Rabu, 20 Januari 2021

Bacalah Kembali Kutipan Novel Laskar Pelangi di Atas. Kemudian, Datalah Bagian-Bagian yang Menarik

Kunci jawaban dari beberapa pertanyaan dalam buku Bahasa Indonesia Kelas 12 SMA/SMK/MA/MAK Kurikulum 2013 terbitan kemendikbud bab 6 halaman 205. Peserta didik diminta mengerjakan soal dengan benar.

Agar lebih jelas, sila perhatikan soal dan jawaban di bawah ini !


Soal

Tugas

Bacalah kembali kutipan novel Laskar Pelangi di atas. Kemudian, datalah bagian-bagian yang menarik untuk disoroti, misalnya penggunaan bahasa, kriteria pemilihan tokoh, bersekolah, dan sebagainya. Pilihlah satu bagian saja. Kemudian, buatlah kalimat esainya.

Jawab:


Silakan tonton video di bawah ini



atau perhatikan tulisan di bawah ini

Saya memilih penggunaan bahasa. Dalam paragraf satu, Andrea Hirata menulis, " Sebatang pohon tua yang riang meneduhiku."

Nampak jelas, penulis menggunakan majas personifikasi. Penulis menggunakan majas yang menggunakan sifat-sifat manusia ke dalam sifat pohon tua. Bagi saya, penulisan hal tersebut akan membuat sebuah karya sastra menjadi lebih menarik.

Contoh Esai:

Siang ini, pertengahan bulan juni, sinar matahari menyengat bumi di mana aku berpijak. Jarak sekolah ke rumah kurang lebih satu kilometer. Mungkin karena lelah menerima pelajaran di sekolah, tiba-tiba badanku terasa lemas. Beruntung, ada tempat teduh di pinggir jalan. Sambil minum air dari botol, aku berhenti, sebatang pohon tua yang riang meneduhiku.

Artikel Terkait