Sabtu, 03 Juni 2017

Hoax Tabrakan Beruntun Rombongan Umrah Tewaskan 130 Orang

Sisi positif keberadaan teknologi canggih seperti sekarang ini adalah terjadinya pertukaran informasi yang secepat kilat dan tak terbatas ruang dan waktu. Akan tetapi bagaimana kebenaran informasi tersebut, user sendiri yang harus cerdas memilah dan memilih, apakah informasi tersebut hoax atau tidak.

Baru saja beredar informasi yang disebar melalui WhatsApp dan beberapa website  tentang adanya kecelakaan yang menewaskan 130 Jamaah Umrah. Pesan berantai tersebut isinya adalah sebagai berikut,

"Innaalillaahi Wa Innaa Ilaihi Raajiu'un.. Update terkini..Kecelakaan tabrakan beruntun rombongan Umroh di Mekkah Ramadhan ini sebanyak 130 orang meninggal dunia.. Cek keluarga dan kerabat yg sedang pergi Umrah..!!Semoga Khusnul Khaatimah"



Kabar ini tentu saja membuat heboh masyarakat Indonesia yang tiba-tiba menerima informasi tersebut melalui WA mereka. Tanpa pikir panjang, mereka segera membagi ke teman, grup sehingga kehebohan dan kecemasan mereka segera menular kepada orang-orang.

Akan tetapi kabar tersebut perlu diluruskan, karena kenyataannya tidakah seperti itu. Kemenag Menteri Lukman Hakim Saifudin ketika ditanya menjawab dengan menyertakan link berita arab saudi yang memberitakan kabar kecelakaan yang menewaskan enam orang dan mengakibatkan 81 orang luka-luka.


Selain itu, Direktur Perlindungan WNI Kementerian Luar Negeri Lalu Muhammad Iqbal pada Rabu (31/5) mengatakan penelusuran KBRI Riyadh maupun KJRI Jeddah tidak melaporkan adanya korban WNI dalam kecelakaan tersebut. Iqbal juga menambahkan bahwa lokasi kecelakaan terjadi di jalan  Jalan tol Madinah-Qassim bukan merupakan rute yang sering digunakan WNI jamaah umroh.

Kesimpulan

Hoax/ disinformasi : 
  1. Korban tewas mencapai 130 orang 
  2. Lokasi kecelakaan di Mekah

Fakta :
  1. Korban enam orang dan 81 luka-luka
  2. Lokasi kecelakaan terjadi di Jalan Tol madinah- Qassim (bukan jalur umrah jamaah Indonesia)

Jadi, jangan tergesa-gesa menshare informasi yang tiba-tiba muncul di WA.

sumber : 
Advertisement


EmoticonEmoticon