Sabtu, 12 November 2016

Cara Penulisan Daftar Pustaka Berdasarkan APA Style

Daftar pustaka adalah pencatatan bahan referensi atau rujukan yang ditulis pada akhir teks. Definisi yang lain, daftar pustaka adalah daftar yang mencantumkan judul buku, nama penulis, penerbut, dan sebagainya yang ditempatkan pada bagian akhir suatu karangan atau buku, dan disusun menurut abjad. Penulisan daftar pustaka merupakan hal yang wajib dilakukan ketika membuat karya ilmiah baik itu berupa makalah, prosiding, skripsi, tesis maupun disertasi.

Penulisan daftar pustaka sangat penting, selain untuk menghargai karya cipta seseorang, juga sebagai upaya untuk terus menerus melestarikan ilmu, agar tidak terputus dan jelas siapa sumbernya. Ini mirip dengan tradisi hadits dalam Islam, dimana setiap hadits harus jelas perawinya.


Seiring perkembangan dunia kepenulisan, ditentukanlah cara penulisan daftar pustaka yang benar. Salah satu metode yang cukup populer adalah sistem American Psychological Association (APA), Geologocal Society of London atau Harvard yang berisi daftar nama keluarga penulis yang diurutkan berdasarkan abjad, diikuti dengan inisial mereka, tanggal publikasi, judul buku dalam huruf miring (italic), diikuti dengan nomor volume dan halaman artikel. Referensi lengkap untuk setiap karya yang diterbitkan dikutip dalam teks harus diberikan dalam urutan abjad pada bagian yang terpisah, di akhir laporanMari kita pelajari bersama bagaimana cara menulis daftar pustaka dengan benar.

Cara penulisan daftar pustaka dari sumber buku. 

a. Penulisan daftar pustaka dengan satu penulis
    Format : Nama terakhir penulis, Nama pertama (inisial). (Tanggal publikasi). Judul         Buku. Informasi tambahan (jika ada). Kota penerbit: Nama perusahaan penerbit.

    Contoh :    Johnson, LouAnne. (2005). Teaching Outside the Box: How to Grab Your Students by Their Brains, San Fransisco: Jossey Bass a Willey Imprint. 
    
b. Penulisan daftar pustaka dengan dua penulis.

    Format sama dengan ketetentuan pada satu penulis, nama pengarangpertama ditulis sesuai         ketentuan, sedangkan nama pengarang kedua ditulis sesuai aturan biasa.

    contoh : Hamakonda, Towa P., & J.N.B. Tairas. (2010). Pengantar Klasifikasi Persepuluhan Dewey.  Jakarta: Gunung Mulia.

c. Penulisan daftar pustaka dengan lebih dari dua penulis.

   contoh : McKinney, F.L., Farley, J., Smith, M., Kohan, A., and Pratzner, F. (1985). Critical Evaluation for Research in Vocational Education. Columbus: The Ohio State University.
      
d. Penulisan daftar pustaka dengan nama editor atau penyuntingan (diringkas dengan kata Ed.)

   Maher, B. A. (Ed.). (1964–1972). Progress in experimental personality research (6 vols.).
New York: Academic Press.

Jika editornya lebih dari satu ditulis eds.

Cara penulisan daftar pustaka dari abstract

Almquist, J.O. & B.C. Cunningham. (1996). Semen Traits of Bull Ejaculated Frequenty. Dalam Journal Anima Science 44 (2): 123 (abstr).

Cara penulisan daftar pustaka dengan penulis suatu lembaga

FKIP UT. (2006). Modul Teknik Penulisan Karya Ilmiah. Pondok Cabe: Penerbit UT.

Cara penulisan daftar pustaka dari sumber surat kabar atau artikel dari majalah

Format: nama terakhir penulis, awal pertama. (Tanggal penerbitan). Judul artikel. Judul Berkala, jumlah volume (jumlah masalah jika tersedia), halaman inklusif

contoh : Henry, W. A., III. (1990, April 9). Making the grade in today's schools. Time, 135, 28-31.

Sitasi dari internet

Format : nama penulis. (Tanggal publikasi). Judul artikel . Diperoleh hari bulan, tahun, dari URL lengkap 

contoh : Devitt, T. (2001, August 2). Lightning injures four at music festival. The Why? Files. Retrieved January 23, 2002, from http://whyfiles.org/137lightning/index.html

Penulisan Daftar Pustaka dari Ensiklopedia & Kamus

Format : Nama belakang penulis, Awal pertama. (Tanggal). Judul Artikel. Judul Encyclopedia (Volume, halaman). Kota publikasi: Penerbitan perusahaan.

contoh : Tobias, R. (1991). Thurber, James. Encyclopedia americana. (p. 600). New York: Scholastic Library Publishing.

Penulisan Daftar Pustaka dari Skripsi


Rahmawan, Arif (2005). Analisis Perubahan Luas Hutan di Kabupaten Grobogan (skripsi). Fakultas Geografi, Universitas Muhammadiyah Surakarta.

Demikianlah tutorial cara penulisan daftar pustaka, mudah-mudahan bermanfaat


EmoticonEmoticon