Jumat, 06 Oktober 2017

Cara Membaca dan Download Rapor Mutu Sekolah pada pmp.Dikdasmen.Kemdikbud.go.id

PMP merupakan kependekan dari Peta Mutu Pendidikan. Merupakan kegiatan untuk memetakan mutu pendidikan di berbagai satuan pendidikan di bawha naungan Kemdikbud. Pengumpulan data peta mutu ini diperlukan agar setiap satuan pendidikan dapat mengidentifkasi kekuatan dan kelemahan masing-masing berkaitan dengan pencapaian Standar Nasional Pendidikan (SNP), sehingga dapat dilakukan perbaikan-perbaikan untuk mencapai dan bahkan melampaui SNP.

Para guru, murid, komite, pengawas dan para stakeholder yang terlibat dalam PMP diwajibkan untuk mengisi kuisioner dan harus dikerjakan dengan sejujur-jujurnya. Diperlukan kesabaran yang berlimpah sebab jumlah kuisioner yang diisi cukup kejam jumlahnya. Batas akhir pengiriman PMP adalah hingga tanggal 20 Oktober 2017 pukul 23:59.

Pihak sekolah diharap segera mengirim sebelum tanggal yang ditentukan tersebut, karena nanti setiap sekolah akan menerima rapor Mutu Sekolah . Lalu bagi  yang sudah berhasil melakukan pengiriman data PMP 2017 secara online melalui aplikasi PMP sekolah masing-masing, Anda (pihak sekolah) termasuk Admin Kabupaten sudah dapat Membaca dan Mendownload Peta atau Rapor Mutu Sekolah Melalui Aplikasi PMP pada Laman pmp.dikdasmen.kemdikbud.go.id

Berikut ini langkah-langkah Cara Membaca dan Download Peta Rapor Mutu Sekolah Melalui laman pmp.dikdasmen.kemdikbud.go.id

Pertama login ke halaman https://pmp.dikdasmen.kemdikbud.go.id/login



Masukan Email dan Password dapodik, akan muncul tampilan seperti di bawah ini.



Ada sembilan menu yang dipilih yaitu :

1. Info Kategori Capaian
2. Unduh Excel
3. Rapor Mutu
4. Validasi kuisioner
5. Rekap Sekolah
6. Log Pengiriman
7. Profil Sekolah
8. Profil Pengguna
9. Logout

Selain itu pada bagian bawah juga terdapat menu seperti di bawah ini



Untuk mengetahui Capaian sekolah Anda atau Rapor Mutu Sekolah Anda silahkan Klik fitur Standar, Indikator dan Sub Indikator.
Jika kita mengklik Standar maka akan tampil Rapor Mutu Sekolah Perstandar,
Jika Anda mengklik Indikator maka akan muncul Rapor Mutu Sekolah perindikator,
Jika kita mengklik Subindikator maka akan muncul rapor mutu perindikator

Demikian info cara baca dan cara download Rapor Mutu Sekolah. Tulisan ini sifatnya hanya berbagi dan dokumentasi karena saya percaya kawan-kawan operator tidak akan mengalami kesulitan saat mengerjakan tugas yang berkaitan dengan PMP.

Artikel Terkait