Kamis, 24 Agustus 2017

Persyaratan Pendaftaran Tenaga Pendamping Profesional Desa 2017

Berikut ini persyaratan Rekrutmen Tenaga Pendamping Profesional Desa tahun 2017 berdasarkan Panduan teknis (juknis) rekrutmen Pendamping Profesional Desa tahun 2017.

Persyaratan Rekrutmen Pendamping Lokal Desa (PLD) Tahun 2017
•          Latar belakang pendidikan minimal Sekolah Lanjutan Tingkat Atas (SLTA) atau sederajat;
•          Memiliki pengalaman kegiatan pembangunan desa dan/atau pemberdayaan  masyarakat minimal 2 (dua) tahun;
•          Memiliki pengetahuan dan kemampuan dalam meng-organisasikan pelaksanaan program dan kegiatan di Desa;
•          Memiliki pengalaman dalam pengembangan kapasitas, kaderisasi danpengorganisasian masyarakat;
•          Memahami sistem pembangunan partisipatif dan pemerintahan Desa;
•          Memiliki kemampuan berkomunikasi dengan baik secara lisan dan tulisan;
•          Memiliki kemampuan dan sanggup bekerjasama dengan aparat pemerintah Desa;
•          Mampu meng-operasikan komputer minimal program Office (Word, Excel, Power Point) dan internet;
•          Sanggup bekerja penuh waktu sesuai standar operasional prosedur dan siap bertempat tinggal di lokasi tugas;
•          Pada saat mendaftar usia minimal 25 (dua puluh lima) tahun dan maksimal 50 (lima puluh) tahun;
•          Bukan pengurus partai politik manapun dan/atau terlibat dalam kegiatan partai politik;
•          Tidak sedang memiliki ikatan kontrak kerja profesional dengan pihak lain (Double Contract).

Persyaratan Rekrutmen Pendamping Desa Pemberdayaan (PDP) Tahun 2017
•          Latar belakang pendidikan dari semua bidang ilmu minimal Diploma III (D-III);
•          Memiliki pengalaman kerja dalam bidang pembangunan Desa dan atau pemberdayaan masyarakatminimal 4 (empat) tahun untuk Diploma III (D-III), 2 (dua) tahun untuk Strata 1 (S-1) dan fresh graduate (0 tahun) untuk Strata 2 (S-2);
•          Memiliki pengetahuan dan kemampuan dalam meng-organisasi pelaksanaan program dan kegiatan di Desa;
•          Memiliki pengalaman dalam pengembangan kapasitas, kaderisasi danpeng-organisasian masyarakat;
•          Pengalaman dalam melakukan fasilitasi kerjasama antarlembaga kemasyarakatan di tingkat Desa;
•          Memahami sistem pembangunan partisipatif dan pemerintahan Desa;
•          Memiliki kemampuan memberikan pelatihan dan pembimbingan mencakup aspek fasilitasipenyelenggaraan pelatihan, fasilitasi kaderisasi dan menguasai metodologi pendidikan orang dewasa;
•          Memiliki kemampuan berkomunikasi dengan baik secara lisan dan tulisan;
•          Memiliki kemampuan dan sanggup bekerjasama dengan aparat pemerintah Desa;
•          Mampu meng-operasikan komputer minimal program Office (Word, Excel, Power Point) dan internet;
•          Sanggup bekerja penuh waktu sesuai standar operasional prosedur dan siap bertempat tinggal di lokasi tugas;
•          Pada saat mendaftar usia minimal 25 (dua puluh lima) tahun dan maksimal 50 (lima puluh) tahun;
•          Bukan pengurus partai politik manapun dan/atau terlibat dalam kegiatan partai politik;
•          Tidak sedang memiliki ikatan kontrak kerja profesional dengan pihak lain (Double Contract).

Persyaratan Rekrutmen Pendamping Desa Teknik Infrastruktur (PDTI) Tahun 2017
•          Latar belakang pendidikan bidang ilmu Teknik Sipil atau Teknik Arsitektur minimal Diploma III (D-III);
•          Memiliki pengalaman kerja dalam bidang pembangunan infrastruktur Desa minimal 2 (dua) tahun untuk D-III dan fresh graduate(0 tahun) untuk Strata 1 (S-1);
•          Memiliki pengetahuandan kemampuan dalam perencanaan, pelaksanaan, pengelolaan dan pemeliharaan kegiatan infrastruktur di Desa;
•          Memahami sistem pembangunan partisipatif dan pemerintahan Desa;
•          Memiliki kemampuan memberikan pelatihan dan bimbinganteknis konstruksi secara sederhana;
•          Memiliki kemampuan berkomunikasi dengan baik secara lisan dan tulisan;
•          Memiliki kemampuan dan sanggup bekerjasama dengan aparat pemerintah Desa dan masyarakat Desa;
•          Mampu meng-operasikan komputer minimal program Office (Word, Excel, Power Point) dan internet;
•          Sanggup bekerja penuh waktu sesuai standar operasional prosedur dan siap bertempat tinggal di lokasi tugas;
•          Pada saat mendaftar usia minimal 21 (dua puluh satu) tahun dan maksimal 50 (lima puluh) tahun;
•          Bukan pengurus partai politik manapun dan/atau terlibat dalam kegiatan partai politik;
•          Tidak sedang memiliki ikatan kontrak kerja profesional dengan pihak lain (Double Contract).

Persyaratan Rekrutmen Tenaga Ahli Pemberdayaan Masyarakat Desa (TA-PMD) Tahun 2017
•          Latar belakang pendidikan dari semua bidang ilmu minimalStrata 1 (S-1);
•          Memiliki pengalaman kerja dalam bidang pembangunan Desa dan atau pemberdayaan masyarakat minimal 5 (lima) tahununtuk Strata 1 (S-1), 2 (dua) tahun untuk Strata 2 (S-2) dan 1 (satu) tahun untuk Strata 3 (S-3);
•          Memiliki pengetahuan dan kemampuan dalam meng-organisasikan pelaksanaan program dan kegiatan sektoral;
•          Memiliki pengalaman dalam pengembangan kapasitas, kaderisasi dan peng-organisasian masyarakat;
•          Pengalaman dalam melakukan fasilitasi kerja sama antarlembaga kemasyarakatan;
•          Mampu melakukan analisis kebijakan terhadap implementasi program di wilayahnya;
•          Memahami sistem pembangunan partisipatif dan pemerintahan Kabupaten/Kota;
•          Memiliki kemampuan memberikan pelatihan dan pembimbingan mencakup aspek penyusunan modul sederhana, fasilitasipenyelenggaraan pelatihan, fasilitasi kaderisasi dan menguasai metodologi pendidikan orang dewasa;
•          Memiliki kemampuan berkomunikasi dengan baik secara lisan dan tulisan;
•          Memiliki kemampuan dan sanggup bekerjasama dengan aparat pemerintah daerah Kabupaten/Kota;
•          Mampu meng-operasikan komputer minimal program Office (Word, Excel, Power Point) dan internet;
•          Sanggup bekerja penuh waktu sesuai standar operasional prosedur dan siap bertempat tinggal di lokasi tugas;
•          Pada saat mendaftar usia minimal 25 (dua puluh lima) tahun dan maksimal 55 (lima puluh lima)tahun;
•          Bukan pengurus partai politik manapun dan/atau terlibat dalam kegiatan partai politik;
•          Tidak sedang memiliki ikatan kontrak kerja profesional dengan pihak lain (Double Contract).

Persyaratan Rekrutmen Tenaga Ahli Infrastruktur Desa (TA-ID)
•          Latar belakang pendidikan dari bidang ilmu Teknik Sipil minimalStrata 1 (S-1);
•          Memiliki pengalaman kerja dalam bidang pembangunan infrastruktur Desaminimal 5 (lima) tahun untuk Strata 1 (S-1),2 (dua)tahun untuk Strata 2 (S-2) dan 1 (satu) tahun untuk Strata 3 (S-3);
•          Memiliki pengetahuan dan kemampuan dalam meng-organisasikan pelaksanaan program dan kegiatan sektoral khususnya yang terkait dalam pembangunan infrastruktur;
•          Memilikipengalamandalampemberdayaanmasyarakat dan peng-organisasian masyarakat;
•          Pengalaman dalam melakukan fasilitasi kerja sama antarlembaga kemasyarakatan;
•          Mampu melakukan analisis kebijakan terhadap implementasi program di wilayahnya;
•          Memahami sistem pembangunan partisipatif dan pemerintahan Kabupaten/Kota;
•          Memiliki kemampuan memberikan pelatihan dan pembimbingan terkait dengan pembangunan infrastruktur Desa;
•          Berpengalaman dalam perencanaan, pelaksanaan dan kontrol dalam pekerjaan teknik;
•          Memiliki kemampuan berkomunikasi dengan baik secara lisan dan tulisan;
•          Memiliki kemampuan dan sanggup bekerjasama dengan aparat pemerintah daerah Kabupaten/Kota;
•          Mampu meng-operasikan komputer minimal program Office (Word, Excel, Power Point) dan internet;
•          Sanggup bekerja penuh waktu sesuai standar operasional prosedur dan siap bertempat tinggal di lokasi tugas;
•          Pada saat mendaftar usia minimal 25 (dua puluh lima) tahun dan maksimal 55 (lima puluh lima) tahun;
•          Bukan pengurus partai politik manapun dan/atau terlibat dalam kegiatan partai politik;
•          Tidak sedang memiliki ikatan kontrak kerja profesional dengan pihak lain (Double Contract).

Persyaratan Rekrutmen Tenaga Ahli Pembangunan Partisipatif (TA-PP)

•          Latar belakang pendidikan dari semua bidang ilmu minimal Strata 1 (S-1);
•          Memiliki pengalaman kerja dalam bidang pembangunan Desa dan atau pemberdayaan masyarakat minimal 5 (lima) tahun untuk Strata 1 (S-1),2 (dua) tahun untuk Strata 2 (S-2) dan 1 (satu) tahun untuk Strata 3 (S-3);
•          Memiliki pengetahuan dan kemampuan dalam mengorganisasi pelaksanaan program dan kegiatan sektoral dalam pengembangan ekonomi perdesaan;
•          Memiliki pengalaman dalam pembangunan Desa secara partisipatif dan siklus perencanaan pembangunan Kabupaten/Kota;
•          Pengalaman dalam melakukan fasilitasi kerja sama antarlembaga kemasyarakatan;
•          Mampu melakukan analisis kebijakan terhadap implementasi program di wilayahnya;
•          Memahami sistem pembangunan partisipatif dan pemerintahan Kabupaten/Kota;
•          Memiliki kemampuanmemberikan pelatihan dan pembimbingan dalam perencanaan, pelaksanaan, pengawasan dan evaluasi pembangunan secara partisipatif;
•          Memiliki kemampuan berkomunikasi dengan baik secara lisan dan tulisan;
•          Memiliki kemampuan dan sanggup bekerjasama dengan aparat pemerintah daerah Kabupaten/Kota;
•          Mampu meng-operasikan komputer minimal program Office (Word, Excel, Power Point) dan internet;
•          Sanggup bekerja penuh waktu sesuai standar operasional prosedur dan siap bertempat tinggal di lokasi tugas;
•          Pada saat mendaftar usia minimal 25 (dua puluh lima) tahun dan maksimal 55 (lima puluh lima) tahun;
•          Bukan pengurus partai politik manapun dan/atau terlibat dalam kegiatan partai politik;
•          Tidak sedang memiliki ikatan kontrak kerja profesional dengan pihak lain (Double Contract).

Persyaratan Rekrutmen Tenaga Ahli Pengembangan Ekonomi Desa (TA-PED)

•          Latar belakang pendidikan diutamakan bidang ilmu ekonomi minimal Strata 1 (S-1);
•          Memiliki pengalaman kerja dalam bidang pembangunan Desa dan atau pemberdayaan masyarakat minimal 5 (lima) tahun untuk Strata 1 (S-1),2 (dua) tahun untuk Strata 2 (S-2) dan1 (satu) tahun untuk Strata 3 (S-3);
•          Memiliki pengetahuan dan kemampuan dalam meng-organisasikan pelaksanaan program dan kegiatan sektoral dalam pengembangan ekonomi perdesaan;
•          Memiliki pengalaman dalam pengembangan ekonomi pedesaan;
•          Pengalaman dalam melakukan fasilitasi kerja sama antarlembaga kemasyarakatan;
•          Mampu melakukan analisis kebijakan terhadap implementasi program di wilayahnya;
•          Memahami sistem pembangunan partisipatif dan pemerintahan Kabupaten/Kota;
•          Memiliki kemampuan memberikan pelatihan dan pembimbingan pengembangan ekonomi perdesaan;
•          Memiliki kemampuan berkomunikasi dengan baik secara lisan dan tulisan;
•          Memiliki kemampuan dan sanggup bekerjasama dengan aparat pemerintah daerah Kabupaten/Kota;
•          Mampu meng-operasikan komputer minimal program Office (Word, Excel, Power Point) dan internet;
•          Sanggup bekerja penuh waktu sesuai standar operasional prosedur dan siap bertempat tinggal di lokasi tugas;
•          Pada saat mendaftar usia minimal 25 (dua puluh lima) tahun dan maksimal 55 (lima puluh lima) tahun;
•          Bukan pengurus partai politik manapun dan/atau terlibat dalam kegiatan partai politik;
•          Tidak sedang memiliki ikatan kontrak kerja profesional dengan pihak lain(Double Contract).

Persyaratan Rekrutmen Tenaga Ahli Pengembangan Teknologi Tepat Guna (TA-TTG) Tahun 2017

•          Latar belakang pendidikan diutamakanbidang ilmu teknologi dalam pertanian/perikanan/peternakan/kehutanan/pariwisata minimal Strata 1 (S-1);
•          Memiliki pengalaman kerja dalam bidang pembangunan Desa dan atau pemberdayaan masyarakat minimal 5 (lima) tahun untuk Strata 1 (S-1), 2 (dua) tahun untuk Strata 2 (S-2) dan 1 (satu) tahun untuk Strata 3 (S-3);
•          Memiliki pengetahuan dan kemampuan dalam meng-organisasikan pelaksanaan program dan kegiatan sektoral dalam pengembangan teknologi tepat guna;
•          Memiliki pengalaman dalam pengembangan teknologi tepat guna untuk pengembangan sosial ekonomi Desa;
•          Pengalaman dalam melakukan fasilitasi kerja sama antarlembaga kemasyarakatan;
•          Mampu melakukan analisis kebijakan terhadap implementasi program di wilayahnya;
•          Memahami sistem pembangunan partisipatif dan pemerintahan Kabupaten/Kota;
•          Memiliki kemampuan memberikan pelatihan dan pembimbingan dalam bidang teknologi tepat guna perdesaan;
•          Memiliki kemampuan berkomunikasi dengan baik secara lisan dan tulisan;
•          Memiliki kemampuan dan sanggup bekerjasama dengan aparat pemerintah daerah Kabupaten/Kota;
•          Mampu meng-operasikan komputer minimal program Office (Word, Excel, Power Point) dan internet;
•          Sanggup bekerja penuh waktu sesuai standar operasional prosedur dan siap bertempat tinggal di lokasi tugas;
•          Pada saat mendaftar usia minimal 25 (dua puluh lima) tahun dan maksimal 55(lima puluh lima) tahun;
•          Bukan pengurus partai politik manapun dan/atau terlibat dalam kegiatan partai politik;
•          Tidak sedang memiliki ikatan kontrak kerja profesional dengan pihak lain (Double Contract).

Persyaratan Rekrutmen Tenaga Ahli Pelayanan Sosial Dasar (TA-PSD) Tahun 2017

•          Latar belakang pendidikan diutamakan bidang ilmu kependidikan atau kesehatan minimal Strata 1 (S-1);
•          Memiliki pengalaman kerja dalam bidang pembangunan Desa dan atau pemberdayaan masyarakat minimal 5 (lima) tahun untuk Strata 1 (S-1),2 (dua) tahun untuk Strata 2 (S-2) dan1 (satu) tahun untuk Strata 3 (S-3);
•          Memiliki pengetahuan dan kemampuan dalam meng-organisasikan pelaksanaan program dan kegiatan sektoral dalam pengembangan pendidikan dan kesehatan;
•          Memiliki pengetahuan tentang standar pelayanan minimum di bidang pendidikan dan kesehatan serta pengalaman dalam pengembangan pendidikan dan kesehatan;
•          Pengalaman dalam melakukan fasilitasi kerja sama antarlembaga kemasyarakatan;
•          Mampu melakukan analisis kebijakan terhadap implementasi program di wilayahnya;
•          Memahami sistem pembangunan partisipatif dan pemerintahan Kabupaten/Kota;
•          Memiliki kemampuanmemberikan pelatihan dan pembimbingan pengembangan pendidikan dan kesehatan;
•          Memiliki kemampuan berkomunikasi dengan baik secara lisan dan tulisan;
•          Memiliki kemampuan dan sanggup bekerjasama dengan aparat pemerintah daerah Kabupaten/Kota;
•          Mampu meng-operasikan komputer minimal program Office (Word, Excel, Power Point) dan internet;
•          Sanggup bekerja penuh waktu sesuai standar operasional prosedur dan siap bertempat tinggal di lokasi tugas;
•          Pada saat mendaftar usia minimal 25 (dua puluh lima) tahun dan maksimal 55 (lima puluh lima) tahun;
•          Bukan pengurus partai politik manapun dan/atau terlibat dalam kegiatan partai politik;
•          Tidak sedang memiliki ikatan kontrak kerja profesional dengan pihak lain (Double Contract).


Jadwal Rekrutmen Tenaga Pendamping Profesional Desa tahun 2017


Jadwal Rekrutmen Tenaga Pendamping Profesional Desa tahun 2017, berdasarkan jadwal sementara dari hasil Rakornas Evaluasi Pelaksanaan P3MD-PID dan Persiapan Rekrutmen Nasional 2017tanggal 8-10 Agustus 2017 di Jakarta sebagai berikut:


Tata Cara Pendaftaran Tenaga Pendamping Profesional Desa Tahun 2017

•          Pelamar Melalukan Registrasi secara Online Melalui Website https://pendamping2017.kemendesa.go.id
•          Baca informasi yang terdapat pada halaman ini mengenai tata cara pendaftaran dan alur seleksi tenaga Pendamping Profesional (TPP) tahun 2017
•          Kuota rekrutmen Tenaga Pendamping Profesional tiap Provinsi dapat dilihat di Menu “Reg. Online” Sub Menu: Kuota Rekrutmen TPP
•          Klik Menu “Registrasi Online” sub Menu “ Registrasi Tahap 1”
•          Baca informasi persiapan registrasi dan kualifikasi tenaga pendamping profesional, jika memenuhi kualifikasi Centang (√) Kotak Persetujuan lalu Klik “setuju”
•          Selanjutnya anda akan diarahkan ke halaman pengisian Biodata.
•          Input biodata diri anda dengan data yang benar.
•          Upload CV ( Curriculum Vitae) dalam bentuk Word dengan besar file maksimal 150 Kb.(Tips Membuat CV agar ukuran kecil: 1. simpan CV dalam format word minimal tahun 2007 atau yang terbaru; 2. Hindari menampilkan gambar, foto dan/atau file hasil scan).
•          Lengkapi data diri anda sesuai yang diminta (siapkan nomor NIK KTP, Nomor HP, Alamat Email dan Nomor Ijazah).
•          Pada Total Pengalaman kerja masukkan keseluruhan pengalaman dalam jumlah tahun dan nama instasi/Lembaga/Program dimana anda pernah bekerja.
•          Pada total pengalaman kerja relevan dengan bidang pembangunan dan pemberdayaan Masyarakat, masukkan jumlah pengalaman kerja anda yang relevan dengan bidang tesebut dan nama instansi/Lembaga/Program dimana anda pernah bekerja.
•          Baca informasi penting yang terdapat pada halaman bawah, kolom berwarna kuning.
•          klik “Submit”
•          Akan muncul halaman Verifikasi, pastikan kembali data yang anda input benar dan sesuai.
•          Jika anda yakin data anda sudah benar, masukkan Captcha, kemudian Centang (√) pernyataan kebenaran data.
•          Baca informasi penting yang terdapat pada halaman bawah, kolom warna kuning.
•          Klik “Submit”.
•          Jika proses registrasi berhasil, Klik “lanjutkan ketahap pemilihan posisi”, jika gagal, kembali ke registrasi tahap awal.
•          Pada halaman registrasi Tahap 2
•          Masukkan nomor NIK dan tangal lahir sesuai dengan yang anda input sebelumnya, masukkan Captcha, lalu klik “Cari”
•          Pilih minat posisi pada halaman selanjunya dengan memperhatikan kuota yang ada, masukkan Captcha, lalu klik “Submit”
•          Jika registrasi gagal, akan muncul notifikasi yang menjelaskan anda gagal dengan alasan kuota minat posisi yang anda pilih tidak tersedia dan/atau data yang anda masukan tidak memenuhi kualifikasi sesuai minat posisi yang anda pilih.
•          Jika Registrasi berhasil, akan muncul notifikasi bahwa anda berhasil dan informasi untuk menunggu informasi selanjutnya.
•          Informasi daftar peserta yang berhak mengikuti tes tulis akan di informasikan kemudian.

Alur Registrasi Rekrutmen Tenaga Pendamping Profesional Desa Tahun 2017



Hal-hal yang perlu dipersiapkan sebelum Registrasi Online  Rekrutmen Tenaga Pendamping Profesional Desa Tahun 2017 
•          Pastikan anda memiliki kualifikasi yang sesuai dengan posisi yang akan dipilih
•          Kualifikasi detail dapat dibaca pada informasi “Kualifikasi Tenaga Pendamping Profesional” di bawah ini
•          Pelamar hanya memiliki kesempatan mendaftar 1 (satu) kali dengan 1 (satu) posisi yang dipilih, jika sudah terdaftar pada 1 (satu) posisi maka tidak dapat mendaftar untuk posisi lainnya
•          Jika kualifikasi anda tidak memenuhi sesuai posisi yang dipilih, maka anda tidak dapat mendaftar kembali
•          Ketika mendaftar, anda harus mengunggah (upload) CV dengan format word dan ukuran file tidak boleh lebih dari 150 kb
•          Perhatikan posisi dan kuota kebutuhan rekrutmen yang sesuai dengan domisili anda
•          Posisi PDP dan PLD dikunci pada wilayah Kabupaten, sehingga pendaftar dari Kabupaten lain tidak dapat mendaftar
•          Posisi TAPM dan PDTI dikunci pada wilayah Provinsi, sehingga pendaftar dari Provinsi lain tidak dapat mendaftar
•          Persiapkan data secara lengkap dan benar, karena jika terjadi kesalahan memasukan data akan merugikan anda sendiri
•          Untuk pelamar pada posisi TA-ID dengan kualifikasi pendidikan wajib Teknik Sipil dan PDTI dengan kualifikasi pendidikan wajib Teknik Sipil atau Teknik Arsitektur
•          Pastikan koneksi internet dalam keadaan stabil.

Link Pendaftaran Online  Rekrutmen Tenaga Pendamping Profesional Desa Tahun 2017 (KLIK DISINI)

Artikel Terkait