu itu membangunkan badannya sampai dia terduduk. Kemudian, air itu diberikan kepadanya.
Sesudah itu dia mengangguk dan mengucapkan terima kasih.

2. Begitulah Anya setiap harinya. Ia gemar belanja. Hal itu bermula ketika ia sering diejek temannya karena dibilang anak pingit. Setiap pulang sekolah, ia langsung pulang dan tak pernah kumpul-kumpul di warung bakso apalagi jalan-jalan ke pertokoan. Baru setelah Irene mentraktir Anya makan di sebuah pusat perbelanjaan, ia mulai tertarik. Seterusnya ia kecanduan. Akan tetapi, akhir-akhir ini, kegemarannya tersebut telah membuatnya begitu boros. Pernak-pernik maupun aksesoris-aksesoris yang sebenarnya tidak ia butuhkan, tetap diborong dengan alasan gengsi.

Jawab:

Silakan tonton video di bawah ini




atau perhatikan tulisan di bawah ini 

1. Teks Fiksi. Dengan alasan, teks tersebut kental dengan imajinasi penulis dalam menggambarkan situasi. Selain itu, teks tersebut tidak bisa dikategorikan sebagai nonfiksi karena teks tersebut tidak mencantumkan data-data yang menjadi ciri khas teks nonfiksi.

2. Teks Fiksi. Dengan alasan yang kurang lebih sama, kita juga tidak bisa memasukkan teks tersebut ke dalam teks nonfiksi karena tidak memenuhi syarat 5W 1 H.

Senin, 18 Maret 2019

Kegiatan 8.5 Bahasa Indonesia Kelas 8 Jelaskan Struktur Teks Drama Berikut

Kegiatan 8.5 ini terdapat dalam buku Bahasa Indonesia Kurikulum 2013 halaman 214. Materi dalam pelajaran tersebut masih berkutat tentang drama. Pertanyaan dari kegiatan 8.5 tersebut yaitu sebagai berikut.



A. Jelaskan struktur teks drama berikut bersama kelompokmu. Tunjukkan bagian-bagiannya
secara sistematis, yang meliputi prolog, orientasi, komplikasi, resolusi, dan epilognya. Simpulkanlah tentang lengkap-tidaknya bagian- bagiannya itu!

Jawab: 

Silakan tonton video di bawah ini




atau perhatikan tulisan di bawah ini



Prolog = Pagi-pagi, suasana di kelas IX SMP Sambo Indah cukup ramai. Bermacam-macam
tingkah kegiatan mereka. Ada yang mengobrol, ada yang membaca buku. Ada pula yang keluar masuk kelas.

Orientasi =
Siang hari. Anak-anak SMP Sambo Indah pulang sekolah, Inka mendatangi Arga.

Hari berikutnya, sewaktu istirahat pertama.

Di perjalanan, hari sudah siang. Inka dan Gendis berjalan kaki pulang
sekolah. Tiba-tiba di belakang mereka terdengar bunyi bel sepeda berdering-dering.

Komplikasi =

Inka : ”Arga, kenapa sih kamu selalu usil? Kenapa kamu selalu mengejek
aku? Memangnya kamu suka kalau diejek?” (cemberut)
Agra : (Tertawa-tawa) ”Aduh…maaf deh! Kamu marah ya, In?”
Inka : ”Iya dong. habis…kamu nakal. Kamu memang sengaja mengejek
aku kan, biar anak-anak sekelas menertawakan aku.”
Agra : ”Wah…jangan marah dong, aku kan cuma bercanda. Eh, katanya
marah itu bisa menghambat pertumbuhan gigi, nanti kamu
giginya dua terus, hahaha…”

Agra : (Duduk tidak jauh dari Gendis) ”Dis, nama kamu kok
bagus sih. mengeja nama Gendis itu gimana?”
Gendis : ”Apa sih, kamu mau mengganggu lagi, ya? Beraninya cuma
sama anak perempuan.”
Agra : ”Aku kan cuma bertanya, mengeja nama Gendis itu gimana.
Masak gitu aja marah.”
Gendis : ”Memangnya kenapa sih? (Curiga) Gendis ya mengejanya
G-E-N-D-I-S dong!”
Agra : ”Haaa…kamu itu gimana sih Dis. Udah SMP kok belum
bisa mengeja nama sendiri dengan benar. Gendis itu
mengejanya G-E-M-B-U-L. Itu kayak pamannya Bobo,
hahaha….”


Resolusi = (Bicara sendiri) ”Ternyata kalau aku nggak nakal, sahabatku
tambah banyak,” pikir Arga. ”Ternyata juga, punya banyak sahabat itu menyenangkan. Kalau mereka ulang tahun kan aku jadi sering ditraktir, hihihi….”

Epilog = Arga betul-betul menepati janjinya. Sejak kejadian itu, ia tak pernah mengganggu teman-temannya lagi. Arga pun jadi punya banyak sahabat, termasuk Inka dan Gendis. Mereka sering mengerjakan PR dan belajar bersama.


Kesimpulan: Struktur teks drama dalam drama di atas cukup lengkap.



Disclaimer= Jawaban di atas berdasarkan pengetahuan penulis. Untuk itu silakan diskusikan lebih lanjut dengan gurumu.