Showing posts with label Kelas 8 Bab 8. Show all posts
Showing posts with label Kelas 8 Bab 8. Show all posts

Monday, March 18, 2019

Kegiatan 8.5 Bahasa Indonesia Kelas 8 Jelaskan Struktur Teks Drama Berikut

Kegiatan 8.5 ini terdapat dalam buku Bahasa Indonesia Kurikulum 2013 halaman 214. Materi dalam pelajaran tersebut masih berkutat tentang drama. Pertanyaan dari kegiatan 8.5 tersebut yaitu sebagai berikut.



A. Jelaskan struktur teks drama berikut bersama kelompokmu. Tunjukkan bagian-bagiannya
secara sistematis, yang meliputi prolog, orientasi, komplikasi, resolusi, dan epilognya. Simpulkanlah tentang lengkap-tidaknya bagian- bagiannya itu!

Jawab: 

Prolog = Pagi-pagi, suasana di kelas IX SMP Sambo Indah cukup ramai. Bermacam-macam
tingkah kegiatan mereka. Ada yang mengobrol, ada yang membaca buku. Ada pula yang keluar masuk kelas.

Orientasi =
Siang hari. Anak-anak SMP Sambo Indah pulang sekolah, Inka mendatangi Arga.

Hari berikutnya, sewaktu istirahat pertama.

Di perjalanan, hari sudah siang. Inka dan Gendis berjalan kaki pulang
sekolah. Tiba-tiba di belakang mereka terdengar bunyi bel sepeda berdering-dering.

Komplikasi =

Inka : ”Arga, kenapa sih kamu selalu usil? Kenapa kamu selalu mengejek
aku? Memangnya kamu suka kalau diejek?” (cemberut)
Agra : (Tertawa-tawa) ”Aduh…maaf deh! Kamu marah ya, In?”
Inka : ”Iya dong. habis…kamu nakal. Kamu memang sengaja mengejek
aku kan, biar anak-anak sekelas menertawakan aku.”
Agra : ”Wah…jangan marah dong, aku kan cuma bercanda. Eh, katanya
marah itu bisa menghambat pertumbuhan gigi, nanti kamu
giginya dua terus, hahaha…”

Agra : (Duduk tidak jauh dari Gendis) ”Dis, nama kamu kok
bagus sih. mengeja nama Gendis itu gimana?”
Gendis : ”Apa sih, kamu mau mengganggu lagi, ya? Beraninya cuma
sama anak perempuan.”
Agra : ”Aku kan cuma bertanya, mengeja nama Gendis itu gimana.
Masak gitu aja marah.”
Gendis : ”Memangnya kenapa sih? (Curiga) Gendis ya mengejanya
G-E-N-D-I-S dong!”
Agra : ”Haaa…kamu itu gimana sih Dis. Udah SMP kok belum
bisa mengeja nama sendiri dengan benar. Gendis itu
mengejanya G-E-M-B-U-L. Itu kayak pamannya Bobo,
hahaha….”


Resolusi = (Bicara sendiri) ”Ternyata kalau aku nggak nakal, sahabatku
tambah banyak,” pikir Arga. ”Ternyata juga, punya banyak sahabat itu menyenangkan. Kalau mereka ulang tahun kan aku jadi sering ditraktir, hihihi….”

Epilog = Arga betul-betul menepati janjinya. Sejak kejadian itu, ia tak pernah mengganggu teman-temannya lagi. Arga pun jadi punya banyak sahabat, termasuk Inka dan Gendis. Mereka sering mengerjakan PR dan belajar bersama.


Kesimpulan: Struktur teks drama dalam drama di atas cukup lengkap.



Disclaimer= Jawaban di atas berdasarkan pengetahuan penulis. Untuk itu silakan diskusikan lebih lanjut dengan gurumu.

Saturday, March 16, 2019

Kegiatan 8.4 Bahasa Indonesia Kelas 8 Semester 2

Kegiatan 8.4 Bahasa Iindonesia  ini terdapat dalam buku Bahasa Indonesia Kelas Kelas 8 Semester 2 Kurikulum 2013 halaman 210. Silakan simak soal dan jawabnya di bawah ini.



A.
1. Bacalah teks drama di bawah ini!

(Panggung menggambarkan ruang depan. Di kanan, jendela kaca tertutup. Sebelah belakang, ada pintu menuju ruang dalam. Ada beberapa gambar tua dan jam dinding, sebuah meja dan beberapa kursi. Pukul setengah delapan malam. Di luar angin kencang bertiup dan sekali-kali terlihat cahaya kilat). (Amran gelisah dan mondar-mandir, sekali-kali melihat jam).
Amran : (Bicara sendiri)
”Sudah jam setengah delapan lewat. Ke mana perginya, Anhar?”
(melihat ke pintu dalam).
Gunadi : (Masih di dalam)
”Ya, Kak...” (keluar menemui Amran).
Amran : (Duduk)
”Ke mana katanya, Anhar tadi?”
Gunadi : ”Mau mancing ke tempat kita mendapat ikan besar dulu, Kak.”
Amran : ”Kenapa kau bolehkan saja? Kalau ayah dan ibu tahu, tentu akan
marah.”

(Berdiri dan berjalan pelan) ”Kau tahu, kau tahu itu bahaya?”
Gunadi : ”Bahaya apa, Kak?”
Amran : (Berdiri di jendela)
”Tempat itu ada penunggunya.”
Gunadi : ”Ada yang jaga, Kak? Itu kan kali biasa, masa ada yang
memilikinya. Siapa saja boleh mancing di situ, kan?”
Amran : (Kesal)
”Ah, kamu. Ada, ada setannya, tahu?”
Gunadi : (Ketakutan)
”Aaah, Kak Amran. Jangan begitu ah.... Saya takut.”
(Gunadi melihat ke kiri dan kanan).
(Di luar kilat memancar terang. Kemudian, petir menggelegar).
Gunadi : (Terkejut dan melompat)
”Au, tolong, Kak!”
Amran : (Ke dekat adiknya)
”Ada apa, Gun?”
Gunadi : ”Tidak apa-apa kak, saya hanya kaget saja. Tapi....(ragu-ragu)
apakah Anhar tidak apa-apa, Kak?”
Amran : ”Itulah. Kakak takut ia kehujanan. Akan kususul ia ke sana.”
Gunadi : ”Jangan, kak. Saya takut tinggal sendiri di rumah.”
Amran : ”Ayolah ikut, kita kunci saja rumah.”
Gunadi : ”Tapi kak....tapi jalan ke sana gelap, saya tidak berani ikut.”
Amran : (Kesal dan bingung)
”Habis bagaimana? Ditinggal tidak berani, diajak juga takut.
Anhar kan harus dicari!”
(Diam dan mendengar sesuatu). ”Hah...suara apa itu?”

Gunadi : (Mendekap Amran)
”Kak, Kak...! Ada apa, Kak?”
(Pintu depan terbuka. Anhar berdiri memegang kail dan ikan kecil-kecil).
Anhar : (mengangkat ikannya)
”Lihat, Kak. Lihat banyak, ya....”
Amran : (Tersenyum tapi agak kesal)
”Kamu anak nakal. Ayo ke belakang sana. Membuat orang
bingung.”

2. Jawablah pertanyaan-pertanyaan berikut!
a. Bercerita tentang apakah drama ”Menanti”?
b. Bagaimana sikap Amran begitu mengetahui Anhar belum pulang?
c. Ke manakah perginya Anhar?
d. Apa yang dilakukan Anhar ketika ia pergi?
e. Bagaimana sikap Amran dan Gunadi ketika Anhar pulang?

Jawab:
a. Kekhawatiran seorang kakak terhadap adiknya yang tidak segera pulang.
b. Gelisah
c. Ke tempat pemancingan di mana Gunadi dan Amran mendapat ikan besar.
d. Memancing ikan
e. Tersenyum tapi agak kesal.

Thursday, February 28, 2019

Kegiatan 8.2 Bahasa Indonesia Kelas 8 Bacalah Kembali Contoh Teks Drama

Kegiatan 8.2 ini terdapat dalam buku bahasa Indonesia kurikulum 2013 kelas 8 SMP halaman 207. Peserta didik diminta untuk menjawab pertanyaan-pertanyaan di bawah ini berdasarkan teks yang terdapat pada halaman 200 - 202.




1. Bacalah kembali contoh teks drama di atas!
2. Bersama 4–6 orang teman, diskusikankah unsur-unsur pembangun
drama tersebut!
3. Simpulkan pula unsur-unsur teks tersebut berdasarkan daya tariknya!
4. Sajikanlah hasil diskusi kelompokmu dalam format sebagai berikut.

Jawab : 

Unsur-unsur
a. Tema: Setiap orang memiliki kelebihan dan kekurangan.
b. Amanat: Jika mencintai seseorang, kita harus menerima kelebihan dan kekurangannya.
c. Alur: Pemuda pengembara datang ke kerajaan dan menemui Pangeran yang sedang melamun di taman istana -  Teo (pengembara) menanyakan kepada pangeran mengapa pangeran bingun mencari istri -  Pangeran mengatakan ia belum menemukan wanita yang sempurna - Pengembara menunjukkan kepada pangeran bahwa nelayan, petani dan nelayan memiliki istri masing-masing dengan kelebihan dan kekurangan - Akhirnya pangeran bersedia menikah dengan orang yang dicintainya dengna kelebihan dan kekurangannya.

d. Penokohan :
Tokoh utama: Pangeran dan Teo/ Putri Rosa/ pengembara
Tokoh pembantu : nelayan dan istri, petani dan istri, dan pelayan dan istri

e. Dialog:  Ada wawancaraa antar tokoh.

f. Latar:
Latar tempat : di istana, pantai, rumah nelayan, rumah petani.

g. Bahasa: bahasa Indonesia yang diterjemahkan dari bahasa asing.

h. Kesimpulan: pendapat pribadi bisa berubah jika ada penyampaian pendapat dengan menunjukkan fakta-fakta yang dilakukan oleh orang lain.

Sunday, February 17, 2019

Kegiatan 8.1 Bahasa Indonesia Kelas 8 tentang Drama

Kegiatan ini terdapat dalam buku pelajaran bahasa Indonesia kelas 8 untuk SMP/ MTs kurikulum 2013 pada halaman 204. Silakan disimak.



A. Jawablah pertanyaan-pertanyaan berikut!
1. Apa yang dimaksud dengan drama?
Jawab: Suatu teks yang menggambarkan kehidupan dan watak manusia melalui tingkah laku (akting) yang dipentaskan.

2. Bagaimana ciri-ciri umum drama?
Jawab: 
(1) Berupa cerita.
(2) Berbentuk dialog.
(3) Bertujuan untuk dipentaskan.
3. Samakah drama dengan sandiwara?
Jawab: sama
4. Jelaskanlah maksud dari tonil!
Jawab: Istilah tonil berasal dari bahasa Belanda toneel, yang artinya ’pertunjukan’. Istilah ini populer pada masa penjajahan Belanda.
5. Artikan pula istilah-istilah berikut: lenong, ludruk, ketoprak, pantomim, teater!
Jawab: 
Lenong: Pertunjukan sandiwara dengan iringan gambang kromong (di Jakarta)
Ludruk: kesenian rakyat Jawa Timur berbentuk sandiwara yang dipertontonkan dengan menari dan menyanyi.
Ketoprak: Sandiwara tradisional Jawa, biasanya memainkan cerita lama dengan iringan musik gamelan, disertai tari-tarian dan tembang.
Pantomim:  Pertunjukan drama tanpa kata-kata yang dimainkan dengan gerak dan ekspresi wajah (biasanya diiringi musik)
Teater:  pementasan drama sebagai suatu seni atau profesi