Kamis, 09 November 2017

Hati Hati Penipuan Link New Colors di WhatsApp !



Memiliki perangkat ponsel pintar memang harus selektif saat memilih dan memilah informasi. Baru-baru ini, beredar informasi dalam aplikasi WhatsApp berisi link disertai tulisan seperti, "New Colors for WhatsApp, Choose your favorite color". Link tersebut adalah link shortener http://x.co/6lsC9. yang mengarah ke situs http://wp8.link.color.

Setelah dilakukan penelusuran oleh pihak yang berkompeten dalam bidang IT, link tersebut adalah penipuan atau dengan kata lain, bukan link resmi dari WhatsApp

Dilansir dari CNNIndonesia.com, kabar penipuan menggunakan aplikasi WhatsApp kembali muncul. Kali ini penipuan terjadi dengan modus menawarkan aplikasi WhatsApp dengan warna baru untuk iOS, Windows, Android, dan BlackBerry.


Modus tersebut bekerja dengan menyebar pesan berantai melalui grup WhatsApp. Ahli keamanan dari Vaksincom, Alfons Tanujaya, mengatakan penipuan ini dilakukan untuk mendulang uang.

Ciri-ciri modus WhatsApp warna baru adalah penggunaan pemendek tautan (URL shortener) Go Daddy. Dalam modus itu, penipu meminta pesannya disebarkan kembali ke 10 kontak atau 5 grup WhatsApp sebelum mengaktifkan fitur baru WhatsApp yang mereka janjikan.



Dari pengamatan Alfons, tampilan situs web yang dirujuk oleh pesan berantai itu cukup meyakinkan baik berkat penggunaan jenis huruf yang digunakan.

Ponsel mereka yang terlanjur terjebak dengan iklan itu akan sendirinya memasang berbagai aplikasi seperti Fast Cleaner hingga Opera Mini. Selain itu akan muncul pula pemberitahuan palsu yang menyatakan ponsel dalam kondisi bahaya.

Pemerhati keamanan cyber Alfons Tanujaya yang sekaligus pendiri Vaksincom menyarankan para pengguna WhatsApp untuk tidak mengklik scam yang beredar dan bagi Anda yang sudah menjadi korban, harap menginformasikan kepada rekan/grup yang Anda kirimkan untuk berhati-hati terhadap konten scam ini.

Hati-Hati dengan Link Shortener

Dengan memperhatikan apa yang disampaikan oleh Alfons, pengguna ponsel pintar sebaiknya mengedepankan sikap hati-hati ketika menerima informasi yang disajikan dalam bentuk pemendek link (link shortener). Menurut Alfons, dalam kasus peniupan New Colours di atas, tujuan dari penggunaan pemendek tautan/URL Shortener adalah untuk mengantisipasi pemblokiran oleh WhatsApp dimana jika diblokir, maka pembuat scam tinggal .membuat URL Shortener baru yang tetap mengarah pada situs penipuan yang telah dipersiapkan.

sumber : https://www.cnnindonesia.com/teknologi/20170519182712-185-216028/waspada-modus-penipuan-whatsapp-dengan-warna-baru/
Pesan Sponsor


EmoticonEmoticon