Selasa, 04 Juli 2017

Cara Pendaftaran PPDB Online SMP di Kulonprogo 2017/ 2018

Kabupaten Kulonprogo, Provinsi Daerah Istimewa Yogyakarta melangsungkan pendaftaran Penerimaan Peserta Didik Baru (PPDB) Online untuk jenjang SMP yang dimulai pada tanggal 3 -12 Juli untuk Pendaftaran Mandiri dan 10 - 12 Juli 2017 untuk pendaftaran dan verifikasi di sekolah.  Ada tiga jalur yang bisa dipilih yaitu jalur Zonasi, Prestasi dan Alasan tertentu.

Bagi anda yang hendak mendaftarkan putra-putri tidak perlu khawatir atau resah sebab proses pendaftaran PPDB Online cukup mudah.

Di bawah ini merupakan jadwal, syarat, tata cara, dan lokasi pendaftaran yang perlu bapak ibu ketahui sebelum melakukan pendaftaran.

Jadwal Pendaftaran


Syarat Pendaftaran

1.  Calon peserta didik Lulusan SD, MI atau Paket A di Kabupaten Kulon Progo atau luar Kabupaten Kulon Progo, bertempat tinggal di Kabupaten Kulon Progo, yang dibuktikan dengan KK Kabupaten Kulon Progo yang diterbitkan paling lambat 6 (enam) bulan sebelum pelaksanaan PPDB.

2.  Calon peserta didik Lulusan SD, MI atau Paket A di Kabupaten Kulon Progo, bertempat tinggal di Kabupaten Kulon Progo, namun tidak memiliki KK Kabupaten Kulon Progo, wajib menyerahkan:
a.  Surat Keterangan Domisili atau sejenisnya dari Kepala Desa/Lurah setempat, yang menyatakan telah tinggal minimal 6 (enam) bulan sebelum pelaksanaan PPDB.
b.  Surat Pernyataan Orang Tua/Wali yang bermaterai cukup, dan diketahui oleh Ketua RT di kelurahan atau Kepala Dusun di desa setempat, bahwa benar-benar telah tinggal di alamat tersebut minimal 6 (enam) bulan sebelum pelaksanaan PPDB.

3.  Calon peserta didik Lulusan SD, MI atau Paket A di Kabupaten Kulon Progo, memiliki KK Kabupaten Kulon Progo, namun bertempat tinggal tidak sesuai dengan alamat pada kartu keluarga Kabupaten Kulon Progo, wajib menyerahkan:
a.  Surat Keterangan Domisili atau sejenisnya dari Kepala Desa/Lurah setempat, yang menyatakan telah tinggal minimal 6 (enam) bulan sebelum pelaksanaan PPDB.
b.  Surat Pernyataan Orang Tua/Wali yang bermaterai cukup, dan diketahui oleh Ketua RT di kelurahan atau Kepala Dusun di desa setempat, bahwa benar-benar telah tinggal di alamat tersebut minimal 6 (enam) bulan sebelum pelaksanaan PPDB.

4.  Calon peserta didik Lulusan SD, MI atau Paket A dari luar Kabupaten Kulon Progo, memiliki KK dari luar Kabupaten Kulon Progo, dan bertempat tinggal di luar Kabupaten Kulon Progo, yang dibuktikan dengan KK, dengan ketentuan jarak lebih jauh sebesar 0,1 kilometer dari Sistem Zonasi SMP Negeri yang dituju sebagaimana tercantum dalam lampiran 3.

5. Berusia paling tinggi 18 (delapan belas) tahun yang dibuktikan dengan menyerahkan fotokopi Akta Kelahiran/Surat Keterangan Kelahiran yang dilegalisir oleh pejabat yang berwenang, dan menunjukkan dokumen aslinya.

6. Menyerahkan dokumen asli SKHU SD, MI atau paket A.

7. Menyerahkan fotokopi ijazah/Surat Tanda Tamat Belajar (STTB) SD/MI atau Paket A yang dilegalisir oleh kepala sekolah/dinas yang membidangi pendidikan.

8. Menyerahkan fotokopi piagam/sertifikat penghargaan prestasi di bidang akademik/non-akademik, yang telah diberi pengesahan sebagai berikut:
a.  Prestasi tingkat Internasional, Nasional, Regional dan Provinsi oleh Dinas Provinsi.
b.  Prestasi tingkat kabupaten oleh dinas yang membidangi pendidikan dari Kabupaten/Kota sekolah asal.

Tata Cara Pelaksanaan


1. Pengajuan Pendaftaran Online
a. Calon peserta didik baru membuka situs PPDB Online Kabupaten Kulon Progo (www.kulonprogo.siap-ppdb.com).
b. Pengajuan pendaftaran online dapat dilakukan mandiri oleh calon peserta didik atau datang langsung ke sekolah tujuan.
c. Calon peserta didik baru mengisi formulir pengajuan pendaftaran online. Pengajuan pendaftaran online secara mandiri oleh calon peserta didik dapat dilakukan dengan prosedur dan waktu pengisian formulir PPDB Online antara lain:
1) Jalur Sistem Zonasi dimulai tanggal 3 Juli 2017 pukul 00.00 WIB dan ditutup tanggal 12 Juli 2017 pukul 13.00 WIB.
2) Jalur Khusus di luar Sistem Zonasi dimulai tanggal 3 Juli 2017 pukul 00.00 WIB dan ditutup tanggal 12 Juli 2017 pukul 11.00 WIB.
d. Menu pendaftaran online terdiri dari:
1) Calon peserta didik dari Jalur Sistem Zonasi, terdiri dari:
a) Calon peserta didik Lulusan SD, MI atau Paket A di Kulon Progo atau luar Kulon Progo, bertempat tinggal di Kulon Progo.
b) Calon peserta didik Lulusan SD, MI atau Paket A di Kulon Progo, bertempat tinggal di Kulon Progo, namun tidak memiliki KK Kabupaten Kulon Progo.
c) Calon peserta didik Lulusan SD, MI atau Paket A di Kulon Progo, memiliki KK Kabupaten Kulon Progo, namun bertempat tinggal tidak sesuai dengan alamat pada KK Kabupaten Kulon Progo.
d) Calon peserta didik Lulusan SD, MI atau Paket A dari luar Kabupaten Kulon Progo, memiliki KK dari luar Kabupaten Kulon Progo, dan bertempat tinggal di luar Kabupaten Kulon Progo.
2) Calon peserta didik dari Jalur Khusus di luar Sistem Zonasi, terdiri dari:
a) Jalur khusus prestasi adalah berasal dari calon peserta didik Lulusan SD, MI atau Paket A yang berdomisili dari dalam dan luar Kabupaten Kulon Progo.
b) Jalur khusus dengan alasan tertentu adalah berasal dari calon peserta didik Lulusan SD, MI atau Paket A dari luar Kabupaten Kulon Progo.
e. Calon peserta didik baru mencetak tanda bukti pendaftaran PPDB Online yang memuat kode pendaftaran.
f. Calon peserta didik baru menandatangani dan kemudian menyimpan tanda bukti pengajuan pendaftaran.
2. Verifikasi Pendaftaran Online
a. Waktu pelaksanaan verifikasi berkas PPDB Online dilaksanakan pada hari Senin – Rabu, tanggal 10 – 12 Juli 2017 pukul 08.00 WIB – 14.00 WIB di sekolah pilihan pertama.
b. Calon peserta didik baru membawa berkas sebagaimana dimaksud di atas ke sekolah yang menjadi pilihan pertama.
c. Calon peserta didik baru menyerahkan berkas dan tanda bukti pengajuan pendaftaran PPDB Online yang sudah ditandatangani ke panitia sekolah pilihan pertama;
d. Panitia sekolah melakukan verifikasi berkas yang dibawa calon peserta didik, mencetak tanda bukti verifikasi pendaftaran kemudian di stempel, ditandatangani panitia dan calon peserta didik baru.
e. Tanda bukti verfikasi pendaftaran diberikan kepada calon peserta didik baru dan arsip disimpan oleh panitia sekolah.


Lokasi Pendaftaran


1 SMP NEGERI 1 WATES JL. TERBAH NO. 6, WATES
2 SMP NEGERI 2 WATES BENDUNGAN, WATES
3 SMP NEGERI 3 WATES SOGAN, WATES, KULON PROGO, DIY.
4 SMP NEGERI 4 WATES TERBAHSARI NO. 3, WATES
5 SMP NEGERI 5 WATES JL. TAMBAK, TRIHARJO, WATES
6 SMP NEGERI 1 TEMON KALIWANGAN LOR, TEMON KULON, TEMON
7 SMP NEGERI 1 PANJATAN GOTAKAN, PANJATAN
8 SMP NEGERI 1 GALUR JL. RAYA BROSOT NO. 20, GALUR
9 SMP NEGERI 1 LENDAH TEMPEL, BUMIREJO, LENDAH
10 SMP NEGERI 2 LENDAH TEMBEN, NGENTAKREJO, LENDAH
11 SMP NEGERI 1 SENTOLO SIWALAN, SENTOLO
12 SMP NEGERI 2 SENTOLO MALANGAN, SENTOLO
13 SMP NEGERI 1 PENGASIH JL. PROJOMARTANI NO. 1, PENGASIH
14 SMP NEGERI 2 PENGASIH DUKUH, KEDUNGSARI, PENGASIH
15 SMP NEGERI 1 NANGGULAN JATISARONO, NANGGULAN
16 SMP NEGERI 2 NANGGULAN JL.GAJAHMADA 54, WIJIMULYO, NANGGULAN
17 SMP NEGERI 1 KALIBAWANG PANTOG WETAN, BANJAROYA, KALIBAWANG
18 SMP NEGERI 1 SAMIGALUH CLUMPRIT, GERBOSARI, SAMIGALUH
19 SMP NEGERI 2 TEMON KARANGWULUH, TEMON, KULON PROGO
20 SMP NEGERI 3 SENTOLO KALIAGUNG, SENTOLO
21 SMP NEGERI 4 SENTOLO JL. KARANG
22 SMP NEGERI 2 SAMIGALUH NGARGOSARI, SAMIGALUH
23 SMP NEGERI 3 SAMIGALUH GEBANG, SIDOHARJO, SAMIGALUH
24 SMP NEGERI 4 SAMIGALUH KALIREJO UTARA, PAGERHARJO, SAMIGALUH
25 SMP NEGERI 3 PENGASIH DUKUH, SIDOMULYO, PENGASIH
26 SMP NEGERI 4 PENGASIH KEMARAS, SIDOMULYO, PENGASIH
27 SMP NEGERI 2 PANJATAN DS. V, PLERET, PANJATAN
28 SMP NEGERI 1 KOKAP TEJOGAN
29 SMP NEGERI 3 KOKAP PLAMPANG 2
30 SMP NEGERI 2 KALIBAWANG NGRAJUN, BANJARHARJO, KALIBAWANG
31 SMP NEGERI 1 GIRIMULYO NGLENGKONG, GIRIPURWO, GIRIMULYO, KULON PROGO 55674 DIY
32 SMP NEGERI 2 GIRIMULYO JETIS, PENDOWOREJO, GIRIMULYO, KULON PROGO
33 SMP NEGERI 3 GIRIMULYO SOKOMOYO,JATIMULYO, GIRIMULYO,KULON PROGO
34 SMP NEGERI 4 GIRIMULYO BRANTI
35 SMP NEGERI 2 GALUR PANDOWAN, GALUR, KULON PROGO
36 SMP NEGERI 2 KOKAP SEKENDAL

Demikian Cara Pendaftaran PPDB Onine SMP di Kabupaten Kulonprogo, mudah-mudahan bermanfaat. Langsung Daftar klik  https://kulonprogo.siap-ppdb.com
Pesan Sponsor


EmoticonEmoticon