Menentukan Nomor Klasifikasi Buku Menggunakan e-DDC

Silahkan Like Bisikan kebangsaan di Facebook , untuk informasi terbaru tentang blog ini.

Bagi seorang pustakawan, hal yang wajib dilakukan ketika menerima sebuah buku adalah menentukan nomor klasifikasi atau nomor panggil buku tersebut. Karena tidak semua buku dilengkapi dengan Katalog Dalam Terbitan. Tapi buku-buku dari Penerbit Balai Pustaka biasanya sudah dilengkapi dengan nomor klasifikasi, sehingga hal ini memudahkan pustakawan dalam mengolah buku. Akan tetapi jika ternyata sebuah buku tidak dilengkapi dengan KDT, maka tugas pustakawan adalah menentukan nomor klasifikasi atau nomor panggil buku. Cara menentukannya adalah dengan menggunakan sistem klasifikasi DDC (Decimal Dewey Clasification). Sistem klasifikasi DDC ini ditemukan oleh seorang warga Amerika Serikat bernam Melvil Dewey.

Pada awalnya sistem DDC tersebut merupakan sebuah pamflet yang terbit pada tahun 1876 berjudul A Classification and Subject Index for Cataloguing and Arranging the Books and Pamphlets of A Library. Sejak itulah sistem klasifikasi DDC mulai digunakan.

Penggunaan sistem klasifikasi DDC ternyata memudahkan para pustakawan maupun para pengunjung yang datang ke perpustakaan. Hal ini menyebabkan sistem DDC diterima di berbagai penjuru dunia termasuk di Indonesia hingga sekarang ini.

Maka terbitlah berbagai buku DDC dalam berbagai bahasa dan menjadi buku panduan wajib bagi perpustakaan di seluruh dunia termasuk di Indonesia.

Di Indonesia juga terbit berbagai buku yang berisi nomor nomor klasifikasi mulai dari 000-900. Dan keberadaan buku-buku tersebut cukup membantu para pustakawan dalam mengklasifikasi sebuah bahan pustaka terutama buku.

Dalam perkembangannya DDC tidak hanya tersedia dalam bentuk buku, melainkan dalam bentuk perangkat lunak. Salah seorang Pustawaan yang berasal dari Jawa TImur bernama Rotmianto berhasil membuat Software e-DDC.

Keberadaan e-DDC ini cukup mempercepat dan memudahkan para pustakawan dalam melakukan klasifikasi buku.

SOFTWARE E-DDC

SOFTWARE E-DDC

 

Software tersebut merupakan DDC edisi 23, jadi sudah cukup lengkap untuk anda gunakan.

E-DDC tersebut bekerja dengan baik di sistem operasi Windows, akan tetapi proses install gagal total ketika saya mencoba di Linux Ubuntu 11.04.

Cara penggunaannya juga sangat mudah :

1. Silahkan download melalui link di bawah ini :

http://www.4shared.com/zip/CgtfDoUZ/e-DDC_Edition_23.html

2. Extract filenya menggunakan pembuka Zip atau Rar

3. Baca file BacaDulu.Txt

4. Install di komputer anda

5. Jika sudah terinstall, cara mencari nomor klasifikasi adalah dengan memasukkan kata kunci pada kolom Search yang ada di bagian kiri E-DDC.

14 Thoughts on “Menentukan Nomor Klasifikasi Buku Menggunakan e-DDC

  1. Rotmianto Mohamad on 24 February, 2012 at 9:03 am said:

    Assalamww.. Salam pustakawan…terima kasih mas, telah ikut membantu menyebarkan e-DDC sy yg sederhana itu. GBU…

  2. Rotmianto Mohamad on 24 February, 2012 at 9:06 am said:

    Oiya, kalau ingin buka e-DDC di Ubuntu, copy saja e-ddc.chm dari folder Program Files/e-DDC/e-DDC Edition 22 (instalasi default) trus dipaste di sembarang folder di Ubuntu, n insya Allah sudah bisa langsung dibuka (dg catatan Ubuntunya sdh terinstall chm viewer terlebih dulu).. :)

  3. marcelle on 5 July, 2012 at 1:45 pm said:

    Pak, kalau untuk dongeng dan buku cerita anak-anak masuk di klasifikasi no berapa ya? kalau saya liat di buku cukup ditulis F tapi kalau mau tahu nomer klasifikasinya bagaimana pak? atau bapak bisa beritahu kalau untuk dongeng atau buku cerita anak bukan cerita rakyat nomer nya berapa pak? THx

  4. arif rahmawan on 6 July, 2012 at 7:03 am said:

    fiksi 899.221

  5. SILMA on 11 July, 2012 at 8:30 am said:

    makasih ya,…………..
    insya Allah saya lebih mudah untuk mencari nomor klasifikasi buku……..

  6. Dwi Asih Wulandari on 4 August, 2012 at 1:04 pm said:

    Apakah ini yg versi terbaru ?

  7. Kopdianto on 25 October, 2012 at 6:08 am said:

    Pk bgimna cara mnentukan buku dlm katalog dan penomeran klasifikasi

  8. Pingback: E-DDC 22 « INFORMASI PERPUSTAKAAN

  9. Insya Allah e-DDC edition 23 akan dirilis. Sekarang masih dalma tahap verifikasi dg versi cetak. Insya Allah lebih lengkap dan akurat. Please add FB sy Rotmianto Mohamad supaya tidak ketinggalan berita.

  10. pa saya mau tanya, kenetulan sy baru bekerja di perpustakaan sekolah sd, jadi sy masih bingung, tapi dsiini e-ddc nya yg edisi 21 pa,, sy mau tnya apakah edisi itu masih bisa sy gunakan??atau sy harus memperbaharui dgn versi terbaru??,,mohon penjelasannya pa,,terima kasih

  11. hirawati on 8 September, 2014 at 10:09 pm said:

    numpang tanya pak. kalau untuk Buku sekolah yang ada kelasnya seperti kelas 1 dan kelas kelas lain bagaimana klasifikasi nya?

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

You may use these HTML tags and attributes: <a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <strike> <strong>

CommentLuv badge

Post Navigation

arif.rahmawan located at 511/67 Huynh Van Banh , Ho Chi Minh, VN . Reviewed by 34 customers rated: 4 / 5