Cara Mengklasifikasi Buku Perpustakaan

Silahkan Like Bisikan kebangsaan di Facebook , untuk informasi terbaru tentang blog ini.

Salah satu pekerjaan yang harus dilakukan oleh seorang Pustakawan adalah menentukan nomor Klasifikasi bahan Pustaka. Bahan pustaka yang dimaksud  adalah buku. Sedangkan Klasifikasi yang digunakan adalah DDC ( Decimal Dewey Classification).

Klasifikasi DDC memiliki banyak keunggulan dibandingkan dengan sistem klasifikasi lain, sehingga diterima dan digunakan di berbagai negara.

Pengklasifikasian DDC menggunakan angka. Gambaran singkatnya, setiap subjek digolongkan berdasarkan kelas yang sudah ditentukan, misalnya subjek tentang Sains dikelompokkan ke dalam angka 500. Angka yang digunakan mulai dari 000-900. Begitu kira-kira.

Cara Menentukan Nomor Klasifikasi

Pada saat anda ingin mengklasifikasi sebuah buku, hal yang terpenting ada harus memiliki sebuah buku DDC atau software E-DDC. Adapun untuk menentukan nomor klasifikasi sebuah buku bisa ditempuh dengan cara :

A. Membaca Judul Buku

Misalnya dari membaca Judul, ternyata anda sudah bisa menentukan subjek sebuah buku, maka anda tidak perlu melakukan langkah-langkah yang lain. Atau cukup membaca secara singkat.

B. Membaca Katalog Dalam Terbitan (KDT)

Adanya KDT sebenarnya sangat membantu seorang pustakawan dalam mengklasifikasi sebuah buku. Karena di dalam KDT tercantum secara langsung nomor klasifikasi buku tersebut, maka seorang pustakawan tidak perlu mencari nomor klasifikasinya. Ini tentu saja mempermudah dan mempersingkat kerja seorang pustakawan.  Sayangnya, belum semua penerbit mencantumkan KDT dalam bukunya. Tapi ada juga yang mencantumkan KDT misalnya PN. Balai Pustaka.

C. Membaca Daftar Isi

Dengan membaca daftar isi, anda bisa mencari informasi tentang sebuah buku.

D. Membaca Kata Pengantar

Melalui Kata pengantar, terkadang seorang pengarang menuliskan maksud dan tujuan penulisan buku.

E. Membaca Bab demi Bab.

Hal ini perlu dilakukan jika ternyata anda belum juga berhasil meskipun sudah membaca judul, membaca daftar isi atau membaca kata pengantar.

F. Browsing di Internet

Jika PC/ Laptop anda terhubung ke internet, anda juga bisa mengetikkan judul buku anda ditambah dengan kalimat “Klasifikasi DDC”, misalnya judul bukunya Si Jamin dan Si Johan. Maka anda bisa mengetikkan di google “Si Jamin dan Si Johan Klasifikasi DDC” (silahkan ketik tanpa tanda kutip).  Anda bisa menentukan nomor klasifikasi dengan cepat, mengingat saat ini sudah banyak perpustakaan yang menampilkan koleksinya di internet.

Cara-cara di atas tidak mutlak harus dilakukan. Anda bisa melakukan berbagai cara untuk bisa menggolongkan sebuah buku ke dalam kelas Klasifikasi DDC.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

You may use these HTML tags and attributes: <a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <strike> <strong>

CommentLuv badge

Post Navigation

arif.rahmawan located at 511/67 Huynh Van Banh , Ho Chi Minh, VN . Reviewed by 34 customers rated: 4 / 5

Switch to our mobile site