Senin, 07 November 2016

Menggunakan Fungsi Vlookup Pada Excel Untuk Mempermudah Tugas Operator Sekolah

Di era teknologi yang semakin maju ini, tugas operator sekolah semakin bertambah. Di antaranya, mengisi aplikasi inih dan ituh, mengetik di microsoft word maupun excel dan beragam tugas lainnya. Agar semua pekerjaan tersebut bisa diselesaikan dengan cepat dan akurat, operator sekolah harus memiliki trik dan strategi.

Salah satu trik untuk mempermudah tugas operator sekolah adalah mengoptimalkan fungsi dan formula yang ada pada microsoft word maupun excel.

Kali ini, saya akan membagikan tutorial bagaimanakah cara menggunakan fungsi Vlookup pada Ms Excel

Fungsi Vlookup merupakan fungsi pencarian dan referensi dalam microsoft excel. Untuk lebih memperjelas definisi tersebut kita akan langsung praktik.


Rumusnya adalah :

=VLOOKUP(lookup_value,table_array,col_index_num,range_lookup)

atau


=VLOOKUP(nilai pencarian, rentang berisi nilai pencarian, nomor kolom dalam rentang berisi nilai kembali, tentukan secara opsional TRUE untuk hasil yang hampir sama atau FALSE hasil yang sama).


Gambar berikut merupakan  cara menggunakan fungsi vlookup untuk memanggil nama guru sesuai Nomor .





  1. D17 merupakan lookup_value, atau nilai yang ingin Anda cari.
  2. A4  hingga E11 (berada dalam kotak warna kuning di dalam tabel) merupakan table_array, atau rentang tempat nilai pencarian berada.
  3. 2 merupakan col_index_num, atau nomor kolom dalam table_array yang berisi nilai kembali. Dalam contoh ini, kolom kedua dalam larik tabel adalah Nama PTK, jadi output rumus tersebut merupakan nilai dari kolom Nama PTK.
  4. FALSE merupakan range_lookup, sehingga nilai kembali akan menjadi hasil yang sama.
  5. Output rumus VLOOKUP adalah Sri Rejeki, S.Pd. SD, nomor urut 1.


Demikianlah contoh penggunaan Vlookup, nantikan contoh penggunaan vlookup dalam artikel yang lain.


EmoticonEmoticon