Selasa, 03 Maret 2020

Analisislah Kaidah Kebahasaan Teks Biografi George Saa, Tandai Kaidah Bahasa

Soal dan jawaban dari tugas dalam buku Bahasa Indonesia kelas 10 SMA/ SMK/ MA/ MAK kurikulum 2013 terbitan kemendikbud bab 7 halaman 236. Dalam buku ini, peserta didik diminta mengerjakan soal tentang analisis kaidah kebahasaan.

Agar lebih jelas, sila perhatikan soal dan jawaban di bawah ini



Soal

Tugas 1
Analisislah kaidah kebahasan teks biografi George Saa! Tandai kaidah bahaa yang kamu temukan dengan garis bawah. Kerjakanlah seperti contoh dengan menggunakan kolom-kolom berikut ini. Kamu boleh menambahkan kolomnya sesuai dengan kebutuhan. Kerjakan di buku tugas.


Jawab:

Silakan tonton video di bawah ini




atau perhatikan tulisan di bawah ini

1. Kutipan Teks:
Ia dikenal sebagai Sang Jenius dari Papua. Ia lahir di Manokwari pada 22 Sepember 1986. Sejak kecil, dia sering tinggal berpindah-pindah mengikuti orangtuanya. Bahkan, tak jarang dia hidup terpisah dari orangtua. Dia adalah seorang pemenang lomba Step to Noel Prize in Physics pada tahun 2004 dari Indonesia. Makalahnya berjudul infinitite Triangle and Hexagonal Lattice Netrowk Of Identical Resisto. RUmus penghitung hambatan antara Dua Titik Rangkaian Resistor yang ditemukannya diberi namanya sendiri yaitu "George Saa Formula"

Analisis:
a. Kata ganti yang digunakan adalah ia, -nya, dan dia.
b. Kata kerja tindakan antara lain: berpindah-pindah
c. Kata kerja deskriptif :
d. Kata kerja pasif: ditemukannya
e. Kata sambung yang menyatakan hubungan waktu:  pada


2. Kutipan teks:

Prestasi pemuda berusia 19 tahun ini sangat mengagumkan. Rumus yang ditemukannya berhasil memenangkan First Step to Nobel Prize in Physic yang mengungguli ratusan paper dari 73 negara yang masuk ke meja juri. Para juri yang terdiri atas 30 jawara fisika dari 25 negara itu hanya membutuhkan waktu tiga hari untuk memutuskan pemuda 17 tahun asal Jayapura ini menggondol emas.

Analisis:
a. Kata ganti yang digunakan adalah -nya, pemuda
b. Kata kerja tindakan
c. kata sifat; mengagumkan
d. kata kerja pasif: ditemukannya
e. kata kerja mental: menggondol

Artikel Terkait