Sabtu, 18 Maret 2017

Cara Membuat Format Rupiah (Rp) pada Excel dengan Mudah

Dalam melaksanakan tugas misalnya membuat daftar uang honorer maupun tabel yang berisi penjumlahan uang, seringkali seorang operator sekolah lupa membubuhkan lambang mata uang, dalam hal ini adalah uang rupiah. Atau mungkin ada yang pernah menulis Rp secara manual, misalnya Rp.100.000, namun ketika mencoba menjumlahkan, ternyata gagal. Hal tersebut terjadi karena pada penulisan Rp secara manual tersebut tidak tepat, sehingga rumus excel menjadi tidak berlaku. Untuk menulis Rp sebaiknya menggunakan simbol yang sudah disediakan oleh microsoft excel (2007), kita tinggal menggunakannya saja dengan mudah.

Untuk itu, dalam tutorial microsoft excel kali ini, akan saya bagikan informasi bagaimana cara membuat format rupiah pada microsoft excel, saya mempergunakan microsoft excel 2007. Akan tetapi sebelum itu, perlu diperhatikan bahwa penulisan rupiah harus mengacu pada aturan kebahasaan yang baku, penulisan Rp dan nominalnya, misalnya Rp dan 100.000 ditulis tanpa spasi, misalnya Rp100.000,00. Selenjutnya, silakan berlatih dengan mengikuti langkah-langkah berikut ini.


1. Silakan buka ms excel dan buatlah sebuah tabel sederhana yang berisi angka-angka, seperti pada contoh di bawah.


2. Blok, kolom (1)BONUS. Lalu klik kanan, pilih (2) Format Cells


3. Pilih (1) Currency -> Edit (2) Decimal Places angka 0 ubah menjadi angka 2 (menunjukkan dua angka di belakang koma) -> (3) Symbol, pilih Rp., lalu klik Ok


4. Hasilnya, akan tampak seperti pada gambar di bawah ini.




Demikian !


EmoticonEmoticon