Kamis, 23 Mei 2019

Tabel 1.3. Pancasila Sebagai Dasar Negara dan Pandangan Hidup

Soal dan jawaban dari aktivitas 1.3 Buku Pendidikan kewarganegaraan kelas 8 SMP/ MTsTabel 1.3 Pancasila sebagai dasar negara dan pandangan hidup. Peserta didik diminta untuk mengerjakan beberapa soal berdasarkan teks yang sudah tertulis sebelumnya.

Untuk lebih lengkapnya, silakan simak soal dan jawaban di bawah ini.




1. Aspek Informasi: Perbedaan arti Pancasila sebagai dasar negara dan Pandangan Hidup
Uraian: Perbedaan Pancasila sebagai dasar negara dan sebagai pandangan hidup. Pancasila sebagai dasar negara berarti Pancasila dijadikan dasar dalam penyelenggaraan negara. Pancasila sebagai pandangan hidup berarti Pancasila dijadikan pedoman dalam tingkah laku dalam kehidupan bermasyarakat berbangsa dan bernegara.

2. Aspek informasi :Fungsi dan Peran Pancasila sebagai dasar negara dan pandangan hidup.
Uraian: Fungsinya sebagai dara negara yang mendasari Pasal-pasal dalam UUD Negara Republik Indonesia Tahun 1945 dan menjadi cita-cita hukum yang dituangkan dalam peraturan perundang-undangan.

3. Aspek informasi: manfaat pancasila sebagai dasar negara dan pandangan hidup
Uraian:Pancasila memiliki manfaat yaitu berperan sangat penting dalam mengatur kehidupan berbangsa dan bernegara. Kehidupan yang diharapkan adalah kehidupan masyarakat yang merdeka, bersatu berdaulat adil dan makmur seperti dinyatakan dalam pembukaan UUD Negara Republik Indonesia Tahun 1945

4. Akibat jika tidak memiliki dasar negara dan pandangan hidup:
Uraian: ibarat sebuah bangunan yang tidak memiliki fondasi dan tujuan dibuatnya bangunan tersebut, sebuah negara akan segera runtuh dan tidak bisa memberi manfaat bagi warga negaranya.

Artikel Terkait