Selasa, 31 Mei 2016

Cara Termudah Sharing Printer antar Windows 7 Lewat Wifi

Sharing printer dalam artikel ini maksudnya bukan membagikan printer secara fisik, melainkan menggunakan satu printer untuk digunakan secara bersama-sama, tanpa semua harus terhubung secara fisik dengan laptop/ PC. Gambarannya mirip dengan iklan Printer HP, di mana kita bisa mencetak tanpa kabel.

Masih belum faham ?

Ilustrasinya begini, di sebuah kantor di Sekolah Dasar yang dilengkapi dengan jaringan Wifi, ada satu PC yang menggunakan Software Sistem Operasi Windows 7 dan terhubung dengan satu printer. Di  tempat lain : di ruang kelas satu ada Guru yang membawa laptop, di ruang kelas dua juga ada guru yang membawa laptop.

Pada suatu ketika, Guru di ruang kelas satu bermaksud mencetak artikel tentang pendidikan. Untuk itu dengan menenteng Laptopnya, guru tersebut membawa laptopnya ke kantor SD, kemudian dia meletakkan Laptopnya di dekat printer di samping PC. Setelah itu dia mencari kabel USB printer yang menancap di bagian belakang PC, lalu menancapkannya di slot USB Laptopnya, baru kemudian dia mulai mencetak.

Pernahkah anda mengalami hal tersebut?
Membawa laptop dari satu ruang ke ruang lain hanya untuk mencetak ?

Jika anda pernah mengalami hal tersebut, sebaiknya cara kuno tersebut perlu anda tinggalkan karena ada cara yang lebih mudah untuk mencetak. Melalui panduan di bawah ini anda bisa berbagi antar komputer bahkan lebih dari dua komputer.

Caranya adalah dengan memanfaatkan jaringan Wifi untuk sharing printer.

Ok, mari kita mulai

A. Setting printer pada komputer server.


1. Klik Tombol Start, kemudian klik Devices and Printers


Sharing printer

2. Setelah itu akan muncul tampilan seperti di bawah ini. silakan klik kanan pada printer yang ingin di-sharing, lalu klik printer properties, kemudian klik Canon MX390 Series Printer (contoh)


Pilih  Printer Properties


3. Setelah itu akan muncul jendela Canon MX390 Series Printer, pilih menu Sharing (1), contreng sesuai gambar di bawah (2) dan klik Ok (3). 
render print jobs on client computers



4. Setelah itu silakan ulangi lagi, proses pada nomor 2 yaitu : klik kanan pada printer yang ingin di-sharing (1), lalu klik printer properties (2), kemudian klik Canon MX390 Series Printer (3) (contoh).


4. Akan muncul lagi, jendela Canon MX Series Printer, silakan klik 


5. Setelah masuk ke jendela Network and Sharing Center,silakan pilih Change Advance Sharing Setting
Network and Sharing Center




6. Lalu pilih, Turn On network discovery, Turn on file and printer sharing dan turn off password protected sharing.


Sampai di sini, setting komputer server sudah selesai.

B. Selanjutnya, kita juga harus menyeting pengaturan printer pada komputer klien.


1. Silakan buka Windows Explorer dengan cara mengklik kanan pada tombol Start. setelah itu pilih Network (1), kemudian pilih nama Laptop/ PC (2) yang anda sharing printernya. Klik 2 kali (3) pada nama printer yang baru saja anda sharing. Akan terjadi proses install yang tidak lama.





2. Selanjutnya, silakan buka Device and printer , 
3. Silakan cek apakah nama printer yang anda sharing sudah terlihat di dalamnya.




Demikian Cara Termudah Sharing di Printer di WIndows 7 Lewat Wifi.


EmoticonEmoticon